Alat alat laboratorium beserta fungsinya

Alat-alat Laboratorium Kimia [lengkap] Beserta Fungsi dan Gambarnya

Alat-alat laboratorium – Terdapat Macam atau jenis- jenis dari alat alat  laboratorium, semuanya memiliki fungsi, manfaat dan kegunaan masing-masing. Selain ada alat alat laboratorium kimia, ada juga alat- alat laboratorium biologi, kimia dan alat- alat laboratorium mikrobiologi. Semuanya memiliki karakteristik berbeda.

Dalam tulisan kali ini kita akan membahas berbagai macam peralatan laboratorium yang biasa digunakan dalam praktek kimia. harus diketahui, bahwa peralatan laboratorium kimia berbeda dengan peralatan laboratorium biologi dan sebagainya.


Macam- macam Alat Laboratorium dan Kegunaannya


Berikut daftar alat- alat laboratorium beserta fungsinya

1. Alat- alat Laboratorium | Labu ukur

fungsi alat alat laboratorium
betterequipped.co.uk

Fungsi Labu ukur (Voumetric Flask) adalah alat yang sering digunakan sebagai alat bantu keperluan pengenceran larutan sampai dengan volume tertentu sebagaimana yang tertera dalam badan labu takar. Alat labu ukur ini bisa juga digunakan untuk menyisakan larutan dalam kimia analitik yang konsetrasi dan dengan jumlahnya dapat diketahui dengan pasti dengan dengan keakuratan yang tinggi.

Terbuat dari kaca dan tidak boleh terkena panas karena dapat memuai, bentuknya berupa labu dengan leher panjang dan bertutup di bagian leher terdapat lingkaran graduasi, volume, toleransi, suhu kalibrasi dan kelas gelas. Ukurannya mulai dari 1 mL hingga 2 L.

Alat ini memiliki keakuratan yang tinggi karena pada bagian lehernya terdapat sebuah lingkaran gradasi, toleransi, volume, suhu kalibrasi dan kelas gelas. Pada lehernya juga terdapat  tanda batas yang menunjukan ukuran volume sebagaimana yang tertera pada badan labu takar.

Labu ukur biasanya berwarna transparan namun ada juga yang berwarna gelap dan dengan dilengkapi penutup dari bahan yang tahan terhadap bahan kimia seperti polietilen.

2. Alat- alat Laboratorium | Gelas Beaker

fungsi alat alat laboratorium
verrerievilleurbannaise.com

Gelas beaker atau yang sering disebut dengan gelas piala adalah sebuah alat dengan bentuk siilinder dengan alas yang datar. Fungsi  gelas beaker hanya sebatas digunakan sebagai gelas penampung, bukan digunakan untuk pengukur sehingga dalam hal ini tidaklah mengherankan skala yang terdapat dalam gelas ini mempunyai ruang yang begitu lebar.

Gelas Beaker dapat kita temukan dengan berbagai macam ukuran dari yang berukuran 25 ml sampai dengan ukuran 3 liter. Sebagian besar pembuatan alat ini biasanya menggunakan bahan borosilikat atau plastik.

Dengan bahan tersebut , Gelas ini hanya bisa digunakan untuk jenis bahan kimia dengan sifat korosif yang terbuat dari PPTE. Untuk mencegah adanya kontaminasi atau hilangnya cairan pada saat penelitian berlangsung biasanya digunakan gelas arloji sebagai penutupnya.

3. Alat- alat Laboratorium | Buret

fungsi alat alat laboratorium
verrerievilleurbannaise.com

Buret memiliki bentuk silindris memanjang dengan skala pada sisi luarnya dan juga terdapat semacam kran pada sisi bawah. Fungsi dari buret adalah untuk keperluan kuantitatif analisis oleh karena itu alat ini dirancang dengan ketelitian tinggi.

Dalam penggunaannya buret biasa dipakai untuk titrasi yang membutuhkan presisi tinggi, namun pada keadaan tertentu dapat pual digunakan untuk mengukur volume suatu larutan.

BACA JUGA : Manfaat Kimia Dalam Kehidupan Sehari Hari

Walaupun dalam perkembangannya, sudah banyak ditemukan berbagai macam alat titrasi yang sudah berbasis elektronik tapi alat ini masih selalu dipakai di banyak laboratorium karena segi harganya yang tentu saja lebih murah jika dibandingkan dengan yang sudah elektrik.

Baca Juga   Pesantrenku [ Huda II ] Harus Keren, Untuk Menutupi Akunya yang Tidak.

