panahan

Jenis jenis Panahan, Sejarah Panahan dan Anjuran Memanah

Jenis- jenis Panahan – Cabang olahraga panahan  belakangan ini sudah semakin di gemari oleh sebagian masyarakat Indonesia khusunya kaula muda baik itu dari kalangan lelaki maupun perempuan.

Hal ini dikarenakan semakin sadarnya kehidupan masyarakat akan pelaksanaan beragam sunnah sebagaimana Rasulullah SAW telah ajarkan.

Memang olahraga ini merupakan salah satu sunnah diantara sunnah sunnah lainnya yang tentunya mengandung banyak manfaat apabilla kita coba laksankan.

Seperti pada umumnya, kegiatan olahraga mampu menjaga kestabilan tubuh dan kesehatan agar tetap prima disamping itu dengan Anda melakukan olahraga panahan Bonus pahala telah Allah janjikan karena telah jelas dalam sebuah riwayat RasulNYA tentang jenis olahraga yang dianjurkan  berikut untaian hadisnya.


Hadist Anjuran Memanah


dari Hatim bin Laits Al Jauhari, ia berkata: Yahya bin Hammad menuturkan kepada kami, ia berkata: Abu ‘Awwanah menuturkan kepada kami, dari Abdul Malik bin ‘Umair, dari Mush’ab bin Sa’ad, dari ayahnya (Sa’ad bin Abi Waqqash radhiallahu’anhu) ia berkata, Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda: ‘hendaknya kalian latihan menembak karena itu permainan yang paling bagus bagi kalian‘”

Itulah salah satu hadist yang menyatakan anjuran untuk melakukan olahraga menembak atau panahan.

Selain satu hadist diatas tentunya terdapat banyak lagi hadist tentang anjuran panahan ini, dilain hadis menyebutkan bahwa orang yang telah memiliki skill dalam memanah lalu ia melupakannya maka ia termasuk kedalam orang yang durhaka.

Juga dihadist lainnya diterangkan bahwa berkuda, memanah dan berkumpul bersama keluarga termasuk kedalam lahwun ( permainan) yang bermanfaat .

Betapa beruntunya orang yang berupaya untuk melakukan jenis olahraga ini, selain sehat tentu Kita juga akan mendapatkan pahala dari setiap lesatan anak panah yang ditembakan terhadap sasarannya.

Namun Kita pastinya juga begitu penasaran kenapa Rasulullah begitu menganjurkan  olahraga panahan ini, apa manfaat yang akan Kita peroleh dengan melakukan olahraga ini tentunya selain manfaat kesehatan.


Manfaat Memanah


Dan yang harus Anda ketahui dengan memanah ini Kita akan dilatih untuk belajar memfokuskan diri terhadap sasaran tembak dengan setiap hari menyempatkan waktu untuk belajar memanah maka akal atau otak kita akan terbiasa focus terhadap sesuatu, kehidupan tertarget, dan tentunya tidak gegabah dalam menentukan pilihan karena sekali panah telah lepas dari busurnya disaat itulah tiada lagi kesempatan untuk mengulang hal yang sama.

Mungkin  itu diantara manfaaat olahraga panahan yang menjadi alasan akan adanya anjuran Rasulullah tersebut.


Sejarah Panahan


Setelah Kita mengetahui tentang hadist anjuran memanah, mengupas sedikit tentang sejarah memanah pun ada baiknya Kita ketahui agar dapat lebih menghayati dalam persiapan Anda untuk memulai belajar olahraga panahan ini.

Baca Juga   Jenis Buah Tin dan Gambarnya yang Cocok di Budidaya di Indonesia

Jaman dahulu, panahan merupakan sebuah alat yang biasa digunakan dalam pertempuran. Ketika belum ada berbagai senjata api semacam pistol, meriam, dan mechine gun panahan dan para pemanahnya merupakan komposisi yang harus ada dalam setiap pertempuran.

Tentu Kita mengenal tentang sejarah perang badar yang berhasil di menangkan oleh  Nabi SAW dan kaum muslimin pada zaman dahulu kala, dimana pada saat itu Rasulullah Saw memimpin pasukan yang jumlahnya lebih kecil jika dibandingkan pasukan kaum kafir Quraisy.

Namun Ajaibnya Rasul dan para pengikutnya mampu menumbangkan pasukan besar kaum Quraisy. Hal ini tentulah atas Kuasa dari Allah Swt yang telah memberikan kekuatannya terhadap komposisi pasukan berkuda + pedang dan tombak + pemanah jitu yang dengan lesatan panahnya melindungi  Nabi Muhammad Saw dan para sahabat dari kejauhan.

