Cara Membuat Slime dengan Lem Povinal, Lem FOx dan Lem UHU

Cara Membuat Slime dengan Lem Povinal, Lem FOx dan Lem UHU

Cara membuat slime -Salah satu cara membuat slime yang paling sering dilakukan adalah dengan cara membuat slime dengan menggunakan lem.  Baik itu lem kertas, lem povinal, lem uhu, lem fox atau sekalipun dengan menggunakan lem kayu.

cara membuat slime mudah
membuat slime dengan lem

Slime yang terbuat dari lem memiliki kelebihan jika dibandingkan dengan membuat slime dari bahan lainnya seperti dengan cara membuat slime dengan shampoo atau mama lemon.

Lebih kenyal dan memiliki kelenturan yang sangat tinggi itulah kelebihan dari membuat slime dengan berbahan dasar lem dan juga kelebihan lainnya ialah tahan lama sehingga tidak mudah mengeras.

Berikut ini akan Oncoman bahan tentang satu persatu cara membuat slime dengan lem yang dapat dengan mudah teman teman semua praktekan.


Membuat Slime dengan Lem Povinal

cara membuat slime
membuat slime dengan lem povinal

Dulu saya kurang begitu mengetahui jenis lem dengan nama povinal tapi sekarang setelah begitu seringnya  adik tercinta membuat slime dengan menggunakan lem povinal menjadi tahu bahwa le mini sangat cocok dan banyak digemari sebagai bahan baku membuat slime.

Lem povinal akan sangat mudah didapatkan, Kita cukup mencari fotokopian terdekat atau karena lem ini sudah semakin terkenal namanya mungkin di minimarket terdekat pun sudah banyak diperjual belikan.

Karakteristik dari lem povinal yang berwarna bening dan juga cair menjadikan jenis lem dengan merek ini begitu terkenal dikalangan anak anak dan para pembuat slime karena mudah untuk dimodifikasi ketika membuat slime nya.

Untuk membuat slime dengan lem povinal Kita membutuhkan beberapa bahan tambahan lainnya seperti berikut ini.

Alat dan Bahan Membuat Slime dengan Lem Povinal

  1. 1 bungkus lem povinal
  2. Gom atau obat sariawan ( Insto juga bisa) sebagai slime activator
  3. Pewarna makanan.

Setelah semua bahan tersedia jangan lupa untuk menyiapkan alat bantuan lainnya berupa sendok pengaduk, wadah serta kain lap.

Dan mari Kita mulai langkah- langkah dalam membuat slime dengan menggunakan lem povinal

Langkah- langkah Membuat Slime dengan Lem Povinal

  1. siapkan wadah plastik  bisa piring atau mangkok kemudian tuangkan sebungkus lem povinal ke dalamnya.
  2. Lalu tambahkan 3 tetes gom ke dalam wadah sambil teman teman aduk secara perlahan.
  3. Aduk – aduk terus adonan selama kurang lebih 10 menit, dan lem povinal akan semakin mengental. Pada tahapan ini, campurkan pewarna makanan secukupnya agar slime yang teman teman buat punya warna yang menarik.

Aduk adonan hingga warna merata dan slime dengan lem povinal pun telah jadi. Cukup mudah bukan?


Membuat Slime dengan Lem UHU

cara membuat slime
slime dengan uhu

Jika teman teman mebuat slime dengan lem povinal maka membutuhkan GOM sebagai slime activatornya namun pada pembuatan slime dengan menggunakan lem uhu teman teman tidak memerlukan Gom tersebut. Karena di dalam lem uhu tersebut terdapat borax sehingga slime yang teman teman buat akan dapat dengan mudah menggumpal.

Untuk  membuat slime dengan lem uhu beberapa bahan berikut ini wajib teman- teman persiapkan yah.

Alat dan bahan membuat slime dengan lem uhu

  1. Lem Uhu
  2. Sabun cuci piring mama lemon atau sunlight
  3. Pewarna makanan

Sedangkan alatnya teman teman hanya perlu menyediakan piring dan juga sendok pengaduk. Beriku langkah- langkah yang mudah banget untuk membuat slime dengan lem uhu.

