wanita kecanduan hp smartphone

Tips dan Trik Membeli Hape Android di Facebook

wanita kecanduan hp smartphone
www.techradar.com

Tips dan Trik- Android adalah jenis hape yang saat ini begitu sangat digandrungi oleh semua kalangan masayarakat. baik tua maupun muda bukan menjadi alasan untuk tidak memliki ponsel yang didalamnya menawarkan beragam aplikasi super canggih dan instan ini.

Ada beragam alasan seseorang begitu ingin memilik hape yang satu ini, ada yang memang dikarenakan faktor penting seperti bisnis, dan ada juga yang menggunakan hape ini hanya karena ingin terlihat trendi  dan kekinian.

Apapun alasannya hape android kini telah menyatu dengan kehidupan masyarakat. Mau tidur, bangun tidur, mau mandi lagi mandi sekalipun tak bisa terlepas dari alat komunikasi yang satu ini.  Padahal hape android ini mempunyai fungsi utama yaitu sebagai alat komunikasi apabila disandingkan dengan hape- hape jadul yang zaman dahulu kala telah menjadi trend juga.

Kalau kita yang berkantong tebal si ga jadi masalah mau membeli jenis hape apapun dengan harga yang paling termahal sekalipun, namun hal berbeda dengan orang yang ingin mempunyai hape Android keluaran terbaru tapi tidak punya dana lebih untuk membeli hape tersebut.

Untuk mengakali hal tersebut biasanya mereka yang duitnya pas- pasan memanfaatkan sosial media semacam facebook untuk dapat membeli beragam jenis hape dari penjualnya langsung.

Terdapat banyak sekali grup- grup di facebook yang mengatas namakan jual beli adroid dan di grup itu kita akan menemukan berbagai merek dan tipe android yang secara bebas di perjual belikan.

Untuk harga dan barang masihlah abu- abu, kita belum tahu pasti akan kondisi dari barang tersebut karena yang ditampilkan hanya berupa gambar dari barang yang dijual saja, untuk mengetahui informasi dari barang tersebut haruslah dengan banyak bertanya dengan si penjualnya.

Hal ini lah yang harus menjadi perhatian bagi kita dalam membeli hape android yang melalui forum/ grup yang ada di faceebook, karena kalau sampai tidak teliti dalam negosiasi atau tawar menawar harga bisa bisa hape yang kamu telah beli berada dalam kondisi yang buruk dan itu tandanya kamu telah tertipu rayuan setan la’natulloh alaih.

Untuk menghindari kekecewaan yang terjadi antara kita, berikut Oncom man akan sedikit memberi tips dan trik dalam membeli hape di social media facebook.

Mengetahui Masalah yang Sering Terjadi Pada Hape Android.

dead android
alienamikaze.blogspot.com

Ini adalah hal yang paling penting apabila Oncomers hendak membeli Hape melalui facebook. Sebelum membeli hape tersebut pastikan dahulu dengan bertanya langsung dengan penjulanya tentang berbagai kondisi masalah yang di alami oleh hape tersebut.

Dengan mengetahui berbagai macam masalah yang sering terjadi pada hape android, maka hal itu dapat mempersempit kemungkinan kekecewaan yang akan terjadi setelah proses negosiasi berakhir dan telah sepakat untuk melakukan COD ( Cash on Delievery).

Berikut beberapa masalah yang seringt terjadi di hape Android.

1. Hang.

Hang adalah sebuah kondisi yang sering dialami oleh beberapa alat elektronik seperti laptop dan komputer, akan tetapi hang juga sering terjadi pada hape smartphone berbasis android.

Penyebab terjadinya hang bisa dikarekan memori intenal dan RAM yang sudah penuh oleh berbagai macam data dari aplikasi yang telah teriinstal.

Gejala yang ditimbullkan oleh hape android yang mengalami hang biasanya adalah terdapat beberapa fungsi dari hape tersebut yang macet, proses apapun yang tiba tiba tidak bisa untuk dijalankan dan layar dari hape android tersebut yang tidak bisa berfungsi dalam waktu yang lama.