Lain lagi dengan olahraga panahan zaman sekarang, dengan semakin populernya olahraga ini sehingga kita akan dengan mudah menemukan komunitas komunitas panahan dengan anggotanya yang semakin banyak.

Bila Anda tertarik untuk mengikuti salah satu komunitas panahan yang ada di Indonesia bisa gabung dengan komunitas panahan berikut ini.

Dengan gabung di komunitas Anda akan dibantu oleh teman teman dan insrtuktur panahan yang sudah terlatih sehingga memudahkan dalam hal belajar olahraga panahan. Atau bila Anda belum siap untuk bergabung bersama komunitas namun tetap ingin belajar memanah, bisa dengan cara lain yaitu dengan cara belajar memanah sendiri di rumah hehehe.

Kalau begitu, dimana tempat kita akan mendapatkan berbagai macam alat panahan ini? Gak usah ribet, sekarang sudah banyak toko- toko olahraga yang menjual alat panahan ini, atau bagi Anda yang tidak ingin ribet sama sekali, bisa mencarinya di google dengan memasukan kata kunci “ jual panah” mudah bukan? tinggal duduk, pesan dan satu set alat panahan akan segera datang ke rumah Anda hahaha.

Bila tidak ingin ribet lagi Anda bisa menghubungi teman saya di gopena. com yang menyediakan berbagai jenis

Eiiitttt,, tahan dulu, jangan coba membeli alat panahan sebelum mengetahui beberapa jenis alat panahan. Karena alat panahan ini tidak seperti COMBRO yang hanya  ada satu jenis saja, ada jenis jenis alat panahan yang harus Anda ketahui terlebih dahulu agar nantinya tidak berakhir dengan kecewa terhadap alat panahan yang tidak sesuai dengan kriteria hati Anda.

Dan berikut beberapa informasi tentang jenis- jenis panahan


Jenis- jenis Panahan


Panahan LongbOW

jenis jenis panah longbow
id.aliexpress.com

Sesuai dengan namanya, longbow memunyai  panjang yang bahkan sampai melebihi tinggi dari si pemakainya. Busur ini memiliki ketebalan limb yang relative sempit dan dengan bentuk penampangnya yang menyerupai huruf D. Jika dibandingkan dengan jenish busur lainnya, lengkungannya panahan jenis longbow ini  relative kecil.

Baca Juga   5+ Contoh Biografi Diri Sendiri yang Baik dan Benar

Kekuatannya lebih banyak berasal dari panjang limb-nya. Semakin panjang limb tersebut, dipercaya lesatan anak panahnya akan semakin jauh. Hanya saja, dalam pemakaiannya jenis busur ini tidak fleksibel dibandingkan dengan jenis busur lainnya.

Panahan FLATBOW

 

Busur jenis ini hampir-hampir tidak melengkung. Limb-nya rata dan penampangnya relative lebih lebar. Bentuknya lebih terlihat seperti persegi. Namun demikian, flatbow modern sekarang ini justru lebih mirip dengan longbow klasik.

Panahan SHORTBOW

Busur ini merupakan versi lebih pendek dari longbow maupun flatbow. Hanya saja, busur ini mempunyai kelemahan di bagian tarikannya yang tidak bisa panjang karena bentuk busurnya yang pendek. Efeknya, daya jangkau dari anak panah yang dilesatkan juga akan lebih pendek.

Shortbow pertama kali berkembang di Amerika dan Afrika yang sering digunakan oleh suku-suku di pedalaman untuk tujuan berburu binantang.

Panahan RECUVE BOW

Busur jenis inilah yang saat ini digunakan di Olimpiade. Beratnya yang sangat ringan menjadikan busur ini disukai oleh para atlet panahan profesional untuk dapat digunakan sehari-hari. Prinsip kerja busur ini sama persis dengan longbow tradisional.

Keunggulannya, bahan yang digunakan berkualitas dan ringan, namun tetap dapat memberikan lengkungan yang optimal sehingga membantu tarikan dan kecepatan lesatan yang jauh lebih cepat dibanding dengan jenis busur tradisional.

Bagaimana ? Tertarik untuk belajar cara memanah yang baik dan benar? Sekarang udah tau kan alat panahan mana yang bakalan cocok dengan kepribadian Kamu? jadi kapan nih Kita memanah bareng?

Sebelum memulai memanah ada baiknya Kamu juga mengetahui tentang manfaat buah tin si buah surga yang namanya terdapat di dalam AL- Qur’an ini deh.  Perpaduan yang sangat cocok, sebelum dan sesudah memanah  kamu konsumsi buah tin dan rasakan keajaibannya. Walaaaaaaa. Istimewa

 

Sekian dari saya, Sehat selalu dan jangan lupa Berdzikir dan bershalawat.


-PANAHAN-

Leave a Comment