Langkah- langkah membuat slime dengan menggunakan lem uhu.

  1. Tuangkan 1 bungkus lem UHU ke dalam piring bersama dengan 10 sendok makan sabun pencuci piring Sunlight .
  2. Aduk- aduk isi wadah hingga lem uhu dan sabun sampai merata. Pengadukan bisa teman teman lakukan selama 5 sd 10 menit sampai kedua campuran adonan menggumpal. Pada tahap ini, sebagian sunlight/ pencuc piring tidak dapat menyatu, sehingga adonan slime tersebut perlu teman teman peras dengan menggunakan tisu untuk memisahkannya dengan cairan sunlight.
  3. Tahapan selanjutnya yaitu teman teman bisa menambahkan pewarna makanan ke dalam adonan tersebut. Biasanya menambahkan sekitar 5 tetes atau ¼ sendok pewarna. Aduk- aduk terus sampai warna adonan tercampur merata.

Slime dengan lem UHU pun jadi dan siap dibentuk sesuka hati.


Membuat Slime dengan GOm dan Lem Fox

cara membuat slime
cara membuat slime dengan lem fox

Setelah pada pembahasan diatas Kita membuat slime dengan lem uhu dan juga dengan menggunakan lem povinal. Kini saatnya teman teman membuat slime dengan menggunaka lem fox.

Ada yang tahu apa itu  lem fox? Lem artinya lem dan Fox artinya rubah berarti lem ini adalah lem yang berasal dari rubah. Hahaha. Maaf maaf bukan seperti itu, lem fox ini adalah jenis lem yang biasa diguanakan untuk merekatkan kertas , kayu atau bahan lainnya  yang kira kira bisa direkatkan dengan lem tersebut. Lem ini warnanya kuning dan kenyal kenyal gimana gitu hehe.

Teman teman bisa dengan mudah mendapatkannya di toko bangunan terdekat. Sama seperti jenis lem yang sebelumnya sudah kita beritahukan. Membuat slime dengan menggunakan lem fox ini bisa teman teman jadikan alternative dalam membuat slime. Bahkan menurut pengalaman saya dan adik membuat slime dengan lem fox cenderung lebih awet meski dibiarkan lama tanpa memainkannya.

Untuk cara membuat slime dengan lem fox ini beberapa bahan berikut ini wajib teman teman siapkan terlebih dahulu.

Alat dan Bahan Membuat Slime dengan Lem Fox

  1. 1 botol lem FOX
  2. 1 botol GOM
  3. dan pewarna makanan.

Adapun alat yang diperlukan adalah piring wadah mangkok dan juga sendok pengaduk. Jika semua bahan sudah tersedia, ayo langsung saja Kita buat slime dengan lem fox dengan terlebih dahulu menyimak langkah langkah pembuatannya berikut ini.

Langkah- langkah Membuat Slime dengan Lem Fox

  1. Masukan 3 sd 4 sendok makan lem FOX ke dalam wadah yang telah teman teman sediakan. Lalu tambahkan 1 sendok air dan aduk- aduk hingga keduanya tercampur rata.
  2. Setelah lem FOX agak encer, tambahkan 4 tetes GOM (bisa lebih jika ingin lebih kental) ke dalam adonan sebagai slime activatornya. Kembali aduk-aduk adonan hingga GOM merata.
  3. Dengan bercampurnya GOM ke dalam adonan,maka tekstur adonan akan berubah menjadi kental kembali namun tidak lengket. Pada tahapan ini, teman teman dapat menambahkan pewarna makanan supaya slime yang kita buat dengan campuran lem fox ini terlihat lebih menarik. Jumlah pewarna makanan yang ditambahkan bisa disesuaikan dengan selera.

Nah, mudah bukan ?

Itulah 3 cara membuat slime dengan lem yang dapat dengan mudah teman teman buat.  Di antara ketiga cara di atas, saya dan adik lebih menyukai slime yang dibuat dari lem povinal, terutama bila teman teman ingin slime yang bening alias tidak berwarna butek.

