Kumpulan Contoh Percobaan Kimia dengan Bahan Sehari- hari yang Sederhana

Percobaan Kimia Sederhana – Menurut wikipedia.com kimia adalah salah satu cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang benda, struktur, ciri- ciri, komposisi dan perubahan yang diakibatkan oleh interaksi dengan benda lain dan menimbulkan reaksi kimia.

Dalam reaksi kimia itulah ikatan antara atom akan dipecah dan membentuk suatu subtansi baru dengan ciri yang berbeda- beda.

Nah itulah tadi sekilas tentang pengertian dari kimia. Bahan bahan atau zat kimia itu sendiri sangatlah dekat atau bahkan tidak dapat terlepaskan dari kehidupan kita sehari- hari.

Sabun mandi, detergent, shampo, pewangi pakaian, odol, pewarna dan pelezat makanan pun termasuk dari bahan kimia yang berperan penting pada kehidupan sehari hari kita

Biasanya untuk membuat beberapa macam penelitian tentang ilmu dan zat zat yang ada di dalamnya haruslah dilakukan oleh orang orang yang profesional di bidangnya seperti para ilmuan.

Namun kita juga bisa lho membuat berbagai peragaan bahan kimia dari barang barang yang sederhana yang ada di kehidupan kita sehari- hari. Cara membuatnya pun mudah, oleh karena itu kali ini Oncom man akan memberikan beberapa contoh percobaan kimia yang dapat dilakukan dengan mudah menggunakan bahan bahan yang ada pada kehidupan sehari hari kita.

Sebelum membaca artikel tentang beberapa percobaan kimia sederhana dengan bahan sehari hari tonton dulu deh video tentang 100 percobaan sains dan kimia yang akan membuatmu takjub dan segera ingin mempraktekannya.

Cekidot !!!

Bagaimana menarik bukan videonya? Masih kurang puas? kalau masih kurang puas baca juga artikel yang ada di bawah ini.

Tapi ingat ada juga yang berbahaya lho, jadi dalam melakukan percobaannya harus juga disertai orang dewasa yah yah.. 🙂

1. Percobaan Kimia Sederhana Biji Jagung Menari nari

Percobaan kimia sehari hari sederhana jagung
Percobaan Kimia Jagung || 500px.co

Makan jagung nih, siapa hayo yang belum pernah merasakan manisnya jagung. Di bikin popcorn enak juga namun disini kita akan membuat jagung yang bisa menari nari tapi tidak sambil menyanyi nyani lho hehe.

Siapkan Bahan bahannya Yaaa…

  • Air putih bersih
  • Gelas atau cangkir yang bening atau tembus pandang dapat terlihat dari luar gelas
  • Cuka secukupnya
  • Soda kue yang dapat di beli di toko kue atau minimarket
  • Biji jagung yang masih mentah yang biasa untuk dibembang atau yang sering di pakai untuk bahan mentah popcorn.
  • Sendok makan.

Cara Membuat Jagung Menari- nari

  • Siapkah gelas yang sebelumnya telah diisi air, lalu masukan 3 ons cuka
  • Kemudian ambil soda kue seujung sendok makan, kemudian aduk aduk.
  • Masukkan juga berbagai biji jagung.
  • Tambahkan lagi soda kue sedikit.
  • Sekarang, tusukkan gelembung yang terbentuk di sekitar biji jagung dengan menggunakan cungkil gigi. Amatilah dengan sekasama ketika biji jagung tersebut tenggelam
  • Apa yang terjadi? menari nari kan jagungnya? keren sekali 🙂

Fakta Unik Percobaan Kimia ini adalah

Kamu akan penasaran terhadap reaksi apa saja yang ditimbulkan pada percobaan kimia pertama yang kita lakukan ini. Reaksi kimia yang dihasilkan antara campuran cuka dengan soda kue akan menghasilkan suatu gas yang biasa disebut karbondioksida. Karbondioksida ialah gas yang tidak dapat terlihat, tetapi pada percobaan yang tadi sudah kita coba, kita akan dapat melihatnya dengan berbentuk gelembung.

Gelembung ini, yang lebih ringan daripada air/larutan cuka, melekatkan diri pada setiap biji jagung dan mengambang biji tersebut ke permukaan gelas. Ketika menabrak udara, gelembung itu akan meletus dan biji jagung kembali akan tenggelam ke dasar gelas.

2. Percobaan Kimia Sederhana Pelapukan Kapur

Percobaan kimia sehari hari sederhana kapur
Percobaan Kimia Jagung || 500px.co

Kapur biasanya digunakan untuk menuliskan sesuat pada papan tulis. Pada penggunaannya kapur tulis sangat membantu menerangkan sebuah pelajaran. Penggunaan kapur semakin jarang terlihat di sekolah sekolah semacam smp sma atau kuliahan karena sudah tergantikan oleh spidol dan juga papan tulis white board.

Nah Pada percobaan kimia yang kedua kita akan melakukan hal yang berkaitan tentang kapur dan proses pelapukannya.

