perlengkapan bayi baru lahir

Buat Mamah Muda Dimanapun Anda Berada, Inilah Daftar Lengkap Perlengkapan Bayi yang Harus Dibeli untuk Sang Buah Hati

Perlengkapan Bayi Baru Lahir – Hallo Bunda, kali ini Kita akan memberikan banyak informasi tentang daftar perlengkapan bayi yang diperlukan untuk menyambut kelahiran buah hati tersayang.

Pasti Bunda semua yang sebentar lagi akan menghadapi proses masa lahiran akan setuju. Bahwa, mempersiapkan berbagai macam perlengkapan terbaik untuk kelahiran buah hati tersayang adalah sebuah keharusan yang patut dipersiapkan selengkap- lengkapnya. Betul ?

Mempersiapkan perlengkapan bayi dari mulai pakaian, tempat tidur, mainan dan sebagainya menjadi hal yang sangatlah penting untuk dipersiapkan sebaik- baiknya demi tumbuh kembang bayi yang dapat sesuai dengan kehendak kedua orang tua.

Dalam memilih perlengkapan bayi tersebut juga tidak boleh sembarangan, jangan sampai terdapat kesalahan dalam membeli perlengkapan bayi yang membuat bayi tidak nyaman dalam memakainya. Juga,  jangan sampai Bunda semua tergoda akan beragam bentuk perlengkapan bayi yang terlihat lucu namun kegunaannya kuranglah begitu penting.

Oleh karena itu, disini Kami akan coba membantu Bunda semua dalam memilih dan mepersiapkan perlengkapan bayi apa saja yang semestinya dibeli untuk menyambut datangnya buah hati sebagai anugerah ilahi yang sangat berarti dala kehidupan berkeluarga ini.

Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Harus Dibeli

perlengkapan bayi baru lahir
babyluna.id

Berikut ini beberapa macam perlengkapan bayi yang wajib di persiapkan Bunda dan Suami dalam menyambut datangnya sang buah hati :

1. Baju Bayi

Baju bayi adalah salah satu perlengkapan bayi yang pertama harus dipersiapkan. Meskipun bayi yang baru lahir ini biasanya masih dibedong tapi tetap saja pemberian pakaian bayi sangatlah penting untuk dipakaikan terhadap buah hati Kita tersayang.

Jangan sampai lho, bayi hanya diberikan gurita lalu dibedongkan begitu saja tanpa menutup bagian lengan baju si bayi.

Bunda bisa mempersiapkan baju dengan lengan panjang dan pendek. Namun untuk bayi yang masih dalam kondisi di bedong pemakaian baju bayi lengan pendek saja pun lebih sudah cukup, karena lengan bayi masih bisa tertutupi dengan kain bedongan tersebut.

Pilih juga bayu bayi yang letak kancingnya berada di depan, demi memudahkan saat pemakaian baju bayi tersebut. Adapun bahannya Bunda harus lebih selektip lagi, pilihlah bahan yang lembut agar si bayi nyaman dengan baju yang dikenakannya.

2. Celana Bayi atau Popok Bayi

Setelah baju bayi, perlengkapan bayi baru lahir selanjutnya yang harus siap sedia adalah celana. Celana panjang dan pendek sama saja, tapi biasaya pemakaian celana pendek lebih sering digunakan dibandingkan dengan celana panjang, oleh karena itu stok yang tersedia ketika bayi masi berumur beberapa minggu hingga beberapa bulan haruslah diperbanyak celana pendeknya.

Biasanya bayi yang baru lahir juga dipakaikan popok bayi, popok bayi ini lebih berbentuk kain panjang yang terdapat tali untuk mengikatkannya  kepada tubuh bayi. Pemilihan popok kain ini  bisa  untuk pemakaian yang berulang karena bisa dicuci kemudian dipakaikan lagi dan cepat juga keringnya.

Hindari penggungaan popok jenis pampers yang berlebih karena bayi  yang baru lahir memiliki tekstur kulit yang masih sensitive yang dapat mengakibatkan iritasi pada kulit bayi tersebut. Saran  dari Kita, Bunda bisa coba cari popok siap pakai yang bisa dipakai kemudian dicuci dan digunakan lagi, bentuknya seperti pampers.

3. Kaos Kaki Bayi

Tubuh bayi yang baru lahir masih sangatlah mudah untuk kedinginan dan terkena masuk angin. Karena itu perlulah Bunda sebagai orangtuanya untuk memberikan perlengkapa bayi lainnya berupa kaos kaki agar bayi tetap merasa hangat. Piilihlah kaos kaki bayi yang pas tidak terlalu ketat juga tidak kebesaran agar si buah hati tetap merasa nyaman dengan apa yang dikenakannya.

4. Sarung Tangan Bayi

Bagian tangan bayi juga harus Bunda jaga agar bayi tetap merasakan kehangatan. Penggunaan sarung tangan bayi  sangatlah tetap demi menghindarkan buah hati dari kedinginan. Karena biasanya  bayi akan merasakan “cekukan” apabila tubuh bayi kedinginan.

5. Topi Bayi

Perlengkapan bayi yang juga wajib tersedia  adalah topi bayi. Kegunaannya adalah untuk melindungi bagian kepala bayi dari udara dingin juga sengatan matahari. Dengan tersedianya perlengkapan bayi berupa topi bayi ini dapat menghindarkan orang tuan terutama bunda dari rasa khawatir bayi akan kepanasa ketika diajak berjalan jalan di luar ruangan.

6. Bedong Bayi

Bedong bayi adalah kain tertentu yang difungsikan sebagai selimut yang melindungi badan bayi dari dinginnya suhu udara di sekitar.Bedong mempunyai pengertian yang kurang lebih sama dengan bungkus. Adapun istilah yang terkenal di masyarakat Indonesia pada umumnya adalah membedong atau membungkus.

Bedong atau membedong bayi mempunyai beberapa manfaat untuk si bayi diantaranya adalah dapat menghindarkan bayi  dari gerakan kejut yang dikenal dengan istilah reflex moro, selain itu yang dengan dibedongnya bayi maka akan tetap menjaga keadaan tubuh bayi untuk tetap hangat terutama di hari pertama si bayi lahir di dunia.

Ada yang harus diperhatikan bila Bunda hendak membedong buah hati, terutama bagi Ibu ibu muda yang belum berpengalaman dalam mengurus atau membedong bayi  karena bisa jadi apabila salah dalam membedong bayi maka si bayi akan merasa sesak, tidak nyaman dan kesakitan.

Nah itulah sebagian daftar perlengkapan bayi yang harus dipersiapkan untuk buah hati Bunda tersayang. Semoga dapat bermanfaat

 

 

 

 

Leave a Comment

%d bloggers like this: