Contoh Permainan Edukatif Anak TK

Permainan  Edukatif – Taman Kanak kanak adalah sebuah jenjang pendidikan yang mengembangkan pendidikian pada anak usia dini. Adanya Taman Kanak- Kanak ini sangatlah penting dalam rangka mempersiapkan anak agar siap untuk melangkah ke jenjang pendidikan selanjutnya.

Dalam proses belajar mengajarnya sang guru taman kanak kanak di anjurkan untuk memiliki skill dalam memahami peserta didiknya serta memiliki kemampuan dalam berkomunikasi baik verbal maupun non verbal. Hal ini bertujuan agar pendidik TK mampu menciptakan suasana belajar mengajar yang kondusif namun tetap menyenangkan dan tidak membuat anak merasa kebosanan ketika berada di ruangan kelas.

permainan edukatif anak tk
ape paud | pinterest.com

 

Nah untuk menunjang proses belajar mengajar yang kondusif maka dibutuhkan berbagaia hal penunjang yang mampu di aplikasikan oleh setiap tenaga pendidiknya. Sarana penunjang itu bisa berupa menyediakan area bermain anak seperti papan jungkit- jungkit, perosotan, ayun ayunan atau bisa juga membuat berbagai permainan edukatif yang menarik dalam mempraktekannya.

Dan berikut terdapat beberapa permainan edukatif yang dapat diterapkan untuk menunjang proses belajar mengajar di dalam ruangan kelas taman kanak- kanak.

Permainan Edukatif Menyesuaikan Bilangan.

Dalam permainan ini kita bisa mengajarkan terhadap anak didik untuk bisa menyesuaikan nomer nomer yang ada. Dengan melakukan permainan ini anak akan lebih cepat mengetahui jumlah, bentuk dan bilangan dari angka yang tertera serta melatih kecepatan otak anak dalam menyesuaikan setiap bilangan.

Permainan Edukatif Jepit Baju Angka Bintang.

Dalam permainan ini terdapat dua alat yang bisa di pakai. Pertama adalah jepitan baju yang sebelumnya sudah di berikan nomer di setiap ujungnya kemudian yang dibutuhkan satulagi adalah kertas karton beserta spidolnya.

Kertas karton tersebut dibentuk lingakaran dan di tuliskan diatasnya  beberapa bilangan dalam jumlah yang berbentuk bintang (bisa juga gambar apapun). Peraturan dalam permainan ini  anak diusahakan dapat mengisi setiap bilangan dalam jumlah bintang tersebut dengan menyesuaikaya bersama jepitan baju yang sebelumnya sudah di berikan nomer. 🙂

Baca Juga   Macam Bacaan Shalawat Nabi Beserta Keutamaan dan Artinya
hiasan dinding anak tk
menyesuaikan bilangan | pinterest.com

Permainan Edukatif Domino.

Sekilas permainan edukatif ini berbentuk sebuah kartu yang sering dijadikan sebagai taruhan (gapleh) namun permainan ini bukan dimaksudkan agar anak dapat menguasai permainan yang dilarang tersebut. Permainan ini dapat dijadikan permainan yang sangat mengasyikan untuk dilakukan. Kenapa? karena dalam permainan ini anak akan berupaya untuk dapat secepat mungkin menyesuaikan setiap bilangan yang ada dengan suatu alat atau bidang yang sebelumnya  sudah diberikan serial nomer juga.

permainan hiasan dinding anak tk
menyesuaikan bilangan | pinterest.com
permainan hiasan dinding anak tk
menyesuaikan bilangan | pinterest.com

Permainan Edukatif Stik Es Krim.

Permainan edukatif ini hanya membutuhkan jepitan kayu juga stik es krim yang mudah kita dapatkan di berbagai mini market. Dalam pembuatannya  pun mudah hanya dengan memberikan angka dalam setiap jepitan bajunya terus diatas stik es krimnya  ditulis simbol (+) tambah, (-) kurang, (:) bagi, (x) kali dan (=) samadengan untuk dapat menghubungkan antara angka yang ada diantara jepitan baju tersebut. 🙂

permainan hiasan dinding anak tk
menyesuaikan bilangan | pinterest.com

Permainan Edukatif Karton dan Spidol.

Yang dibutuhkan dalam membuat permainan edukatif  ini adalah kertas karton yang berukuran besar kemudian spidol serta penggaris untuk membuat garis yang memisahan setiap soal.

Cara membuatnya adalah cukup dengan membuat sebuah garis kotak- kotak dan didalamnya terdapat sebuah soal dalam bentuk bilangan yang belum mempunyai jawaban dan si anak diusahakan untuk bisa menyesuaikan jawaban dari soal tersebut dengan membubuhkaan titik yang sama sesuai dengan jumlah soal dari bilangan yang tertera di atas kertas karton tersebut dengan menggunakan spidol.

permainan hiasan dinding anak tk
menyesuaikan bilangan | pinterest.com

Permainan Edukatif Jepit Baju.

Jepitan baju ternyata mempunyai fungsi yang sangat banyak untuk dijadikan sebuah permainan edukatif dengan diwarnai dan dituliskan sebuah perkalian penambahan pengurangan dan pembagian pada jepitan baju tersebut maka akan dihasilkan sebuah permainan yang sangat edukatif untuk diterapkan bagi anak-anak usia dini.

Baca Juga   Cara Membersihkan Sepatu Vans Hanya dalam 3 Menit saja
permainan edukatif hiasan dinding anak tk
menyesuaikan bilangan | pinterest.com

Permainan Edukatif  Nomer Berantai.

Permainan ini menggunakan kertas yang diatasnya tertulis angka- angka. Dalam permainan edukatif ini angka- angka tersebut disatukan berututan sesuai dengan urutan dari angkanya dengan menggunakan rantai yang terbuat dari plastik.

Dengan membuat bentuk permainan ini anak- anak akan memahami urutan angka- angka mulai dari yang terkecil sampai yang terbesar. Rantai tersebut sudah bisa di beli di toko permainan.

permainan edukatif anak tk
menyesuaikan bilangan | pinterest.com

Permainan Edukatif Jepit dan Gambar.

Permainan edukatif ini menggunakan jepit baju dan kertas yang sudah terdapat gambar dari peralatan sehari- hari. Cara mainnya yaitu denga mencapitkan jepitan tersebut ke kertas yang sudah diberi beragam gambar yang sudah disesuaikan dengan angka yang ada di dalamnya.

Jadi selain mengetahui angka diharapkan dengan permainan ini anak bisa mengetahui juga nama- nama dari peralatan yang ada dilingkungannya sehari- hari. 🙂

permainan edukatif anak tk
menyesuaikan bilangan | pinterest.com

Itulah tadi beberapa permainan edukatif yang bisa dengan mudah kita buat untuk media pembelajaran anak- anak tk yang sangat menarik.

Baca juga  Cara Membuat Mainan Kreatif 

Semoga adanya artikel ini  dapat membantu proses pembelajaran anak- anak yang ada di Indonesia. 🙂

 

1 thought on “Contoh Permainan Edukatif Anak TK

Leave a Comment