wayang kulit serana penyebaran islam indonesia

Kupas Tuntas Sejarah Islam Indonesia Lengkap

perjalanan padang pasir
www.australia.com

Sejarah islam Indonesia sangatlah menarik untuk di pelajari, bagaimana islam dengan rahmatan lil alaminya mampu untuk masuk ke dalam tradisi dan kebudayaan yang ada di indonesia.

Sampai saat ini islam di indonesia telah menjadi agama mayoritas dengan jumlah 199.959.285 jiwa atau sekitar 85,2 % dari jumlah total penduduk yang ada.

Pada awal kedatatanganya islam adalah agama baru yang datang setelah masyarakat pada saat itu sudah terlebih dahulu mengenal agama budha, hindu serta aliran kepercayaan lain semisal dinamisme dan atheisme.

Dalam penyebarannya islam di sebarkan malalui jalur pedagangan, dengan jalur inilah para pedagang yang berasal dari arab, persia dan gujarat mengenalkan ajaran agama islam kepada para penduduk di sela- sela kesibukan dalam berdagang

Alasan banyaknya para pedagang muslim yang datang berdagang adalah melimpahnnya rempah- rempah yang dihasilkan oleh Indonesia.

Sejarah Masuknya Islam Ke Indonesia.

para pedagang arab menyebarkan islam
andriyantomi.blogspot.com

Terkait dengan masuknya islam ke indonesia masih terdapat beberapa perbedaan pendapat di antara para sejarawan, pendapat itu mempunyai dasar- dasar yang kuat dengan ditemukannya beberapa catatan sejarah yang menguatkan dari masing- masing pendapat.

1. Bukti Islam Masuk Pada Abad ke- 7 Masehi.

Ahli sejarah menyebutkan bahwa masuknya islam sudah dimulai sejak abad ke 7 Masehi.   Pendapat ini berdasarkan kabar berita yang diperoleh dari para pedagang arab.

Dari adanya  berita tersebut diketahui bahwa para pedagang Arab sudah muai menjalin  kerjasama dagang dengan Indonesia pada masa perkembangan kerajaan Seriwijaya.

Dalam keterangan itu disebutkan bahwasanya daerah indonesia yan pertama kali tersentuh oleh pengaruh Islam adalah daerah Sumatera Utara atau Samudera Pasai

Wilayah ini merupakan sebuah pintu gerbang utama menuju berbagai daerah lainnya. Dari Samudara pasai kemudian menyebar ke Malaka selanjutnya ke Pulau Jawa.

Diyakini pada abad ke 7 itu pula agama islam sudah masuk ke wilayah pantai utara di pulau jawa. Ini berdasarkan berita yang diperoleh dari china pada masa pemerintahan dinasti Tang.

Berita itu menerangkan tentang kejadian pada abad 674 Masehi tentang adanya orang- orang arab yang mengurungkan niat untuk menyerang kerajaan kalingga yang berada dibawah pimpinan ratu Shima.

2. Bukti Islam Masuk Pada Abad ke- 11 Masehi.

Pendapat dari sebagian ahli sejarah lainnya adalah awal mula islam masuk ke indonesia adalah pada abad ke – 11 Masehi. Hal ini berdasarkan adanya bukti sebuah batu nisan Fatimah binti Maimun yang berada di daerah Leran Manyan, Gresik Jawa Timur.

Pada batu itu tertulis prasasti dengan memakai huruf Arab RIq’ab yang menunjukan angka tahun1082 Masehi.

3. Bukti Islam Masuk Pada Abad ke-13 Masehi.

Beberapa ahli meyakini islam masuk pada abad ke-13, Ini berdasarkan beberapa bukti yang lebih akurat, diantaranya di sangkut pautkan dengan runtuhnya dinasti Abbasiah di Baghdad pada tahun (1258).

Di dalam catatan perjalanan Marcopolo juga menyebutkan bahwa dia telah menemukan sebuah kerajaan Islam di daerah Aceh yang bernama Ferlec ( Peureulack), pada tahun 1292 M.

Peryataan masuknya islam pada abad ke 13 ini dikuatkan dengan adanya teori yaitu

  • Teori Gujarat.

Teori ini dipelopori oleh seorang ahlis sejarah Snouck Hurgronje  Di dalam teori  ini islam diyakini datang dari wilayah Gujarat India melalui peran pedagang muslim India pada abad ke 13 M.

  • Teori Persia.

P.A. Husein Hidayat mempelopori teori ini, Islam datang di Indonesia melalui peran para pedagang yang berasal dari Persia yang dalam perjalanannya mereka singgah ke Gujarat India sebelum ke Indonesia sekitar abad ke 13 M.

  • Teori Mekkah.
Baca Juga   Inilah Cara Menanak Nasi yang Baik dan Benar Agar Menghasilkan Kualitas Nasi yang Enak.

Teori ini menjelaskan bahwa pada jaman dahulu pedagang mekkah secara langsung datang ke Indonesia untuk keperluan dagang mengingat di Indonesia sendiri sangat kaya akan rempah dan hal tersebut menjadi salah satu alasan mengapa para pedagang Mekkah bisa sampai di Indonesia.

Bahkan teori ini didasarkan pula pada sebuah informasi yang bersumber dari negara China yang mana mengatakan  sekitar pada abad ke-7, perkampungan muslim yang ada di Indonesia ternyata sudah ada dan juga dijelaskan bahwa perkampungan tersebut tepatnya berada di pantai barat Sumatra.

  • Teori Cina.

Di dalam teori ini menyebutkan bahwa masuknya islam ke Indonesia  (khususnya Jawa) melalui jalur perdagangan oleh para pedagang yang berasal dari cina.

Orang- orang cina sudah mempunyai hubungan baik dengan para penduduk lokal Indonesia jauh sebelum Islam dikenali. Ketika mas Budha – Hindu Orang- orang cina sudah menyatu dengan kehidupan masyarakat Indonesia.

Seorang sejarawan bernama Sumanto Al- Qurtuby di dalam bukunya yang berjudul Arus Cina- Islam mengatakan pada tahun 618-960 M Dinasti Tang di daerah Quanzhou, Zhang- zhao, Kanton dan pesisir vina bagian selatan sudah terdapat banyak pemukiman warga muslim.

Dari sumber yang berada di Indonesia ataupun Luar Indonesia adanya teori china ini dapat diterima. karena pada kenyataanya raja Islam yang pertama di Indonesia yaitu Raden Fatah dari Demak adalah seorang keturunan Cina.

Adaya darah keturunan cina dalam diri Raden Fatah karena Ibunya yang memang seorang warga Cina yang berasl dari daerah Campa yaitu bagian selatan Cina. (Vietnam).

Hal ini juga diperuat dengan adanya hikayat Hasannudin dan Sejarah Banten yang mana di dalam hikayat tersebut dikatakan bahwa gelar gelar raja demak itu dituls dengan memakai istilah Cina seperti “Jin Bun”, Cu- cu”Cek Ban Bun” Cun Ch” Cek Ko po”

Bukti- bukti lainnya bisa dilihat dari berbagai mesjid tua yang mempunyai arsitektur khas cina.

Masuknya Islam ke Indonesia.

Islam selalu mengajarkan kedamaian dalam proses penyebarannya. Termasuk juga saat proses masuknya islam ke Indonesia.

Tidak pernah terjadi berbagai penolakan dari masyarakat bahkan dapat berbaur dengan mesra dengan adat istiadat masayarakat Indonesia yang begitu beragam.

Tidak adanya rasa perbedaan suku dan kasta menjadikan proses penyebaran Islam lebih diterima dengan mudah oleh masyarakat Indonesia pada saat itu.

Adapun beberapa proses masuknya islam di Indonesia adalah terangkum seperti dibawah ini.

Perdagangan.

islam datang melalui jalur perdagangan di indonesia
citrarhmdn.blogspot.com

Indonesia banyak disinggahi para  pedagang dari berbagai negara, termasuk pedagang yang berasal dari arab, hal ini dikarenakan letak Indonesia yang sangat strategis dalam jalur perdagangan.

Banyak dari para pedagang muslim yang akhirnya menetap dan membangun perkampungan muslim, tak jarang para ulama yang berasal dari negeri mereka sering diundang untuk menyebarkan dakwah agama islam.

Perkawinan.

Pernikahan dalam islam
embundawah.wordpress.com

Masyarakat pada saat itu beranggapan bahwa para pedagang muslim adalah kalangan yang terpandang, sehingga banyak dari penguasa pribumi  yang menikahkan anak mereka kepada para pedagang muslim.

Syaratnya anak gadis yang akan dinikahkan haruslah terlebih dahulu bersyahadat dan memeluk agama islam, hal ini lah yang mempermudah penyebaran ajaran islam.

Pendidikan.

pendidikan pesantren berperan penting dalam penyebaran islam
www.pmiiugm.org

Setelah terbentuknya perkampungan penduduk, orang-orang yang sudah mengerti akan agama dengan baik, mulai mendirikan sarana pendidikan berupa pesantren.

Nantinya setelah mempelajari berbagai macam ilmu agama yang ada di pesantren lalu pulang ke kampung halaman dan menyebarkan ajaran agama islam.

Kesenian.

wayang sunan kalijaga penyebaran islam
www.kaskus.co.id

Salah satu penyebaran islam di Indonesia adalah lewat jalur kesenian, dimana pada saat itu kesenian adalah sarana hiburan yang mampu mengumpulkan banyakwarga dalam setiap pementasannya.

Baca Juga   [TERBARU] Film Dokumenter Keren Aksi 212 : 212 Ruh Jihad Kaum Santri

Hal ini di manfaatkan oleh para mubaligh islam yang menyebarkan dakwahnya melalui berbagai macam kesenian yang memang sangat digemari salah satu yang terkenal adalah dakwah yang dilakukan oleh sunan kalijaga dengan menggunakan wayang kulit dalam menyebarkan agama islam.

Selain sunan kalijaga adalagi salah satu sunan yang memakai kesenian sebagai alat dakwahnya yaitu Sunan Muria yang mengembangkan dakwah islam dengan memakai gamelan.

Sedangkan Sunan Giri menyebarkan dakwah islam dengan membuat berbagai macam permainan anak- anak seperti jalungan, suweng, jamuran, dan jenis mainan lainnya.

Kekuasaan Politik.

Penyebaran Islam di Indonesia juga tidak terlepas dari andil para sultan yang berukuasa pada saat itu.

Seperti yang ada di pulau jawa, Kesultanan Demak telah menjadi pelindung dalam penybaran islam di pulau jawa dan merupakan pusat dakwah.

Begitupula di pulau sulawesi Raja Gowa- Tolla yang menjadi benteng pelindung para pedakwah islam dalam menyebarkan agama islam daerah itu.

Dalam menyebarkan agama islam di Indonesia mereka para raja dan sultan saling berpangku tangan dan berkomunikasi antar satu kerajaan dengan kerajaan lain, hal inilah yang menjadi awal dari lahirnya bangsa Indonesia.

Peta Jalur Penyebaran Islam di Indonesia.

Peta islam masuk ke indonesia melalui perdagangan
www.atin.staff.iainsalatiga.ac.id

Sejak awal abad masehi, wilayah Indonesia telah banyak di singgahi oleh para pedagang dari berbagai belahan dunia. Hal ini dikarenakan letak Indonesia yang sangat strategis dengan menjadi penghubung pelayaran dan perdagangan antara Asia barat, Asia selatan, dan Asia timur.

Daerah Indonesia yang sering disinggahi para pedagang muslim adalah malaka yang letaknya begitu strategis di tengah- tengah jalur pelayaran dan perdagangan Internasional. Hal itulah yang menjadikan Islam di Malaka berkembang pesat.

Dari malaka Islam meluas ke berbagai wilayah Indonesia, antara lain ke Sumatra Selatan, Pulau Jawa dan Kalimantan Barat.

Saat kerajaan Sriwijaya mengalami kemunduran pada abad ke 11 M, agama Islam mengalami perkembangan yang sangat pesat. Sampai ke abad 18 M hampir semua wilayah Sumatera telah menerima pengaruh dari ajaran Islam termasuk sampai ke daerah pedalamannya.

Sedangkan di Jawa Islam masuk pada abad ke 7 M. Penyebaran agama Islam di Jawa mengalami perkembangan yang pesat pada abad ke 15 sejalan dengan kemunduran yang dilami dengan kerjaan Majapahit.

Barulah pada abad ke 18 seluruh kawasan pulau jawa sudah menerima ajaran islam.

Di kalimantan, Islam mulai masuk untuk pertama kali di daerah Kalimantan Barat (Sukadana) pada awal ke 16 M, masuknya Islam ke Kalimantan dibawa oleh para pedagang muslim dari wilayah Sumatera.

Pada abad ke 16 M Islam masuk ke daerah sulawesi dan yang pertama kali menerima datangnya Islam adalah daerah Gowa, dari Gowa kemudian Islam  menyebar ke wilayah Gorontalo.

Adapun wilayah Sulawesi Tenggar amendapat pengaruh islam dari daerah Ternate. Sampai dengan abad ke 18 M wilayah di Sulawesi pengaruh islam makin meluas, hanya wilayah Sulawesi tengah dan Sulawesi Utara saja yang belum terpengaruh Islam.

Leave a Comment