nama nama alquran | kitab suci al quran

Nama- nama Al- Qur’ an dan artinya Lengkap

Nama- nama Al-qur’an– Assalamu’alaikum Oncomers semua, sehat selalu yah. Kita sebagai ummat Nabi Muhammad Saw sudah seharusnya selalu merutinkan untuk membaca dan mendalami Al- Qur’an. Karena dengan membaca Al- Qur’an hati akan menjadi tenang, dan Al- Qur’an juga dapat menjadi obat penyembuh bagi hati dan jiwa yang sedang terluka selain itu juga nantinya Al- Qur’an dapat menjadi penerang di alam kubur ketika kita sudah meninggalkan alam dunia.

nama nama alquran | kitab suci al quran
pixabay.com

Mungkin belum banyak yang tahu bahwasanya Al- Qur’an memiliki nama- nama lain yang selain Al- Qur’an. Ternyata Al- Qur’an ada nama-nama Al- Qur’an yang telah berhasil dikumpulkan oleh para Alim Ulama dalam kitab yang mereka telah karang.

Namun dari nama nama Al- Qur’an para Ulama berhasil kumpulkan itu tidak sampai diketahui berapa jumlah pastinya dari nama- nama Al- Qur’an tersebut.

Banyaknya Jumlah Nama- nama Al-Qur’an

nama nama alquran | kitab suci al quran
pixabay.com

Di dalam Agama Islam terdapat beberapa hal mulia yang memiliki banyak nama, yang mana nama- nama tersebut telah diberikan Allah dan Rasulnya dan terdapat dalam ayat- ayat yang ada di dalam kitab suci Al- Qur’an.

Nama- nama seperti Allah, nama Nabi, Al- fatihah, ibadah shalat, dan hari kiamat merupakan nama- nama selain Al- Qur’an yang banyak disebutkan dengan beragam sebutan yang mulia yang sumbernya berasal dari Al- Qur’an dan Hadis.

Berapa Sebenarnya Jumlah Nama- nama Al- Qur’an?

nama nama alquran | kitab suci al quran
pixabay.com

Banyak dari kalangan para Ulama yang mencoba untuk dapat mengumpulkan dan menghitung- hitung nama- nama Al- Qur’an pada kitab yang telah mereka karang. Namun demikian, dari hasil hitung menghitung para Ulama tentang nama- nama Al- Qur’an tersebut tidak sampai dapat diketahui jumlah pasti keseluruhannya.

Iman Az Zarkasy dalam sebuah kitabnya yang bernama Al- Burhan fi Ulumil Qur’an mengutip pendapat salah satu Ulama bernama Al- Harali ( wafat 647) bahwa jumlah nama nama lain Al- Qur’an tidak lebih dari 90 nama saja.

Imam Az Zarkasyi juga mengutip pendapat dari Abul Ma’ ali Azizi bin Abdul Malik bahwa Al- Qur’an hanya memiliki 55 nama. Dan Imam As Suyuthi dalam sebuah kitab karangannya Al Itqon fi ‘Ulumil Qur’an juga mengutip pendapat sama yaitu menyatakan bahwa nama Al Quran hanya berjumlah 55 tersebut. Sholih bin Ibrahim al-Bulaihi dalam karyanya  Al Huda wal Bayan fi Asmail Quran beliau berpendapat bahwa Al Quran mempunyai 46 nama. Sedangkan Al Fairuz Abadi dalam kitab karangannya Basoir Dzawit Tamyiz fi Latoifil Kitabil ‘Aziz menyebutkan bahwa Al Quran memiliki jumlah 100 nama.

kitab suci al quran
pixabay.com

Ketidak samaan pendapat para Ulama mengenai jumlah pasti nama- nama Al- Qur’an ini dikarenakan adanya perbedaan pendapat perihal pengelompokan mana yang sebenarnya termasuk ke dalam nama Al- Qur’an dan mana yang sebenarnnya hanyalah berupa sifat dari Al- Qur’an.

Tidak semua para Ulama menyetujui akan pendapat Ulama yang menyebutkan bahwa Al- Qur’an memiliki nama- nama lain yang jumlahnya sampai berpuluh- puluh itu. Para Ulama yang tidak setuju dengan pendapat yang menyebutkan ada nama nama lain dari Al- Qur’an beranggapn bahwa banyaknya jumlah dari nama- nama Al- Qur’an itu hanyalah sifat, sehingga tidak bisa dikatakan sebagai nama lain dari Al- Qur’an.

