Kumpulan Contoh Cerita Dongeng Sunda Pendek, Lucu Berikut Pengertiannya

Kumpulan Contoh Cerita Dongeng Sunda Pendek, Lucu Berikut Pengertiannya

Dongeng  Bahasa Sunda – Sebagai orangtua atau guru pegajar seringali mengenalkan anak terhadap berbagai cerita dongeng. Cerita dongeng yang lucu dan juga penuh akan pelajaran tentang kehidupan. Tentu Kita telah mengenal dongeng pendek tentang si kancil jenaka yang pada masa kecil dulu seringkali diceritakan oleh ibu, bapak guru di sekolahan juga ayah ibu dirumah sebelum tidur.

Dongeng si kancil yang jenaka tersebut adalah salah satu dari sekian banyak cerita dongeng yang terkenal. Ada berbagai macam cerita dongeng yang alur ceritanya penuh dengan pendidikan yang baik untuk diceritakan kepada anak- anak Kita.

dongeng sunda
featured.com

Cerita si Kancil merupakan cerita dongeng yang umum dikenal oleh anak- anak Indonesia. Namun lain halnya dengan cerita dongeng dalam bahasa sunda yang akan Kita bagi tahukan, mungkin tidak banyak yang mengetahuinya, kalaupun tahu pasti hanya orang- orang dan anak- anak yang berasal dari daerah berbahasa sunda saja yang tahu dan mempelajarinnya pada pelajaran muatan local bahasa sunda.

Sebelum membahas tentang contoh dongeng dalam bahasa sunda, ada baikya Kita mengenal pengertian dongeng dan beberapa perbedaan dongeng dengan cerpen, perbedaan dongeng dengan novel dan perbedaan dongeng dengan mitos.

Pengertian Dongeng

dongeng sunda
dongengsicepot.com

Contoh Tugas Sekolah Lainnya : Sajak Bahasa Sunda


Yang dimaksud dengan dongeng ialah sebuah cerita khayalan yang kejadiannya tidak benar- benar terjadi. Biasanya dongeng bersifat menghibur juga di dalamnya terdapat nilai nilai pendidikan. Dongeng adalah cerita hasil karangan yang diceritakan terhadap orang- orang kemudian diceritakan kembali dengan berulang- ulang.

Cerita yang dikarang tersebut dibuat karena terinspirasi dari sebuah kejadian atau peristiwa yang ada disekitar kehidupan si pengarang. Dongeng juga termasuk dalam kategori cerita pondok bahasa sunda atau carpon.

Menurut salah satu pakar kebudayaan Indonesia bernama James Danandjaja, dongeng termasuk kedalam cerita rakyat yang ceritanya tidak benar benar dianggap ada oleh yang punya cerita.

Dongeng juga tidak terikat oleh waktu dan tempat karena adanya cerita dongeng dimaksudkan hanya untuk hiburan saja. Meskipun demikian, cerita dongeng memiliki nilai nilai pendidikan serta ajaran moral terhadap pembacanya, mengisahkan tentang kebenaran, bahkan terdapat pula jenis dongeng yang di dalamnya terkandung sindiran.

Terdapat beberapa  jenis dongeng yang dibedakan tergantung dari isinya yaitu jenis fable, legenda, sage, parable, mite. Mungkin untuk pembahasan tentang jenis- jenis dongeng ini akan Oncoman bahas di lain artikel.

Perbedaan Dongeng dengan Mitos dan Legenda

Terdapat beberapa perbedaan dan persamaan antara cerita dongeng dengan mitos dan juga legenda. Semuanya  dapat dibedakan karena isi dari certita yang disampaikan berbeda.

Berikut pengertian singkat dan perbedaan antara ketiganya

Mitos : mitos adalah cerita rakyat yang para tokohnya merupakan para dewa atau manusia setengah dewayang yang terjadi pada dunia lain atau terjadi di bumi namun pada masa lampau dan cerita ini dianggap asli terjadi oleh masyarakat setempat yang menyetujuinya.

Legenda : Legenda adalah cerita rakyat yang tokohnya  berupa manusia yang terjadi di masa lampau dan dianggap benar- benar ada oleh masyarakat. Tentu Kita telah mengenal Legenda sangkuriang, itu merupakan salah satu bentuk cerita legenda yang keberadaanya dipercayai terjadi oleh masyarakat setempat.

Legenda terdiri dari 4 kelompok yakni

  • Legenda keagamaan
  • Legenda Alam Ghaib
  • Legenda Perseorangan
  • Legenda Setempat

Dongeng : Cerita rakyat keberadaanya tidak benar benar dianggap ada hanya berupa khayalan semata dan kejadiannya pada masa yang telah lampau.

Dongeng diceritakan semata untuk sarana hiburan tetapi ceritanya menggambarkan palajarana moral atau berupa sindiran.

Contoh dongeng yang sudah terkenal yaitu dongen kura- kura dan kelinci

Jadi kesimpulannya perbedaan antara dongeng dengan mitos dan legenda :

Dongeng ialaha cerita yang dianggap tidak benar-benar terjadi sedangkan legenda dan mitos dianggap ada dan pernah benar-benar terjadi. Mitos mengisahkan tentang dewa dan setengah dewa sedangkan legenda menceritakan tentang manusia.

Setelah Kita mengetahui tentang pengertian dongeng, jenis- jenis dongeng dan juga mengetahui tentang perbedaaan dongeng dengan cerita legenda dan mitos. Kini tiba saatnya untuk mengenal beberapa cerita pendek  dongeng- dongeng sunda yang menarik, lucu dan penuh akan nilai moral tinggi.


Contoh Dongeng Bahasa Sunda ” Si Kabayan Dicukur”

cerita dongeng sunda
jabarsatu.com

Contoh tugas sekolah lainnya : Pidato Bahasa Sunda 


Si kabayan teh jalma kedulan. ari kandulan teh jahe=jago he-es (beuki sare), teu kaop nyangkere atawa nyarande sok ger wae langsung kerek.