Ingin membuat slime denga menggunakan bahan lainnya? Bisa teman teman baca juga artikel berikut ini

              Cara Membuat Slime dengan Shampo dan Mama Lemon, Sunlight

Selamat berkarya,  Semoga bermanfaat!

Cara Membuat Slime

Contoh Templete Amplop Lucu, Keren a4 [ Printable ]

Contoh Templete Amplop Lucu, Keren a4 [ Printable ]

Amplop Bisa di Print –  Barokalloh, kali ini  Oncoman akan memberikan beberapa templete amplop yang keren, lucu, menggemaskan juga tentunya bisa di print dengan mudah lalu diberikan sebagai kartu ucapan terhadap orang terkasih.

Mau? Ada banyak nih dan desainnya juga bagus – bagus. Kamu ga bakalan menemukan desain amplop yang menarik dan berbeda dari desain amplop yang bertebaran di berbagai toko potokopian yang ada.

Beneran.


gambar amplop lucu
youtube.com

Biasanya amplop digunakan untuk apa sih? Ada banyak kegunaan amplop tergantung wujud serta ukurannya.

Nah untuk amplop yang akan Oncoman berikan ini termasuk kedalam amplop surat yang dapat diberikan terhadap orang terkasih. Misalnya untuk diberikan pada acara ulang tahun, terhadap seseorang yang disukai juga bisa atau sebagai tanda kasih untuk diberikan kepada orangtua malah lebih bagus.

Berikut beberapa contoh amplop surat menarik yang bisa Oncomers smua print dengan mudah.


Gambar Amplop surat Gambar peta pelayaran [ Print ]


Oncoman semua tahukan tentang kisah perjalanannya Vasco de gama mengelilingi seluruh lautan. Nah amplop diatas bergambarkan hal demikian. Keren kan, terdapat gambar lautan serta peta perjalanan beliau.

desain templete amplop lucu bisa di print


Amplop surat beruang lucu [ Print ]


Desain amplop yang satu ini juga ga kalah lucu lho, dengan di dominasi warna kuning yang unyu unyu amplop ini menampilkan sebuah gambar boneka beruang yang sangat menggemaskan.

amplop lucu


Amplop Biruku yang Lucu [ Print ]


Dengan warna yang berwarna biru langit akan menjadikan siapa saja orang yang menerima amplop ini merasakan hati yang lapang selapang hamparan langit biru yang ada di atas sana.

desain templete amplop lucu bisa di print


Gambar Amplop Keren Starwars [ Print ]


Movie holic pasti tauh nih desain gambar amplop yang satu ini. Yups gambar starwars yang keren bisa dijadikan amplop yang dapat Oncomers semua berikan kepada teman- teman terbaikmu.

desain templete amplop lucu bisa di print


Gambar Amplop Keren Tokoh Marvel [ Print ]


Semua orang pasti tahu akan tokoh tokoh superhero marvel yang aksinya  keren banget itu. Kini kamu bisa memiliki amplop keren dengan gambar superhero yang menjadi idolamu.

Ada Spiderman, Hulk dan Captain Amerika di dalam gambarnya.

desain templete amplop lucu bisa di print


Gambar Amplop Lucuku yang Ungu- ungu [ Print ]


Penyuka warna ungu? Ini dia nih ada amplop lucu yang berwarna ungu. Desainnya sangat cantik sayang sekali kalau tidak secepatnya Oncomers semua print dan berikan kepada kekasihmu.

desain templete amplop lucu bisa di print


Gambar Amplop dengan gadis berbaju Kimono [ Print ]


Yang sukanya nonton anime atau drama ke jepang- jepangan pasti tau nih apa itu baju kimono. Yuhuu, baju kimono adalah satu baju adat yang telah menjadi identitas pakaian jepang.

desain templete amplop lucu bisa di print


Gambar Amplop Kucing Putih yang Lucu [ Print ]


Bagi yang punya kucing di rumahya wajib nih punya amplop dengan gambar kucing yang menggemaskan ini.

desain templete amplop lucu bisa di print


Gammbar Amplop Kupu- Kupu yang Cantik [ Print ]


