7+ Hasil Kerajinan Tangan Khas Kota Tasikmalaya yang Paling Terkenal

Kerajinan Tasikmalaya -Tasikmalaya adalah sebuah Kota kecil yang berada di Provinsi Jawa Barat, Kota ini terkenal dengan sebutan sang Mutiara dari Periangan Timur.Selain sebutan itu Tasikmalaya terkenal dengan nama nama lain diantaranya Kota santri dan juga Kota Kerajinan.

Sebutan Kota kerajinan disematkan kepada Tasikmalaya karena di Kota itu terdapat aneka ragam kerajinan yang dihasilkan oleh masyarakatnya.

Ada apa aja? Batik tasikmalaya, Bordir Tasikmalaya, Kelom geulis Tasikmalaya, Mendong dan juga kerajinan anyaman bambu Tasikmalaya adalah sebagian kecil dari beragamnya kerajinan khas Tasikmalaya yang terkenal di mata para wisatawan.

Dan jika kamu pernah berkunjung ke Kota Tasikmalaya pastilah akan terasa kurang lengkap apabila tidak membawa buah tangan yang menjadi ciri khas dari Kota tersebut baik itu kuline ataupun kerajinan tanganya.

kota tasikmalaya
hayutravelling.blogspot.com

Tentunya kamu tidak akan merasa kebosanan dengan tempat wisata belanja yang disuguhkan oleh Kota Tasikmalaya, karena berbagai macam kerajinan tangan yang di hasilkan oleh masyarakat Tasikmalaya akan membuatmu tergoda dan ingin segera untuk membelinya.

Kalau sudah begitu, siapkan uang sebanyak- banyaknya yaaa. hehee

Adapun kerajinan tangan yang menjadi andalan dari Kota Tasikmalaya sebagianya akan Oncom man beritahukan dibawah ini.

Namun ini hanya sebagian saja lho, karena kalau di itung- itung lagi mah banyak sekali jenis kerajinan yang menjadi andalah dari Kota yang telah membesarkanku ini.

1. Bordir Tasikmalaya

Bordir Kota Tasikmalaya yang cantik
id.wikipedia.org

Untukmu yang ingin memiliki berbagai model tas cantik berkualitas impor bisa kunjungi artikel berikut :  Grosir tas import


Salah satu usaha daerah yang menjadi andalan dari Kota Tasikmalaya adalah usaha kerajinan Bordir atau lebih terkenal dengan sebutan Bordir Tasik. Sudah tidak ada yang meragukan kualitas yang dihasilkan para pengrajin Bordiran dari daerah Tasikmalaya.

Sehingga dalam pemasarannya Bordir Tasik sudah sampai ke berbagai Negara yang ada di seperti Malaysia, Brunei serta  Negara- nergara Arab, Jeddah dan Dubai.

Kalau di Indonesia mah sudah jangan ditanyakan lagi, kalau tidak percaya cobalah kamu tanyakan kepada salah satu warga Indonesia tentang kota mana yang terkenal dengan kualitas bordirannya, Pasti semua sepakat bahwa Tasikmalaya adalah tempatnya.

Untuk pemasaran di dalam Negeri biasanya dikirim ke Tanah Abang, Solo juga Suarabaya

Hebat kaaaan? hehe.

Salah satu tempat di Tasikmalaya yang terkenal dengan Bordirannya adalah terdapat di kecamatan Kawalu tepatnya berada di Kampung Saguling.

Bila kamu hendak akan berkunjung kesana maka sebelum masuk ke kampungnya kamu  akan menemukan sebuah gapura yang bertuliskan ‘Selamat Datang di Sentra Bordir Tasikmalaya”.

