morfologi jenis lobster cherax tenuimanus

Jenis-jenis Lobster Air Tawar Berikut Morfologinya

Jenis-jenis Lobster Air Tawar –  Lobster terkenal sebagai makanan yang ekslkusif ini terbukti dengan banyaknya restaurant atau rumah makan yang menghadirkan lobster sebagai menu utamanya. Tapi ternyata hari ini banyak orang-orang yang menjadikan lobster ini sebagai binatang peliharaan, karena dari sekian banyak spesies lobster yang ada terdapat beberapa yang mempunyai warna- warna yang indah.

Diantara jenis- jenis lobster yang sering dijadikan hewan peliharaan sebagai penghias akuarium adalah jenis lobster air tawar. Jenis ini dalam pemeliharaannya  tidaklah ribet seperti jenis lobster yang habitatnya berada di air laut, hal demikianlah yang menjadikan jenis lobster ini banyak dipelihara dan di kembang biakan.

Jenis Lobster Air Tawar Crayfish Cherax Pulcher “Pulcher”.

jenis jenis lobster air tawar
sains.kompas.com

Jenis lobster ini adalah spesies lobster paling cantik yang berasal dari indonesia, hal ini di nyatakan oleh para ilmuan yang telah melaksanakan riset taksonomi selama beberapa tahun yang lalu.

Berawal dari seorang warga negara Jerman bernama Christian Lukhaup yang secara tidak sengaja menemukan sebuah foto lobster yang sangat cantik, setelah ditelusuri Ilmuan itupun menyadari akan adanya ikan keunikan dari jenis lobster yang ada di Indonesia.

Setelah kejadian tersebut dia langsung mengunjungi beberapa pedagang ikan hias dan menanyakan asal- usul dari lobster tersebut. Dan akhirnya dia mengetahui bahwa lobster itu berasal dari perairan yang ada di Papua.

Lama melakukan penelitian di Papua akhirnya dia bertemu dengan lobster yang selama ini dia cari. Ilmuan itupun berhasil mengoleksi sejumlah lobster yang menjadi targetnya. Dia mulai membandingkan dengan sejumlah lobster dari spesies Cherax lainnya, termasuk dari spesies Cherax boesemani, yang secara morfologinya sangat mirip dengan jenis lobster baru ini.

Terungkap berdasarkan ukuran, karakteristik dari capit dan pola warnanya ini merupakan penemuan dari jenis lobster yang baru yang sangat cantik. Dengan bentuk dan perawakannya itu Lukhaup memberi nama Cherax pulcher “Pulcher” nama itu berasal dari bahasa latin yang mempunyai arti “Cantik”

Lobster ini mempunyai nama latin Crayfish. Overall, appereance lobster air tawar ini sangat indah. Pergerakannya di akuarium sungguh anggun dan menggoda. Seperti ikan saja, padahal masih jenis udang.
Cara lobster berenang sungguh ‘menggemaskan’, kendati pun memiliki banyak kaki, lobster tidak berenang menggunakan kaki.

Seringkali dalam memanjat pohon air, lobster menggunakan capitnya sehingga menjadi ‘atraksi’ yang segar ditangkap mata.

Jenis Lobster Air Tawar Cherax Destructor.

jenis jenis lobster cherax destrutor
Jenis lobster Cherax Destuctor || hunglintaiaquastudio.blogspot.com

Cherax destructor masih termasuk ke dalam keluarga parastacidae. Salah satu ciri yang melekat pada lobster jenis ini adalah capitnya yang mempunyai ukuran yang cukup besar. Bahkan ukuran dari capit tersebut hampir menyamai ukuran tubuhnya.

Oleh karena itu lobster ini lebih dikenal dengan sebutan destructor ( si penghancur). Seluruh tubuhnya mulai dari ekor sampai kepala di dominasi dengan warna biru, merah kecoklatan maupun warna lain dengan panjang tubuh berkisar antara 30-50 cm dan berat sekitar 300-500 gram per ekor.

Baca Juga   12 Tempat Wisata Kebun Binatang Terkenal di Seluruh Indonesia.

Lingkungan hidup dan tingkat produkktifitas jenis lobster ini hampir sama dengan cherax quadricarianatus yang melakukan perkawinan hanya dua kali, dalam satu kali perkawinan dapat menghasilkan anakan 150-300 ekor. Sayangnya lobster jenis ini mempunyai tingkat kanibalisme yang sangat tinggi .

Dan lagi pada saat moulting lobster betina seringkali memangsa lobster jantan. Hal inilah yang menjadi kurangnya para peternak dalam mengembangbiakan jenis lobster ini.

Jenis Lobster Air Tawar Cherax Tenuimanus.

morfologi jenis lobster cherax tenuimanus
hunglintaiaquastudio.blogspot.com

Cherax Tenuimanus atau lebih dikenal dengan sebutan marron adalah jenis lobster yang memiliki banyak warna. Terdapat jenis marooon dengan tubuh yang berwarna biru keunguan dan adapula yang berwarna cokelat tua keunguan. Jenis lobster ini hidup pada kisaran suhu 11-30 derajat celcius dengan Ph 6-8.

Jenis Lobster Air Tawar Cherax Quadricarinatus.

Jenis jenis lobster | Cherax Quadricarinatus
Jenis lobster Cherax Quadricarinatus || www.garnelio.de

Jenis lobster ini termasuk dalam keluarga parastacidae lebih dikenal dengan sebutan redclaw sebutan redclaw tersemat kepada lobster itu dikarenakan lobster itu memiliki capit yang berwarna merah. Lobster ini sangat cocok hidup di lingkungan dengan suhu air yang optimal pada kisaran 20-25 Derajat Celcius, dan pH 7-8.

