25+ Gambar Wallpaper Kupu- kupu Lucu dan Jenis Kupu- kupu Langka

Gambar Kupu- kupu– Zaman dahulu ketika masih kecil pastinya kita dapat dengan mudah keindahan dari jenis hewan yang dapat terbang dengan indah di taman bunga bernama kupu- kupu. Di berbagai taman yang mana disana terdapat banyak pepohonan maka disitulah akan terlihat berbagai jenis kupu-kupu dengan warna yang indah, corak sayap yang lucu- lucu serta nama- nama yang berbeda dari setiap jenisnya.

Tapi sekarang, sangatlah sulit atau bahkan kita sudah sama sekali tidak melihat berbagai jenis kupu- kupu tersebut, karena habitat asli dari beragam jenis kupu- kupu itu sudah tergantikan oleh berbagai pembangunan oleh manusia.

gambar kupu- kupu
gambar jenis kupu- kupu

Sekarang kita hanya dapat menemukan keindahan kupu- kupu tersebut hanya dengan melihat gambaran mereka di google saja. Memang semua gambar dari berbagai jenis kupu-kupu  bisa kita cari, mau gambar kupu- kupu jenis apapun pastilah akan dengan mudah kita temui.

Kupu- kupu warna hitam yang elegan, kupu- kupu warna merah lucu, kupu- kupu warna putih terindah, kupu- kupu cantik dan indah serta kupu- kupu jenis lainnya. Atau bahkan kita pun bisa menemukan kupu- kupu cantik yang dapat bergerak dengan indah dengan format gif sebagai gambarnya.

Yah itulah teknologi, meskipun keberadaan kupu- kupu aslinya sudah tidak dapat kita lihat secara langsung di alam bebas akan tetapi dengan teknologi yang sudah semakin canggih ini kita dapat dengan mudah melihat berbagai jenis gambar kupu-kupu yang ber- aneka warna meskipun hanya sebatas gambar kupu- kupu saja.

Nah pada artikel kali ini Oncom man akan membahas secara mendalam tentang kupu- kupu. Mulai dari berbagai  nama- nama jenis kupu- kupu, kupu- kupu yang langka, kupu- kupu yang tebersar dan berbagai gambar kupu- kupu lucu dan juga indah yang bisa dijadikan sebagai wallpaper penghias smartphone atau wallpaper desktop Oncomers semua.

Menurut catatan Wikipedia.id terdapat 200 lebih jenis kupu- kupu yang ada di seluruh dunia. Dan sekitar 70% termsuk kedalam hewan langka yang dilindungi.

Baik mari kita mulai pembahasan pertama tentang berbagai jenis kupu- kupu yang ada di Indonesia.

Jenis Kupu- kupu Langka yang Ada di Indonesia

gambar kupu kupu cantik

Kupu-kupu termasuk kedalam jenis serangga bersayap atau nama latinya ordo lapidoptera. Keadaan kupu-kupu ketika beristirahat dan hinggap pada suau benda ia selalu menegakkan sayapnya dan biasanya jenis serangga yang satu ini melakukan aktivitasnya seringkali  pada siang hari.

Sebagai ciri dari kepribadian kupu-kupu yang berbeda dengan jenis serangga lainnya yaitu kupu-kupu berwarna cemerlang dan sangat indah beda halnya dengan  jenis serangga terbang lainnya seperti ngengat yang  warna yang dimilkinya cenderung gelap jika di bandingkan dengan kupu-kupu.

Di Indonesia,terdapat sekitar 2.500 lebih jenis kupu-kupu yang sudah terdata dan semuanya  tersebar di seluruh kawasan Indonesia. Namun  hanya beberapa jenis saja yang dilindungi karena kupu-kupu yang dilindungi tersebut termasuk kedalam daftar kupu-kupu langka.

Padahal Indonesia merupakan Negara dengan keanekaragaman spesies kupu-kupu yang tertinggi kedua di seluruh dunia.

Hal ini patut untuk disayangkan, ketika terdapt beberapa jenis  kupu-kupu yang terhitung sebagai jenis kupu-kupu langka dan hampir mengalami kepunahan. Kepunahan kupu-kupu biasanya disebabkan oleh dua hal. Rusaknya habitat atau tempat tinggal kupu-kupu akibat terjadinya penebangan hutan dan alasan kepunahan lainnya adalah banyaknya penangkapan secara berlebihan untuk dijual kepada kolektor.