Kupu- kupu berterbangan, melayang- layang di udara, kemanakah engkau kan hinggap dan bersandar diatas lelahmu. hiihi

Amplop dengan gambar kupu- kupu cantik ini bisa kamu print dan dijadikan salah satu koleksi amplop untuk diberikan kepada sahabat terdekatmu

desain templete amplop lucu bisa di print


Gambar Amplop Coklat Susu [ print ]


desain templete amplop lucu bisa di print


Gambar Amplop Pinkyku yang manis [ Print ]


desain templete amplop lucu bisa di print


Gambar Amplop Boneka yang Lucu- lucu [ Print ]


desain templete amplop lucu bisa di print

 

Mungkin itu saja contoh yang bisa Oncomean berikan mudah -mudahan bermanfaat yah. Kalau mau mencari lagi tentang jenis amplop luculainnya Oncomers semua bisa mendatanginya langsung ke TKP yaitu di Pinterest ada banyak sekali contoh amplop lucu disana.

 

9+ Contoh Hiasan Dinding Ruang Tamu dari Barang Bekas,Unik Minimalis

9+ Contoh Hiasan Dinding Ruang Tamu dari Barang Bekas,Unik Minimalis

Hiasan Dinding Ruang Tamu -Rumahku surgaku, ada yang pernah mendengar ungkapan itu? Mungkin ungkapan itu sudah sangat familiar kita dengarkan. Keberadaan rumah sebagai tempat berlindung, tempat berkumpul bersama keluarga berbagai macam kebahagiaan yang ada di dalamnya sehingga menjadikan rumah di ungkapkan sebagai surga dengan segala keindahannya.

Rumah yang diumpakan sebuah tempat yang indah semacam surga dapat dilihat dari berbagai faktor, yang pertama adalah adanya kehangatan atau komunikasi yang terjalin antara anggota keluarga, dan satu lagi faktor yang tak kalah penting adalah adannya berbagai hiasan, ornament,  untuk dapat melengkapi kehangatan suasana dalam rumah.

hiasan dinding ruang tamu dari barang bekas
Desainrumahmini.com

Nah kita mulai saja dengan membahas ruangan tamu. Ruangan tamu adalah ruang yang sangat vital. Saking vitalnya ruangan ini dalam memilih hiasan yang cocok dan indah tidaklah boleh sembarangan, karena apa? Karena dari namanya pun ruangan ini diperuntukan untuk siapa saja orang yang berkunjung atau bertamu di rumah kita.

Dengan penempatan tata ruang yang bagus, menata penempatan kursi duduk yang bagus akan memberikan kesan yang nyaman bagi para tamu, hal itu merupakan sebuah hal positif pertama kali yang orang lain atau tamu rasakan pada saat pertama kal berkunjung ke rumah kita.

Selain penempatan kursi dan berbagai hiasan penghias yang unik seperti bunga- bunga dan makanan yang tersaji rapi di ruangan tersebut hal yang mempengaruhi bagus tidaknya sebuah ruang tamu adalaah dilihat dari berbagai hiasan yang menempel di dinding ruangan tersebut.

Nah pada artikel kali ini Oncoman akan sedikit memberikan informasi tentang berbagai macam hiasan dinding ruang tamu unik yang dapat kita buat sendiri dengan mudah dengan menggunakan bahan- bahan limbah atau barang bekas.

Contoh Hiasan Dinding Ruang Tamu Simple,Unik, Murah

Kita bisa mulai membuat hiasan untuk dinding di ruang tamu dengan cara yang simple tanpa pake ribet dengan menggunakan barang- barang bekas yang sering kita jumpai di sekitaran rumah kita. Selain menggunakan barang bekas, barang yang dibutuhkan untuk membuat hiasan dinding ruang tamu juga dapat kita beli dengan harga yang murah di toko- toko terdekat.

Berikut contoh- contohnya :

Hiasan Dinding Ruang Tamu dari Barang Bekas

hiasan dinding ruang tamu yang cantik
brit.co

Ada banyak barang bekas yang dapat kita jadikan untuk penghias ruangan tamu kita. Meskipun dengan menggunakan barang- barang bekas tidak menjadikan nilai keindahanya akan berkurang. Justru kalau kita dapat mengolahnya dengan baik barang- barang bekas atau limbah tersebut bisa disulap menjadi sebuah kerajinan unik yang dapat di tempelkan sebagai hiasan dinding ruang tamu kita.

Berikut ini beberappa contoh hiasan dinding unik yang terbuat dari barang bekas

hiasan dinding dekorasi ruang tamu
pixabay.com

Apabilla di rumah Oncoemers semua terdapat banyak barang bekas berupa koran atau karton bisa memanfaatkan limbah tersebut dengan membuat hiasan dinding yang menghiasi ruang tamu berupa jam seperti yang ada di atas

Cara Membuat Hiasan Dinding Ruang Tamu Unik dari Barang Bekas

hiasan dinding ruang tamu yang cantik
brit.co

 

hiasan dinding ruang tamu yang cantik
brit.co

 

hiasan dinding ruang tamu yang cantik
brit.co

 

hiasan dinding ruang tamu yang cantik
brit.co

 

hiasan dinding ruang tamu yang cantik
brit.co

| Baca juga : Hiasan Jendela Kelas TK/PAUD |

hiasan dinding ruang tamu yang cantik
brit.co

 

hiasan dinding ruang tamu yang cantik
brit.co

 

Hiasan Dinding Ruang Tamu Unik

hiasan lukisan dinding ruang tamu keren
mariateorien.blogspot.co.id

Ruang tamu yang haruslah dibuat dengan semenarik mungkin dengan berbagai hiasan yang tidak hanya indah namun unik, kita bisa memanfaatkan beragam bahan baku dalam membuatnya baik itu dari barang bekas ataupun sengaja dengan membeli beragam alat atau bahan bahan dalam membuatnya.

Dan berikut beberapa contoh hiasan dinding ruang tamu yang unik yang dengan mudah dapat kita buat

hiasan lukisan dinding ruang tamu keren
mariateorien.blogspot.co.id

| Baca juga : Hiasan Dinding Kelas TK/ PAUD |

hiasan lukisan dinding ruang tamu keren
mariateorien.blogspot.co.id

 

hiasan lukisan dinding ruang tamu keren
mariateorien.blogspot.co.id

hiasan lukisan dinding ruang tamu keren
mariateorien.blogspot.co.id

Hiasan Dinding Ruang Tamu Kaligrafi

hiasan dinding ruang tamu kaligrafi islam
www.wallpaperislami.com

Bila Oncomers semua beragama muslim, patutlah untuk membuat hiasan dinding dengan menerapkan corak atau motif dari berbagai jenis kaligrafi islam. Bentuk dari hiasannnya bisa dengan lukisan kaligrafi atau kita bisa membuatnya langsung dengan menggunakan cat tembok.

Dengan membuat hiasan dinding berupa gambar kaligrafi islam maka seperti yang dikatakan dalam sebuah hadis yang berbunyi malaikat rahmat akan mendatangi setiap rumah dan memberikan kebarokahan kepada rumah- rumah yang didalamnya terdapat lafadz lafadz  Asma Allah.

hiasan dinding ruang tamu kaligrafi islam
www.wallpaperislami.com

Hiasan Dinding Ruang Tamu Simple

Untuk membuat hiasan dinding ruang tamu yang cantik tidaklah susah. Kita bisa membuatnya dengan mudah asalkan tau caranya dan bener niatnya hehe. Tapi beneran mudah kok, Oncomers semua dapat dengan mudah mencari referensi di google tentang beragam hiasan dinding yang mudah dalam membuatnya dengan bentuk yang simple.

Berikut beberapa contoh hiasan dinding ruang tamu yang simple

hiasan dinding ruang tamu cantik dengan lukisan
crafthubs.com

Hiasan Dinding Ruang Tamu Modern

Oncomers bisa menentukan dengan bebas sesuai dengan keinginan Oncomers sendiri.  Ada banyak model hiasan dinding yang dapat kita terapkan. Salah satunya yaitu dengan menerapkan hiasan dinding bergaya modern.