Sebagian ulama, semisal Al- Mawardi, juga memiliki pendapat bahwa nama jumlah nama dari Al Quran hanya ada lima saja, yaitu Al Quran, Al Kitab, Al Furqon,  Adz Zikr, dan At Tanzil.

Terlepas dari perbedaan pendapat para Ulama perihal jumlah sebenarnya dari nama- nama Al- Qur’an hal yang perlu disepakati ialah nama dan sifat dari Al- Qur’an haruslah atas apa yang berdasarkan Al- Qur’an dan Hadist Nabi, tidak dibenarkan untuk mengada- ada sesuai pemahaman diri sendiri.

Diantara Nama- nama dan Sifat Al- Qur-an

nama nama alquran | kitab suci al quran
pixabay.com

 


1. Nama- nama Al- Qur’an | Al- Qur’an ( Bacaan/ yang Mengumpulkan)

nama nama alquran | kitab suci al quran
pixabay.com

Nama ini merupakan nama Al- Qur’an yang paling utama dan digunakan oleh Allah Swt pada banyak tempat/ ayat semisal yang ada pada dua ayat berikut ini. :

kitab suci al quran
pixabay.com

Terdapat banyak penjelasan dari para ulama tentang makna kara dari Al- Qur’an, dan diantaranya adalah apa yang telah dijelaskan oleh seorang  Ulama bernama Syaikh Muhammad bin Solih Al Utsaimin dalam kitab karangannya Ushul fi Tafsir.

Baca Juga   Kumpulan Riyadoh Pesantren Miftahul Huda Versi Bahasa Indonesia

Di dalam karanganya  itu beliau menjelaskan bahwa AL- Qur’an merupakan mashdar ( kata bentukan) dari sebuah kata kerja qoro’a yang mana kata kerja tersebut memiliki dua makna, yaitu ism maf’ul dan ism fa’il.

Jika kata tersebut dimaknai sebagai ism maf’ul maka Al- Qur’an dapat diartikan sebagai sesuatu yang dibaca ( bacaan). Namun jika Al- Qur’an dimaknai sebagai ism fa’il maka arti dari Al- Qur’an adalah seseuatu yang mengumpulkan ( pengumpul) Al- Qur’an merupakan pengumpul dari khabar- khabar, hukum dan ketentuan Allah Swt.

2. Nama- nama Al- Qur’an | Al- Kitab (Buku)

nama nama alquran | kitab suci al quran
pixabay.com

Nama Al- Qur’an lainnya ialah Al Kitab yang mana nama ini Allah gunakan dalam awal dari surat Al Baqoroh (yang artinya): “Inilah Al Kitab yang tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertaqwa” (QS. Al-Baqarah: 2).

3. Nama- nama Al- Qur’an | Adz- Dzikr (Pemberi Peringatan)

nama nama alquran | kitab suci al quran
pixabay.com

Allah menyebut nama Al- Qur’an sebagai Adz Dzikr di antaranya yang terdapat pada surat Al Hijr (yang artinya): “Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Adz-Dzikr, dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya” (QS. Al Hijr: 9)

Artikel terkait : Solusi Permasalahan dalam Kehidupan

4. Nama- nama Al- Qur’an | Al- Furqan (Pembeda)

nama nama alquran | kitab suci al quran
pixabay.com

Al- Qur’an disebut sebagai Al Furqon (Pembeda) karena Al- Quran mampu membedakan antara kebenaran dan kebatilan.

Allah menyebut nama Al- furqaan ini dalam firmanNya (yang artinya): “Maha suci Allah yang telah menurunkan Al-Furqaan (Al-Qur’an) kepada hamba-Nya, agar dia menjadi pemberi peringatan kepada seluruh alam.” (QS. Al Furqaan: 1)

5. Nama- nama Al- Qur’an | At-Tanzil (Yang Diturunkan)

nama nama alquran | kitab suci al quran
pixabay.com

Nama At- Tanzil mempunyai arti yang diturunkan dan nama ini Allah Swt gunakan dalam firmanNya (yang artinya): “Dan sesungguhnya Al Quran ini benar-benar diturunkan oleh Tuhan semesta alam” (QS. Asy Syu’ara’: 192)

6. Nama- nama Al- Qur’an | Al Mubîn ( Yang Menjelaskan )

membaca kitab suci al quran
500px.com     

Nama Al- Qur’an lainnya adalah Al- Mubin yang artinya yang Menjelaskan, keterangan ini sebagaimana yang terdapat di QS. Ad Dukhan: 2

وَالْكِتَابِ الْمُبِينِ

Demi Kitab (Al Quran) yang menjelaskan.