Sakali mangsa si kabayan teh hanyangeun di cukur. Di cukurna handapeun tangkal gede anu aya disisi jalan mitrabatik. Ari tukang cukurna  teh ruruntuk dalang, tadina boga kahayang jadi dalang tapi teu kataekan, kalah we banting setir jadi tukang cukur. teu wudu payu nyukurna teh da eta ari nyukur sok sabari ngadalang.

Gek we diuk Si kabayang teh, ti barang gek diuk dina korsi panyukuran geus langsung lelenggutan wae nundutan. Saperti biasa si eta tukang cukur teh ari ceg kana gunting jeung sisir tuluy wae ngabuih. ngadalang, pok na teh….

“tah kacatur keun di nagara alengka, rajana jenengan Dasamuka…. ari dasa hartina sapuluh… ari muka eta hartosna beungeut atanapi raray… “.

Si kabayan nu geus lelenggutan ngarasa ka ganggu ku si tukang cukur anu bari dadalang, bari heuay si kabayan nyarita “pondokeun wae mang…”

Trek-trek tukang cukur teh ngaguntingan buuk si kabayan bari pok deui…

” ari geus kitu… eta Dasamuka teh bogoh ka dewi Sinta, geureuhna sri Rama… ” “pondokeun wae mang…”ceuk si kabayan nyaritana selang seling antara inget jeung heunteu bakating ku tunduh, teu lila reup deui sare….. lilir sakeudeung, tukang cukur teh keur ngadongeng keneh, ..”

Urang tunda dewi Sinta nu keur di Alengka, sabab di paling ku Rahwana…. caturkeun sri Rama….” si kabayan asa ka ganggu sarena terus nyarita bari lulungu “pondokeun mang….”….terus reup deui peureum.

Trek..trek tukang cukur ngaguntingan buuk si kabayan bari nuluykeun ngadongengna. ari tiap si kabayan lilir, tukang cukur teh keur ngabuih keneh wae ngadalang, tapi ari leungeunna mah tetep teu eureun-eureun ngaguntingan buuk si kabayan.

Si kabayan keuheuleun pisan sabab sarena kaganggu ku sora tukang cukur, nu sakapeung sok ngagerem nurutan sora buta atawa ngajerit nurutan sora dewi sinta basa di paling ku Rahwana… antukna si kabayan ngambek ka tukang cukur bari nyarita ” ceuk aing ge pondokeun…pondokeun…”

Tukang cukur nembalan “dipondokeun kumaha ieu geus lenang kieu..” ari ret si kabayan kana eunteung enya wae sirahna geus gundul teu sa lembar-lembar acan, puguh wae si kabayan teh ambek “nu dipondokeun teh dongeng maneh lain lain buuk aing…

” si kabayan morongos, tukang cukur nembalan bari nyentak “bongan sorangan, naha atuh sare wae batur di gawe teh, lain nuhun di embohan ku dongeng teh…” ngan hing wae si kabayan teh ceurik bakating ku handeueuleun jaba ari balik ku barudak di poyokan bari di abring-abring “…penjol….penjol….”


Contoh Dongeng Sunda Sasatoan Gajah jeung Sireum

dongeng sunda semut dan gajah
sisemutkecil.blogspot.com

Jaman baheula aya sireum keur ngarak rajana, ngaliwat kana alur jajalaneun gajah. Keur rame ngarak, jol datang gajah. Sireum nu sakitu keur nakleukna teh, teu antaparah deui, leye-leye bae ditincakan, bongan cenah make ngaliud di jajalaneun.

Atuh lain ratus deui, tapi aya rebuna sireum anu paeh teh. Barang raja sireum ningal baladna rea nu paeh, kacida ambekna, tuluy susumbar, “Eh Sakadang Gajah, sato nu telenges, nu teu boga ras-rasan ka papada mahluk, rasakeun pamales ti kami.

Ulah adigung asa aing. Engke di Jumaah Kaliwon, urang perang tanding jeung kami!” Walon gajah bari seuri, “Rek ngajago Sakadang Sireum teh? Lamun enyaan, heg ku kami didagoan! Di mana hayang perang teh?”

“Tuh di ditu, di handapeun tangkal waru nu itu, nu condong ka jalan!” gancang, gajah nuluykeun deui lampahna. Ari raja sireum teu talangke deui, tuluy bae nabeuh tangara, ngumpulkeun kabeh baladna.

Teu sabaraha lila, balad sireum teh geus nakleuk di tegalan. Ceuk Raja sireum, “Eh balad kami kabeh! Di Jumaah Kaliwon kaula rek perang tnding jeung Sakadang Gajah, tuh handapeun tangkal waru nu itu! Ku sabab eta, kaula menta ka aranjeun sakabeh ulah sisingeun, kudu pada digarawe.

Sarerea kudu nyieun lombang sing gede pikeun piruang. Nya palebah waru nu itu kudu nyieun piruang teh. Prak geura digarawe ti ayeuna. Tapi kade jukutna mah ulah ruksak, kudu angger bae kawas ayeuna.

Dikorowot ti jero bae, taneuhna engke sesakeun, tuh kira sakandel papan beunang Sakadang Manusa, ka luhurna mah.” Balad sireum saur manuk, kabeh pada jangji rek pada suhud digarawe, sarta pada sanggup anggeus dina waktu tujuh poe.

Saomong balad sireun teu nyalahan, dina waktu tujuh poe piruang teh geus beres. Ti luhurna teu katara, teu jiga piruang meueus-meueus acan, kawantu buatan par ahli nerus bumi.

Barang nepi kana waktuna, kana poe Jumaah Kaliwon tea, subuh keneh Raja Sireum geus ngabedega sisi piruang beulah kulon, nyahareup ngetan. Saksi-saksi geus karumpul, nyaeta: Sakadang Peucang jeung Sakadang Monyet.