Alasan lebih murahnya yaitu bahan yang digunakan pada buret ini terbuat dari bahan plastic atau bahan kaca.

4. Alat alat Laboratorium | Erlenmeyer

fungsi macam macam alat laboratorium
grale.com

Erlenmeyer adalah salah satu macam alat laboratorium yang fungsinya untuk mengenalisis kuantitatif secara volumetric (titrasi). Dalam melakukan proses titrasi alat ini sering dipergunakan untuk menampung laurutan yang nantinya akan dititrasi.

Tak hanya itu alat ini juga berguna dalam mikrobiologi, yaitu digunakan untuk proses pembiakan mikroba. Bentuk dari Erlenmeyer seperti tabung dengan bagian luarnya terdapat skala yang menampilkan perkiraan volume cairan.

5. Alat-alat Laboratorium | Gelas Ukur

fungsi alat alat laboratorium
sanplatec.co.jp

Fungsi Gelas ukur adalah sebagai pengukur volume larutan mulai dari urutan 10 sampai 2000 ml. Alat ini memiliki bentuk seperti pipa dengan bagian bawahnya yang agak sedikit lebar ini berguna sebagai kaki untuk menopang alat ini agar dapat stabil berdiri. Pada umumnya gelas ukur terbuat dari bahan plastic atau elas( polipropilen)

6. Alat-alat Laboratorium | Corong Pisah

alat alat laboratorium corong pemisah
tokopedia.com

Fungsi corong pisah biasa digunakan untuk melakukan ekstraksi cair agar dapat memisahkan komponen- komponen dalam sebuah campuran antara fase pelarut dengan densitas berbeda yang tidak bercampur.

Corong pemisah mempunyai bentuk kerucut yang ditutupi setengah bola. Ia mempunyai semacam penyumbat di atasnya dan keran di bawahnya. Corong pemisah yang biasa digunakan dalam laboratorium terbuat dari kaca borosilikat dan kerannya terbuat dari kaca atau Teflon. Ukuran dari corong pemisah bermacam- macam antara 50 mL sampai 3 L

7. Alat- alat Laboratorium | Kondensor Kimia

alat alat laboratorium kondensor kimia
id.aliexpress.com

Fungsi Condesor adalah untuk mendinginkan cairan panas atau uap. Selain mendinginkan cairan, alat ini dapat difungsikan untuk mengembunkan  uap. Bentuknya terdiri dari tabung dengan bentuk spiral dalam sebuah tabung. Bukan hanya satu jenis saja, kondesor memiliki banyak bentuk atau jenis dan diantranya adalah Vigreux kolom, condesor graham, condesor dimroth.

8. Alat alat Laboratorium | Filler

alat alat laboratorium filler kimia
youtube.com

Filler adalah sebuah alat yang berguna untuk menyedot larutan yang dipasang pada pangkal pipet ukut. Di dalam bagian filler teradapat sebuah karet yang difungsikan sebagagai karet resisten bahan kimia. Filler memilkik 3 saluran yang masing masing salurannya memiliki katup.

9. Alat alat Laboratorium | Pipet Ukur

alat alat laboratorium kimia pipet ukur
Alibaba.com

Pipet adalah alat laboratorium yang biasa digunakan untuk memindahkan suatu volume cairan terukur. Pipet biasanya digunakan dalam penelitian-penelitian  uji biologi motekular, kimia analitik dan juga  kedokteran. Alat laboratorium ini dibuat dalam berbagai jenis dengan maksud tujuan yang berbeda- beda dari setiap bentuk dan jenisnya dengan tingkat ketepatan dan ketelitian yang tentu berbeda- beda pula.

10. Alat-alat Laboratorium | Pipet tetes

alat alat laboratorium kimia pipet tetes
wikiwand.com

Pipet tetes adalah jenis  pipet dengan bentuk berupa pipa kecil yang terbuat dari kaca atau plastic dengan ujung bawah yang meruncing serta bentuk ujung atasnya ditutupi oleh karet yang berguna untuk mengambill  cairan dalam jumlah tetesan kecil atau setetes demi setetes.

Baca Juga   12 Tempat Wisata Kebun Binatang Terkenal di Seluruh Indonesia.

11. Alat- alat Laboratorium | Pipet Gondok / Volume

alat alat laboratorium kimia pipet volume
keywordsking.com

Pipet gondok atau pipet volume adalah salah satu alat ukur kuantitatif dengan tingkat ketelitian tinggi, ditandai dengan bentuknya yang ramping pada penunjuk volume dan hanya ada satu ukuran volume. Pipet volume digunakan untuk memindahkan cairan dari satu wadah ke wadah yang lain, biasanya untuk memindahkan larutan baku primer atau sample pada proses titrasi.