2. Bootloop.

Lain pengertian dengan Hang, Bootloop adalah suatu kondisi yang terjadi pada hape android kita yang tiba- tiba macet kemudian secara otomatis me-restart dengan sendirinya.

Hal yang menyebabkan terjadinya Bootloop adalah terjadi kesalahan pada saat kita merubah atau mengotak- atik system pada perangkat hape android kita.

Tips untuk mengatasai masalah Bootloop adalah dengan melakukan factory Reset atau mengembalikan pengaturan yang ada di hape android kita kepada pengaturan awal.

Adapun masalah Bootloop itu terbagi 3 jenis berdasarkan tingkatan masalahnya.

A. Soft bootloop.

Terjadi pada saat hape kita diaktifkan, pada saat awal seperti biasas masuk ke dalam homescreen, tapi tidak lama kemudian hape tersebut merestart kembali dengan sendirinya.

B. Medium Bootloop.

Sedikit berebeda dengan masalah yang pertama, pada medium bootloop ketika hape android kita dinyalakan, pada saat dinyalakan harusnya menuju langsung ke homescreen tapi yang terjadi perangkat android tersebut tidak langsung menuju ke homescreen melainkan terhenti di bootanimation. Tapi masih bia masuk ke Recovery Mode maupun Download Mode.

C. Hard Bootloop.

Inilah jenis bootloop yang paling terparah. Pada kondisi ini perangkat hape kitaketika dinyalakan hanya akan sampai logoo vendornya  saja tidak bisa masuk bagian recovery mode melainkan hanya  bisa sampai ke bagian Download mode saja.

3. Stuck.

Stuck adalah keadaan ketika hape android kita macet pada bagian bootspalsh atau bootlogo. Penyebab dari terjadinya Stuck pada hape android hampir sama dengan terjadinya Bootloop yaitu pengguna yang telah salah dalam mengutak- atik pengaturan pada system hape androidnya.

Apabila masalah ini terjadi maka cukup mudah untuk memperbaikinya yaitu hanya cukup dengan melepaskan baterai dari hapenya( tidak berlaku untuk hape yang baterainya tidak bisa dibuka).

4. Brick .

Brick adalah jenis masalah yang terjadi akibat overlock yang sangat tinggi atau gagal flashing akibatnya  hape tidak bisa dinyalakan lagi.

Telitilah dalam Membeli Jangan Tergesa- gesa.

sedang mengintip
www.planet-science.com

Setelah mengetahui berbagai macam masalah yang terjadi dalam hape android, langkah selanjutnnya yang harus diperhatikan dalam membeli hape lewat sosial media adalah ketelitain, kalau tidak teliti dalam pengecekan barang yang hendak akan dibeli maka bisa- bisa bukan untung yang akan kita dapatkan melainkan sebuah kerugian.

Niatnya mau selpi- selpi pake hape yang baru di beli eh ternyata hape tersebut Bootloop atau baterainya nge- drop kan itu menyebalkan sekali kan, gagal trendi jadinya teh. ahaha.

Mana uangnya hasil ngumpulin selama setahun lamanya  lagi kan rugi 5 x lipat kalau seperti itu mah uang sudah tidak ada dan yang ada hanya  hape mati yang tak bisa dipakai apa- apa lagi.

Oleh karean itu telitilah dalam membeli jangan tergesa- gesa tetap tenang dan ikuti irama permainan dari penjual hape tersebut.

Berikut jurus jitu yang harus kalian miliki sebelum memutuskan untuk membeli hape pada sosial media seperti faceebok.

Eng ing eng…!!!

1. Cek dan Tanyakan  Kondisi Fisik Hape.

“Lanjay ga gan hapenya?”

Jurus yang paling mendasar yang harus kamu miliki pertama kali dalam membeli hape adalah mengamati dengan teliti kondisi fisik dari hape yang akan Oncomers beli.

Karena pembahasannya ini terjadi  pada jual beli Online di sosial media tentu kamu  tidak bisa menerapkan langsung jurus yang pertama ini, namun jangan hawatir jurus ini masih bisa berguna dengan cara bertanya- tanya dengan tenang dan teratur kepada orang yang hendak kita beli hapennya.