Di sepanjang jalan daerah itu kamu akan menemukan setiap rumah yang memproduksi bordir. Mulai yang masih menggunakan mesin manual, hingga mesin canggih yang sudah bertekonologi komputer.

bordir tasikmalaya yang cantik
bordirtasikmurah.blogspot.com

Kami menyediakan berbagai macam kaos konveksi untuk anak dan dewasa murah.  Biisa Anda kunjungi halaman berikut ini : Kaos konveksi anak


Sehingga Kamu bisa berbelanja sepuasnya dan dengan kualitas yang bagus juga harga yang murah karena di beli langusng dari pusatnya.

Terdapat banyak gerai yang dapat kamu kunjungi salah satunya gerai bordir “Zarkasie Embroidery ” yang ada di Kampung Cukang, Tanjung Kawalu. Di gerai bordir itu banyak dipajangkan berbagai jenis produk bordir seperti kebaya, kerudung, mukena, baju muslim.

Untuk sarana menuju ke daerah tersebut sudah tersedia berbagai mcam angkutan umum seperti angkot dan ojeg.

2. Anyaman Rajapolah Tasikmalaya

anyaman bambu khas tasikmalaya yang sangat unik
technologic-art.blogspot.com

Rajapolah adalah nama kecamatan yang berada di Utara Tasikmalaya, perjalanan dari Kota Tasikmalaya hanya membutuhkan waktu 30 menit saja.

Didaerah ini terdapat sebuah masijd megah yang bernama Mesjid Itceu. Dinamakan mesjid Itceu karena orang yang berperan besar dalam pembiayaan bangunannya adalah seorang Penyanyi Nasional kelahiran Tasikmalaya yang bernama Itceu Trisnawati.

Baca Juga   Cara Membersihkan Sepatu Vans Hanya dalam 3 Menit saja

Selain terkenal dengan Masjid Itceu nya, di mulai pada tahun 1989 daerah Rajapolah terkenal dengan berbagai macam kerajinan anyaman yang dalam perkembangannya cukup pesat.

pusat kerajinan tasikmalaya daerah rajapolah
www.indofakta.com

Biasaya kerajinan yang ada di daerah ini dijadikan sebagai cinderamata bagi para wisatawan yang datang.

Dan jika Kamu melintas ke Rajapolah, maka tepat di sepanjang jalan raya Rajapolah yang menghubungkan antara Kota Tasikmalaya dengan Kota Ciamis dan Garut Kamu akan menemukan berbagai macam aneka kerajinan tangan yang terbuat dari anyaman bambu.

Mungkin terdapat banyak tempat di Indonesia yang menjadi penghasil kerajinan anyaman, akan tetapi kerajinan yang dihasilkan oleh para pengrajin Tasikmalaya berbeda dengan kerajinan lainnya. Pebedaanna bisa dilihat dari bahan, warna dan bentuk dari anyamannya.

Kerajinan yang di jajakan disana mulai dari anyaman keranjang, aneka anyaman tas yang cantik serta berbagai olahan anyaman lainnya yang terbuat dari bambu.

Tidak hanya anyaman bambu, disana juga dijajakan aneka cinderamata khas Tasikmalaya lainnya yang akan menarik untuk dijadikan oleh- oleh untuk keluarga tentunya dengan harga yang sangat terjangkau.

3. Kelom Geulis Tasikmalaya

sandal canti Kelom geulis Tasikmlaya
www.kelomgeulis.com

 

Nama kelom geulis menjadi sebutan untuk kerajinan alas kaki atau sendal yang ada di Tasikmalaya.

Kerajinan kelom geulis termasuk dalam kerajinan yang unik. dikarenakan dalam pembuatan motif dari kelom geulis ini seringkali menggunakan motif batik dan bunga dengan cara dibati atau di ukir.

Adapun pengertian Kelom adalah sejenis sendal yang bahan dasar utmanya adalah kayu mahoni, damar atau albasia yang dapat digunakan oleh pria maupun wanita.

Sedangkan Geulis dalam bahasa Indonesia berarti Cantik yang mana kayu yang menjadi badan sendal diukir sehingga tampilannya terihat “Cantik” bisa juga centil.