Jika dilihat dari bentuk fisiknya red claw atau si capit merah memiliki kesamaan dengan jenis udang lainnya. Akan tetapi red claw mempunyai ciri utama yaitu pada warna dari tubuhnya yang kebanyakan di dominasi oleh warna biru laut yang berkilau dan kelopak kulit antar ruasnya yang berwarna putih. Adapun panjang dari tubuh red claw si capit merah dewasa dapat mencapai 50 cm dengan bobot berat per ekor sekitar 800-1000 gram.

Jenis Lobster Air Tawar Procambarus Clarkii.

Jenis jenis lobster air tawar Procambarus clarkii
Jenis Lobster Procambarus clarkii || nswong.50webs.com

Jenis Lobster Procambarus clarkii berasal dari keluarga cambaridae. Jenis lobster ini mempunyai ciri khas yang dapat membedakan jenis kelaminnya. Untuk jenis lobster berkelamin jantan mempunyai warna merah bata sedangkan yang kelaminnya betina mempunyai warna orange yang sedikikt kemerah- merahan.
Ukuran tubuhnya lebih kecil jika dibandingkan dengan jenis cherax sp Procambarus clarkia dewasa. Panjang dari tubuhnyna hanya berkisar 12 cm dengan berat 75-100 cm per ekor.

Jenis Lobster Air Tawar Astacopsis Gouldi.

Jenis Lobster Air Tawar
Jenis Lobster Air Tawar Astacopsis Gould || ashdown4628.clients.cmdwebsites.com

Jenis Lobster air tawar ini lebih terkenal dengan nama tazmanian giant freswater lobster. warna dari tubuh lobster ini yaitu berwarna cokelat kehitam- hitaman terutama pada bagian badan, kepala, dan capit.

Dari beberapa jenis lobster air tawar yang telah disbutkan sebelumya, jenis lobster inilah yang mempunyai ukuran paling besar. Panjang tubuhnya bisa mencapai 90 cm dengan berat 4-6 kg per ekor. Dari segi produktifitas apabila dibandingkan dengan jenis red claw si capit merah, jenis lobster ini termasuk rendah, yaitu hanya melakukan perkawinan setiap dua tahun sekali dengan jumlah telur yang dihasilkan hanya sekitar 4000 butir saja.

Baca Juga   Cara Budidaya Lobster Air Tawar Media Kolam Terpal.

Itulah tadi jenis- jenis lobster air tawar yang populer di pelihara atau di jadikan konsumsi, semoga darii artikel yang telah Oncom man terangkan tadi dapat membuat kita mengingat akan betapa Maha Kuasanya Allah Swt yang telah menciptakan jenis- jenis lobster yang begitu indah.

Sebagai tambahan akan Oncom man beritahukan tentang bagaimana morfologi pada lobster air tawar, di baca dengan seksama yaa.!!!

Morfologi Lobster Air Tawar.

morfologi lobster air tawar
morfologi lobster || minaagro.blogspot.co.id

Sebagai pengetahuan saja bahwasanya yang di sebut dengan morfologi adalah pengetahuan tentang bentuk. Yang mana disini Oncom man akan membahas tentang bentuk tubuh dari lobster air tawar.

Menurut peneliti bernama Patasik di Tahun 2004 jenis lobster air tawar dapa di bedakan menjadi 3 bagian yaitu kepala, badan dan juga ekor.

a. Kepala.
Bagian kepala lobster tertutup oleh kulit yang tebal yang tersusun dari bahan kapur (chitin) bagian depannya memiliki benjolan memanjang kearah depan biasa disebut rostum. Rostum ini berbentuk datar, tekstur halus dan juga menyerupai kerujut serta duri dua pasang.

Pada bagian kepala ini memiliki kaki yang jumlah semuanya lima pasang, kaki depan ini sangat kokoh dan mampu untuk menyokong badan serta berjalan dengan maksimal selain itu kaki depan ini juga berfungsi sebagai alat perlindungan diri dari serangan pemangsa lain.

b. Badan (Abdomen)
Badan lobster ini sangatlah keras, dan juga terdiri dari lima buah lapisan yang saling menumpuk hingga sampai pangkal ekor (telson). Pada bagian bawahnya terdapat kaki untuk berang lobster mempunyai struktur selaput tipis serta mempunyai ruas- ruas halus.

c.Ekor ( telson ).

Bagian ekor pada lobster terdiri dari 2 bagian yaitu ekor meruncing, dan ekor yang bentuknya menyerupai kipas. Kedua bagian ini akan berguna untuk bergerak maju dan mundur dengan cepat. Ekor pada bagian ini juga dilapisi oleh kulit yang tebal juga berlapis- lapis serta terdapat garis- garis pada bagian ekor tersebut.

Itulah tadi pembahasan tentang jenis- jenis lobster air tawar berikut dengan morfologinya. Semoga menjadi pengetahuan baru untuk Oncomers semua pencinta hewan hususnya jenis lobster air tawar.

Oncom man pamit dan sampai ketemu lagi di artikel menarik lainnya. Apabila artikel ini menarik bagi Oncomers, silahkan di share kepada Oncomers lainnya agar menjadikan Indonesia yang lebih berpengetahuan.

Ada videonya juga nih gan, pertarungan antara para lobster yang sangat menarik untuk di tonton.

1 thought on “Jenis-jenis Lobster Air Tawar Berikut Morfologinya

Leave a Comment