ucapan selamat ulang tahun dalam bahasa arab

Doa Ucapan Selamat Ulang Tahun Islami dalam Bahasa Arab

Ucapan Selamat Ulang Tahun Bahasa Arab– Merayakan ulang tahun dengan megucapakan kata  yang sering di ucapkan pada umumnya  seperti  Happy Birthday atau yang memakai ucapan selamat ulang tahun sekalipun jelas tidaklah dianjurkan karena hal itu termasuk ke dalam menyerupai perilaku dari orang- orang di luar islam.

Lalu bagaimana anjuran yang baik dalam memperingati hari ulang tahun ini? Ucapan ulang tahun apa yang sebaiknya di ucapkan kepada orang terkasih, teman, sahabat, ayah, ibu, dan lainnya yang sesuai dengan anjurannnya?

ucapan selamat hari ulang tahun dalam bahasa arab

Perlu diketahui sebelumnya, bahwa merayakan ulang tahun dalam agama islam itu masihlah ada perdebatan. Ada yang membolehkan adapula yang jelas melarang.

Kenapa? Kok bisa, mungkin yang melarang akan perayaan ulag tahun ini dikarenakan banyak terjadi dari perayaan ulang tahun ini selalu di isi dengan hal hal yang sia sia berupa pesta- pesta, meniup terompet, meniup lilin lah sebagainya yang hal demikian adalah kebiasaan yang sering dilakukan oleh orang selain beragama islam.

Karena sesungguhnya dengan bertambahnya umur maka semakin berkurang jatah hidup di dunia

Namun Nabi Muhammad sendiri telah mencontohkan kepada kita semua untuk merayakan  hari ulang tahunnya. Bukan dengan hura- hura bukan dengan pesta pora bukan dengan hal-hal yang tidak berguna melainkan Nabi Muhammad Saw mencontohkan kepada kita semua dengan melakukan puasa pada hari senin.

Hari senin merupakan hari kelahiran Nabi, dan karena hari itu merupakan hari yang spesial maka Nabi selalu merutinkan untuk berpuasa pada hari senin dan kemudian biasa kita sebut dengan puasa senin dan kamis. Untuk hari kamisnya, Rosulullah Saw berpuasa dikarenakan hari kamis tersebut merupakan hari dimana catatan amal perbuatan kita akan di serahkan oleh malaikat kepada Allah SWT.

 

Ayo puasa sunnah Senin dan Kamis sebagaimana yang telah Rasulullah Saw contohkan

 


Kembali ke ucapan selamat ulang tahun dalam bahasa arab.

Setelah sedikit mengetahui akan hukum merayakan ulang tahun dari sudut pandang agama islam, sekarang kita mulai membahas tentang berbagai ucapan selamat ulang tahun dalam bahasa arab yang islami 🙂

Dalam Islam biasanya ulang tahun  biasanya di ganti dengan kata Milad. Yups, milad. Apa itu milad? Berikut sedikit pembahasannya. Milad dapat diartikan sebagai lahir. Kata milad pasti sudah tidak asing lagi dalam pendengaran kita, betul? Yups, biasanya kata milad ini sering kita dengar bersambung dalam kalimat maulid Nabi.

Milad dan maulid sama saja, sama sama berarti lahir, nah kalau maulid nabi berarti Hari lahir Nabi dengan maksud hari kelahiran Nabi Muhammad Saw.

Mari Bershalawat kepada Nabi Muhammad Saw.

Allohumma Sholli Wasallim Wabarik Ala sayyidina Muhammad wa a’la Aali Sayyidina Muhammad.

Jadi apabila didapati seseorang yang mengucapkan ucapan ulang tahun dengan kata met milad ea, itu artinya selamat atas hari kelahiranmu. Selain kata tersebut ada juga ucapan ulang tahun dalam bahasa arab lainnya yaitu tidzkaarun sanawiyun, tetapi dalam prakteknya penggunaan kata ini sangat jarang di ucapkan.

Baca Juga   [Google Doodle Hari Ini] Fakta, Biografi, Puisi Pramoedya Ananta Toer

Namun sering juga kita mendengar ucapan selamat ulang tahun seperti “Barakallahu fi umrik” yang artinya semoga keberkahan terlimpahkan di umur kamu

Ulang tahun merupakan hari spesial yang mana di hari tersebut orang itu terlahir ke dunia, hari itu sebagai awal dimulainya kehidupan seseorang di luar Rahim.

Di berbagai Negara dengan latar belakang kebudayaan yang berbeda- beda, dalam merayakan ulang tahun selalu diwarnai dengan perayaan berupa pesta ulang tahun bersama orang- orang terkasih, anak- anak, ibu, ayah, kelurga, sahabat teman dan lainnya.

Pada saat hari ulang tahun tersebut, hadiah menjadi pemberian wajib dari  orang terdekat kepada seseorang yang sedang berulang tahun. Pemberian hadiah ini tidaklah harus berupa kado juga, akan tetapi cukup dengan pemberian do’a saja pun sudah lebih dari cukup.

Karena bagi seorang muslim tiada pemberian yang sangat berharga bagi selain dengan  ucapan do’a untuk keberkahan hidup.

