makanan khas lombok

7+ Makanan Khas Lombok Yang Wajib Kamu Coba Saat Berkunjung Ke Lombok

MAKANAN KHAS LOMBOK – Melakukan parawisata ke lombok rasanya tak legkap jika tidak menikmati kuliner khas lombok. Apalagi jika kamu jarang ke lombok, maka wajib bagi kamu untuk nyobain enaknya kuliner khas lombok yang akan di ulas pada artikel kali ini. Mmmm.. Yukk Cobain Kuliner Khas Lombok berikut ini.

1. Makanan Khas Lombok Pelecing kangkung

makanan khas lombok yang enak
harianresep.blogspot.com

Jangan sampai Anda lewatkan, berbagai macam makanan khas Bandung yang begitu menggugah selera yang bisa Anda baca pada artikel berikut ini :  Makanan Khas Bandung 

Pelecing merupakan makanan khas daerah Lombok yang dibuat dari kangkung khas daerah Lombok. Kangkung Lombok mempunyai tekstur yang ukurannya sedikit agak besar. Rasa kangkung Lombok berbeda dengan kangkung di luar.

Dari cara membuat pelecing yakni dengan cara merebus kangkungnya sampai matang dan di suir-suir memanjang. Kemudian dicampur dengan sambal tomat yang mempunyai rasa pedas. Bumbu sambal itu terbuat dari tomat, cabe rawit merah, penyedap, garam, perasan jeruk purut dan terasi Lombok.

Terasi Lombok inilah yang membuat rasa sambal pelecing menjadi sangat enak dan nikmat dimakan bersama nasi putih. Pelecing dapat kamu nikmati di sebagian besar rumah makan yang terletak di Pulau Lombok namun di wilayah kota Mataram kamu dapat mencoba pelecing di Jalan Majapahit.

2. Makanan Khas Lombok Kelaq Batih

makanan khas lombok yang enak
sidomi.com

Kuliner yang satu ini telah jarang ditemui di rumah makan ataupun restoran yang berada di Pulau Lombok. Bahan utama dari makanan khas kelaq batih yakni biji buncis yang sudah berumur kemudian dicampur dengan daun singkong muda.

Rasa yang khas dari kelaq batih terdapat pada bumbu rempah-rempah yang dipakai atau jika dalam bahasa sasak biasa disebut ragi beleq. Ragi beleq ini terdiri dari ketumbar, merica, lengkuas, cengkeh, jahe, bawang merah, cabe merah, terasi, bawang putih, garam, penyedap (opsional) dan juga sedikit kencur.

Cara memasak makanan khas ini cukup mudah yakni dengan cara merebus biji buncis yang telah tua hingga empuk. Setelah itu masukkan bumbu yang sebelumnya sudah ditumis. Menumis bumbu-bumbu sebaiknya memakai minyak kelapa supaya aroma dan rasanya pun lebih sedap. kemudian masukkan daun singkongnya. Tunggu sampai daun singkong matang, terakhir hidangkan dengan nasi hangat.

Baca Juga   7+ Kuliner, Makanan dan Oleh oleh Khas Tasikmalaya yang Paling Berjaya

3. Makanan Khas Lombok Sate Bulayak

makanan khas lombok
goodindonesianfood.com

Sate bulayak merupakan makanan khas daerah Pulau Lombok yang terdiri dari bulayak dan juga sate. Bulayak mempunyai tekstur makanan seperti layaknya ketupat, namun dengan bentuk bulat memanjang. Keunikannya merupakan bungkus bulayak bukan terbuat dari daun kelapa ataupun daun pisang akan tetapi dari daun aren.

Kekhasan sate bulayak terdapat pada bumbu yang dipakai. Sate biasanya memakai bumbu kacang, namun sate bulayak memakai bumbu tersendiri yang dimasak bersama campuran santan kental dan juga kemiri. Sate bulayak bisa kamu temukan di Taman Hutan Suranadi Lombok Barat, di sepanjang jalan udayana kota Mataram dan di Pantai Senggigi Lombok Barat.

4. Makanan Khas Lombok Nasi Puyung

makanan khass lombok yang paling popoler
goodindonesianfood.com

Jika di Lombok ada nasi puyung, di Tasikmalaya juga ada makanan khas nasi yang gak kalah enak untuk Kamu semua coba. Namanya nasi tutug oncom. Dan kamu bisa baca semua tentang makanan khas Tasikmalaya di artike berikut ini : Makanan Khas Tasikmalaya

Nasi puyung adalah nasi campur dengan kekhasan rasa pedas. Biasanya satu porsi nasi puyung berisi nasi putih,  biji kedelai goring, sambal daging, sambal dan kentang goreng kremes. Keunikan dari rasa nasi puyung terdapat pada sambal pedas dengan bumbu-bumbu khas suku sasak.

Nasi puyung dapat kamu nikmati di desa puyung kab. Lombok Tengah. Apabila kamu tidak sempat ke sana, kamu juga dapat menikmati nasi puyung di warung nasi puyung yang terletak di depan Bandara Internasional Lombok.

5. Makanan Khas Lombok Nasi Sukaraja

makanan khas lombok
goodindonesianfood.com

Nasi sukaraja merupakan nasi campur yang hanya dapat kamu temui di desa Sukaraja, Ampenan, kota Mataram. Biasanya satu porsi nasi campur berisi berbagai macam lauk yang dapat kamu pilih sendiri. Menu khas suku sasak yang membedakan yakni campuran olah-olah.

Baca Juga   Contoh Carpon Bahasa Sunda, Kumpulan Carita Pondok Bahasa Sunda [ Lucu Pisan]

Olah-olah adalah sayuran yang dimasak menggunakan bumbu-bumbu khusus dan dikasi santan kental. Nasi sukaraja juga digemari banyak orang karena masih mempertahankan cara memasak tradisonal memakai tungku tanah dan juga kayu bakar. Cara memasak seperti itu sangat mempengaruhi rasa dan juga aroma masakan.

6. Makanan Khas Lombok Sate Tanjung

makanan khas lombok sate tanjug
wisatalombok.id

Sate tanjung adalah sate ikan dengan rasa yang sangat nikmat. Bumbu yang digunakan adalah bumbu khas dengan rasa pedas manis. Sate tanjung disajikan bersama lontong, urap sayur atau pelecing kangkung.

Keunikan dari sate tanjung adalah penyajiannya di atas opak yang terbuat dari singkong. Sate ini bisa ditemukan di daerah tanjung, Lombok Utara.

7. Makanan Khas Lombok Ares

makanan khas lombok
cookpad.com

Ares merupakan sayur khas daerah lombok yang terbuat dari pohon pisang yang masih muda. Pisang yang dipakai yakni pohon pisang kepok. Dengan memakai bumbu khas, ares menjadi sayur yang harus kamu nikmati apabila berwisata ke Lombok. Dahulunya ares hanya dapat kamu nikmati di dalam acara adat saja. Namun, saat ini kamu dapat menikmati ares di warung atau rumah makan di Pulau Lombok.

Itulah beberapa makanan khas Lombok yang pastinya sangat menggugah selera. Nah jika nanti Anda berencana untuk berliburan ke lombok jangan lupa untuk mencicipi setiap makanan khasnya. Namun jika Anda belum ada waktu untuk berliburan kesana, berbagai resep masakan khas lombok bisa Anda dapatkan di cookpad.com tinggal searching aja. hihi

 

1 thought on “7+ Makanan Khas Lombok Yang Wajib Kamu Coba Saat Berkunjung Ke Lombok

Leave a Comment