Fungsi Geotextile Woven Non Woven, Spesifikasi, Cara Pemasangan Geotextile

Fungsi Geotextile Woven non Woven – Dengan semakin berkembangnya  teknologi zaman, semakin berkembang pula pembangunan infrastruktur dalam berbagai bidang kehidupan. Bisa kita lihat dan rasakan begitu pesatnya pembangunan pembangunan yang digalakan oleh pemerintahan Indonesia. Pembangunan jalan raya, bandara, bendungan irigasi, dan pembangunan stadion serta gedung gedung tinggi merupakan akibat dari perkembangan teknologi .

Patut kita syukuri, karena dengan demikian akses akses tersebut dapat mempermudah kita sebagai manusia dalam menjalani kehidupan.  Dan salah satu sebab dari majunya pembangunan pada zaman sekarang adalah adanya inovasi terbaru yang dilahirkan dari buah pemikiran orang-orang yang berkompeten dalam hal infrastruktur.

Dalam hal pembangunan jalan raya, bendungan, bandara atau stadion dan peredaman tanah maka akan ditemui sebuah teknologi canggih dalam hal tsb.  Mungkin bagi anda yang memang berprofesi dalam berbagai bidang pembangunan tersebut tidak lagi asing dengan istilah produk-produk geosintetic berupa geotextile, geomembrane yang sangat membantun dalam hal pembangunan tsb.

Nah pada kesempatana kali ini, akan coba saya jelaskan secara terperinci tentang berbagai macam teknologi zaman dalam bidang pembangunan yaitu geotextile, berupa pengertian geotextile manfaat dan kegunaan geotextile serta jenis dan pengaplikasian geotextile yang banyak membantu dalam hal pembangunan infrastruktur .

Oke, langsung saja, mari kita berkenalan dengan apa itu geotextile?

Apa itu Geotextile?

jual geotextile eceran murah

Geotextile adalah sejenis bahan yang belakangan ini sering atau bahkan tidak bisa terlepaskan untuk pembangunan dalam dunia industri khususnya di Indonesia.  Terdapat dua jenis jual geotextile. Pertama adalah getotextile woven dan kedua adalah jenis geotextile non woven. Geotextile non woven dengan nama lain Filter Fabric ialah sejenis geotextile yang teksturnya tidak teranyam yang bentuknya menyerupai karpet kain.

Geotextile non woven berbahan dasar polimer Polyster (PET) atau Polypropylene (PP). Adapun cara kerja geotextile jenis non woven adalah dengan mengandalkan tensil stregth, sehingga  tidaklah dapat mereduksi  atau merubah terjadinya penurunan setempat akibat dari tekstur tanah yang lunak.

Sedangkan geotextile woven adalah jenis geotextile yang memilik tekstur yang terdiri dari rajutan rajutan yang saling mengikat dan menguatkan.  Umumnya jenis geotextile woven ini berbahan dasar Polypropiline (PP) yang dapat mempermudah visualisasi.

Kalau dilihat, jenis geotextile woven ini teksturnya atau permukaannya lebih seperti karung beras namun berwarna hitam.  Jenis geotextile woven dapat dikatakan lebih kuat jika dibandingkan dengan jenis geotextile non woven, karena geotextile woven memiliki 2 kali lipat daya tarik yang lebih tinggi.

Itulah tadi sedikit pembahasan tentang apa itu geotextile dan fungsi utama dari geotextile secara garis besarnya dan kemudia akan saya bahas tentang beberapa fungsi lainya dari geotextile atau peng-aplikasian dan bagaimana cara pemasangan geotextile yang baik demi menghasilkan pembangunan yang baik pula.

Baca Juga   Penerapan Ilmu Kimia dalam Berbagai Bidang Kehidupan

Fungsi Geotextile Non Woven

jual geotextile non woven

Sebagaimana telah saya informasikan tadi, bahwasanya geotextile non woven mempunyai fungsi utama yaitu sebagai pemisah atau sebagai separator yang mencegah adanya percampuran antara lapisan material yang satu dengan material lainnya.Sebagai contohnya pada pembangunan jalan yang dilakukan pada tanah dengan tekstur yang lunak atau berlumpur.

Nah dalam hal ini geotextile akan mencegah adanya lumpur pada sistem perkerasan agar tidak terjadi adanya pumping effect yang dapat dengan hal tersebut dapat merusak proses pengerasan jalan. Bisa juga dengan pemakaian geotextile non woven dapat mempermudah dalam proses pemadatan pada sistem perkerasan.

Dan berikut ini fungsi lain dari jenis geotextile non woven.

Geotextile non woven sebagai stabilisator

Diantara sekian fungsi dari geotexitle non woven adalah sebagai bahan perkuatan atau lebih dikenal dalam istilah reinforcement. Sebagai contoh dalam penggunaannya geotextile non woven biasa digunakan dalam pembangunan proyek- proyek perkuatan lereng, timbunan tanah, dll.

