Jenis Buah Tin dan Gambarnya yang Cocok di Budidaya di Indonesia

Jenis Buah Tin dan Gambarnya – Buah tin adalah sejenis tanaman yang dapat dimakan dengan rasa ketika matangnya yang sangat  manis. Buah tin ini merupakan buah yang berasal dari Kawasan Asia Barat.

Nama buah ini diambil dari bahasa arab dan juga salah satu buah yang namanya  tertulis di dalam Kitab Al- Qur’an maka dari itu nama buah ini juga memiliki sebutan nama lain yaitu biasa disebut  dengan “Tin Si Buah Surga”.  Adapun nama dalam bahasa Inggrisnya diberi nama fig.

jenis buah tin dan gambarnya
figs4fun.com

Buah tin  tumbuh subur di daerah Asia Barat mulai dari sepanjang pantai Balkan hingga Afghanistan. Karena beragam khasiat yang terkandung dalam buah tin ini penanamannya mulai tersebar keberbagai Negara seperti Argentina, Perancis, Australia juga Amerika. Hingga sampai saat ini terdapat lebih dari 50 jenis atau varietas buah tin yang hidup di berbagai kawasan di seluruh dunia.

Tidak berbeda jauh dengan berbagai jenis pohon yang berbuah lainnya, buah tin memiliki pohon yang besar yang dapat tumbuh setinggi 10 m dengan warna batang abu dan tekstur yang lunak (rapuh). Daunnya lumayan besar dan berlekuk- lekuk dalam 3 sampai 5 cuping.

Bunga tin Nampak tidak terlindung oleh dasar Bunga sehingga terlihat seperti buahnya. Penyerbukannya dilakukan oleh sejenis tawon yang khusus sama seperti serangga yang biasa menyerbuki jenis- jenis tanaman ficus lainnya.

Yang dimaksud dengan buah tin adalah dasar bunga yang membentuk bulatan. Tipe ini menjadi ciri khasa yang dapat Anda temui diberbagai jenis buah tin. Buah tin dapat tumbuh hingga berukuran 3 sampai 5 cm, dengan dominan warna hijau. Beberapa jenis buah tin akan berwarna ungu gelap jika sudah masak dengan getah yang mampu mengiritasi kulit.

Di Indonesia sendiri tidak banyak orang yang mengetahui akan keberadaan buah tin, mungkin hanya orang tertentu saja yang bisa dibilang menjadi pembudidaya buah tin. Oleh karena itu sangatlah wajar untuk harga buah tin, pahon buah tin dan juga bibit buah tinnya pun ini akan dijual dengan harga yang lumayan mahal.

Tapi jarangngnya ditemukan pembudidaya buah tin ini tidak menjadikan angka konsumsi dan minat untuk dapat membudidaya masyarakat Indonesia tidak ada, bagi orang- orang yang mengetahui betul akan manfaat buah tin ini dia akan berani membelinya dengan harga yang lumayan untuk sekedar membeli bibit buah tin atau buah tin dalam keadaan yang sudah kering sebagai manisan.

Belum tahu keajaiban Manfaat dari Buah Tin Si Buah Surga? Coba deh baca dulu artikel berikut ini

18+ Rahasia Buah tin untuk Kesehatan Tubuh Pria dan Wanita

Kalau Anda tertarik untuk Membudidaya Buah tin dan merasakan berbagai manfaat buah tin langsung di halaman rumah Anda. Ayo, inilah saat  yang tepat untuk Anda memulai untuk membudidaya buah tin. Karena kami pun menjual berbagai jenis bibit buah tin.

Tertarik? Silahkan baca juga artikel berikut ini :

Jual Bibit Buah  Tin “Si Buah Surga “ dengan Harga Terpantas

.  Dan berikut Beberapa Varietas/ Jenis bibit buah tin yang dapat dengan baik tumbuh subur di tanah Indonesia :

Baca Juga   Cara Budidaya Lobster Air Tawar Media Kolam Terpal.

Jenis Buah Tin Green Jordania Figs

Dengan namanya pun kita langsung akan tahu dari mana jenis buah tin ini berasal, benar sekali buah tin ini berasal dari Yordania tepatnya Lembah Jordan. Jenis buah tin Green Jordan termasuk kedalam Mediteranian varian yang bentuk ukurannya medium sedang, dengan berat 40 s/d 60 gram, berwarna hijau kekuningan, productive dengan texture yang begitu legit, rasa buahnya manis, dengan daun yang berjari lima dan mampu beradaptasi di iklim Indonesia.

Jenis Buah Tin Purple Jordania Figs

Spertihalnya Jenis Green Yordan Figs, Purple Jordania Figs juga termasuk dalam jenis buah tin mediteranian dengan ukuran buahnya yang besar dan berat bisa mencapai 60 s/d 70 gram, berwarna ungu kecoklatan, rasanya manis serta cocok untuk ditanam di Indonesia.

Jenis Buah Tin Conadria USA Figs

Jenis buah tin ini termasuk kedalam jenis buah tin hybrid dari jenis tin Adratic yang banyak tumbuh di daerah Amerika Serikat (USA) Varian ini berbuah sanga t produktif dengan ukuran besar 50- 60 gram warna hijau kekuning kuningan dan dapat tumbuh subur dan berbuah lebat di Indonesia.