Terdapat beberapa poin yang harus Oncomers tanyakan kepada si penjual hape dan diantaranya adalah

  • Cek cashing

Tanyakan apakah cashing hape tersebut mengalami lecet – lecet atau tidak.

Dengan menanyakan hal ini maka harga yang di patok oleh si penjual hape akan sedikit berkurang apabila ditemukan lecet- lecet pada bagian cashing hape tersebut.

  • Cek layar/ LCD.

Tanyakan apakah tidak ada sedikitpun goresan diantara kita.

Bila layar Lcd nya  sudah tergores- gores maka sesuaikan harga yang pantas kita berikan dengan kondisi hape yang demikian.

Namun tidak masalah bila yang kamu cari bukan soal goresan yang ada di layar hape tersebut akan tetapi lebih ke soal yang mencakup sistem atau dalaman dari hape itu, sehingga kamu masih bisa menerima keadaan hape yang sudah terhores di sana sini.

  • Speaker.

Tanyakan juga dengan teliti perihal speaker dari hape tersebut.

Apakah speakernya masih mengeluarkan suara yang jernih atau sudah mengalami penuaan dini dengan mengeluarkan suara-suara yang serak dan bergemuruh.

Hal ini pentig juga untuk kenyamanan kita dalam mendengarkan lagu juga menonton video.

2. Cek dan Tanyakan Kelengkapan Hape.

“Surat-suratnya lengkap ga gan?”

Ini adalah sebubah pilihan, apabila kamu menginkan hape yang masih mempunyai kelengkapan seperti Charge, Headset, Kabel, Usb dan lainya, maka coba tanyakan kelengkapan hal tersebut terhadap si penjualnya dan apabila semua kelengkapan pendukung hape tersebut lengkap maka kamu boleh menawarkan harga terhadap hape tersebut tentu dengan sebelumnya mengecek terlebih dahulu fisik dari hape tersebut.

Tapi kalau kamu mencari hape yang tanpa surat- surat alias bodong hanya hapenya saja cobalah untuk lebih teliti lagi dalam bertanya tentang dari mana dan kenapa hape tersebut bissa dalam keadaan yatim piatu.

Harga dari hape yang yatim piatu ini tentu lebih murah dari pada hape yang masih memiliki orang tua meskipun ibunya ibu tiri.

3. Cek dan tanyakan Kondisi dari Batre Hape.

“Batrenya gimana gan ? masih normal apa udah hamil duluan?”

baterai smartphone rusak
www.aplikasi-android.net

Kondisi dari batre seringkali kita lupakan dalam proses jual beli di Facebook. Justru hal ini lah yang termasuk penting karena ketika keadaan hape yang mulus, serta tidak adanya permasalahan Bootloop, Brick atau Stuck dalam hape tersebut namun karena kondisi batre yang sudah hamil duluan bisa jadi itu sumber dari kerugian yang kita alami dalam membeli hape.

4. Cek dan Tanyakan Spesifikasi Hape.

” Pake daleman ga gan? Jenis dalemannya apaan ya.”

android version kitkat
abcnews.go.com

Tanyakanlah kondisi dari dalaman yang ada di hape tersebut, mulai dari jenis kelamin hapenya,

Kapasitas memori nya?

RAM nya  berapa?

OS serta mendukung tidaknya wifi,Bluetooth?

Jaringan datanya apakah 3G atau sudah 4G

Dengan bertanya hal hal yang seperti itu kamu tidak akan kerugian nantiya apabila hapenya sudah di beli.

5. Cek dan tanyakan  Nomor Imei.

cool matrix wallpaper
abcnews.go.com

Pengecekan nomor imei merupakan bagian yang terpenting lainnya dalam membeli sebuah produk hape.

Hal ini berguna untuk mengetahui asli atau palsunya hape yang akan kita beli

cara mengeceknya cukup mudah dengan hanya mengetik *#06# dan setelah itu nomor dari hape tersebut akan keluar ( 15 digit angka) tapi apabila nomor tersebut tidak muncul maka dapat dipastikan hape tersebut palsu.