Ada hal yang harus Oncomers semua perhatikan apabila hendak menerapkan hiasan dinding dengan bertemakan modern. Yaitu Oncomers semua haruslah pandai- pandai memadu padankan komposisi warna yang ada antara warna dinding dengan hiasannya. Karena jika terjadi ketimpangan antara hiasan dan warna dari tembok ataupun benda- benda semacam kursi, meja dan hordeng yang ada di ruang tamu maka akan terihat kurang menarik.

Berikut contoh gambar hiasan dinding ruang tamu bergaya modern

hiasan dinding ruang tamu cantik dengan lukisan
crafthubs.com

Hiasan Dinding Ruang Tamu Klasik

Penggunaan gaya modern dan minimalis untuk interior rumah sudah banyak diterapkan pada desain rumah masa kini, hal ini menjadikan popularitas dari gaya lainnya  yang patut diperhitungkan juga melupakan gaya lainnya seperti gaya desain  interior rumah klasik.

Rumah.com menyebutkan ciri khas dari rumah dengan interiornya  klasik pada umumnya lebih menonjolkan ornament hiasan dan unsur dari zaman zaman masa lampau.

Ada beberapa unsur penting yang dapat Oncomers semua terapkan apabila hendak membuat hiasan dinding rumah dengan bergayakan klasik yaitu dengan memperhatikan baik  desain perlengkapan ruang tamu seperti kursi, meja dan juga warnanya

Berikut beberapa contoh hiasan dinding ruang tamu bergaya klasik

hiasan dinding ruang tamu cantik dengan lukisan
crafthubs.com

Bagaimana? apakah Oncomers semua sudah dapat inspirasi tentang hiasan dinding mana yang nantinya akan dijadikan sebagai penghias ruang tamu? Pasti mudah mudah untuk membuatnya.

Terimakasih telah berkunjung, semoga informasi dari kami memuaskan.

Jangan sungkan untuk membagikan artikel ini

Hiasan Dinding Ruang Tamu 

Hiasan Jendela Kelas TK/PAUD dari Barang Bekas, Kertas Origami

Hiasan Jendela Kelas TK/PAUD dari Barang Bekas, Kertas Origami

Hiasan Jendela – Membuat ruangan kelas agar terlihat indah itu merupakan sesuatu yang penting untuk dilakukan. Dengan suasana kelas yang terdiri dari berbagai macam hiasan ataupun dekorasi akan menciptakan keindahan yang membuat susana belajar mengajaar menjadi ceria penuh akan warna.

Banyak yang bisa kita lakukan untuk memperindah ruangan kelas diantarranya dengan memberikan hiasan di dinding dinding kelas, membuat beragam permainan yang kreatif dan edukatif atau berupa kerajinan yang sangat menarik dan menyenangkan untuk dilakukan semacam origami, kirigami ataupun seni melipat kertas lainnya.

Bagian jendela atau pintu yang ada di ruangan kelaspun jangan sampai tidak tersentuh dengan berbagai jenis hiasan. Nah sengaja nih Oncom man pada artikel kali ini memberikan beberapa ide kreatif tentang  hiasan yang berbentuk tirai hias yang dapat kita terapkan sebagai penghias jendela ruangan kelas kita.

Sebetulnya hiasan tirai ini tidak hanya bisa diterapkan pada ruangan kelas saja di berbaga sudut ruangan pun bisa bahkan untuk menghiasi rumah kita pun boleh juga.

Tertarik? Ayo kita mulai…

Hiasan Jendela Kelas Bunga- bunga

Akan sangat cantik ketika kita bisa menerapkan aneka ragam bunga menjadi penghias ruangan kelas atau kita, namun keadaan bunga yang harus selalu tersirami air dan cepat melayu bisa menjadikan kita malas untuk menempatkannya.

