contoh teks biografi diri sendiri

5+ Contoh Biografi Diri Sendiri yang Baik dan Benar

BIOGRAFI DIRI SENDIRI – Biografi adalah sebuah jenis karangan yang menerangkan tentang sebuah riwayat dari perjalanan hidup seseorang yang penulisannya dibubuhkan dalam beberapa kalimat atau ditulisakan dalam bentuk sebuah buku.

Adapun isi dari biografi tersebut biasanya menceritakan tentang kehidupan yang pernah dialami oleh seseorang  mulai dari hari kelahirannya sampai dengan kehidupan yang ia alami sekarang ini. Selain biogragfi adapula otobiografi/ autobiografi yang mana kedua jenis tulisan karangan ini mempunyai perbedaan dalam hal sudut pandang kepenulisan.

Perbedaan Biografi dan Autoobiografi/ Otobiografi

contoh teks biografi diri sendiri
dewakuo2.blogspot.com

Penulisan biografi ialah penulisan dengan sudut pandang dari orang ketiga, sedangkan autobiografi/ otobiografi mengambil sudut pandang dari si penulis itu sendiri atau bisa juga disebut orang pertama

Berikut  contoh tentang perbedaan dari penulisan biografi dan aotobiografi/otobiografi :

  • Contoh Karangan Biografi : Dian Sastro wardoyo merupakan seorang artis sinetron
  • Contoh Karangan Autobiografi/ Otobiografi : Saya adalah seorang artis sinetron

Maksud dari penulisan biografi ialah memberikan informasi terhadap orang lain perihal kehidupan pribadi, perjuangan dalam meraih kesuksesan, cita cita juga berbagai hal penting yang terjadi dalam kehidupan seseorang.

Sedangkan untuk penulisan biografi diri sendiri yang biasanya dipergunakan sebagai sarana dalam mengenalkan diri terhadap orang lain dalam berbagai aspek kehidupan seperti untuk lamaran pekerjaan, proses ta’arufan sebelum pernikahan ataupun mengenalkan diri terhadap orang dalam dunia maya.

Dalam penyusunan biografi tidak ada aturan khusus yang mengatur tentang cerita apa yang akan kamu angkat nantinya, karena tulisan biografi ini merupakan jenis tulisan yang bersifat  bebas yaitu yang mengangkat hal hal yang terkait tentang diri dan kehidupanmu.

Namun, ada baiknya meskipun bebasa tanpa adanya aturan khusus, penulisan biografi yang baik adalah yang berisikan tentang poin poin penting dalam kehidupan pribadimu yang mampu menginsipirasi, memberi motivasi terhadap semua orang yang nantinya akan membaca setiap cerita hidupmu.

Selain itu, hal yang harus diperhatikan dalam menyusun biografi yang baik adalah dengan memperhatikan susunan dan kerangka karangan agar hasil tulisannya menarik dan tersusun secara sistematik.

Berikut akan kami coba berikan contoh bagaimana cara membuat biografi yang baik yang pastinya akan membantu mempermudah kamu yang hendak membuat biografi untuk diri sendiri.

Kerangka Penulisan Biografi Diri Sendiri

contoh teks biografi diri sendiri
sahabatnesia.com
  1. Pengenalan Tokoh/Diri Sendiri

Perkenalkan dirimu pada bagian awal, bisa dimulai dari nama lengkap, tempat kelahiranmu dan sebagainya, kamu juag bisa menceritakan tentang latar belakang saudaramu, mulai dari orang tuamu atau saudara-saudaramu.

Setelah itu dilanjut dengan keterangan tentang riwayat pendidikan yang telah dijalani beserta dengan nama dari sekolahnya. Dapat pula menuliskan tentang tahun masuk dan keluar sekolah serta berbagai pengalaman seru ketika masa sekolah tersebut.