Ibu ani yudhoyono berada di pusat kerajinan tasikmalaya
twitter.com

Kelom geulis mengalai masa kejayaan pada tahun 1960 karea pada saat itu sering digunakan dalam acara- acara resmi.

Untuk sentra pengrajin Kelom geulis ini berada di Kecamata Tamansari Kota Tasikmalaya.

4. Batik Tasikmalaya

batik khas dari tasikmalaya yang cantik
babymoontravelling.wordpress.com

Mungkin batik khas Tasikmalaya ini tidak sepopuler batik  dari daerah Indonesia lainnya seperti batik Yogyakarta, Maduara, Cirebon dll.

Secara garis besar batik Tasikmalaya mempunyai motif batik yang menunjukan kesan kesederhanaan, pluralis dan terbuka juga memperlihatkan kesan imut dan unyu- unyu sebagai gambaran umum wanita sunda.

Namun dalam kehadirannya batik Tasikmalaya memliki ciri khas tersendiri yang tidak tidak ditemukan pada batik daerah lainnya. Perbedaan dengan batik lainnya yang ada di Jawa Barat adalah Batik Tasikmalaya dari segi warnanya lebih terang.

Jika dilihat dari jenis motifnya, batik Tasikmalaya yang populer di bedakan menjadi 3  yaitu

  • Batik bercorak payung.

batik motif payung khas tsikmalaya
www.disparbud.jabarprov.go.id

corak batik ini berdasarkan pada icon dari Kota Tasikmalaya berupa sebuah payung geulis.

  • Batik bercoarak Burung/ Hewan.

batik tasikmalaya bermotif hewan
www.disparbud.jabarprov.go.id
  •  Batik corak kacang panjang/ tumbuhan.

batik tasikmalaya motif tumbuhan
www.disparbud.jabarprov.go.id

Motif dari batik Tasikmalaya kental dengan nuansa Parahyangan, dan memiliki ke khasanya sendiri seperti motif burung dan bunga anggrek. selain itu ada juga motif merak -Ngibinng, Cala- Culu. Pisang- Bali, Awi Ngarambat, dan Pisang Bali.

Meski memiliki aturan dalam pembuatan batik khas Tasikmlaya ternnyata para pembatik Tasikmalaya pada saast ini banyak ber inovasi yang modern dalam pembuatan motif- motifnya menyesuaikan terhadap perkembangan pasar.

Para pembatik yang masih giat dalam menghasilkan karya batik Tasikmalaya berada di daerah Cigeureung, desa Nagasari Kecamatan Cipedes Tasikmlaya.

5. Payung Geulis.

Payung geulis tasikmalaya yang cantik
www.medanbisnisdaily.com

Sejak zaman dahulu kala warga Tasikmalaya banyak membuat keranjinan berbentuk payung yang kemudian dinamai payung geulis. Lalu payung ini dijadikan ikon yang menggambarkan Kota Tasikmalaya.

Payung in terbuat dari bahan kayu dan bambu halus kemudian penutupnya menggunakan kertas yang dihias dengan berbagai motif yang menggambarkan kearifan lokal dari Kota Tasikmalaya.

Baca Juga   Cara Membuat Slime Activator dengan Lem Fox Tanpa Borax

Sentra kerajinan ini berada di Kecamatam Indihiang, akan tetapi di pada zaman yang sudah semakin modern kerajinan ini semakin tenggelam kalah bersaing dengan produk dari luar.

Ditambah lagi para anak muda yang tidak tertarik untuk melestarikan kaerajinan yang sudah menjadi lambang Kota Kelahirannya.

Kini dalam penggunaanya hanya pada saat upacara adat atau ketika ada acara pernikahan. Namun jika kamu bisa menjadikan payung geulis ini menjadi salah satu hiasan yang dapat memper cantik suasana rumah.

