wisata bandung tangkuban perahu

Wisata Bandung Gunung Tangkuban Perahu dan Kawah Putih Ciwidey

 

Wisata bandung -Kota Bandung merupakan ibu kota dari provinsi Jawa Barat. Kota Bandung terkenal akan beberapa hal, diantaranya adalah fashion dan kuliner. Saking populernya, Kota Bandung bahkan dikenal sebagai Paris van Java. Selain 2 hal itu, ternyata Kota Bandung juga dimininati wisatawan karena memiliki objek wisata yang indah dan unik.

wisata bandung tangkuban perahu
Qraved.com

Diantara lokawisata bandung yang terkenal yaitu Gunung Tangkuban Perahu dan Kawah Putih. Seperti apakah 2 objek wisata terkenal ini? Mari kita lihat ulasannya berikut ini.

Gunung Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu merupakan gunung yang masih aktif, terletak di Cikole, Lembang, Bandung Utara. Gunung Tangkuban Perahu terletak sekitar 20 km dari pusat kota Bandung. Gunung ini terakhir meletus pada tahun 2013 silam, saat ini Gunung Tangkuban Perahu masih cukup aman untuk dikunjungi.

Salah satu tanda yang menandakan kalau gunung ini masih aktif adalah banyaknya gas belerang dan sumber air panas yang terus mengalir pada kaki gunung. Salah satu sumber air panas yang cukup terkenal dan biasa dijadikan tempat mandi oleh para wisatawan adalah pemandian air panas ciater.

Jika Anda berkunjung ke Tangkuban Perahu sebaiknya gunakan masker atau slayer untuk menutup mulut dan hidung dari bau gas belerang yang menusuk tajam.

Gunung Tangkuban perahu mempunyai ketinggian 2.084 mdpl atau meter di atas permukaan laut. Jika dihitung menggunakan satuan kaki (feet), maka Gunung Tangkuban Perahu memiliki ketinggian 6.873 kaki. Suhu di gunung ini cukup dingin bagi kulit orang Indonesia yaitu sekitar 7 derajat Celsius di pagi hari dan 2 derajat Celsius di malam hari.

Karena suhunya cukup dingin, sebaiknya Anda membawa jaket atau sweater guna melindungi tubuh agar tidak menggigil kedinginan.

Gunung ini dinamakan Tangkuban Perahu karena puncak gunungnya tidak lancip, melainkan berbentuk seperti perahu terbalik. Bentuk uniknya ini bahkan menjadi mitos bagi masyarakat setempat, yaitu kisah Sangkuriang dan Dayang Sumbi.

Pada lereng Gunung Tangkuban Perahu, Anda dapat melihat perkebunan teh yang terhampar dengan luasnya. Objek Wisata Gunung Tangkuban Perahu juga biasa dijadikan tempat foto-foto prewedding maupun syuting film.

Kawah Putih

Kawah Putih merupakan objek wisata di Kota Bandung yang cukup terkenal dan diminati wisatawan baik dari lokal maupun mancanegara. Kawah Putih terletak 50 km disebelah selatan Kota Bandung, lebih tepatnya di Ciwidey, Jawa Barat.

Kawah Putih ialah danau yang terbentuk karena letusan dari Gunung Patuha. Dinamakan Kawah Putih karena tanah pada daerah tersebut berwarna putih akibat unsur belerang yang bercampur dengan tanah akibat dari letusan gunung.

Selain memiliki tanah yang putih, warna air pada kawah ini juga berwarna putih. Warna putih ini dapat berubah-ubah sesuai dengan suhu, cuaca dan kadar belerang yang terkandung.

Kawah Putih Ciwidey terletak di kawasan pegunungan dengan tinggi 2.400 mdpl atau meter di atas permukaan laut. Tentunya ketinggian ini membuat suhu Kawah Putih terasa sangat dingin, yaitu sekitar 8-22 derajat Celsius. Karenanya jangan lupa menggunakan jaket tebal jika ingin berkunjung ke sini.

Kawah Putih juga memiliki daya tarik yang sama seperti Tangkuban Perahu, yaitu sering dijadikan tempat fotografi komersil, seperti foto prewedding dan foto pengantin. Selain itu ditempat ini juga bisa dilakukan berbagai kegiatan olahraga yang menyenangkan seperti berkuda dan mendaki gunung.

Jika Anda bingung ingin mengunjungi Tangkuban Perahu atau Kawah Putih, maka sebaiknya kunjungi keduanya. Karena pada kedua tempat yang berbeda ini, Anda akan mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan.

1 thought on “Wisata Bandung Gunung Tangkuban Perahu dan Kawah Putih Ciwidey

Leave a Comment

%d bloggers like this: