(Pidato Bahasa Sunda) Kumpulan Contoh Pidato Bahasa Sunda Singkat Padat Lengkap

Contoh Pidato Bahasa Sunda – Dalam pengaplikasianya pidato dapat memakai berbagai macam bahasa seperti bahasa Nasional Indonesia dan juga bahasa lainnya yang mengangkat bahasa daerah semacam  bahasa sunda atau jawa.

Perlihal bahasa yang digunakan dalam penyampaian materi dalam sebuah acara, tentu bukanlah sebuah masalah apabila penyampaian bahasa daerah tersebut sesuai dengan lokasi atau tempat bahasa tersebut biasa di pergunakan dan dengan penyampaian bahasa yang baku.

Contohnya Kita berpidato dengan bahasa sunda di tempat yang mayoritasnya  orang sunda juga jangan Kita berpidato bahasa sunda namun keadaan warganya mayoritas orang jawa. Kan gak bener banget itu.

Sebelum menginjak kepada pembahasan contoh pidato bahasa sunda alangkah lebih bijak lagi kalau sedikit Kita ketahui tentang pengertian dari pidato atau kata lainnya disebut dengan bintara.

Pidato atau bintara adalah kegiatan berbicara dihadapan umum dengan maksud untuk mengajak, menghimbau dan memberitahu agar orang lain dapat melakukan apa yang Kita sebagai penyampai pidato inginkan.

Sebenarnya  apa yang Oncoman disini beritahukan adalah termasuk kedalam pidato juga namun masih dalam bentuk teks saja tidak dihadapan umum. Namun memiliki tujuan dan harapan yang sama juga dengan pengertian dari pidato diatas.

Karena sama sama mengajak, menghimbau dan memberitahu agar setelah membaca blog ini dapat tersadar untuk dapat melestarikan bahasa daerah umumnya seni tradisi dan budaya daerah juga. Dan  dengan ini Kita juga dapat menyimpulkan akan kayanya negri Kita Indonesia dengan berbagai bahasa daerahnya.

Lain dengan jenis lainnya seperti carpon dalam bahasa sunda yang isinya tentang cerita fiksi yang tak nyata, apa yang disampaikan dalam pidato adalah hal hal tentang ajakan untuk senantiasa mengajak kepada arah kebaikan.

Jika Kamu tertarik untuk membaca Carita Pondok Bahasa Sunda bisa membaca artikel berikut ini :

Kumpulan contoh carpon carita pondok bahasa sunda [Lucu]

Nah, Bagi kamu yang sedang mencari referensi materi tentang contoh pidato bahasa sunda, berikut akan Kami beritahukan beberapa contoh pidato tersebut yang tersusun rapih sehingga dapat dijadikan materi pembelajaran untuk Kamu yang sedang mencari contoh pidato yang baik dan benar.

Baca Juga   (Sajak Bahasa Sunda) Kumpulan Contoh Sajak Bahasa Sunda Beserta Pengertian,Ciri dan Jenisnya

Contoh Pidato Bahasa Sunda Singkat

contoh pidato bahasa sunda
ceramah sunda

Sedang ada tugas sekolah tentang dongeng Bahasa Sunda? Kamu bisa mecontohnya di artikel berikut ini : Dongeng Bahasa Sunda


Pembukaan Pidato


Assalamu’alaikum wr wb.

Langkung tipayun hayu urang panjatkan puji sareng syukur ke hadirat ilahirabbi nu mana kalayan hidayah dan inayahna, urang samudayana tiasa kumpul ngariung dina ieu tempat anu mulya kalawan dina kaayaan anu sehat wal afiat.


Isi pidato singkat tentang kebersihan


Para wargi anu ku simkuring dipihormat.

Dina ieu waktos, simkuring nyuhunkeun widi kangge nerangkeun perkawis pentingna hirup sehat kanggo urang sadayana. Janten, urang sadayana wajib ngajaga kana kasehatan sareng lingkungan nyalira supados urang sadayana tiasa ngajaga tina datangna panyakit anu teu dihareukeun.

Sakumaha ungkapan dalam bahasa  Indonesia yaitu “ Lebih baik menjegah daripada mengobati”

Tah kumargi kitu urang sadayana kudu tiasa ningkatkeun pola kahirupan anu sehat ameh t moal aya bibit bibit pipanyakiteun anu bakal nimpa kana kasehatan urang samudayana.

Dina sallah sahiji hadis dawuhan Kanjeng Nabi Muhammad diterangkeun bahwasana

Anna dhofatu minal iman

Hartosna teh nyaeta : “ Kabersihan teh sabagian tina Iman”

Salaku jalma anu boga kaimanan kudu ngabogaan oge rasa kabersihan boh eta bersih hate atanapi bersih awak atanapi lingkungana. Sakumaha hadist anu disebutkeun tadi bahwasana kabersihan sabagian tina iman anu mana lamun aya jalma ngaku iman tapi dina kahirupan sapopoena hentu nerapkeun kahirupan anu bersih maka lain termasuk jalma anu beriman.

Tah kumargi kurangna rasa kabersihan anu aya dina diri mangrupakeun panyakit anu awal akhirna matak ngarusak kaimanan jeung kasehatan awak oge lingkungan.

Terus deui salaku muslim anu ngagaduhan iman dina manahna. Upami urang leres leres iman ka Gusti Allah Swt, berarti urang diwajibkeun ngajaga kasucian sareng kabersihan tina sagala kokotor anu narempel boh eta anu disebut hadas alit atanapi hadas ageung, anu mana matak nyebabkeun kaayaan urang anu teu suci.

Baca Juga   Macam Bacaan Shalawat Nabi Beserta Keutamaan dan Artinya

Kaayaan bersih didinya  nyaeta anu didasarkeun tina bersih sareng sucina urang sareng lingkungan anu aya di sakitar urang. Kabersihan sakola kudu urang jaga. Urang kudu mikacinta kabersihan sangkan hate urang oge milu bersih.

Kabersihan teh aya marupi-rupi macemna, nyaeta aya bersih hate, bersih jiwa, bersih raga, sareng bersih rohani.

Tah, urang kudu janten jalmi anu kaasup kana jalma anu bersih sadayana. Allohumma, amien…

Hayu urang sadayana ningkatkeun pola hirup kalawan anu sehat, kanggo kasaean urang sadaya sangkan tiasa leuwih ningkatkeun kana ibadah ka Gusti Allah Swt nu Maha Welas tur Maha Asih.


Penutup Pidato


Para wargi anu mulya.

Panginten cekap sakitu abdi nyanggakeun pihatur, pamungkas pisanggem, bilih aya basa anu kirang merenah larapna, mugi kersa ngahapunten.

Wassalammu’alaikum Wr. Wb.

 


Mungkin itu sebagian dulu contoh pidato yang bisa Kami berikan Insya Allah di lain waktu akan Kami tambah lagi list contoh pidato bahasa sundanya.

Terima kasih

Semoga bermanfaat & Sehat selalu

Tugas sekolah tentang sajak bahasa sunda Kamu akan terselesaikan dengan melihat contoh sajak bahasa sunda pada artikel berikut ini : Sajak Bahasa Sunda

Materi pidato yang akan datang…


  • Contoh Pidato Bahasa Sunda tentang Menuntut Ilmu
  • Contoh Pidato Bahasa Sunda Maulid Nabi
  • Contoh Pidato Bahasa Sunda tentang Pendidikan
  • Contoh Pidato Bahasa Sunda tentang Hari Sumpah Pemuda
  • Contoh Pidato Bahasa Sunda tentang Narkoba
  • Contoh Pidato Bahasa Sunda tentang Narkoba
  • Contoh Pidato Bahasa Sunda tentang Perpisahan
  • Contoh Pidato Bahasa Sunda Lucu

Leave a Comment