Dengan membuat hiasan tirai dalam bentuk bunga- bunga indah berwarna- warni setidaknya dapat membuat suasana indah yang sama- sama terpancar dari keindahan bunga bungaan.

hiasan tirai jendela kelas
www.tutorialous.com

Kita bisa membuatnya dengan bahan sederhana yaitu kertas lipat atau kertas koran yang di bentuk menyerupai bunga- bunga indah semacam bunga mawar. Selain kertas sebagai bahan utamanya diperlukan juga lem dan tali sebagai pengikat antar bunga bunga tersebut.

hiasan tirai jendela kelas
www.tutorialous.com

Hiasan Jendela Kelas Kertas Bentuk  Cinta

Untuk melengkapi keindahan dari tirai bentuk bunga bunga yang indah apa salahnya membuat juga dengan bentuk lain seperti yang ada di bawah ini. Hiasan tirai ini berbentuk cinta, sangat cocok untuk diterapkan pada ruangan kelas kita agar suasana di kelas semakin hangat dan penuh dengan cinta.

Mudah bukan cara membuatnya? Mudah banget sekali liat aja langsung bisa kayanya. Bahan yang dipakai sama saja berupa kertas warna warni kemudian tali, dan lem.

Bagaimana bila di terapkan di rumah ? atau kamar? pasti akan lebih terlihat bagus, saran Oncom man selain di jendela bisa juga diterapkan di belakang pintu 🙂

Bagaimana untuk kamar cowok? hmmmm jangan deh yaa. ini khusus anak  perempuan doang yah karena gambarnya kan hati hehe.

hiasan tirai jendela kelas
www.tutorialous.com
hiasan tirai jendela kelas
www.tutorialous.com
hiasan tirai jendela kelas
www.tutorialous.com

hiasan jendela hiasan jendela

hiasan tirai jendela kelas
www.tutorialous.com

Hiasan Jendela Kelas Kertas Bentuk Bulat- bulat

Selain bentuk bunga dan cinta cinta, hiasan jendela dengan bahan kertas yang dibentuk bulat bulat ini tidak akan kalah membuat suasana ruangan kelas kita terlihat menarik. Mungkin dalam membuatnya diperlukan alat bantu sebagai cetakan berupa gelas atau piring atau benda apapun itu yang memiliki bentuk bulat

hiasan jendela

Seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini penerapannya tidak hanya sebagai tirai penghias jendela saja namun bisa juga diterapkan sebagai penghalang antar ruangan tentu kertas yang dipilihnya bukan semacam kertas lipat melainkan kertas yang memliki ketelaban dan tidak lenntur.

hiasan tirai jendela kelas
www.tutorialous.com

Kita juga bisa sedikit berkreasi dengan menggabungkan antara beberapa bentuk hiasan jendela dari mulai bentuk hati, bunga- bunga dan bulat- bulat. Tergantung dari selera Oncomers semua yang pasti dengan menggabungkannya akan terlihat lebih bervariasi lagi.

hiasan tirai jendela kelas
www.tutorialous.com

Usahakan ketika membuat hiasan dinding dengan bentuk bulat ini agar sebisa mungkin ukurannnya divariasikan dari mulai yang terkecil sedang dan besar. Hal ini akan semakin membuat komposisi dari hiasannya terasa lebih berbeda dan menakjubkan jangan lupa pemilihan coraknya juga menentukan lho. Pandai- pandai saja dalam memilih corak yang cocok sesuai dengan latar belakang ruangan yang akan kita gantungi hiasan ini.

hiasan tirai jendela kelas
www.tutorialous.com

Hiasan Jendela Kelas Kertas Bentuk Rantai

Hiasan yang satu ini terlihat begitu unik. Bagaimana membuatnya? mudah saja, sediakan beberapa kertas asturoa atau karton yang berwarna warni kemudian potong sama panjang setelah terpotong- potong gabungkan satu sama lain. Oncomers semua bisa membuat variasi dalam membuatnya, bisa dengan menyatukan satu warna dalam satu ikatan atau menyatukan beberapa warna dalam satu ikatan.