Contoh biografi pengenalan : 

Contoh pengenalan adalah sebagai berikut: Nama Saya adalah Halima Al Alawiyah, Saya lahir di Malang, 19 Oktober 2001. Saya merupakan anak pertama dari dua bersaudara. Adik saya  seorang perempuan bernama Heriana Mahpudiana yang sekarang masih sekolah di Tk.

  1. Peristiwa dan kejadian penting

Setelah penulisan tentang nama, alamat tanggala lahir dan tempat sekolah kamu hal yang selanjutnya harus kamu tuliskan dalam penulisan biografi ini adalah mengenai peristiwa atau kejadian penting yang telah kamu alami semasa kamu hidup yang mana dari berbagai cerita tersebut dapat memberikan inspirasi kemudian motivasi terhadap orang yang membaca biografimu.

Contohnya Pengenalan dalam Biografi Diri Sendiri : 

Hendri kecil hidup berdua saja dengan ayahnya. Tanpa kasih sayang seorang ibu Hendri kecil hidup dibawah jembatan layang yang beralasakan serpihan kardus. Setiap hari ayah heri memunguti sampah untuk dijual kembali ke pengepul barang bekas dengan penghasilan tersebut ayah hendri berhasil membiayai sekolah hendri sampai ketingkat perguruan tinggi.

Hendri sedikitpun tak pernah malu akan kehidupannya yang serba kekurangan tersebut malah kasih sayang dan perjuangan yang telah ayah berikan dijadikan sebuah lecutan semangat untuk bisa menggapai nilai yang bagus disekokalah. Alhasil ia menjadi salah satu siswa yang berprestasi yang telah banyak mendapatkan piala bergengsi dan beasiswa ke luar negeri.

Dalam tulisan biografi tersebut kamu dapat menulis prestasi apa saja yang telah kamu peroleh semasa sekolah, buat kisah perjuanganmu dengan singkat dan mampu membuat orang yang membacanya tergugah dan ingin menjadi sosok yang berprestasi seperti kamu.

Contohnya: Anak yang berasal dari keluarga kurang mampu ini mampu membuktikan dirinya sebagai salah satu murid paling berprestasi di Universitas ternama dan berhak mendapatkan beasiswa di luar negeri.

Dengan menambahkan riwat pekerjaan dalam biografi mu akan menambah nilai plus dimata orang yang akan membacanya. Tempat dimana kamu bekerja dan posisi yang kamu duduki semasa kamu kerja merupakan poin plus.

Apabila kamu seorang wiraswasta atau pengusaha bisa kamu tambahkan cerita tentang bagaimana perusahaan yang telah kamu rintis hingga bisa sukses dan berjaya.

Namun jika kamu masih seorang pelajar dalam  artian belum bekerja poin ini bisa kamu abaikan.

Contoh : Beliau telah bekerja selama 10 tahun di PT pertamina dengan menjabat sebagai direktur teknik dan sudah menjadi salah satu pekerja senior yang disegani dengan beragam prestasinya.

  1. Penutup

Di bagian akhir ini kamu bisa memberikan informasi tentang intisari dari tulisan biografi yang telah kamu tulis atau berupa impian yang ingin kamu raih di kemudian hari dengan kata kata yang penuh akan hentakan supaya orang yang membaca biografi mjuga merasakan akan impian besar yang ingin kamu gapai.

Nah itulah beberapa kerangka karangan dalam pembuatan biografi yang baik dan benar semoga dapat membantu dan memudahkanmu dalam perangkaian tulisan biografi.

Dan sebagai pelengkap berikut akan saya berikan contoh biografi secara lengkap dan tersusun rapi sebagaimana kerangka tulisan

Contoh Biografi Diri Sendiri I

Namanya adalah Sinta Setia Selamanya, Dia lahir di Bandung , 25 Desember 1995, Ia merupakan anak pertama dari lima bersaudara yang terlahir dari ibu yang bernama Cahaya Kumala Sari yang menikah dengan  seorang lelaki yang kemudian menjadi bapaknya yang bernama Widodo Susilo.