Wanci haneut moyan, jol Sakadang Gajah ti beulah wetan maju ka kulon, nyampeurkeun Raja Sireum. Jauh keneh oge Raja Sireum geus celuk-celuk nangtang ka Sakadang Gajah, “Gancang ka dieu Sakadang Gajah, ieu sihung kami geus seukeut meunang ngasah tujuh poe tujuh peuting, geus sadia bakal maehan sampean.

Lamun enya sampean sakti, gancang geura rontok kami!” Barang gajah ngadenge panangtang Raja Sireum kitu, jol suruwuk bae narajang. Tapi cilaka, teu kungsi nepi, da awakna kaburu tigebrus manten kana piruang, sukuna tipitek.

Sakadang Gajah adug-adugan meakeun tanaga hayang kaluar tina piruang, tapi weleh teu bisa. Tungtungna beak tanaga ngajoprak teu bisa walakaya. Ceuk raja Sireum ka balad-baladna, “pek ayeuna geura hanca ku aranjeun eta sato telenges teh!”

Balad sireum nu reana mangyuta-yuta, bareng narajang, napuk kana sakujur awak Sakadang Gajah. Gajah ripuh dicocoan ku sireum. “ampuuun…ampuuun!” Sakadang Gajah tulung-tulungan menta ampun.

Manehna taluk tarima eleh, jeung jangji moal deui-deui ngaganggu ka bangsa sireum. Ti dinya riwayatna, aya paribasa “Sireum oge ditincak-tincak teuing mah sok ngalawan”. Atuh lamun aya nu suten, jempol anu jadi perlambang gajah, eleh ku cinggir anu jadi perlambang sireum.

Itulah tadi 2 dari 15 contoh dongeng sunda pendek yang bisa kamu contoh untuk dijadikan sebagai bahan mengerjakan tugas disekolah. Lain waktu, akan kami sambung lagi kumpulan cerita dongen sunda tersebut.

Dongeng Sunda

Cara Membuat Slime Activator dengan Lem Fox Tanpa Borax

Cara Membuat Slime Activator dengan Lem Fox Tanpa Borax

Cara Membuat Slime – Yeeeee Slime… Saatnya kita membuat slime. Udah pada tahu kan apa itu slime? Apa belum tau? Jika ada yang belum mengetahui tentang apa itu slime mari kita sedikit membahas tentang slime ini.

Terdapat banyaaaaaaaak sekali jenis slime. Beneran

Ada yang namanya slime activator, slime tanpa lem, slime tanpa borax, slime dengan menggunakan lem, slime dengan sabun, slime dengan lem kertas, slime dengan lem fox, slime dengan lem uhu, slime dengan gom ada juga slime yang bisa dimakan.

Lah, dimakan? Iya lhoo, beneran. Ada juga salah satu jenis slime yang bisa dimakan. Gak percaya? Tenang saja akan Oncoman beritahukan cara membuat slime yang bisa dimakan itu dengan mudah pada penjelasan selanjutnya di artkel ini.

Kenapa slime bisa berbeda- beda gitu? Alasan bisa berbeda- beda, dikarenakan tergantung dari penggunaan bahan cara membuat slime yang juga berbeda- beda.

Jadi cepet- cepet bikin slime yang bisa dimakan yah. Hehe

Apa itu Slime? Apa sih apa sih?

cara membuat slime mudah

Sebelum itu ada kan yang belum tahu apa itu slime? Apa sih.. apa sih?

Namun bagi kamu kamu semua yang belum mengetahui apa itu slime berikut penjelasan lengkapnya tentang slime. Slime adalah sebuah kata dalam bahasa inggris yang artinya ” lendir” hehe.

Apa yang kalian pikirkan tentang lendir? Jiji banget pastinya yah. Mungkin disebut Slime atau lendir dikarenakan tekstur dari slime tersebut yang kenyal juga berlendir, tapi adanya lendir tersebut tergantung dari apa yang dipakai untuk bahan baku utama dalam pembuatan slime tersebut.

Untuk membuat slime kamu dapat menggunakan berbagai macam bahan yang sangat mudah ditemui seperti dengan memakai shampoo, sabun cair, sunlight, lem, lem povinal, lem fox, lem uhu, rinso juga ada juga yang menggunakan tepung tapioca.

Awal pertemuanku dengan slime adalah ketika melihat betapa asyiknya adiku tersayag membuat slime ini. Kelihatannya dia begitu bersemangat dari mulai membeli bahan bakunya terus mencampurkan dan “menggiling” adonan slime tersebut.

Pada saat itu sama sekali saya tidak mengetahui apa yang hendak adik saya tersebut buat. Setelah bertanya akhiranya saya tahu bahwa ia sedang membuat slime dan nama mainan tersebut adalah slime.

Pada saat itu sampai sekarang slime merupakan mainan anak- anak masa kini. Yups betul banget, gimana ga masa kini gitu, coba deh lihat banyak anak- anak termasuk adik saya yang tadi diceritakan itu tiap harinya sehabis pulang sekolah langsung menghampiri peralatan kerjanya untuk membuat slime.

Bukan hanya sekedar membuat tapi dengan hobi barunya tersebut adik saya sudah mulai untuk memasarkan slime yang sederhana itu kepada teman temannya. Lalu, apakah laku keras? Tentu laku keras, karena mana mungkin adik saya ini banting tulang membuat slime demi slime tiap harinya kalau tidak ada keuntungan dan rasa senang yang ia dapatkan.

Sesuai janji, berikut akan Oncoman sampaikan beberapa tutorial lengkap yang akan membahas berbagai jenis atau cara membuat slime.

Untuk mempermudah proses belajar membuat slime ini Oncoman sudah sisipkan juga beberapa contoh video cara membuat slime yang akan mempermudah kalian semua dalam membuat slime.

Ayo atuh, jangan lama- lama lagi mari kita mulai untuk membuat slime. Are you ready?