6. Kerajinan Mebeul.

kerajinan mebel tasik furniture rumah
infotasik.com

Tasikmalaya juga terkenal dengan kerajinan mebeulnya, kualitas yang dihasilkan oleh para pengrajin mebeul ini tidak kalah bagus dari yang telah dihasilkan para pngrajin dari kota lain yang sudah terkenal seperti kerajinan mebeul kayu Jepara.

Beberapa hasi kerajinan mebeul yang banyakdi produksi seperti kursi, meja, ranjang juga lemari dan lainnya.

Sentra dari pengrajin mebeul di Tasikmalaya berada di daerah Sindangkasih Kecamatan Cibereum Kota Tasikmalaya.

7. Kerajinan Mendong.

tanaman mendong kerajinan tasikmalaya
daridesakita.wordpress.com

Kerajinan mendong adalah sebuah kerajinan yang bahan baku utamanya berupa mendong. Mendong adalah nama dari sebuah tanaman sejenis rumput yang sering kitat emukan di rawa- rawa/ tempat yang mempunyai cukup air.

Keranjinan ini sudah sangat terkenal sebagai salah satu produk yang menjadi ciri Khas Kota Tasikmalaya.

Pada awalnya mendong hanya dijadikan sebagai bahan baku pembuatan tikar, tetapi seiring perkembangan zaman para pengrajin mendong juga berkembang dengan tidak hanya membuat kerajinan mendong untuk pembuatan tikar saja.

Akan tetapi sudah mencakup pembuatan dari produk lan berupa tas, topi, dompet, kotak perkakas serba guna, toples, figura bahkan sampai furniture dan perlengkapan kantorpun dapat dibuat dengan bahan baku tanaman mendong.

Tas cantik terbuat dari mendong
daridesakita.wordpress.com

Saat ini pemasarannya sudah meluas sampai ke Mancanegara seperti Negara Malaysia, Singapura, Arab Saudi, Jepang, Jerman, Spanyol. Dan untuk pemasaran dalam negeri dari mulai Bandung, Jakarta, Suarabaya, sumatera, Bali serta beberapa Kota besar lainnya.

Seperti yang dialami oleh H Jeje dengan nama perusahaanya Mendong Jaya, beliau mengaku sampai saat ini dalam pemasaran mendong miliknya sudah ada pelangan yang bukan hanyaberasal dari dalam negeri tetapi juga berasal dari luar negeri seperti Amerika Serikat.

Hal ini menjadi kebanggan tersendiri bagi pemerintah Kota Tasikmalaya dengan Usaha yang di kembangkan warganya yang dalam pemasarannya sudah sampai ke berbagai negara.

Pusat pengrajin mendong yang ada di Kota Tasikmalaya tersebar di Kecamatan Purbaratu, Cibereum, Tamansari, Indihiang, Cineam, Karangnunggal, Gunung Tanjung, Cikatomas dan Salopa.

Tapi daerah yang sudah diakui oleh pemerintah setempat sebagai pengarajin Mendong adalah yang ada di Kecamatan Purbaratu.

Bagaimana keren bukan kerajinan yang ada di Kota Tasikmalaya ini? Bila Kamu sudah mempunyai rebcana untuk pergi ke tempat wisata tasikmalaya  jangan lupa untuk membeli berbagai macam kerajinan yang ada di Tasikmalaya.

Semua kerajinan itu bisa kamu dapatkan ketika melintas di Jalan raya Raja polah, disana banyak berderet toko- toko Cinderamata yang juga memasarkan berbagai macam kerajinan Khas dari Tasikmalaya selain tadi diterangkan sebagai daerah penghasil anyaman.

Semoga artikel ini dapat bermafaat untuk pengetahuanmu.

Jangan luupa 3 B 1 Y : Baca Baru Bagikan yaaaaaa..!!! untuk Indonesia yang lebih berpengetahuan.

Salam dari kami Oncom man eng ing eng…

Kerajinan Daerah Tasikmalaya

Leave a Comment