7. Nama- nama Al- Qur’an | Al Karim ( Yang Mulia )

membaca kitab suci al quran
500px.com

Nama Al- Qur’an lainnya adalah Al- Karim yang artinya yang Mulia, keterangan ini sebagaimana yang terdapat di QS. Al Waqi’ah: 77

إِنَّهُ لَقُرْآنٌ كَرِيمٌ

Sesungguhnya Al-Quran ini adalah bacaan yang sangat mulia

8. Nama- nama Al- Qur’an |Al Kalam (Perkataan)

membaca kitab suci al quran
500px.com

Nama Al- Qur’an lainnya adalah Al- Kalam yang artinya yang perkataan, keterangan ini sebagaimana yang terdapat di QS. At Taubah: 6

وَإِنْ أَحَدٌ مِنَ الْمُشْرِكِينَ اسْتَجَارَكَ فَأَجِرْهُ حَتَّىٰ يَسْمَعَ كَلَامَ اللَّهِ ثُمَّ أَبْلِغْهُ مَأْمَنَهُ ۚ ذَٰلِكَ بِأَنَّهُمْ قَوْمٌ لَا يَعْلَمُونَ

Dan jika seorang diantara orang-orang musyrikin itu meminta perlindungan kepadamu, maka lindungilah ia supaya ia sempat mendengar firman Allah, kemudian antarkanlah ia ketempat yang aman baginya. Demikian itu disebabkan mereka kaum yang tidak mengetahui.

 

9. Nama- nama Al- Qur’an | An Nur (Cahaya)

membaca kitab suci al quran
500px.com

Nama Al- Qur’an lainnya adalah Al- Nur yang artinya cahaya. Dikatakan An-Nur karena petunjuk-petunjuknya adalah sebagai penerang hati.  keterangan ini sebagaimana yang terdapat di QS. An Nisa’: 174

يَا أَيُّهَا النَّاسُ قَدْ جَاءَكُمْ بُرْهَانٌ مِنْ رَبِّكُمْ وَأَنْزَلْنَا إِلَيْكُمْ نُورًا مُبِينًا

Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu bukti kebenaran dari Tuhanmu. (Muhammad dengan mukjizatnya) dan telah Kami turunkan kepadamu cahaya yang terang benderang (Al Quran).

10. Nama- nama Al- Qur’an | Al Huda (Petunjuk)

membaca kitab suci al quran
500px.com     

Al-Qur’an dikatakan Al-Huda karena ayat-ayatnya berisi petunjuk bagi manusia. Nama ini diambil dari firman Allah berikut ini.

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَىٰ وَالْفُرْقَانِ ۚ

Artinya: “Bulan Ramadhan adalah (bulan) yang didalamnya diturunkan Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia  dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang bathil),…”(QS. Al-Baqarah: 185)

 

11. Nama- nama Al- Qur’an | Ar Rahmah (Kasih Sayang)

QS. QS. Yunus: 57

12. Nama- nama Al- Qur’an | Asy Syifa’ (Obat)

QS. Al Isro’: 82

13. Nama- nama Al- Qur’an | Al Mau’idhah (Nasehat)

QS. Yunus: 57

14. Nama- nama Al- Qur’an | Al Mubarak (Yang Diberkahi)

QS. Al Anbiya’: 50

15. Nama- nama Al- Qur’an | Al Aliy (Yang Tinggi)

QS. Az Zukhruf: 4

Baca Juga   Rambu- rambu Lalu lintas Lengkap dengan Gambar, Arti dan Sejarahnya

16. Nama- nama Al- Qur’an | Al Hikmah (Himah)

QS. Al Qomar: 5

17. Nama- nama Al- Qur’an |Al Hakim (Hakim)

QS. Yunus: 2

18. Nama- nama Al- Qur’an | Al Muhaimin

(QS. Al Maidah: 48)

19. Nama- nama Al- Qur’an | Al Habl (Ikatan)

QS. Ali Imron: 103

20. Nama- nama Al- Qur’an | Ash Shirath Mustaqîm (Jalan Yang Lurus)

QS. Al An’am: 153

21. Nama- nama Al- Qur’an | Al Qayyim (Bimbingan yang Lurus)

QS. Al Kahfi: 3

22. Nama- nama Al- Qur’an | Al Qaul (Perkataan)

QS. At Thoriq: 13

23. Nama- nama Al- Qur’an | Al Fashl (Yang Merinci)

QS. At Thoriq: 13

25. Nama- nama Al- Qur’an | An Naba’ al Adhîm (Berita Yang Besar)

QS. An Naba’: 2

26. Nama- nama Al- Qur’an | Ahsanal Hadîts (Perkataan Terbaik)

QS. Az Zumar: 23

27. Nama- nama Al- Qur’an | Al Matsany (Yang Diulang-ulang)

QS. Az Zumar: 23

28. Nama- nama Al- Qur’an | Al Mutasyabih (Yang Serupa)

QS. Az Zumar: 23

29. Nama- nama Al- Qur’an |Ar Ruh (Ruh)

QS. Asy Syuro: 52

30. Nama- nama Al- Qur’an | Al Wahyu (Wahyu)

QS. Al Anbiya’: 45

31. Nama- nama Al- Qur’an | Al Araby (Yang Berbahasa Arab)

QS. Yusuf: 2

32. Nama- nama Al- Qur’an | Al Basha’ir (Bukti)

QS. Al A’rof: 203

33. Nama- nama Al- Qur’an | Al Bayan (Penjelasan)

QS. Ali Imron: 13a

34. Nama- nama Al- Qur’an | Al Ilmu (Ilmu)

QS. Al Baqoroh: 145

35. Nama- nama Al- Qur’an |Al Haq (Kebenaran)

QS. Ali Imron: 62

36. Nama- nama Al- Qur’an | Al Hâdi (Petunjuk)

QS. Al Isro’: 9

37. Nama- nama Al- Qur’an | Al ‘Ajab (Yang Menakjubkan)

QS. Al Jin: 1

38. Nama- nama Al- Qur’an | At Tadzkiroh (Peringatan)

QS. Al Haqqoh: 48

39. Nama- nama Al- Qur’an | Al Urwatul Wutsqa (Ikatan Yang Kuat)

QS. Al Baqoroh: 256

40. Nama- nama Al- Qur’an | Ash Shidq (Kebenaran)

QS. Az Zumar: 33

41. Nama- nama Al- Qur’an | Al Adl (Keadilan)

QS. Al An’am: 115

42. Nama- nama Al- Qur’an |Al Amr (Perintah)

QS. At Tholaq: 5

43. Nama- nama Al- Qur’an | Al Munâdy (Yang Menyeru)

QS. Ali Imron: 193

44. Nama- nama Al- Qur’an | Al Busyrâ (Kabar Gembira)

QS. Al Baqoroh: 97

45. Nama- nama Al- Qur’an | Al Majid (Yang Mulia)

QS. Al Buruj: 21

46. Nama- nama Al- Qur’an | Az Zabûr (Zabur)

QS. Al Anbiya’: 105

47. Nama- nama Al- Qur’an | Al Basyir (Pemberi Kabar Gembira)

QS. Al Fushilat: 4

48. Nama- nama Al- Qur’an | An Nadzir (Pemberi Peringatan)

QS. Fushilat: 4

49. Nama- nama Al- Qur’an | Al Aziz (Yang Mulia)

QS. Fushilat: 41

50. Nama- nama Al- Qur’an |Al Balagh (Penjelasan)

QS. Ibrohim: 52

51. Nama- nama Al- Qur’an |Al Qashash (Kisah-kisah)

QS. Yusuf: 3

52. Nama- nama Al- Qur’an | Ash Shuhuf (Lembaran-lembaran)

QS. ‘Abasa: 13

53. Nama- nama Al- Qur’an | Al Mukarramah (Yang Dimuliakan)

QS. ‘Abasa: 13

54. Nama- nama Al- Qur’an | Al Marfu’ah (Yang Ditinggikan)

QS. ‘Abasa: 14

55. Nama- nama Al- Qur’an | Al Muthahharah (Yang Disucikan)

QS. ‘Abasa: 14

Itulah tadi beberapa nama nama lain dari Al- Quran yang telah para ulama kumpulkan mengenai jumlah pastinya para Ulama pun berselisih pendapat tapi yang pasti kita jangan sampai tidak membaca dan mengamalkan kandungan dari setiap ayat Al- Quran.

Semoga Al- Quran datang menjadi penolong ketika kita sudah berada di hari pembalasan kelak. Amiin.

Jika ingin mengetahui penjelasan lebih lanjut tentang makna nama-nama tersebut, silahkan merujuk ke Al Burhan fi ‘Ulumil Qur’an (1/276-281) karya Al Imam Az Zarkasyi dan Al Itqon fi ‘Ulumil Qur’an (1/146-148) karya Al Imam As Suyuthi.

Sumber: muslimah.or.id

 

 

1 thought on “Nama- nama Al- Qur’ an dan artinya Lengkap

Leave a Comment