Bismillahirrohmanirohiiiim. Mari Kita membuat slime


1. Cara Membuat Slime Activator


cara membuat slime mudah
maxresdefault.com

Slime activator adalah slime yang dalam pembuatannya memakai bahan berupa cairan.  Cairan ini mempunyai fungsi sebagai bahan tambahan dalam proses pembuatan slime activator.

Namun tidak semua jenis slime menggunakan cairan ini lho. Karena beberapa pembuatan slime pada umumnya sudah dapat dibuat tanpa menambahkan slime activator ini.

Tapi tidak ada salahnya juga apabila kamu ingin mencoba untuk belajar membuat slime activator ini. Berikut langkah- langkah dan bahan yang diperlukan dalam membuat slime activator

Persiapan dan Bahan 

  • Air bersih
  • GOM (dapat dibeli di apotek)
  • Wadah untuk menaruh slime activator
  • Pengaduk

Langkah-Langkah Membuat Slime Activator 

  1. Tuangkan Gom kedalam wadah yang sudah Kamu siapkan sebelumnya.
  2. Tuangkan air, lalu aduk- aduk sampai merata.
  3. Dan slime activator pun siap untuk digunakan.
  4. Bila Slime Kamu ingin lebih berwarna cobalah untuk memberikan pewarna makanan.

Bagaimana? simple sekali bukan membuatnya. Tidak ribet, bahan- bahanya pun dapat di beli dengan mudah. Jika masih kesulitan, coba lihat video cara membuat slime activator berikut ini 🙂


2. Cara Membuat Slime Tanpa Lem


cara membuat slime mudah
maxresdefault.com

Tanpa menggunakan lem kamu-pun  dapat membuat slime dengan mudah, karena dalam membuat slime itu banyak sekali caranya. Untuk kebih jelasnya lagi tentang cara membuat slime tanpa lem coba lihat langkah-langkah membuat slime tanpa menggunakan lem di bawah ini :

Persiapan dan Bahan

  • Masker wajah Egg-Peel Off Mask
  • Lulur mandi Ayudya
  • Air kurang lebih 150 ml
  • Pengaduk / Sendok
  • Wadah

Langkah-Langkah Membuat Slime Tanpa Menggunakan Lem :

Langkah awal yang harus kamu lakukan dalam membuat slime tanpa lem  yaitu dengan terlebih dahulu memasukkan masker wajah ke dalam wadah yang sudah kamu siapkan.

Lalu tuangkan air bersih ke dalam wadah tersebut sebagai pengencer, kurang lebih 50 ml saja dulu.

Aduk- aduk adonan tersebut sampai benar-benar rata.

Kalau sudah tercampur merata, masukan bahann selanjutnya yaitu lulur mandi Ayudya secukupnya saja.

Aduk kembali adonan tersebut sampai bentuknya terasa kenyal dan kental.

Kalau adonannya kurang terlalu kental, tinggal menambahkan kembali  lulur mandi Ayudyanya sampai adonan tersebut sudah benar-benar membentuk slime seperti yang kamu inginkan.


3. Cara Membuat Slime Tanpa Borax


cara membuat slime mudah
maxresdefault.com

Slime tanpa borax ini sangat aman untuk di mainkan oleh anak- anak. Kamu bisa membuatnya dengan mengikuti langkah- langkah berikut ini

Persiapan dan Bahan

  • Baking soda
  • Air hangat
  • Lem cair
  • Sendok/spoon
  • 3 wadah
  • Foam Clay
  • Penyaring

Langkah-Langkah Membuat Slime Tanpa Borax

Masukan foam clay ke dalam wadah.

Tuangkan air hangat dan aduk

Saring campuran foam clay dengan air tadi menggunakan saringan. Di sini kita hanya akan mengambil sarinya saja.

Setelah mendapatkan sarinya, masukan lem cair ke dalam air sari tadi. Aduk secara perlahan sekitar satu menit.

Tuangkan satu sendok teh baking soda ke wadah yang lain, kemudian diisi air dan aduk.

Campur ke duanya menjadi satu dan aduk secara perlahan (+- 1 menit).

Setelah kental dan terbentuk, angkat dan keringkan slime tersebut dengan cara di kipas.


4. Cara Membuat Slime dengan Lem Povinal


cara membuat slime mudah
disgus.com

Lem povinal adalah lem kayu yang berbahan dasar tepung kanji yang sudah dicampur dengan gom. Lem ini biasanya digunakan sebagai perekat kayu dalam pembuatan lemari, rak, menja, dan furniture lainnyayang berbahan kayu.

Persiapan dan Bahan

  • 5 Lem povinal
  • Baking powder / Ragi roti
  • 1/4 gelas air bersih
  • Pewarna makanan 3 sendok the

Langkah-langkah Membuat Slime dengan Lem Povinal

Terlebih dahulu siapkan wadah yang berukuran sedang. Usahakan wadah tersebut sudah bersih dan kering.

Masukkan lem povinal tersebut bersamaan dengan bahan lainnya berupa baking powder ke dalam wadah semuanya. Lalu aduk- aduk sampai merata

Perlahan dan sedikit demi sedikit tuangkan air bersih untuk dicampurkan bersama adonan sambil terus diaduk. Menambahkannya cukup sedikit-sedikit saja, atur kekentalan sesuai selera.

Masukkan 2- 3 sendok teh pewarna makanan ke dalam adonan tadi. Aduk secara perlahan sampai warnanya merata. Coba cek lagi apakah kekentalannya sudah cukup atau belum, jika merasa kurang cair bisa ditambahkan dengan air lagi.

Langkah Terakhir, masukkan adonan slime tersebut kedalam wadah yang tertutup. Diamkan selama kurang lebih setengah jam sebelum dipakai. Biasanya pada saat di diamkan itu, slime akan lebih berkembang.


