Punya Banyak Masalah dalam Kehidupan ?Bingung, akan solusinya ? Cobalah untuk Melakukan Hal- hal Asyik Berikut ini.

Sumber silenceraloner.wordpress.com
Sumber silenceraloner.wordpress.com

Seringkali di dalam kehidupan ini kita merasa penat, bingung dengan permasalahan yang datang kemudian menumpuk tiada henti, cepat bosan terhadap suatu amal kebaikan, itu sangatlah wajar, karena kita ini adalah manusia, yang pada dasar penciptaannya ada dalam keadaan susah payah.

لَقَدْ خَلَقْنَا ٱلْإِنسَٰنَ فِى كَبَدٍ

” Sesungguhnya kami telah menciptakan manusia dalam keadaan susah payah ” QS. Al-Balad [90] : 4

Sebagai seorang muslim yang baik, apabila dihadapkan dengan berbagai masalah seperti itu, maka hal yang harus dilakukan adalah bersabar, sembari mencari tahu solusi terbaik, tentang apa yang harus dilakukan untuk memecahkan permasalahan tersebut.

Janganlah sampai ketika terdapat masalah yang tiada diketemukan solusinya, malah menjadi seseorang yang seakan tidak menerima akan takdir yang telah ditentukan oleh Allah swt yang telah memberikan sebaik- baiknya kehidupan terhadap setiap makhluknya.

Bisa bahaya kalau sudah sampai seperti itu, karena ini menyangkut tentang Rukun Iman ke 6, yaitu percaya terhadap qodho dan qodlar, yang apabila manusia itu tidak terima akan baik buruknya sebuah takdir maka ia termasuk dalam golongan orang- orang  yang kufur. na’udzubillahi mindzalik.

Sumber : islamicwayzone.blogspot.com
Sumber : islamicwayzone.blogspot.com

Untuk mempunyai kualitas kehidupan yang baik, meskipun dengan banyaknya masalah  yang mendera yang diperlukan adalah kekakayaan yang bersumber dari dalam hati, percuma saja kalau hidup dengan bergelimang harta namun ketika permasalahan datang menerpa dia kelabakan dan tak tahu harus bagaimana.

Bersyukur saya bisa masuk Sintesa, karena di Pondok ini mulai dari  bangun tidur, sampai tidur laginya sangatlah diatur, demi menjaga anak anak asuhnya tetap dalam kondisi yang prima, meski berbagai tugas menanti setiap harinya.

berikut beberapa aktipitas keseharian yang dapat membuat kehidupan kita berkualitas walau halangan rintangan membentang tak jadi masalah dan takan jadi beban pikiran yihii.. uuuuu Kera saktiii

Bangun tidur.

http://www.1wallpaperhd.com/

Cobalah untuk bangun sepagi mungkin, misalkan jam 04.00 subuh, jangan pernah lewat dari subuh, apalagi kebablasan ga solat subuh, atau bangun tidur, tidur lagi, bangun tidur, tidur lagi banguuuuun tidur lagi, seperti yang ada dalam sebuah lirik lagu karangan almarhum mbah surip.

itu jangan pernah anda lakukan, kenapa?, karena bangun tidur, tidur lagi dapat mengakibatkan wajah anda menua seperti almarhum mbah surip.

Dan lagi dengan kita bangun tidur,  terus tidur lagi setelah selesai solat subuh maka menrut anjuran dalam agama islam sangatlah tidak baik, itu dapat mengakibatkan rezeki yang sudah diberikan terhadap kita akan dipatok ayam, syukur syukur kalau yang matoknya ayam kita, nah kalau sudah ayam tetangga yang matoknya bagaimanaa…?

Baca Juga   Kumpulan Lagu Anak-anak Paud, TKA, TPA, DTA Islami Beserta Liriknya

ketika kamu sudah bangun jam 04.00, maka dengan otomatis, waktu ke solat subuhnya masih lama dan untuk memulai kehidupan pagi hari yang berkualitas maka lakukanlah solat solat sunnah seperti solat fajar, witir, tahajud, ga usah banyak banyak dulu, yang penting patokan bagi seorang pemula itu sedikit sedikit lama lama tambahkan terus jumlah raka’atnya.

Mandi.

Sumber : alquranlupus.blogspot.com

Sumber : alquranlupus.blogspot.com

Ada dua macam pembersihan ( mandi). pertama adalah yang sering kita lakukan yaitu membersihkan raga kita dari berbagai macam kotoran yang menempel di dalam raga atau tubuh biasa disebut mandi, pembersihan itu bisa dilak ukan sekalli sehari bagi mereka yang memiliki ketahanan tubuh yang kuat terhadap keringat dan bau badan.

tapi rata rata kebanyakan orang, khususnya di negara indonesia yang berdaulat adil makmur dan beradab melakukan hal seperti mandi biasa dilakukan sehari tiga kali, demi menjaga kegantengannya agar terus melekat dari pagi sampai sore.