Jenis Buah Tin Brown Turkey Figs

Jenis buah tin ini berasal dari Negara turki dengan berat 50- 60 gram, warna kulitny coklat kehitaman dengan buah yang sangat produktif, rasa dari buah ini manis sekali seperti kebanyakan buah tin lainnya dan cocok sekali untuk penanaman di Indonesia.

Jenis Buah Tin Khrutmani Palestine Figs

Walaupun tertera dalam namanya palestin jenis  buah tin ini sebenarnya bukanlah berasal dari Palestine melainkan dari Israel , termasuk dalam jenis Mediteranian yang mempunyai ukuran buah yang besar dengan berat yang bisa sampai 70- 80 gram, warnannya merah kehitaman, rasanya manis, sangat productive daun berjari lima dan sangat cocok untuk ditanam di daerah Indonesia manapun.

Jenis  Buah Tin Black Ischia Italy Figs

Jenis buah tin dengan nama black isha Italy figs ini memiliki ciri khas dan berbuah lumayan produktif dengan ukuran yang dapat mencapai hingga 45-55 gram dengan warna dominan hitam ke ungu- unguan, rasa buahnya manis,tahan pecah dan mampu tumbuh dengan baik di Indonesia.

Jenis Buah Tin Negronne France Figs

Jenis buah tin ini memiliki ciri buah dengan rasa yang begitu manis dan juga gurih, besar buahnya bisa hingga ukurang 45- 55 gram dengan warna ungu kehitamabn dan sangat cocok apabila ingin menanam buah tin ini dalam pot di halaman rumah Anda. Jenis ini menjadi salah satu jenis buah tin yang banyak dibudidayakan karena kemudahannya dalam beradaptasi dengan hanya ditanam di dalam pot secara individu.

Jenis Buah Tin Abicou Figs

Jenis buah tin yang berasal dari Perancis yang termasuk kedalam jenis buah tin langka  yang memiliki bentuk yang berbeda dan unik dengan berap 55- 66 gram, memiliki bentuk warna hitam gelap serta rasa buah yang manis dan cocok juga untuk Anda jadikan koleksi tanaman dalam pot di halaman rumah.

Baca Juga   Macam-macam Model [ Metode] Pembelajaran Efektif, Kooperatif, Inovatif

Jenis Buah Tin Pananches Figs Tiger

Jenis buah tin yang cukup langkan dan unik ini mempunyai warna buah yang sangat indah, warnanya bercorak belang oleh karena itu jenis buah tin ini diberi nama tiger. Dengan berat buah bisa sampai 55- 60 gram warnanya strip belang belang antara kuning dan hijau, rasa buah manis.

Jenis Buah Tin Grise Saint Jeans Figs

Jenis tin langka   yang tumbuh di Negara Perancis dengan warna buah kuning kemerah merahan , rasa buah manis dan berat buah 40- 50 gram

Jenis Buah Tin Noire De Carombb Figs

Jenis buah tin langka ini sangat bagus dan dikenal  juga  dengan nama “Black Beauty Figs “ yang tumbuh di Negara Perancis Selatan nama jenis buah tin ini selalu dirayakan sebagai festival turis tahunan yang diselenggarakan di Negara Perancis, dengan warna yang hitam dan juga rasa buah yang manis.

Jenis Buah Tin Sultane Figs

Jenis Tin langka dari Francis ( Baud Nursery)  lainnya , warna buah  Hitam – ke biruan , sangat  elegant dan  produktif , rasa buah sangat manis  , berat buah : 50-60 gram , sangat di sukai oleh fig growers atau kolektor  di USA dan Eropa.

Jenis Buah Tin Tena Figs ( Jenis Buah Tin Paling Manis)

Jenis Tin langka ini di import dari Perancis ( Baud Nursery) , dengan warna buah Kuning Gold , cukup  produktif , rasa buah paling  manis di kelasnya  , berat buah : 50-60 gram , tahan curah hujan tinggi.

Jenis Buah Tin Bellone Figs

Jenis Tin langka ini di import dari Perancis ( Baud Nursery) , dengan warna buah Hitam – kebiruan , sangat  produktif , rasa buah sangat manis  , berat buah : 50-60 gram

Itulah beberapa Informasi tentang jenis buah tin yang dapat tumbuh dengan baik di Indonesia dari beberapa jenis yang telah disebutkan diatas terdapat beberapa jenis buh tin yang sangat langka dan juga jenis buah tin yang rasanya paling manis di kelasnya.

Bagaimana? Sudah mulai tertarik untuk segera merasakan berbagai manfaat dari manisnya rasa buah tin ini?

Segera hubungi kami dan pesan secepatnya jenis buah tin pilihan Anda, selain dapat menyehatkan tubuh dengan Anda menanam buah tin di halaman rumah maka akan menambah gengsi karena tidak banyak orang yang menanam buah tin karena kelangkaannya.

Salam Sehat selalu.

1 thought on “Jenis Buah Tin dan Gambarnya yang Cocok di Budidaya di Indonesia

Leave a Comment