 5. Cara Membuat Slime dengan Lem Kertas


cara membuat slime mudah

Kamu juga dapat menggunakan lem kertas sebagai bahan baku utama dalam membuat slime ini. Bahan yang dibutuhkannyapun tidak terlalu banyak macamnya. Perhatikan langkah-langkahnya dibawah ini :

Persiapan dan Bahan :

  • GOM (kamu bisa beli di apotek)
  • Pewarna makanan (warna sesuai dengan selera yang kamu inginkan)
  • 1 botol lem kertas cair
  • Pengaduk/ Sendok
  • Wadah

Langkah-Langkah Membuat Slime dengan Lem Kertas

  1. tuangkan lem kertas ke dalam wadah yang sudah kamu siapkan.
  2. tambahkan pewarna makanan.
  3. Selanjutnya teteskan beberapa GOM ke dalam adonan tersebut dan aduk sampai adonan merata dan menggumpal.

Dan slime pun sudah jadi. Tambahkan beberapa variasi seperti hiasan mata agar slime yang telah kamu buat ini terlihat lebih menarik dan hidup.

Bagaimana? Mudah sekali kan membuatnya.  Jika kamu masih mengalami kesulitan, silahkan lihat video di bawah ini :


6. Cara Membuat Slime dari Lem Fox


 

cara membuat slime mudah
maxresdefault.com

Lem fox merupakan lem yang biasa digunakan untuk melekatkan kayu, kertas, koraltex, texture juga dapat digunakan sebagai plamur tembok. Kamu dapat dengan mudah membeli lem fox ini di toko-toko bangunan yang ada di dekat rumah kamu.

Persiapan dan Bahan :

  • Air bersih kurang lebih 3 sendok teh
  • Baby oil 1/4 sendok teh
  • Sabun cair 1/4 sendok teh
  • Baking powder 1 sendok teh
  • Pewarna makanan 1 sendok teh (warnanya sesuai dengan selera kamu)
  • Lem fox putih 3 sendok makan
  • Obat tetes mata
  • Pengaduk
  • Wadah yang  memiliki tutup

Langkah-Langkah Membuat Slime dengan Lem Fox :

  1. Tuangkan lem fox putih bersama air bersih kedalam wadah. Kemudian aduk- aduk sampai merata.
  2. Tuangkan baking powder ke dalam wadah dan aduk- aduk lagi sampai semua adonannya tercampur merata.
  3.  Masukkan sabun cair, obat tetes mata, dan pewarna makanan secara bersamaan. Aduk kembali adonan tersebut sampai  menjadi kenyal. Pada proses ini sebenarnya slime sudah jadi, kita hanya perlu mengatur tingkat kekenyalan dan warnanya saja.
  4. Jika slime tersebut sudah seperti apa yang kamu inginkan, maka selanjutnya adalah campurkan cairan baby oil ke dalam slime tersebut agar tidak lengket jika kita mainkan.
  5. Langkah terakhir, letakan slime tersebut ke dalam sebuah wadah kemudian tutup rapat wadahnya.

Sangat mudah kan membuatnya ? Jika kamu masih mengalami kesulitan, silahkan lihat video cara membuat slime dengan lem fox di bawah ini :


7. Cara Membuat Slime dengan Lem UHU


cara membuat slime
youtube.com

Bahan lainnya yang dapat kamu gunakan dalam membuat slime adalah lem uhu. Kamu dapat membeli lem uhu ini di toko-toko terdekat dari rumah kamu. Kemasan dari lem UHU ini bewarna kuning dan terdapat tulisannya “UHU” hehe ?

Berikut ini  langkah-langkah membuat slime dengan memakai lem uhu.

Persiapan dan Bahan :

  • Lem UHU
  • Sabun sunlight
  • Pengaduk/ Sendok
  • Wadah

Langkah-Langkah Membuat Slime dengan Lem UHU :

  1.  Tuangkan lem UHU ke dalam wadah yang sudah kamu sediakan.
  2. Tuangkan sabun sunlight ke dalam wadah tersebut, sesuaikan dengan banyaknya lem UHU yang kamu gunakan (Perbandingannya lem UHU harus lebih banyak dari pada sabun sunlightnya agar slime memiliki tekstur yang kenyal)
  3. Aduklah adonan tersebut sampai rata dan bentuknya menjadi kenyal.

8. Cara Membuat Slime dengan Tepung Maizena


cara membuat slime
youtube.com

Selain menggunakan tepung kanji, kamu juga dapat menggunakan tepung maizena sebagai bahan baku utama dalam membuat slime. Tepung maizena merupakan tepung yang bahan dasarnya terbuat dari jagung atau pati jagung.

Berikut ini adalah cara membuat slime dengan tepung maizena :

Persiapan dan Bahan :

  • 1 1/2 cangkir air hangat
  • 2 cangkir tepung maizena
  • pewarna makanan (sesuai dengan selera yang kamu inginkan)
  • 1 sendok teh krim tartar
  • 2 wadah

Langkah-Langkah Membuat Slime dari Tepung Maizena :

  1. Masukan 1 1/2 cangkir air hangat ke dalam wadah yang telah kamu siapkan.
  2. Kemudian tuangkan tiga sampai empat tetes pewarna makanan sampai warnanya benar- benar menyatu dengan air.
  3. Aduk secara perlahan dengan menggunakan sendok sampai warnanya tercampur rata.
  4. Tuangkan sidkit demi sedikit tepung maizena ke dalam wadah yang satunya lagi.
  5. Kemudian tuangkan air yang telah dicampur dengan pewarna makanan tersebut ke dalam wadah yang berisi tepung maizena. Tuang secara perlahan, dengna mengunakan tangan kamu campurkan bahan-bahan tersebut. Terus diaduk-aduk sampai adonan menjadi kental.

Sampai tahapan ini sebenarnya slime sudah jadi. Kamu tinggal mengatur kekentalannya saja. Jika hasilnya terlalu encer, kamu dapat tambahkan tepung maizena lagi. Apabila terlalu kental, kamu bisa tambahkan air secukupnya.