Siapkan Bahannya yaaa.. 🙂

  • 2 Buah gelas bening tembus pandang
  • 2 Batang kapur tulis
  • Cuka secukupnya
  • Air putih secukupnya
Baca Juga   Kumpulan Contoh Tepuk Tangan Pramuka, Tepuk Anak PAUD/ TK

Langkah Percobaan Kimia Sederhana Pelapukan Kapur

  • Siapkan 2 buah gelas
  • Gelas yang satu diisi dengan cuka kira kira sebanyak 3/4 penuh
  • Gelas yang satunya lagi diisi dengan air sebanyak 3/4 penuh
  • Langkah selanjutnya ambil kapur tulis untuk dimasukan pada setiap gelas.

Maka akan timbul pertanyaan, perbedaan apakan yang ditimbulkan dari kedua gelas tersebut? cobalah kamu amati dan catatlah reaksi apa yang timbul dari hal terebut.

Fakta Menarik Percobaan Kimia Sederhana Pelapukan Kapur

Kapur tulis yang dimasukkan ke dalam gelas yang berisi air tidak menghasilkan gelembung, sedangkan kapur tulis yang di masukan ke dalam gelas berisi larutan cuka akan mengeluarkan gelembung. Hal ini disebabkan karena cuka merupakan asam asetat, sedangkan kapur tulis mewakili mineral yang disebut batu kapur atau gamping ( limestone ).

Sejak dahulu sampai sekarang , batu kapur digunakan sebagai bahan bangunan. kelebihan asam dalam kehidupan kita dalam bentuk hujan asam, akan melarutkan air kapur setelah bertahun – tahun dengan cara yang sama seperti cuka yang melapurkan kapur tulis.

Meskipun reaksi yang dihasilkan terjadi pada saat itu juga, biarkan kapur tulis di dalam larutan cuka selama semalaman, lalu amati apa yang terjadi. Coba juga dengan menyemprotkan air jeruk atau jus jeruk yang sama masam ( asam sitrat ) pada sebatang kapur tulis da amatilah dengan seksama munculnya gelembung sebagai tanda terjadinya reaksi.

3. Percobaan Kimia Sederhana Jangan Tahan Nafasmu

Percobaan kimia sehari hari sederhana sedotan
Percobaan Kimia sedotan || 500px.co

Jangan tahan nafasmu, biarkanlah dia menghirup segarnya udara yang ada disekitarmu. Penasaran kan dengan percobaan kimia yang satu ini, Oncom man ingatkan yah untuk tidak sampai menahan nafasmu selama proses percobaan kimia ini berlangsung.

Siapkan Bahannya Yaaa… 🙂

  • Kapur sirih
  • Labu atau toples gelas bertutup dengan kepasitas air 2 liter
  • Air secukupnya.
  • Sendok makan
  • Sedotan
  • Gelas bening

Ready? Mari kita lakukan langkah pada percobaan kimia ini

Langkah Pertama

Langkah pertamanya adalah dengan membuat larutan air kapur, berikut langkah- langkahnya.

  • Siapkan toples gelas bertutup kemudian isi dengan 3/4 liter air
  • Masukan 1 sendok makan kapur sirih kedalam gelas yang telah berisi air
  • Tutup toples semalam
  • Pada esok harinya, cairan yang sudah dalam keadaan jernih dituangkan pada wadah yang kedua, air jernih itulah yang dinamai dengan air kapur. Ingat dalam menuangkan airnya haruslah hati hari jangan sampai ada cairan kapur sirih pada gelas yang kedua.

Cara Menguji Napasmu

  • Siapkan gelas kosong kemudian isi dengan air kapur
  • Ambil sedotan, masukkan ke dalam gelas yang telah diisi air kapur tadi, keluarkan napasmu ke dalam air kapur, tiuplah sedotan sampai warna larutan pada gelas tersebut berubah menjadi keruh.

Hal yang Perlu di Perhatikan dalam Percobaan Sederhana ini

Perlu kamu ingat bahwa air kapur memang tidaklah beracun, tapi rasa dari air kapur sangat tidak enak. oleh sebab itu, jangan pernah menarik napas melalui sedotan, juga tidak diperbolehkan menjilat apalagi sampai meminum air kapur.

Fakta Menarik Percobaan ini

Cairan berubah dari yang asalnya jernih menjadi larutan berwarna putih susu yang disebut dengan larutan kapur, yaitu suatu senyawa yang terdiri dari air dan atom-atom kalsium. Larutan kapur adalah suatu indikator kimia yang mampu mendeteksi adanya zat karbon dioksida. Bila molekul kabron dioksida ( karbon dikosida adalah gas yang dikeluarkan pada saat kita menghembuskan napas ) bercampur dengan larutan kapur, terjadilah rekasi kimia.