Yuu, aakkhh langsung saja mari kita ketahui lebih lanjut tentang ucapan do’a selamat ulang tahun


Ucapan Selamat Ulang Tahun

ucapan doa selamat ulang tahun dalam islam
ulangtahunku.com

Ucapan ulang tahun dalam bahasa Indonesia pada umumnya dengan memohon untuk senantiasa diberikan keselamatan, kesehatan dan kesejahteraan juga panjangnya umur.

Contohnya ucapan ulang tahun seperti ini : Selamat ulang tahun eaa, semoga diberikan umur  yang panjang serta bermanfaat. Dan  banyak juga yang memmberikan ucapan ulang tahun dalam bahasa inggris seperti “Happy birthday, May God give you a better live for you”

Adapula yang memberikan ucapan ulang tahun dalam bahasa inggris dengan menyebutkan Happy birthday, Wish you all the best”

Tetapi dikarenakan kita ini orang islam sudah sepatutnya untuk menerapkan berbagai amalan yang sesuai dengan yang telah ditentukan dalam agama. Agar hidup bukan sekedar hidup namun bernilai sebuah ibadah yang akan mengantarkan kita menuju ridha Allah Swt. Amiin

Oleh karena itu, pada postingan kali ini mari sekarang kita belajar bersama- sama tentang ucapan selamat ulang tahun dalam bahasa arab. Bukan hanya sebatas ucapan ulang tahun dalam bahasa arab, tapi juga di dalam ucapan bahasa arab tersebut berupa do’a yang bermanfaat penuh dengan kebaikan.

Mau?  Yuk mari Kita amalkan, karena udah ga jaman lagi ngucapin met ultah met ultah gitu mah. Genti aja dengan ucapan dan do’a ulang tahun dalam bahasa arab berikut ini.

Ucapan Ulang Tahun dalam Bahasa Arab Barakallah fi Umrik

ucapan selamat ulang tahun dalam bahasa arab
isyahrodiyah.com

Barakallah mempunyai arti yaitu “ semoga mendapatkan keberkahan dari  Allah Swt” adapula yang mengartikan barakallah tersebut dengan “semoga diberkahi oleh Allah”.

Berarti dapat disimpulkan bahwa Barakallah fi umrik ini mempunyai arti “ semoga mendapatkan berkah dari Allah Swt dalam usiamu”. Dapat juga diartikan “semoga diberkahi oleh Allah pada usiamu saat ini”

Baca Juga   Kumpulan Contoh Cerita Dongeng Sunda Pendek, Lucu Berikut Pengertiannya

Intinya ucapan kalimat barakallah ini merupakan sebuah bacaan doa terhadap seseorang supaya mendapatkan limpahan keberkahan rahmat dan hidayah dari Allah Swt dalam berbagai aspek kehidupan.

Maksud dari Ucapan Selamat Ulang Tahun Barakallah Fi Umrik

Setiap manusia mempunyai jalan hidup masing- masing. Ada yang bernasib  baik dan adapula yang bernasib buruk. Ada yang perjalanan hidunya lancer- lancer saja tanpa adanya hambatan dan adapula dalam perjalanan hidupnya dipenuhi dengan berbagai ujian.

Seperti itulah namanya hidup, mungkin kamu pernah beranggapan terhadap seseorang bahwa ia memiliki kehidupan yang lancar- lancar saja tanpa adanya hambatan yang berarti.  Sesungguhnya bila kamu termasuk orang yang pernah beranggapan seperti itu belum paham betul akan arti dari kehidupan yang sesungguhnya.

Karena dalam hidupnya seoarang manusia pastilah tidak akan pernah luput dari yang namanya ujian.

Nah dengan mengucapan selamat ulang tahun barokalloh fi umrik ini berarti dapat mendoakan kehidupan seseorang menjadi lebih baik karena seperti yang sudah dibahas sebelumnya tadi bahwa arti dari barokalloh fi umrik ini berupa ucapan do’a yang bermakna semoga rahmat kasih sayang hidayah dan keberkahan dari  Allah terlimpah di usia kamu sekarang ini.

Adapaun jawaban bagi orang yang telah diberikan ucapan barakallah fi umrik ini adalah “wa fiikum barakallah” yang artinya kepadamu juga keberkahanNYA


Do’a Ucapan Selamat Ulang Tahun

ucapan selamat ulang tahun dalam bahasa arab
lamandala.net

Doa Mohon Kemulian untuk Keluarga

doa ucapan selamat ulang tahun
lamandala.net

Doa Mohon Keselamatan dan Ksejahteraan

doa ucapan selamat ulang tahun
lamandala.net

Semoga rangkaian ucapan selamat ulang tahun dalam bahasa arab tadi dapat menggantikan kebiasaan kita dalam mengucapkan selamat ulang tahun yang meniru orang di luar islam.

Karena seperti yang sebelumnya sudah saya beritahukan bahwa dengan memberikan ucapan berupa berbagai do’a untuk keberkahan hidup akan jauh lebih bermakna daripada hanya sekedar mengucapkan selamat ulang tahun saja yang diselingi dengan tiup lilin tersebut.

Sekian, semoga dapat bermanfaat dan Barokallohu fi Umrik untuk kalian semua yang sedang berulang tahun hari ini.

Wassalam

 –Ucapan Selamat Ulang Tahun dalam Bahasa Arab  –


 ARTIKEL BERMANFAAT DAN MENGHIBUR LAINNYA

 

Leave a Comment