9. Cara Membuat Slime Jelly


cara membuat slime jelly

Cara membuat slime berikutnya adalah dengan menggunakan jelly. Apa iya bisa ? bisa banget , berikut ini adalah cara membuat slime dengan menggunakan jelly :

Persiapan dan Bahan :

  • Lem (merknya terserah saja)
  • Slime aktivator
  • Pewarna makanan secukupnya (sesuai dengan selera)
  • Pengaduk
  • Wadah

Langkah-Langkah Membuat Slime dengan Jelly :

Masukkan lem ke dalam wadah yang sudah kamu siapkan.

Masukkan pewarna makanan sesuai dengan selera yang kamu inginkan.

Aduk campuran tersebut sampai merata.

Tuangkan slime aktivator ke dalam adonan dan kemudian aduk sampai bentuk adonan menjadi kental.


1o. Cara Membuat Slime dari Bedak


cara membuat slime
youtube.com

Bahan pembuatan slime ini sangat cocok digunakan jika kamu mengadakan sebuah pesta slime seccara dadakan. Karena tanpa banyak persiapanpun kamu dapat memakai bedak bayi yang ada di rumah. Pasti pada punya bedak bayi kan?

Berikut ini adalah cara membuat slime dengan menggunakan bedak bayi :

Persiapan dan Bahan

  • Bedak bayi ½-1 botol
  • Baby oil 4 sendok makan
  • Air bersih 2 gelas
  • Pewarna makanan 2-3 sendok teh (sesuai dengan selera kamu)
  • Pengaduk/ Sendok

Langkah-Langkah Membuat Slime dengan Menggunakan Bedak Bayi

  1. Siapkan wadah terbuka yang berukuran sedang. Usahakan terdapat penutup bagian atasnya, bisa berupa toples atau apa pun.
  2. Masukkan bedak bayi ke dalam wadah, ratakan agar mudah di campur.
  3. Masukkan air perlahan sedikit demi sedikit ke dalam adonan sambil terus diaduk.
  4. Selanjutnya tambahkan baby oil kedalam adonan, jangan lupa aduk sampai merata. Atur kekentalan sesuai selera, jika dirasa masih kurang, bisa ditambah sedikit bedak bayi atau air bersih.

Jangan lupa untuk memasukan pewarna makanan ke dalam adonan slime tersebut, campur sampai warnanya merata.

Tutup dan simpan adonan beberapa jam sebelum digunakan.


11. Cara Membuat Slime dari Tisu


cara membuat slime
momyscene.com

Kamu juga dapat membuat slime dengan menggunakan bahan utama berupa tisu. Karena tisu juga mudah untuk di dapatkan.

Berikut ini adalah cara membuat slime dengan menggunakan tisu :

Persiapan dan Bahan :

  • Tisu
  • Clear glue
  • Slime activator
  • Pewarna makanan (sesuai dengan selera kamu)
  • Air bersih
  • Pengaduk/ Sendok
  • Wadah

Langkah-Langkah Membuat Slime dengan Menggunakan Tisu :

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah sobek tisu menjadi ukuran yang kecil.
  2. Kemudian masukkan sobekan tisu tadi ke dalam wadah yang sudah kamu siapkan.
  3. Tuangkan air ke dalam wadah dan aduk sampai merata. Kalau tisunya dirasa kurang, kamu bisa menambahkannya lagi.
  4. Selanjutnya tambahkan clear glue dan teteskan pewarna ke dalam wadah secukupnya.
  5. Lalu aduk adonan sampai benar-benar merata dan tambahkan slime activatornya.
  6. Aduk sampai adonan berbentuk slime.

12. Cara membuat Slime dari Shampo


cara membuat slime mudah
maxresdefault.com

Kamu juga bisa menggunakan shampo sebagai bahan dasar untuk membuat slime. Berikut ini adalah cara membuat slime dengan menggunakan shampo :

Persiapan dan Bahan :

  • Air bersih
  • Shampo setengah sachet
  • 5 sendok makan lem fox
  • Deterjen 1 sendok makan
  • Baby oil
  • Lulur mandi Ayudya
  • Wadah
  • Pengaduk

Langkah-Langkah Membuat Slime dengan Menggunakan Shampo

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah tuangkan lem fox ke dalam wadah yang sudah kamu sediakan.

Kemudian tuangkan air ke dalam wadah dan aduk sampai rata.

Campurkan shampo ke dalam wadah tersebut, kemudian aduk lagi sampai rata.

Tuangkan pewarna makanan secukupnya, sesuai dengan selera yang kamu inginkan.

Tambahkan lulur mandi Ayudya, kemudian aduk terus sampai adonan menjadi kental.

Jika adonan masih lengket, tambahkan baby oil ke dalam adonan.

Slime sudah bisa digunakan.

Sangat mudah kan membuatnya ? Jika kamu masih mengalami kesulitan, silahkan lihat video di bawah ini :


13. Cara Membuat Slime yang Bisa Dimakan


Ini nih jenis slime yang bisa di makan.  Dengan menggunakan bahan utama berupa susu dan bahan makanan lainnya jenis Slime  dapat kamu buat dan kalau lapar bisa juga langsung dimakan : ). Sebab menggunakan bahan yang tidak berbahaya untuk kesehatan.

Berikut ini adalah cara membuat slime dengan menggunakan susu cair :

Persiapan dan Bahan

  • Sekotak susu cair / Susu kental manis yang ditambah air
  • Bubuk vanili secukupnya
  • 1 1/4 sendok makan tepung maizena
  • Pewarna makanan 2-3 sendok teh (sesuai dengan selera kamu)
  • Sendok Pengaduk

Langkah-Langkah Membuat Slime dengan Menggunakan Susu Cair

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah terlebih dahulu kamu siapkan panci yang berukuran sedang. Cari saja yang cukup agar dapat menampung semua bahan tersebut.

Selanjutnya masukkan susu cair ke dalam panci, lalu panaskan diatas kompor dengan memakai api kecil. Aduk sampai sedikit panas. Tujuan merebus susu ini supaya bakteri yang ada di dalam susu tersebut  bisa mati, sebab susu yang menjadi slime ini nantinya kemungkinan akan dimakan. Sehingga haruslah steril.