Sinta kecil lahir dikalangan keluarga yang cukup sederhana. Ibunya yang hanya seorang penjual gorengan dan ayahnya yang merupakan salah satu ojek pangkalan.

Dengan penuh kesederhanaan ayah dan ibu sinta membesarkan dan mengajarkan tentang arti dari kehidupan. Dengan kasih sayang dan pendidikan dari kedua orangtuanya itulah yang menjadikan sinta bisa menjadi seorang siswa yang berprestasi ketika mengenyam pendidikan sekolah dasar

Sinta menjadi murid yang selalu mendapatkan rangking pertama selama jenjang waktu 6 tahun di SD Sukasari 1 Cibolerang Bandung. Dengan prestasi tersebut ia mendapatkan beragam beasiswa yang mempermudah sinta untuk melangkah ke jenjang pendidikan selanjutnya yaitu SMP.

Pada jenjang SMP sinta tetap mempertahankan prestasinya malah ia semakin menunjukan kecerdasanya dengan berhasil menyabet juara pertama untuk lomba pidato se jawa barat

Selepas lulus dari SMP di tahun 2010, dia mengikuti Pamannya tinggal di kota Jakarta  dan melanjutkan pendidikannya di SMA xx Kota Jakarta.

Ketika menginjak kelas X SMA tersebut, sinta  mengikuti lomba menulis puisi antar sekolah se-Kota Tasikmalaya, dengan puisinya yang berjudul “ Mentari di Timur Ciwidey” yang akhirnya menjadi juara ke pertama dalam perlombaan tersebut.

Tentu saja ini membuat hatinya senang dan semakin bersemangat dalam menulis, terutama puisi-puisi bertemakan lingkungan. Baginya lingkungan merupakan salah satu aspek penting dalam kehidupan karena lingkungan yang bersih dan asri dapat membuat jiwa manusia kuat dan sehat.

Selain itu ia juga aktif dalam berbagai kegiatan di sekolah, Sinta bergabung dengan organisasi Pramuka dan juga pernah menjabat sebagai pemimpin redaksi majalah dinding sekolah.

Saat ini dia masih duduk di kelas XII SMA jurusan Bahasa, setelah lulus nanti gadis cantik berkulit putih  ini berencana untuk melanjutkan ke perguruan tinggi di jurusan Sastra Indonesia Universitas Indonesia.

Contoh Biografi Diri Sendiri/Pribadi II

Hinata  adalah nama seorang gadis asli Bandung yang kini  menjadi salah satu siswi kelas XI, di SMA Negeri 69  Bandung Jurusan IPA. Ia lahir di Bandung  pada tanggal 10 Januari 1997.

Hinata memiliki daya tarik dalam bidang yang  berhubungan dengan tumbuh-tumbuhan ia juga begitu menyukai berbagai kegiatan olahraga, terutama lari. Hinata berprinsip bahwasanya tumbuhan dan kesehatan merupakan elemen penting yang mana kedua hal tersebut saling berkaitan satu sama lainnya.

Hinata kecil pernah tinggal di dekat kali Citanduy  dan setiap datangnya musim hujan rumahnya selalu kebanjiran dan kemudian mengungsi ke tempat penampungan.

Dengan adanya banjir yang terus terulang hinata pun sadar bahwasanya adanya luapan air yang berasal dari sungai citanduy tersbut bukan semata faktor dari alam melainkan besar kontribusi dari manusia berupa pembuangan sampah ke sungai serta faktor lainya seperti pemukiman yang tepat berada di saluran sungai yang menjadikan aliran sungai meluap hingga membanjiri rumahnya .

Hal demikianlah yang membuat ia tidak bisa tinggal diam berinisiatif untuk memberikan kontribusi terhadap masyarakat, dengan bergabung bersama komunitas peduli lingkungan di daerah bandung jawa barat hinata beraksi memberikan penyuluhan dan penerangan agar masyarakat semakin sadar akan pentingnya untuk selalu menjaga lingkungan.