Baca juga : Jenis Hewan Peliharaan yang Lucu Imut dan Menggemaskan

Penebangan hutan menjadi penyebab yang paling berdampak akan punahnya kupu- kupu, karena dalam kehidupannya  jenis kupu-kupu begitu sangat tergantung pada jenis pohon tertentu. Sedangkan adanya  penangkapan kupu-kupu secara berlebihan dapat menyebabkan perkembangbiakan kupu-kupu terganggu karena dengan penangkapan tersebut kupu-kupu tidak dapat kawin dan bertelur lagi.

Berikut ini beberapa jenis kupu-kupu yang termasuk kedalam golongan kupu-kupu langka dan keberadaanya hampir punah yang ada di Indonesia.

Kupu-kupu Ratu Alexandra Birdwing

gambar kupu kupu indonesia

Kupu-kupu Queen Alexandra’s Birdwing (Ornithoptera alexandrae) adalah jenis kupu-kupu terbesar di dunia. Untuk rentang sayap kupu-kupu  dengan jenis kelamin betinanya  (yang ukurannya lebih besar dari jantan) bisa mencapai 31 cm (sekitar 12 inci) dengan ukuran panjang badan mencapai 8 cm (3.2 inci) dan berat hingga 12 gram.

Kupu-kupu Queen Alexandra’s ini temasuk ke dalam jenis kupu- kupu raksasa yang beracun dan hanya akan ditemui pada habitat aslinya di hutan Papua Nugini. Kupu- kupu ini merupakan spesies langka dan dilindungi.

Kupu-kupu Burung Hantu Raksasa

kupu kupu burung hantu raksasa langka

Kupu-kupu jenis ini diberi nama burung hantu alias owl butterfly. Dengan nama latinnya Caligo memnon. Caligo bermakna kegelapan. Kupu-kupu ini memang termasuk binatang crepuscular, yaitu binatang yang lebih aktif ketika hari mulai senja atau pada saat hari masih sangat pagi.

Kalau siang hari mereka lebih banyak beristirahat. Sebenarnya, kupu-kupu jenis burung hantu ini  tak banyak berbeda dengan kupu-kupu lain. Hanya saja terdapat pola lingkaran yang unik pada sayapnya yang bentuknya menyerupai mata burung hantu.

Kalau sayap bagian depan memiliki mata burung hantu, maka berbeda dengan sayap bagian belakang yang tidak terdapt gambar lingkaran mata burung hantu atau hanya polos saja dengan warna-warna gradasi yang indah.

Panjang rentang sayap kupu-kupu jenis ini dapat mencapai 15 cm. Dengan sayap lebar ini, dia tidak mampu terbang dengan jarang yang sangat jauh. Namun, hal itu tidak menjadikan hewan-hewan pemangsa akan mudah untuk memburunya karena  kupu- kupu ini pun hampir sama dengan jenis kupu- kupu papua yang sebelumnya telah dituliskan.

Kupu-kupu Daun Mati

kupu kupu langka daun mati
kupu kupu langka

Ada yang lucu juga unik dari kupu- kupu jenis ini. Dari bentuk sayapnya ketika terlipat terlihat seperti dedaunan yang sudah mengering atau mati. Bentuk tubuh inilah yang kemudian menjadi nama dari kupu- kupu jenis ini. Kupu- kupu  ini mampu berkamuflase dengan menghindari pemangsa dengan meniru daun yang mati.

Kupu-kupu daun memang terlahir sebagai penipu yang dengan bentuk sayap yang seperti daun mati itulah kupu- kupu itu dapat menipu dengan menyerupai daun. Ketika kupu-kupu ini terbang mereka terbang dengan segala macam warna dan bentuk. Tetapi sayap mereka akan berubah dengan seketika ketika kupu- kupu tersebut hinggap dan melipatkan sayapnya.

Kupu-kupu Sayap Transparan

kupu kupu sayap transparan
kupu kupu langka

Kupu-kupu kaca ,  yang dalam bahasa Inggris dikenal dengan sebutan glasswing butterfly, dengan nama latinnya Greta oto . Hewan ini berasal dari keluarga kupu-kupu yang memiliki sayap transparan. Kupu-kupu Glasswing atau kupu-kupu Frosty-Tipped Clearwing adalah  jenis kupu-kupu yang memiliki sayap transparan seperti kaca. Lebar sayap jenis kupu- kupu ini antara 2,2 – 2,4 inci (5,6 – 6,1 cm)

Kupu-kupu Sayap Renda

kupu- kupu unik langka sayap renda
kupu – kupu langka

Nama latin kupu- kupu yang biasa disebut kupu- kupu sayap renda ini adalah Cethosia myrina. Kupu-kupu ini hanya akan kita temukan di daerah Indonesia timut tepatnya di Sulawesi bagian selatan.