Kedua adalah pembersihan raga, kalau tadi raganya, nah untuk yang sekarang ini, yang dibersihkan adalah raganya, atau biasa di sebut Tazkiyyatunnafs. bagaimana cara membersihkannya? caranya cukup dengan melakukan dzikir tiap pagi ( setelah subuh ) dan sore hari ( setelah Magrib), dengan mengulang ngulang dzikir tiap pagi dan sore hari, maka raga kita akan terbersihkan dari polusi polusi nekat yang melekat di dinding hati.

adapun bacaannya sangatlah mudah dan pendek yaitu cukup dengan beristighfar saja, namun ingat yang diperlukan disini adalah skill dalam banyaknya jumlah dan secara terus menerus.

Solat duha.

syababassuffah.blogspot.com

Kamu ingin kaya raya? harta banyak di sana sini, maka sering seringlah melaksanakan solat duha yang waktu pelaksaanya dari jam 06.30 s/d 11.00 minimal rakaatnya hanya dua saja, namun apa bila kamu ingin benar benar kaya maka cobalah untuk melakukannya sampai batas maksimum rakaaat yang telah ditentukan yaitu 8 rakaat.

Tapi ingat, meskipun solat ini biasa disebut solat kaya raya/ pelancar rizki jangan sesekali meniatkan untuk bisa mendapatkan kekayaan darinya, cukuplah dengan meniatkan dalam hati untuk beribadah kepada Allah Swt, karena apabila niat kita solat duha ini karena harta maka,apa yang terjadi bila harta yang diminta tidaklah kunjung datang ke dalam rekening kita.

Solat duha ini juga menurut hadis riwayat muslim merupakan solat sedekah seluruh persendian.

Solat wajib berjama’ah.

Sumber : noryunitarahmah.wordpress.com
Sumber : noryunitarahmah.wordpress.com

Sudah menjadi kewajiban bagi setiap manusia untuk beribadah kepada tuhanNya, itu sebagai bukti ketundukan makhluk terhadap penciptaNya, ada banyak sekali macam ibadah yang wajib dilaksanakan, diantaranya yaitu ibadah yang nantinya akan pertama kali di pertanyakan yaitu Solat lima waktu.

Baca Juga   Nama Nama Surga dan Neraka Beserta Calon Penghuninya

Untuk seorang laki- laki yang sudah berumur balig diwajibkan untuk selalu solat berjamaah di masijid, kalau dirumah si boleh boleh saja cuma kamu harus berganti kelamin terlebih dahulu menjadi seorang perempuan dan memakai mukena untuk bisa melaksanakan solat dirumah.

Setelah solat wajibnya bisa selalu kita jaga, usahakan untuk menambahkan sunnah qobliyyah dan ba’diyyah dan jangan lupa untuk selalu berdzikir setelahnya.

Minum air putih.

Sumber : id.tubgit.com
Sumber : id.tubgit.com

Air putih sangatlah berguna untuk tubuh manusia, ia dapat mengobati berbabagai penyakit yang tidak diinginkan dalam tubuh terkecuali sakit hati ditinggal pergi kekasih. Perlu diketahui 70 % tubuh kita berisi cairan, yang mana kebutuhan akan cairan tersebut tak dapat tergantikan.  Manfaat langsungnya mungkin hanya mengihlangkan haus pada siang atau malam hari. Namun lebih dari itu manfaat air putih dapat bertambah banyak dan memberikan hal positif terhadap bugarnya tubuh kita.

Tidur cepat.

Sumber : Pixabay Sfferrario
Sumber : Pixabay Sfferrario

Dengarkanlah bait bait agu yang dinyanyikan bung haji roma irama yang berjudul begadang, Begadang jangan begadang kalau tidak ada artinyaa. nah dari lagu tersebut bung roma memberikan nasehat kepada para penggemarnya untuk tidak begadang sampai larut pagi.

Sama halnya dengan bung haji roma irama, Rasulullah tidak menyukai begadang, jadi ummat muslim tidak diperkenankan untuk begadang. Rasulullah bersabda, “Barangsiapa yang menyelisihi sunnahku, maka bukan kaumku”. yang disarankan beliau adalah tidur cepat di awal waktu agar tidak kesiangan untuk melaksanakan solat subuh.

Bila dirasa amalan diatas masih kurang banyak, maka anda bisa menambahnya dengan berbagai macam amalan lainnya seperti solat sunnah hajat pabila memiliki kebutuhan yang mendesak, kemudian bisa mulai untuk berpuasa senin kamis atau puasa daud ( puasa selang sehari ) serta senantiasa berdzikir dan berdo’a kepadaNya demi terciptanya ketenangan hati kita dalam mengahadapi berbagai masalah hidup.

Dengan mengamalkan amalan kebaikan yang telah disebutkan diatas, Insya Alloh hati akan selalu tenang dan dan merasa tidak sendirian dalam menghadapi berbagai masalah, karenaa ada Allah Swt yang selalu menemani. Jika masalahmu besar, katakanlah terhadap masalah itu bahwa Tuhanku lebih besar dari masalahku.

 

 

 

 

 

 

 

 

1 thought on “Punya Banyak Masalah dalam Kehidupan ?Bingung, akan solusinya ? Cobalah untuk Melakukan Hal- hal Asyik Berikut ini.

Leave a Comment