Tempat Wisata Indah di Tasikmalaya yang Harus Kamu Kunjungi.

Tugu Selamat Datang
Sumber : Sportourism.id

Sang Mutiara dari timur, itulah kiranya sebutan yang melekat pada Kota Tasikmalaya.  Letaknya berada di tenggara Profinsi Jawa Barat, keindahan alam pariwisatanya sangatlah indah mulai dari  pemandangan alam pegunungan yang menjulang tinggi, danau danau yang tenang, serta hijau sawah yang terhampar luas menjadikan Tasikmalaya tempat yang cocok untuk menghabiskan waktu liburan keluarga.

Jarak Tasikmalaya tidaklah terlalu jauh dari Ibu Kota Jakarta, cuma 107 kilometer saja. Tetapi hampir setiap hari ada kemacetan membuat waktu tempuhnya menjadi lama.

KAUM
Sumber : Islamaktual.net

Banyak sekali tempat wisata yang bisa anda kunjungi, kamu mau wisata apa? Wisata Alam? Kuliner? atau wisata religi? semuanya ada di tasikmalaya. Cuacanya juga sejuk kalau pagi hari, tapi tetep panas dikala sudah siang hari.

Untuk menjangkau berbagai macam tempat wisata sangatlah mudah,  karena fasilitas jalanannya yang sudah sepenuhnya diperbaiki. Berikut beberapa tempat yang akan saya rekomendasikan apabila anda ingin berkunjung ke Kota Tasikmalaya.

Gunung Galuggung.

Sumber : wisatapringan.co.id

Gunung dengan ketinggian 2.167 mdpl ini terletak di Desa Linggarjati , hanya berjarak 17 kilometer saja dari pusat kota Tasikmalaya. Menurut sejarah Gunung ini pernah beberapa kali meletus dan banyak menimbulkan korban jiwa pada tahun 1882, 1894 dan yang terakhir pada tahun 1982.

Gunung ini telah menjadi andalan dari kabupaten tasikmalaya, terdapat dua titik menarik yang terdapat di tempat wisata gunung galunggung ini yakni kawah galunggung yang seperti danau  berwarna hijau yang indah, serta pemandian air panas Galunggung (  biasa disebut Cipanas ).

Sumber : Indonesia.tripcanvas.co

Untuk mencapai puncak dari gunung tersebut sangat lah mudah, tidak harus bersusah payah mendaki, karena untuk memudahkan pendakian menuju puncak tertingginya sudah dibuatkan anak tangga yang jumlahnya hanya sebanyak620 saja, tentunya itu sangatlah sedikit dan tidak terlalu memberatkan bagi kamu kamu yang belum pernah mendaki gunung.

Baca Juga   Macam-macam Model [ Metode] Pembelajaran Efektif, Kooperatif, Inovatif

Wisata Alam Curug Dengdeng.

IMG-20150406-01527_webcamera360_20150410125839
Sumber : Sunandoang.blogspot.com

Curug Dengdeng  atau bahasa indonesianya Air Terjun Dengdeng  terletak di Desa Cikawung Gading, Kampung Caringin, Kabupaten Cipatujah, Tasikmalaya. Air terjun mempunyai keindahan  yang sangat indah terdiri dari tiga tingkat dengan tingkatan pertama sekitar 14 meter.

IMG-20150406-01520_webcamera360_20150410113904
Sumber : sunandoang.blogspot.com

Objek wisata alam ini berjarak 90 km atau hanya 3 jam saja dari pusat Kota Tasikmlaya, dengan jalan yang sudah lumayan bagus meski masih banyak tambalan aspal.

Menara Eifel Bambu.

pembuat-menara-eiffel-bambu-dituding-manipulasi-kearifan-lokal-PNwcmQFzxq
Sumber : goodnewsfromindonesia.org

Ga usah jauh jauh pergi ke Paris Perancis kalau  hanya sekedar ingin  berselfie cantik di bawah indahnya menara Eiffel, Karena di Tasikmalaya tepatnya di kabupaten Singaparna pun sudah ada, Cuma yang unik dari bahan baku utama Eiffel Kw ini  terbuat dari ratusan batang bambu yang disusun rapi hingga menyerupai aslinya.

kenapa dibuat reflika menara di tasikmalaya? Kenapa ga replika menara pisa italia gitu atau patung liberty di Newyork Amerika, ini dikarenakan dahulu pemerintahan kolonial Belanda bermaksud untuk  menghormati penobatan Ratu Wilhemina penguasa Belanda, maka dibuatlah replika menara tersebut.

Kampung Naga.

wpid-img_20150802_094025
Sumber : motekar.web.id

Tenang saja, kampung ini bukanlah kampungya para naga semacam yang ada di Dragon ball, atau naga naga yang sering muncul di dalam perfilman indosiar pada era tahun 2010-an, karena memang namanya saja yang dari dulu begitu.

Asal usul nama dari Kampung Naga itupun sama sekali belum diketahui, tidak ada kejelasan sejarah, siapa pendiri serta apa yang melatar belakangi terbentuknya kampung dengan budaya yang masih kental ini, apakah memang benar terdapat salah satu bola naga Dragon Ball? sehingga disebutlah Kampung Naga. Wallohu a’lam, hanya Son Goku beserta keturunannya yg tahu akan misteri tsb.

Baca Juga   "Prestasi" Selama Belajar di Pesantren

Ada banyak hal yang unik dari kehidupan Masyarakat di kampung ini, adat istiadat dan kebudayaan leluhurnya yang masih terpelihara dan diwariskan secara turun temurun ke generasi yang selanjutnya. merekapun tidak terpengaruh akan modernitas zaman

22_kampung_naga_garut
Sumber : Pusakaindonesia.org

Kampung ini berada di Desa Neglasari, Kabupaten Tasikmalaya. Lokasinya tidaklah jauh dari jalan raya yang menghubungkan kota Garut dengan kota Tasikmalaya. berada tepat di sebuah lembah yang subur yang dilalui oleh sebuah sungai bernama sungai Ciwulan yang bermata air di Gunung Cikuray Garut.

Meskipun Kampung Naga adalah obyek wisata yang begitu terkenal di Jawa Barat, namun sampai saat ini tidak ada aliran listrik di Kampung Naga. Jadi buat Oncomers  yang ingin menginap di kampung ini harus minta izin kepada kuncen (sesepuh kampung) jauh-jauh hari dan bersiap dengan fasilitas yang seadanya.

Itulah beberapa objek wisata yang terkenal di Tasikmalaya, sebenarnya masih banyak lagi yang belum disebutkan, mungkin diartikel selanjutnya akan saya teruskan. Bagaimana ? berminat untuk ber-travelling ke kota Tasikmalaya…?

 

 

8 thoughts on “Tempat Wisata Indah di Tasikmalaya yang Harus Kamu Kunjungi.

Leave a Comment