Bentuk Pinggiran sayapnya berlekuk-lekuk, seperti renda. Masyarakat setempat pun menyebutnya Kupu-Kupu Sayap Renda.Rentang sayap kupu- kupu jenis ini antara 7 hingga 9cm.

Kupu-kupu Sayap Burung Peri

kupu kupu sayap peri
kupu kupu langka

Kupu-kupu Sayap Burung Peri atau Chimaera Birdwing adalah salah satu jenis kupu-kupu yang dilindungi di Indonesia. Kupu-kupu ini dapat ditemui di Papua (Indonesia dan Papua Nugini) dan memiliki rentang sayap mencapai 80 hingga180 mm untuk betina sedangkan untuk rentang sayap kelamin jantan antara 70 hingga 150 mm

Kupu-kupu Sayap Burung Surga

gambar kupu kupu sayap burung surga
kupu kupu langka

Kupu-kupu sayap burung surga (Ornithoptera paradisea) atau disebut juga paradise birdwing butterfly merupakan salah satu spesies kupu- kupu endemik Pulau Papua yang menarik perhatian, khususnya untuk  para peneliti dan ahli serangga ketika berkunjung ke kawasan ini.

Kupu-kupu sayap burung surga mempunyai  bentuk sudut sayap dan cara terbang layaknya seperti seekor burung. Hal ini bisa jadi dikarenakan rentang sayapnya yang lumayan cukup lebar, yaitu 14-19 cm, hanya berbeda beberapa sentimeter saja dengan Ornithoptera alexandrae yang mencapai 25 cm.

Kupu-kupu Burung Rostil

gambar kupu kupu terbang
kupu- kupu langka

Ornithoptera rothschildi (Kupu Burung Rotsil atau Rothschild’s Birdwing). Ditemukan di Papua, Indonesia.

Itulah tadi beberapa gambar dan jenis kupu- kupu cantik yang keberadaanya sudah sangat langka untuk dapat ditemukan.

 


1. Gambar Kupu kupu Cantik

gambar kupu- kupu cantik yang langka
2. Gambar Kupu-kupu Lucu

gambar kupu-kupu lucu
Gambar Kupu-kupu dan Bunga

gambar kupu-kupu dan bunga

3. Gambar Kupu-kupu besar

gambar kupu-kupu terbesar
4. Gambar Kupu-kupu Ungu Cantik

gambar kupu-kupu ungu cantik

5. Gambar Kupu-kupu Kuning Lucu

gambar kupu- kupu kuning lucu

6. Gambar Kupu-kupu Sederhana

gambar wallpaper kupu-kupu sederhana hitam dan biru

7. Gambar Animasi kupu-kupu terbang

gambar kupu-kupu terbang
8. Gambar Kupu-kupu Berwarna

gambar kupu-kupu berwarna

9. Gambar Kupu-kupu Biru

Gambar kupu-kupu biru

10. Gambar Kupu-kupu Bagus

Gambar kupu-kupu bagus
11. Gambar Kupu-kupu Cantik dan Indah

gambar kupu-kupu cantik dan indah
12. Gambar Kupu-kupu Emas

gambar kupu-kupu emas

13. Gambar Kupu-kupu Cantik

gambar kupu-kupu dan bunga

14. Gambar Kupu kupu cantik dan lucu
15. Gambar Kupu kupu yg cantik
16. Gambar Tato kupu-kupu cantik
17. Gambar Wallpaper Kupu-kupu cantik
18. Gambar Kupu-kupu di taman
19. Gambar Kupu-kupu kartun
20. Gambar Kupu-kupu hitam putih
21. Gambar Kupu-kupu animasi

22. Gambar Kupu-kupu untuk mewarnai
23. Gambar Kupu-kupu slank
24. Gambar Kupu-kupu kertas
25. Gambar Kupu-kupu 3d
26. Gambar Kupu-kupu sketsa

Leave a Comment