12. Alat-alat Laboratorium | Batang Pengaduk

Alat alat laboratorium batang pengaduk
essentialoilsdirect.co.uk

Batang pengaduk  merupakan sebuah peralatan laboratorium yang biasa digunakan untuk mencampur bahan kimia dengan cairan untuk keperluan penelitian laboratorium.

Biasanya terbuat dari kaca pejal, ukurannya hampir sama dengan sedotan minum, hanya saja sedikit lebih panjang dan ujungnya membulat. Seperti kebanyakan peralatan gelas laboratorium lainnya, batang pengaduk terbuat dari bahan borosilikat (umum dikenal sebagai pyrex).

13. Alat alat Laboratorium | Tabung Reaksi

Alat alat laboratorium tabung reaksi
alicdn.com

14. Alat- alat Laboratorium | Spatula

Alat alat laboratorium spatula
madaboutscience.com

15. Alat- alat Laboratorium | Kawat Nikrom

Alat alat laboratorium kawat nikrom
eBay.com

 

16. Alat- alat Laboratorium | Pipa kapiler

Alat alat laboratorium kawat nikrom pipa kapiler
Diytrade.com

 

17. Alat- alat Laboratorium | Desikator

Alat alat laboratorium desikator
belart.com

 

18. Alat- alat Laboratorium | Indikator Universal

Alat alat laboratorium kertas indikator universal
id.aliexpress.com

 

19. Alat- alat Laboratorium | Gelas Arloji

Alat alat laboratorium gelas arloji
generallabora.com

 

20. Alat- alat Laboratorium | Hot Hands

Alat alat laboratorium hots hand
StudyBlue.com

 

21. Alat- alat Laboratorium | Kertas Saring

Alat alat laboratorium hots hand
tokopedia.com

 

22. Alat- alat Laboratorium | Kaki Tiga

Alat alat laboratorium hots hand
turbosquid.com

 

23. Alat- alat Laboratorium | Kawat Kasa

Alat alat laboratorium kawat kasa
mflab.com

 

24. Alat- alat Laboratorium | Rak Tabung Reaksi

Alat alat laboratorium rak tabung reaksi
tokopedia.com

 

25. Alat- alat Laboratorium | Penjepit Tabung Reaksi

Alat alat laboratorium penjepit-tabung-reaksi
Coleparmer.com

 

26. Alat- alat Laboratorium | Stirer dan batang Stirer

Alat alat laboratorium stirer
Coljogjalabware.comeparmer.com

 

27. Alat- alat Laboratorium | Mortal dan pastle

Alat alat laboratorium mortal dan pastel
etsystatic.com

 

28. Alat-alat Laboratorium | Krusible

Alat alat laboratorium krusibel
etsystatic.com

 

29. Alat- alat Laboratorium | Evaporating dish

Alat alat laboratorium krusibel
mflab.com

KESIMPULAN


Berikut ini adalah daftar dan bemacam-macam jenis peralatan laboratorium atau alat alat laboratorium yang biasa digunakan di laboratorium kimia.

  1. Labu Ukur –
  2. Gelas Beaker/Gelas Piala
  3. Buret
  4. Erlenmeyer
  5. Gelas Ukur
  6. Corong Pisah
  7. Kondensor Kimia
  8. Filler
  9. Pipet Ukur dan Tetes
  10. Batang Pengaduk
  11. Tabung Reaksi
  12. Spatula
  13. Kawat Nikrom
  14. Hot Hands
  15. Kertas Saring
  16. Kaki Tiga
  17. Kawat Kasa
  18. Pipa Karpiler
  19. Desikator
  20. Tabel Universal
  21. Gelas Arloji atau Kaca Arloji
  22. Rak Tabung Reaksi
  23. Penjepit Tabung Reaksi
  24. Hot Plate
  25. Corong Gelas
  26. Sikat Tabung Reaksi dll
  27.  Pipet Gondok atau Pipet Volume

Itulah kumpulan daftar lengkap Alat Alat Laboratorium macam- macam perlengkapan laboratorium beserta gambar, fungsinya serta penjelasannya lengkap. Semuanya itu biasa digunakan sebagai alat bantu dalam melakukan Proses Percobaan Ilmu Kimia. 

Semoga dapat bermanfaat :

1 thought on “Alat-alat Laboratorium Kimia [lengkap] Beserta Fungsi dan Gambarnya

Leave a Comment