6. Cek dan Tanyakan Fitur.

Pertanyaan lainnya yang harus Oncomers tanyakan dalam membeli hape bekas di sosial media facebook adalah dengan menanyakan fitur fitur apa sajakah yang ada di hape tersebut dan pastikan fitur dari hape tersebut masih berfungsi, kalau ada yang sudah tidak berfungsi itu merupakan minus yang bisa dijadikan alasan untuk menurunkan harga jua hape.

7. Cek dan Tanyakan Harga.

Jurus inilah yang akan menetukan jadi atau tidaknya kita memebeli hape, apabila harganya  sesuai dengan isi dompet maka setelah melalui serangkaian jurus yang dapat menurunkan harga dari hape kita bisa untuk melakukan proses COD.

Jurus ini bisa lebih berguna apabila Oncomers semua sudah mengetahui akan harga pasaran dari hape bekas yang hendak kita beli.

Karena kalau Oncomers semua tidak mengetahui harga pasar yang berlaku bisa bisa dengan mudahnya si penjual menentukan harga yang melambung tinggi tebang jauh sampai ke bulan.

8. Awas!!! Jangan Terburu- buru.

Ketika jurus demi jurus telah Oncomers semua lakukan maka inilah jurus pamungkas yang akan Oncom man turunkan kepda Oncomers semua.

Jurus ini memerlukan ke hati- hatian dalam penggunaanya, tetap tenang jangan terburu- buru hal ini penting untuk mendapatkan kualitas hape bekas yang bagus serta harga yang bisa terbilang mudah.

Setelah proses negosiasi harga telah selesai dan harganya sudah dirasa cocok tetaplah tenang dan jangan terburu- buru dalam berkata “deal ayo cod-an” ada baiknya kita Istikhoroh terlebih dahulu memohon padaNya dalam menentukan jadi tidaknya membeli hape tersebut.

Setelah istikhoroh dan didapatkan hasilnya maka langsunglah mantapkan hati untuk bilang “ayo kita cod- an dimana ?”

Setelah kata- kata itu tersampaikan kepada si penjual maka Oncomers semua tidak bisa menarik kata- kata tersebut untuk membatalkan kesepakatan.

Kecuali kamu punya jurus tahan malu dan basa basi  yang tinggi untuk dapat menghentikan tahap negosiasai akhir bernama COD.

Hal yang Harus Di Perhatikan.

memberi arahan
www.youtube.com

Untuk jaga- jaga terhadap kerugian yang akan kita dapati setelah jual beli telah disepakati maka ada baiknya untuk meminta hal hal berikut ini kepada penjual hape bekas tersebut.

1. Mintalah Fotokopi Ktp.

Hal ini memang jarang sekali dimintai ketika proses negosiasi berlangsung, namun ini penting untuk menghindari penipuan dari barang yang telah kita beli.

Dengan adanya ktp si pembeli kita akan dengan mudah mendatangi rumah si penjual  untuk mengembalikan hape yang kondisi nya tidak sesuai dengan apa yang telah di tanyakan.

2. Sebisa Mungkin TKP berada di Rumah Si Penjual.

Ketika fotokopi ktp enggan untuk diberikan oleh si penjual atau pura- pura ketinggalan maka cara yang efektip lainnya untuk menghindari penipuan adalah dengan menentukan TKP berada di rumah penjual atau lebih dekat ke daerah penjual.

3. Buat Surat Kesepakatan.

Memang ribet bila sebelum melakukan jual beli terlebih dahulu harus membuat surat pernyataan, tapi ini penting juga untuk terjaga dari hal- hal yang tidak diinginkan di kedepanny.

Dengan  dibuatnya surat pernyataan kedua belah pihak antara penjual dan pembeli akan merasa tenang dan tidak dihawatirkan dengan hal tipu menipu.

4. Jangan Lupa Save Kontak Si Penjual.

Hal ini haruslah diperhatikan juga, karena apabila kamu sudah tertipu dengan barang yang di beli biasanya akun pertemanan/ pin bb kita akan dihapus oleh si penjual hape. Hal inilah yang jangan sampai terjadi oleh karena itu

1 thought on “Tips dan Trik Membeli Hape Android di Facebook

Leave a Comment

%d bloggers like this: