kue ulang tahun

Susunan Acara Ulang Tahun Anak, Games dan Contoh teks Pembawa Acara

Susunan Acara Ulang Tahun – Sahabat Oncomers yang tercinta sedang mencari artikel tentang susunan acara ulang tahun yang menarik kan? Oncomers semua sudah berada di tempat yang tepat, karena pada artikel kali ini sengaja Oncoman ingin membahas tentang susunan acara ulang tahun yang tidak hanya manarik tapi lengkap dan penuh dengan manfaat.

Sebelum kita melangkah ke pembahasan tentang susunan acara ulang tahun ada baikknya kita mengetahui tentang pengertian dari ulang tahun. Apa siiiiiih ultah itu?

Ulang tahun adalah sebuah peringatan yang dilakukan untuk merayakan hari kelahiran atau mengingat masa- masa pada saat pertama kali lahir yang merupakan hari yang spesial dalam kehidupan.

pesta ulang tahun
katalogibu.com

Biasanya yang sering dan meriah dirayakan adalah ulang tahun kelahiran anak, ulang tahun anak remaja atau lebih dikenal dengan perayaan sweet seventeen selebihnya ulang tahun orang dewasa yang meskipun untuk perayaan ulang tahun orang dewasa ini sudah tidak banyak yang merayakanya juga.

Di Indonesia perayaan acara ulang tahun sudah menjadi hal yang wajib dilakukan setiap tahunnya, meskipun kalau dilihat dalam agama islam perayaan seperti ini tidak diperbolehkan. Tidak diperbolehkan apabila dalam susunan acara ulang tahunnya itu berisi dengan hal hal yang bersifat pesta hura- hura, atau hal hal yang lebih condong ke melalaikan terhadap Allah ta’ala.

Terus bagaimana? Jadi apakah acara ulang tahun itu tidak boleh dilakukan? Boleh-boleh saja asal di dalam susunan acaranya itu diisi dengan berbagai macam hal- hal yang bermanfaat dan bernilai ibadah. Agar tidak hanya kesenangan yang akan kita dapatkan namun dihitung juga sebagai amal pebuatan yang bernilai ibadah di sisi-Nya.

Nabi besar Muhammad pun merayakan hari ulang tahunnya dengan selalu berpuasa pada hari senin dan kamis. Senin untuk memperingati hari kelahiranku kata Nabi Muhammad dan Kamis adalah hari dimana setiap amal yang kita lakukan akan di setorkan.


Susunan Acara Ulang Tahun Anak


susunan acara ulang tahun anak
pestaulangtahun.com

Ulang tahun bukan tentang meniup lilin dan setelah itu berharap untuk dapat dipanjangkan umur, hal itu jelas dilarang oleh agama seperti yang ada pada kutipan Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin rahimahullah yang menjelaskan ” Panjang umur bagi seseorang tidak selalu berbuah baik, kecuali kalau umur tersebut dihabiskan dalam rangka menggapai keridhaan Allah dan ketaatanNya.

Karena sebaik- baik orang adalah yang panjang umurnya dan baik amalnya.Sementara orang yang paling buruk adalah dia yang panjang umurnya namun buruk dalam amalnya. Na’udzubillah

Untuk membuat sebuah acara ulang tahun yang meriah dengan diisi hal hal yang bermanfaat maka cobalah baca contoh susunan acara ulang tahun anak dibawah ini.

1. Pembukaan oleh MC
2. Pembacaan ayat suci Al- Qur’an dan Shalawat
3. Sambutan dari orang tua
4. Pemotongan kue ulang tahun.
5. Istirahat Makan- makan
6. Permainan
7. Do’a
8. Penutup
9 . Bersalaman sambil bershalawat

1. Susunan Acara Ulang Tahun : Pembukaan

Pembukaan acara ini disampaikan oleh seorang Mc yang bertugas dalam memandu agar susunan acara dari poin satu sampai selesai dapat berjalan dengan lancar. Dalam pembukaan tersebut Mc bisa memulainya dengan bacaan Salam (Assalamualaikum ) lalu dilanjutkan dengan Bismillah. Hal ini dimaksudkan agar susunan acara yang telah dibentuk dapat berjalan sesuai rencana dan lebih barokah.

Karena dalam sebuah hadis mengatakan setiap amal kebaikan yang dilakukan tanpa mengucapkan bismillahirohmanirrohiim adalah cacat dalam artian tidak sempurna.

Poin penting lainnya yaitu pihak penyelenggara dalam hal ini Orang tua haruslah bisa menemukan Mc yang sudah berpengalaman, pintar dalam berbicara agar acara yang spesial ini dari awal sampai akhir acara tetap menarik untuk disimak. Namun bisa juga dengan menyuruh anggota keluarga dengan membacakan teks yang ada dibawah ini.

Baca Juga   Cara Membuat Slime dengan Lem Povinal, Lem FOx dan Lem UHU

Contoh pembukaan ulang tahun 

Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Adik-adik yang berbahagia, Pertama-tama marilah kita panjatkan puji serta syukur kehadirat Alloh SWT yang telah memberikan kita semua nikmat kesehatan, dan keceriaan sehingga pada kesempatan pagi hari ini kita dapat menghadiri undangan dari dik Oncoman dan keluarga dalam acara ulang tahun yang ke-7.
Adapun acara pada kesempatan pagi hari ini akan kita awali dengan pembukaan. Marilah bersama-sama kita buka acara ulang tahun dik Oncoman yang ke-7 ini dengan bacaan basmalah bersama.
 ————– Bismillahirrahmanirrahim ————–
Mudah-mudahan dengan bacaan basmalah tersebut acara pada kesempatan pagi hari ini dapat berjalan dengan lancar dan meriah.
Menginjak acara kedua yakni pembacaan ayat suci Al-qur’an dan shalawat nabi yang akan dibawakan oleh Ust. Oncomin waktu dan tempat dipersilahkan.

2. Susunan Acara Ulang Tahun : Pembacaan Ayat Suci Al- Qur’an dan Shalawat Nabi


Biasanya setelah dibukanya pembukaan oleh pembawa acara atau mc yang biasa dilakukan adalah mementaskan hiburan- hiburan yang menari seperti badut badutan dan beragam tokoh superhero untuk di pentaskan agar menarik perhatian para tamu undangan. Namun hal itu adalah tidak baik. Kita bisa menggantinya dengan pembacaan ayat ayat suci Al- Quran dan Shalawat kepada Nabi Muhammad Saw.

Daripada mengisinya dengan nyanyi-nyanyi serta beragam hiburan alangkah jauh lebih baik lagi kalau orang tua menghadirkan Al- Quran karena Al-quran adalah obat yang dapat mengobati segala macam penyakit dengan membacakan Al- Quran orang tua dan para tamu undangan mendapatkan kebarokahan dari setiap ayat yang dibacakan.

Begitupula dengan pembacaan shalawat setelah pembacaan ayat suci Al-quran. Bagi orang yang membacakan shalawat terhadap nabiNya akan mendapatkan limpahan barokah, kasih sayang sebagaimana yang telah nabi Muhammad dapatkan dari Allah SWT beserta para makhluknya.

3. Susunan Acara Ulang Tahun : Sambutan dari Orang tua

Keterlibatan orang tua berarti ini merupakan acara ultah anak-anak, jadi disini orang tua harus dapat membawakan suasana yang indah dan mengesankan untuk kelancaran acara ulang tahun ini.
Sambutan dari orang tua begitu penting, karena doa yang dipanjatkan oleh orang tua untuk kelancaran acara ulang tahun dan kebaikan untuk anak akan sangat berpengaruh karena doa dari orangtua merupakan salah satu doa yang mudah untuk diijabahnya

4. Susunan Acara Ulang Tahun : Ceramah Singkat

Ceramah singkat yang di bacakan oleh penceramah bisa juga ditambahkan untuk menambah keberkahan dari acara ulang tahun ini. Penceramah bisa memberitahukan tentang kewajiban kewajiban anak terhadap orang tua kemudian kewajiban ketika sudah memasuki usia baligh serta materi- materi lainnnya yang berkaitan dengan anak- anak dan tumbuh kembangnya.

5. Susunan Acara Ulang Tahun : Pemotongan Kue Ulang Tahun

kue ulang tahun
youtube.com

Pemotongan kue ulang tahun merupakan acara inti yang ditunggu- tunggu, ini adalah momen yang membahagiakan bagi anak yang sedang berulang tahun. Dalam agama islam tidak dianjurkan untuk meniup lilin pada kue ulang tahun karena seperti yang telah dikatakan sebelumnya hal ini merupakan penyerupaan budaya dari golongan selain islam.


| Baca juga : Contoh Hiasan Dinding Tk Paud |

Tanpa menempelkan dan meniup lilin yang ada di atas kue pun kita bisa saja melakukan pemotongan kue sebagai inti dari acara syukuran hari ulang tahun. Biasnya pada inti acara pemotongan kue ini dibarengi oleh lagu selamat ulang tahun yang sudah biasa disenandungkan. Namun itu merupakan lagu nasional yang terjemahan dari lagu ulang tahun yang berasal dari orang diluar agama islam.

Kita bisa menggantinya dengan lagu ulang tahun yang lebih islami yang berisi tentang panjatan doa doa kepada Allah Swt.

Lagu atau qasidah ini karangan dari habieb rizieq sihab

Baca Juga   14 Bentuk Origami Kepala Hewan Beserta Cara Membuatnya

Berikut video dan lirik Qasidah ulang tahun – Mabruk Alfa Mabruk

Mabruuk alfa mabruuk ‘alaika mabruuk

Mabruuk alfa mabruuk yawm miiladik mabruuk

Selamat hari milad

Semoga dapat rahmat

Dari Allahu Ahad

Hingga hidup selamat

Mabruuk alfa mabruuk ‘alaika mabruuk

Mabruuk alfa mabruuk yawm miiladik mabruuk
………………………………………….
Selamat ulang tahun

Semoga berkah turun

Dari Allah Pengampun

Sehingga hidup rukun

Karya Imam Besar Front Pembela Islam

( Dr.Al-Habib Muhammad Rizieq Bin Syihab,Lc,MA,DPMSS ).

6. Susunan Acara Ulang Tahun Makan- makan/ Oleh- oleh

kue ulang tahun
youtube.com

Setelah acara pemotongan kue selesai beranjut keacara lainnya berupa acara makan- makan untuk menjamu para tamu undangan. Pelaksanaan acara makan makan ini sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah yang telah di berikan Allah Swt atas kesehatan yang didapatkan oleh anak kita tersayang serta rasa terima kasih terhadap tamu undangan yang telah banyak memberikan doa kebaikan bagi anak kita.

Dengan memberikan jamuan berupa makan- makan atau pemberian cinderamata merupakan suatu bentuk amal ibadah dengan berbentuk shodakoh.

7. Susunan Acara Ulang Tahun : Games/ Permainan

permainan seru ulang tahun
Ourdreamparty.com

Setelah perut terisi dengan berbagai macam jamuan dan oleh oleh berupa makanan ringan. Untuk lebih memeriahkannya lagi bagaimana kalau diisi dengan beberapa permainan yang seru.

Ada banyak jenis permainan yang bisa dilakukan. Cerdas cermat? Tebak tebakan berhadiah ? Berikut beberapa permainan yang bisa menambah kemeriahan acara ulang tahun anak tersayang kita.

  • Balon Meletus

Semua tamu masing-masing mengambil balon, kemudian balon tersebut harus diduduki sampai meletus. Nah Siapa cepat dia yang menang.

  • Tepuk Balon

Siapkan balon dan berikan masing-masing anak 1 buah balon untuk ditepuk-tepuk selama musik berjalan. Yang penting balon tidak boleh sampai jatuh ketika ditepuk-tepuk dan musik berlangsung, mendadak hentikan musik dan balon harus ditangkap kembali. Mereka yang berhasil menjaga balon tidak jatuh selama game berlangsung adalah pemenangnya.

  • Memutar benda

Siapkan benda apa saja, tetapi yang tidaklah berbahaya seperti balon atau bola. Kemudian suruh mereka yang hadir dalam acara ulang tahun itu untuk membentuk lingkaran besar. Putarlah balon atau bola tersebut selama berjalan musik, dan hentikan tiba-tiba. Anak yang mendapat balon atau bola saat musik mendadak berhenti haruslah mendapat hukuman, misalnya disuruh apa saja misalnya mengaji, membacakan surat surat pendek.

  • Tebak-tebakan Berhadiah

Permainan sederhana yang seru dengan memberikan teka-teki atau tebakan yang harus dijawab. Orang yang berhasil menjawab benar akan diberikan hadiah.

8. Susunan Acara Ulang Tahun : Do’a

Panjatkan doa kepada yang Maha Kuasa, Allah SWT, yang telah memberikan rahmat umur dan kesehatan.

9. Susunan Acara Ulang Tahun : Penutup

Penutup biasanya dilakukan oleh MC/ Pembawa Acara.

10. Susunan Acara Ulang Tahun : Bersalam- salaman Sambil Bershalawat

Sebagai  penutup dari rangkaian susunan acara ulang tahun, Mc menuntun para tamu undangan yang akan meninggalkan ruang ulang tahun untuk bersalaman sembari melantunkan shalawat kepada Nabi Muhammad. Dengan melakukan salam terhadap sesama temannya akan meleburkan setiap dosa dan menumbuhkan rasa keakraban.

Setelah susunan acara dari awal sampai akhir selesai selanjutnya ditutup dengan salam salaman sambil mengucapkan bacaan shalawat kepada Rosululloh SAW.

Itulah tadi contoh susunan acara ulang tahun anak yang tidak hanya menarik tapi juga bermanfaat dan penuh akan kebarokahan.

SUSUNAN ACARA ULANG TAHUN ANAK 

Leave a Comment