Walaupun dalam hal ini penggunaan geotextile non woven untuk penguatan lereng dan timbunan tanah masih menjadi perdebatan dikalangan para pakar pembangunan, hal ini dikarenakan cara kerja geotextile khususnya jenis non woven yang bekerja dengan menggunakan metode membrane effect yang hanya mengandalkan kekuatan daya tarik. Dengan demikian geotextile non woven  akan mengalmi penurunan kekuatan pada timbunan yang masih besar.

Geotextile non woven sebagai filter atau penyaring

Selain sebagai stabilitator, geotextile non woven juga mempunyai fungsi lainnya yaitu untuk penyaringan atau filterisasi dengan cara kerjanya yang dapat menyaring atau mencegah adanya partikel- partikel tanah yang terbawa pada aliran air. Hal ini lah yang menjadi  keunggulan dari geotextile jenis non woven sebab geotextile non woven dapat tetap mengalirkan air dan menahan tanah dikarenakan sifat dari geotextile non woven ialah permeable yaitu tembus air.

Aplikasi geotextile non woven biasanya dapat ditemui pada proyek-proyek subdrain (drainase bawah tanah)

Fungsi Geotextile Woven

jual geotextile

Geotextile woven adalah jenis geotextile yang  teranyam, jadi bedanya antara geotextile woven dan non woven adalah teranyam dan tak di anyam.  Bahan dasar dalam pembuatan geotextile woven ialah Polypropiline (PP). Geotextile woven difungsikan sebagai bahan untuk menstabilkan tanah dasar terutama untuk jenis tanah dengan dasar yang lunak karena jenis geotextile woven ini mempunyai kekuatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan geotextile jenis non woven dengan perkiraan kekuatannya 2 kali lipat lebih kuat.

Dalam cara kerjanya geotextile woven ialah membrane effect, yang mengandalkan kekuatan atau tensil strength sehingga tidak sampai mereduksi pada penurunan setempat akibat tanah dasar yang jelek atau lunak.

Itu tadi tentang pengertian geotextile woven dan non woven serta fungsinya. Nah selanjutnya akan kami informasikan tentang bagaima cara pemasangan geotextile yang baik dan benar untuk mengoptimalkan berbagai macam pembangunan infrastrukt pemur yang sedang anda kerjakan.

Baca Juga   Bermain Sambil Belajar Membuat Mainan Kreatif yang Menarik

Cara Pemasangan Geotextile

jual geotextile

Bila anda hendak memasang geotextile baik itu jenis woven maupun non woven ada baiknya bertanya tanya dulu kepada ahlinya. Jangan sampai pemasangan geotextile tersebut tidak sesuai dengan kebutuhan, ada baiknnya diukur ukur terlebih dahulu lokasi yang hendak dipasangi geotextile, karena apa? Karena, kalaulah anda tidak terlebih dahulu mengukur lokasi tanah atau tempat yang hendak dipasangi geotextile bisa bisa bahan berupa geotextile yang telah dibeli tidak cukup atau dalam hal ini pemotongannya kurang sesuai dengan ukuran tanahnya.
Oleh karena itu berikut akan coba kami pandu dan informasikan tentang pemasangan geotextile pada proyek jalan anda.

  1. Geotextile yang hendak dipasang hendaklah dihamparkan pada dasar tanah yang sudah bersih atau tanpa gelombang dan rata tanpa adanya kerutan.
  2. Berikut ini gambar aturan untuk overlapping dan penyambungan geotextile :
  3. Untuk daerah yang pemasanganya berbetuk curva seperti pada tikungan jalan maka pemasangan geotextile haruslah disesuaikan dengan alur atau mengikuti, searah lekuk jalan.
  4. Yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai dalam pemasangan geotextile ini adalah jangan membuat overlapping atau jahitan pada daerah yang searah dengan beban lalu lintas atau dalam hal ini adalah beban roda kendaraan.
  5. Jika penempatan geotextile pada daerah atau tempat yang terkena sinar matahari langsung maka dianjurkan untuk memasang geotextile dengan warna hitam.

Itulah tadi penerangan tentang geotextile woven dan non woven lengkap dengan fungsi dan cara pemasangan geotextile yang baik dan benar. Bila anda sedang membutuhkan geotextile baik woven maupun non woven ataupun produk geosintetic lainnya seperti geogrid dan geomembrane bisa menghubungi kontak layanan kami dibawah ini :

 

Hilman Abdul Fatah

[email protected]

082315549295

geotextile,geotextile non woven,jual geotextile,geotextile woven,harga geotextile,geotextile adalah,harga geotextile non woven,harga geotextile per m2,non woven geotextile,woven geotextile,harga geotextile non woven per m2,harga geotextile 2016,fungsi geotextile,geotextile non woven adalah,jual geotextile non woven,spesifikasi geotextile,harga geotextile woven,geotextile fabric,harga geotextile non woven 2016,ukuran geotextile,geotextile indonesia,geotextile surabaya,metode pemasangan geotextile,geotextile membrane,jenis geotextile,spesifikasi geotextile woven,pemasangan geotextile non woven,kegunaan geotextile,jual geotextile murah,pemasangan geotextile,harga geotextile non woven 2017,cara pemasangan geotextile,harga geotextile per m2

Leave a Comment