4. Percobaan Kimia Sederhana Koin Berhantu

Percobaan kimia sehari hari sederhana jagung koin
Percobaan Kimia Jagung || 500px.co

Lah kok gimana ini koin ada hantunya,serem banget dong kira kira hantu apa yang akan mucul dibalik koin tersebut, yang pastinya tuyul mah ga bakalan mucul kalau kalau duitnya hanya koin recehan saja hihihi.
Baik langsung saja kita buat percobaan kimia dan memunculkan koin yang ada dapat memunculkan hantu ini.
Siapkan Bahan bahannyaaa…:)

  • Botol soda kaca isi 12 atau 16 ons.
  • lemari es
  • 1 buah koin ( uang logam recehan )
  • Air secukupnya
  • Meja untuk menyimpan alat dan bahan.
Baca Juga   Kumpulan Lagu Anak-anak Paud, TKA, TPA, DTA Islami Beserta Liriknya

Langkah – langkah Percobaan

  • Persiapkan botol kosong, taruh di dalam lemari es selama 20 sampai 25 menit, setelah itu keluarkan botol dan simpan di atas meja.
  • Kemudian, lekaslah membasahi mulut botol tersebut yang terbuka dengan air, dan taruh koin receh itu di atas mulut botol.
  • Selama 1 -2 menit, pegang erat botol dengan kedua telapak tanganmu, Ingat jangan sampai botol itu bergeraka atau bergoyang
  • Lihatlah apa yang akan terjadi pada uang logam itu? amati dan catatlah setiap kejadiannya dalam buku penelitian kamu.

Fakta Menarik Percobaan Koin Berhantu

Uang logam tersebut akan meloncat turun naik beberapa kali, menghasilkan bunyi menyeramkan cring-cring cring. Pada saat menyimpan botol di dalam lemari es, berarti kita mendinginkan udara yang ada pada botol. Nah, tanganmu yang hangat memanaskan kembali udara yang ada di dalam botol yang kemudian mulai memuai.

Jurus Lainnya : Penerapan Kimia dalam Kehidupan Sehari- hari

Uang logam berlaku sebagai katub dengan satu arah. Udara yang dipanaskan kembali menerobos dingin penutupnya, sehingga udara bisa keluar. Hal inilah yang menyebabkan uang logam di atas tutup botol dapat bergerak turun naik secara otomatis seolah olah ada hantu di dalam botol tersebut yang hendak akan keluar dengan mendoobrak koin yang ada pada bagian tutup botol tersebut. hihihi

5. Percobaan Kimia Uang Tahan Api

Percobaan kimia sehari hari sederhana uang
Percobaan Kimia Jagung || 500px.co

Uang terbuat dari kertas, namun bisa tahan api ini keren lho. Uang kita akan tetap awet meskipun sudaah dibakar. Bagusnya ada juga percobaan kimia sederhana yang dapat menggandakan uang juga yah hehe 🙂

Tapi beneran ini keren, Oncomers semua harus coba dan lakukan ini dirumah tapi ingat buat anak anak diawah umur minta izin mama dan papanya dulu yah kalalu mau melakukan hal ini

Siapkan Bahannya Yaaa…

  • Korek api
  • Selembar uang kertas
  • 1 Cangkir alkohol gosok
  • Air secukupnya
  • Bejana berukuran sedang
  • Jepitan

Langkah Melakukan Percobaan

  • Siapkan dua cangkir. Satu cangkir diisi dengan alkohol gosok dan satu cangkir diisi dengan air. aduklah di dalam sebuah bejana.
  • Celupkan lembaran uang ke dalam campuran tersebut dengan memakai jepitan. setelah itu, diamkan selama beberapa detik.
  • Sambil menjepit uang tersebut kita nyalakan uang dengan menggunakan korek api. Toples alkohol harus dijaga agar tidak tertutup, dan jauhkan bejana dari nyala korek api.
  • Dengan seketika alkohol akan membakar lembaran uang selama 5-8 detik. lalu, bersiaplah untuk memadamkan api.

Hal yang Perlu diperhatikan

Percobaan ini hanya boleh dilakukan dengan didampingi guru, orang tua, atau orang dewasa Sangat dianjurkan agar dapat hati-hati sekali dalam melakukan percobaan ini dengan memakai kacamata pengaman akan lebih baik dan dilakukan di atas meja tahan api.

Jauhkan wajahmu dari larutan ( alkohol sangat berbahaya karena mudah menguap. bernapaslah di atas uap ).

Fakta Unik Percobaan Kimia Sederhana Uang Tahan Api

Alkohol dapat membentuk cairan tipis pada lembaran uang. Karena alkohol mudah terbakar dan kerapatannya lebih kecil daripada air, maka alkohol tetap berada pada lapisan atas.

Lembaran uang tidak akan dapat terbakar karena alkohol tidak dapat meresap ke dalam anyaman serat uang yang rapat. Kertas biasa tidak bisa dipakai untuk percobaan ini, karena alkohol diserap jauh lebih cepat pada anyaman serat kertas yang longgar.

Itulah tadi beberapa contoh kecil percobaan kimia sederhana dengan bahan sehari- hari, selamat mempraktekannya yaa. Jangan lupa minta bantuan orang yang lebih tua apabila dalam mempraktekannya terdapat barang barang yang berbahaya. 🙂

 

 

 

 

2 thoughts on “Kumpulan Contoh Percobaan Kimia dengan Bahan Sehari- hari yang Sederhana

Leave a Comment