Di usianya yang terbilang masih muda, pada setiap akhir pekan hinata mengorbankan masa mudanya dengan pergi ke setiap penjuru pemukiman warga, memberikan informasi juga membersihkan bantaran  sungai yang dipenuhi berbagai macam sampah dan kotoran masyarakat.

Banyak dari kalangan warga yang mengapresiasi kontribusi hinata untuk lingkungan hidup pada  masyarakat sekitar bandung. Hingga saat ini hinata masih aktip sebagai aktifis lingkungan hidup dan tinggal bersama ibunya di daerah kopo bandung.

Contoh Biografi Diri Sendiri III

Yusuf anca abdullah adalah seorang lelaki asli dari tanah Padang  tanggal 15 februari tahun 1992 yang kemudian besar dan tinggal bersama ayah bernama Oki hendratno dan ibunya yang bernama agustina di ibukota jakarta pada tahun 1995.

Ia biasa dipanggil oleh teman dan orang terdekatya dengan sebutan anca. Anca suka sekali akan basket dan dunia kepenulisan, tokoh yang merupakan idolanya dalam hal tulis menulis adalah afi nihaya faradisa yang merupakan penulis terkenal yang pernah diundang ke  istana presiden.

Lahir sebagai anak yang terakhir dari 3 bersaudara yusuf kecil agak sedikit manja, dengan kakak pertama bernama lusiana wafania yang sudah menikah dan kini tinggal bersama suaminya di Kota madiun, kemudian kakak keduanya yaitu Hadiono Yanuar yang kini sedang melanjukan studi S2 di Amerika serikat.

Tapi, setelah ia memasuki sekolah dasar yusuf kecil sudah meninggalkan sifat manjanya yang kemudian ia sudah beranjak dewasa tanpa lagi sering merengek rengek seperti anak yang baru masuk Sd seuisianya.

Ia mulai masuk sekolah di tahun 2003 – 2009 di SDN Bina Mandiri. Kemudian setelah lulus melanjutkannya ke SMPN 4 Jakarta dari tahun 2010-2013. Dan kemudian melanjutkan sekolah lagi ke SMAN  12 Jakarta. di SMA ini dia mengikuti kegiatan ekstrakulikuler Paskibra dan juga aktif dalam organisasi OSIS. Bahkan ia pun sempat menjabat sebagai wakil ketua OSIS di sekolahnya.

Pemuda berwajah tampan dan berbadan tinggi ini adalah anggota tim Bola basket  dan beberapa kali menjuarai kejuaraan bola basket baik itu kejuaraan antar sekolah maupun umum. Diantaranya: Juara III Piala Walikota Semarang 2015, juara III bola basket Hardiknas Cup 2015, juara pertama Kilimanjaro Cup 2016 dan lain sebagainya.

Dia memiliki cita-cita dalam beberapa tahun mendatang dapat bergabung dengan Tim Nasional Basketball Indonesia dan membawa harum nama Bangsa di Asia dan Dunia serta berlaga menjadi pemain  NBA America Serikat dan membahagiakan kedua orang tua dengan cara memberagkatkan mereka ke tanah suci mekkah.

Nah itulah tadi pembahasan tentang contoh biografi diri sendiri berikut dengan pengertian singkat biografi juga contoh kerangka karangan yang benar dalam menyusun biografi maupun autobiografi. Semoga dengan tulisan yang telah kami tulis ini dapat banyak membantu kalian semua dalam menyusun bigrafi yang baik dan benar.

Jangan lupa baca juga berbagai artikel menarik dan bermanfat lainnya di tutugon.com

Baca Juga   Cara Membuat Aquarium Sederhana dan Mudah untuk Ikan Hias Peliharaanmu

Leave a Comment