makanan khas tasikmalaya

7+ Kuliner, Makanan dan Oleh oleh Khas Tasikmalaya yang Paling Berjaya

Makanan Khas Tasikmalaya– Hey Tasikmalaya punya banyak kuliner yang khas dan lezat lho. Udah pada tahu belum? Gak kalah sama daerah lainnya yang mengunggulkan makanan khas dari daerahnya masing – masing, Tasikmalaya juga punya makanan yang telah banyak menjadi incaran para pemburu kuliner.

Mau tau apa aja?

Di Kota yang terkenal dengan sebutan Kota Santri ini (Zaman dahulu) kamu semua akan menemukan banyak makanan yang unik khas dan gak bakalan ditemui di berbagai Kota manapun. Beneran

Selain dikenal dengan aneka ragam makanan khasnya, Kota Tasikmalaya yang letaknya berdampingan dengan Kota Garut dan Kota Ciamis ini mempunyai beragam kerajinan dan oleh- olehnya juga yang sangat disayangkan untuk tidak segera memborongnya ketika Kamu semua sedang singgah di Kota ini.

Kamu mau  oleh-oleh apa? Tasikmalaya akan berikan segalanya. Huaahaha. Dari segi kerajinannya Tasikmalaya sudah terkenal dengan Anyaman bamboo, bordir tasik, batik tasik, payung geulis,  anyaman mendong, terus apalagi ya? Banyak deh pokoknya mah.

Terus, bagaimana dengan kuliner khas Tasikmalaya, ada apa aja sih? Nih diantaranya ada Nasi tutug oncom, Nasi cikur, Bubur Khas Tasikmalaya, Tahu bulat digoreng dadakan Wakwaw, Ranginang, Opak dan masih banyak lagi.

Nah jika Kamu berkunjung ke Tasikmalaya jangan sampai melewatkan satupun kuliner khas Tasikmalaya, Oleh- oleh khas tasikmalaya juga menapaki setiap jengkal keindahan alam Kota Tasikmalaya.

Sebagai bahan review jika hendak berkunjung ke Tasikmalaya, berikut Oncoman akan sajikan aneka hidangan khas sunda dari Kota Tasikmalaya yang harus Kamu nikmati.

Cekibrot, Aww!!

1. Makanan Khas Tasikmalaya Nasi Tutug Oncom

nasi tutug oncom
jagomemasak.blogspot.com

Dari Tasikmalaya lalu ke Bandung dan Kamu harus coba makanan khas Kota kembang Bandung berikut ini : Makanan Khas Bandung 


Sadar tidak nama website ini apa? Coba di cek, betuk sekali nama website kesayangan Kita semua ini bernama Tutugon.com alias tutugon dot com atau tutug oncom.

Nah salah satu nama makanan khas daerah tasikmalaya inilah saya (sebut saja Oncom man) mendapatkan ilham untuk membuat website sesuai dengan nama makanan khas daerah Tasikmalaya bernama Nasi Tutug Oncom disingkat T.O atau Nasi T.o.

Baca Juga   7+ Makanan Khas Lombok Yang Wajib Kamu Coba Saat Berkunjung Ke Lombok

Keren  bukan? Bukan hanya keren, tapi Nasi tutug oncom ini sangatlah enak banget. Beneran No tipu tipu. Bisa dibilang ini adalah makanan khas yang bisa menggambarkan cita rasa dan keindahan dari Tasikmalaya.

Kenapa Oncoman bisa berkata seperti itu? Karena, tutug oncom ini terbuat dari bahan utamanya yaitu Oncom.

Sudah pada tahu kan Oncom itu apa? Oncom adalah sejenis tempe yang  telah difermentasi kemudian di goring- goring lalu dicampurkan dengan nasi dan rasanya itu lho, beuuuuuh gurih gurih nyooy dah.

Gak salah ini adalah salah satu makanan khas tasikmalaya yang paling Oncoman favoritkan. Apalagi buatan emak sendiri hihi.

Kenapa namanya tutug oncom? Karena pada saat peleburan antara nasi dengan oncom goreng tersebut diperlukan tenaga untuk menutug nutug (menumbuk) agar si oncom dan nasinya dapat  menyatu mesra dalam satu ikatan rasa cinta. cieeeee

2. Makanan Khas Tasikmalaya Cilok Goang

makanan khas tasikmalaya cilok goang
dailymoslem.com

Baca juga nih, 23+ macam 0leh oleh Khas jepang yang unik dan aneh di artikel berikut ini : oleh oleh khas jepang


Makanan khas Tasikmalaya selanjutnya adalah cilok goang. Apa itu cilok goang? pasti kebanyakan dari kamu yang berasal dari luar daerah sunda seperti bandung ciamis garut dan tasikmalaya kurang begitu mengenal makanan khas ini.

Padahal si cilok yang bentuknya botak ini sudah sangat terkenal lho, malah saking terkenalnya si cilok ini bisa dikatakan salah satu makanan khas sunda.

Cilok ini bentuknya bulat ukuranya sebesar bola pingpong dan bisa juga dikatakan bahwa cilok ini masih saudaraan sama baso namun si cilok ini kurang beruntung nasibnya karena dalam pembuatannya cilok tidak menggunakan daging seperti saudara nya si baso yang kebanyakan adalah daging semua.

Tapi meskipun begitu cilok juga gak kalah tenar dan enak jika dibandingkan dengan baso. Bahan dasar pembuatannya adalah menggunakan tepung yang biasa disebut Aci kalau bahasa sundaya mah.

Nah dengan bahan baku utamanya yang menggunakan aci ini maka namanya pun disebut cilok yaitu kepanjangan dari aci yang di colok. Kalau di colok tahu semua kan artinya apa? yap si cilok ini biasanya di colok atau ditusuk dengan tusukan namun seiring perkembangan zaman si cilok ini sudah tidak lagi pake di colok di colok akan tetapi sudah di plastikin dan langsung dimakan dari plastiknya hehehe.

Baca Juga   Resep Cara Membuat Kue Dorayaki dengan Mesin Ajaib Dorayaki Baker FY-32

Nah si cilok itu pun ber evolusi kembali menjadi cilok goang. Kalau cilok biasanya di campur hanya dengan caos dan kecap saja namun si cilok goang yang merupakan evolusi dari cilok ini sudah dapat bersosialisasi dengan bahan makanan lainnya seperti ceker ayam, tahu, mie kering dengan di sirami oleh siraman air kaldu ayam yang sangat gurih serta dikasih butiran bawang goreng dan seledri yang menambah kaya rasa dari si cilok goang ini.

Bagaimana dengan rasanya? Kamu harus coba sendiri deh kalau main ke Tasikmalaya.

3. Makanan Khas Tasikmalaya Bubur Ayam Tasikmalaya

Bubur Ayam, ya siapa yang gak kenal sama makanan yang satu ini. Bubur Ayam merupakan makanan favorit kebanyakan warga Indonesia yang selalu menemani sarapan pagi hari kamu semua. Tentu, bubur ayam ini tidak hanya menjadi makanan yang ada di Tasikmalaya saja. Di berbagai penjuru kota, di seluruh Indonesia pun akan banyak ditemui makanan yang berbahan dasar olahan beras ini.

Lain kota lain rasa, kiranya seperti itulah kata yang dapat menggambarkan khasnya rasa dari bubur ayam Tasikmalaya ini. Nah, untuk bubur ayam yang paling terkenal di Tasikmalaya yaitu terdapat di jalan kalektoran Tasikmalaya yang namanya terkenal dengan bubur ayam H. Zaenal.

Bubur ayam H. Zaenal ini setiap harinya selalu meleyani puluhan hingga ratusan masyarakat dari daerah Tasikmalaya dan sekitarnya yang telah setia menjadi pelanggan tetap di tempat jualannya.

 

Makanan Khas Tasikmalaya

1 thought on “7+ Kuliner, Makanan dan Oleh oleh Khas Tasikmalaya yang Paling Berjaya

Leave a Comment