Selanjutnya masukkan bubuk vanili ke dalam adonan sambil terus diaduk secara perlahan.

Tambahkan sedikit demi sedikit tepung maizena, lalu aduk lagi sampai merata.

Atur kekentalan sesuai selera Kamu, jika dirasa masih kurang, bisa sedikit ditambahkan tepung maizena.

Setelah adonan tersebut mendidih, angkat dan dinginkan adonan.

Jika adonan sudah dingin, masukkan bahan lainnya berupa pewarna makanan ke dalam adonan tadi, campur sampai warnanya merata dengan adonannya.

Langkah terakhir, simpan adonan dalam wadah yang tertutup. Hindarkan slime dari pancaran sinar matahari langsung, supaya susu tidak menjadi rusak.

Sudah jadi deh,Slime yang terbuat dari susu bisa kita mainkan dan dapat juga dimakan


14. Cara Membuat Slime Serbuk Fiber


Bahan alternatif lainnya untuk membuat slime adalah dengan menggunakan serbuk fiber. Berikut ini adalah cara membuat slime dengan menggunakan serbuk fiber :

Persiapan dan Bahan :

  • Air
  • 1 sendok teh serbuk fiber
  • Pewarna makanan
  • Wadah dari bahan stainless

Langkah-Langkah Membuat Slime dengan Serbuk Fiber :

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah campurlah satu sendok teh serbuk fiber dengan satu cangkir teh ke dalam mangkok.
  2. Kemudian teteskan pewarna makanan ke dalam adonan tersebut hingga mendapatkan warna seperti yang kamu inginkan. Aduk dan pastikan warna telah menyatu dengan adonan.
  3. Selanjutnya masukkan adonan tersebut ke dalam microwave. Panaskan selama 4 – 5 menit dengan suhu yang tinggi. Jangan lupa untuk selalu di cek, apakah adonan tersebut mendidih atau tidak.
  4. Diamkan adonan tersebut sampai dingin.
  5. Kemudian ulangi proses tersebut sebanyak 3 – 6 kali. Semakin banyak, maka slime akan semakin kental.
  6. Kalau sudah merasa cukup, tinggal biarkan slime tersebut dingin.

15. Cara Membuat Slime Tepung Kanji

Tepung kanji ialah tepung yang terbuat dari ketela pohon, Membuat slime dengan tepung kanji ini sangat mudah di dapat, kamu bisa membelinya di berbagai toko serba ada atau bahkan warung sekalipun, harganya pun sangat murah. Tepung kanji juga merupakan bahan yang dapat digunakan untuk membuat slime karena sangat aman untuk dimainkan oleh anak-anak.

Berikut ini adalah langkah pembuatan slime dengan menggunakan tepung kanji :

Persiapan dan Bahan :

  • Air bersih kurang lebih 400 ml
  • 2 Gelas tepung kanji / tepung tapioka
  • Minyak goreng setengah gelas
  • Pewarna makanan 2 -3 sendok teh

Langkah-Langkah Membuat Slime dengan Menggunakan Tepung Kanji :

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah siapkan terlebih dahulu wadah berukuran sedang. Jangan lupa untuk terlebih dahulu membersihkan wadah tersebut.
  2. Kemudian masukkan tepung kanji ke dalam wadah yang telah disiapkan tadi.Kemudia ratakan supaya adonan mudah di uleni.
  3. Tuangkan air bersih secukupnya secara perlahan-lahan sambil terus diaduk- aduk agar adonannya tidak menggumpal.
  4. Selanjutnya masukkan minyak sayur ke dalam adonan tersebut lalu aduk merata  dan jangan lupa untuk mengecek ke kentalannya. Jika kurang cair, tambahkan air dan sedikit minyak lagi.
  5. Langkah terakhir, masukkan pewarna makanan ke dalam adonan slime. Aduk- aduk lagi sampai pewarna tadi tercampur rata dengan adonannya.
  6. Masukkan slime ke dalam plastik dan ikat dengan kuat.

Banyak yah jenis slime yang dapat kita buat. Mau buat yang mana? Slime activator? Slime tanpa atau dengan lem? Slime tanpa borax? atau slime yang dapat dimakan? mmm, kayanya enak banget tuh slime  yang dapat  dimakan, abis di mainin lapar makan aja langsung haha. :p

Sekian pembahasan artikel tentang cara membuat slime.

Semoga bermanfaat, jangan lupa di share agar teman temanmu juga dapat membuat slime .

Cara Mambuat Slime 

Contoh Carpon Bahasa Sunda, Kumpulan Carita Pondok Bahasa Sunda [ Lucu Pisan]

Contoh Carpon Bahasa Sunda, Kumpulan Carita Pondok Bahasa Sunda [ Lucu Pisan]

Carpon Bahasa Sunda  Apa itu carpon? Ada yang tahu?  Semua orang, terkecuali orang jawa, madura, aceh, manado, papua dan berbagai suku lainya. Selain suku sunda pastilah tidak mengerti apa itu carpon.

Baiklah sebagai orang sunda yang baik hati, izinkan saya untuk menerangkan tentang apa itu carpon, pengertian dari carpon dan jenis- jenis dari carpon. Eh emang ada jenisnya? Jelas ada, oleh karena itu mari ikuti penuturan saya selanjutnya tentang carpon bahasa sunda ini.

Mungkin bagi kamu kamu semua yang memang orang sunda pasti sudah mengetahui apa itu carpon. Yups benar sekali, carpon adalah kepanjangan kata dari carita pondok. Nah apa itu carita pondok, carita pondok kalau dalam bahasa Indonesia nya mah yaitu cerita pendek.

Taraaaaaa…!!! Masalah terselesaikan ternyata carpon ini  tidak jauh berbeda dengan carpen nya  bahasa Indonesia yah. Carpon  ini ada banyak macam jenis dan bagiannya juga seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Semua jenis tersebut tergantung dari situasi dan kondisinya.

Biasanya carpon ini berisi tentang hal- hal atau cerita yang lucu, humoris seperti carpon yang sudah yang paling fenomenal yaitu carita pondok tentang si kabayan.

Sudah tidak sabar untuk membaca kumpulan carpon yang lucu lucu, imut dan menggemaskan ?

Mangga, aa aa teteh teteh akang nyai ujang- ujang adik adik semuanya wilujeung menikmati beberapa carita pondok bahasa sunda yang dijamin penuh makna, lucu dan menggemaskan pisan.

Yu akh cekidot !!!


Carpon Bahasa Sunda Singkat Lucu

kabayan dan nyi iteung
clickphotoku.com

Bila Kamu juga sedang mencari  artikel tentang sajak, contoh sajak dan kumpulan sajak dalam bahasa sunda bisa kunjungi artikel tentang sajak bahasa sunda berikut ini : Sajak Bahasa Sunda


Aya hiji carita tentang satu anak manusia sebut weh ngarana si udin, tapi kade ulah dilandian udin sedunia da udin anu  ini mah salah satu nama udin yang tidak teracantum di warga Negara dunia. GAk…!!

Caritana Si Udin teh umurna geus 36 tahun ( can kawin). Si udin ieu bogaeun hiji karesep anu mana karesep ieu sok matak mopohokeun ka kawajiban manehna salaku umat manusia.  Ka reseupna  si udin teh nyaeta nyienan bandring da lantaran manehna bga laku osok ngabandringan manuk di lemburna teh.

Manukna mah sagala rupa anu sok dibandringana teh aya manuk kutilang dibandring, aya manuk piit dibandring, manuk gareja dibandring,  manuk perkutut pak RT juga dibandring dan sampai- sampai  manuk bobogaan pak Rt na ge t weleh sok dibandringan. Untung we ngan manuk bobogaan pak Rt doang anu dibandringna, bisa bahaya mun nepika ngabandringan  tutut  ibu Rt na mah.  Gak…gak

Hiji mangsa berdialog dengan mamah nya. Kira- kira seperti inilah dialog antara udin dan mamahnya  tercinta.

Ema : ” Din umur maneh teh geus kolot, maneh arek iraha kawin?! ”

Udin : ” Enya, engke ma..! ” ( Bari ngomean bandring)

Ema : ” Ih ari maneh mah engke, engke wae! Iraha din? Yeuuh Ema teh tos hayang boga incu!!! ”

Udin : ” Engke ma! Kalem we  ” (Jongjon bari ngoprek keneh bandring)

Ema : ” Maneh emang nyaho din kmha carana kawin teh? ” (Ngahareupkeun si udin bisa)

Udin : ” Deh.. gampang ma! Pirage kikituan, piraku udin teu nyaho mah..”

Ema : ” Coba atuh cing, bejakeun ka ema kumaha carana kawin teh..?! ”

Udin : ” Kieu ma, kahiji.. Bukaan bajuna..”

Ema : ” Terus?”

Udin : ” Kadua.. buka calanana. ”

Ema : ” Terus din.. terus..?” (Bari panasaran)

Udin : ” Ka tilu.. pas tos ka tingali cangcut na, terus di… euhkeun???”

Ema : ” Horeng bisa gening maneh din, terus dikumaha keun terakhirna???”

Udin : ” Enya, bisa atuh ma! Da gampang kikituan mah ma.  Terus… Di cabak hela ma..”

Ema : ” Terus..din !” (Bari seura-seuri)

Udin : ” Tah geus kitu, di buka.. Urang jieun bandring weh ma cangcutna teh!!”

Ema : ” Goblog siah..!! budak teh wani- wani ngagawean aing!”

Udin : ” Hehee..!!!” (Bari cengar-cengir siga teu boga dosa).

 


Contoh Carpon Bahasa Sunda Pangalaman Pribadi

contoh carpon sunda singkat
bdgexpat.com

Sedang ada tugas tentang membuat Contoh Pidato Bahasa Sunda?  Bisa Kamu jumpai kumpulan contoh pidato bahsa sunda lengkap di artikel berikut ini : Pidato Bahasa Sunda

Liburan taun baru kamari abdi sakulawarga angkat ka Bandung. Abdi sadayana angkat sadinten saatos nampi rapot. Di Bandung teu seueur angkat-angkatan ka rupi-rupi tempat mung ka TSM,PVJ,Dusun Bambu, ka bumina pun bibi di Cijerah sareng ka bumina pun mamang di Gegerkalong.

Tapi tempat anu paling mineng didongkapan mah TSM, kumargi paling caket ti Rorompok. Kaping 31 desember abdi sakulawargi angkat ka bumina pun ua di Buah batu, ngempel ngarayakeun wengi pergentosan taun. Abdi angkat ti rorompok di Cicadas kinten-kinten tabuh setengah lima sonten margi sieun macet dijalan, teu terang mah leres macet.Dugi ka bumi pun ua pas adzan maghrib.

Kinten-kinten tabuh dalapan wengi acara dikawitan meuleum sate maranggi, katuangan khas Cianjur sareng beuleum ketan dicocol ku sambel oncom. Kembang api sareng pepetasan tos ngawitan rame tingbaranyay di langit,endah pisan katingalna.

Kaleresan bumi pun ua di sisi sawah janten kota Bandung jelas katingal. Puncakna tabuh dua belas pas kembang api ti ditu ti dieu harurung nyaangan langit kota Bandung. Ba’da netepan subuh abdi sadayana mulang ka Cicadas.


Itulah tadi beberapa contoh carpon bahasa sunda singkat yang bisa Kamu jadikan referensi buat pembuatan tugas sekolahmu.
Selain carpon kamu bisa juga membaca artikel tentang contoh dongeng dalam bahaasa sunda pada artikel lainnya:

Terima kasih ..  Semoga Bermanfaat

Berikan komen terbaikmu untuk Tutugon.com yang lebih baik lagi