hiasan tirai jendela kelas
id.pinterset.com

| Baca Juga : Hiasan Dinding TK/ PAUD Kertas Origami |

hiasan jendela tirai
www.tutorialous.com

 

hiasan tirai jendela kelas
www.tutorialous.com

Hiasan Jendela Kelas Kertas Bentuk Origami

Dalam hal ini origami menjadi karya seni atau kerajinan yang sangat populer untuk dapat diterapkan sebagai bentuk kerajinan yang menarik bagi anak anak. Berntuknya yang bermacam- macam mula dari bentuk hewan, bunga serta berbagai kreasi origami yang semakin hari semakin modern dan terlihat keren. Bagaiman kalau origami yang kita buat diterapkan sebagai penghias jendela? Itu ide bagus sekali, dengan menerapkan hiasan dengan bentuk origami akan terlihat indah dan menarik.

 

hiasan tirai jendela kelas
www.tutorialous.com

 

hiasan tirai jendela kelas
www.tutorialous.com

 

hiasan tirai jendela kelas
www.tutorialous.com

|Baca Juga : Hiasan Dinding TK PAUD 

hiasan tirai jendela kelas
www.tutorialous.com
hiasan tirai jendela kelas
www.tutorialous.com

 

hiasan tirai jendela kelas
www.tutorialous.com

| Baca Juga : Cara Membuat Topeng Hewan Keren Untuk Anak |

hiasan tirai jendela kelas
www.tutorialous.com
hiasan tirai jendela kelas
www.tutorialous.com

Nah itulah tadi beberapa kreasi yang dapat dijadikan hiasan pada jendela ruangan kelas atau rumah kita. Mudah mudahan bermanfaat dan dapat memperindah suasana ruangan Oncmers semua.

Jika artikel tentang hiasan jendela kelas ini dirasa bermanfaat

Jangan lupa berikan kesan dan pesan di kolom komentar dibawah ini

Share juga Yaaaa… !!!

Terima kasih

 

 

7+ Hiasan Dinding Kelas TK/ PAUD dari Kertas Origami Menarik dan Kreatif

7+ Hiasan Dinding Kelas TK/ PAUD dari Kertas Origami Menarik dan Kreatif

Hiasan Dinding Kelas TK– Mari kita membuat aneka hiasan dinding kreatif guna memperindah kelas kita. Kita bisa menggunakan barang- barang bekas yang sudah tidak terpakai lagi, bisa juga menggunakan kertas lipat untuk dibuat aneka hiasan dinding kelas dengan bentuk origami.

Menarik lho, yuk kita ikuti contoh dan langkah- langkahnya.


hiasan dinding kelas tk paud
lukisandinding.com

Dalam proses belajar mengajarnya sang guru taman kanak kanak di anjurkan untuk memiliki skill dalam memahami peserta didiknya serta memiliki kemampuan dalam berkomunikasi baik verbal maupun non verbal.

Hal ini bertujuan agar pendidik tk mampu menciptakan suasana belajar mengajar yang kondusif namun tetap menyenangkan dan tidak membuat anak merasa kebosanan ketika berada di ruangan kelas.

Selain skill istemewa yang harus dimiliki oleh tenaga pendidik tentunya suasana dekorasi atau hiasan ruangan kelas TK juga berpengaruh selama proses belajar mengajar berlangsung.

Dan agar anak- anak didik tidak merasa kebosanan seringkali dari pihak pendidik menyediakan beberapa permainan seperti jugkit- jugkit , perosotan, ayunan dan lainnya yang sengaja di sediakan agar dapat menghilangkan rasa bosan anak.

Selain fasilitas permainan anak yang sengaja disedikan, area ruangan kelas pun haruslah dibuat semenarik mungkin dengan berbagai hiasan yang mempunyai nilai pembelajaran terhadap anak didik. Hiasanya bisa berupa yang tempelan gambar- gambar hewan peliharaan, gambar alat transportasi, tempelan huruf- huruf afabeth dan hijaiyah, kosakata berbagai bahasa atau gambar yang mengenalakan anak didik terhadap agamanya berupa gambar kaligrafi dari asmaul husna.

Dan berikut bebrapa contoh kreasi yang bisa kita terapkan untuk menghiasi dinding- dinding yang menarik dan ispiratif.

Video inspiratif hiasan dinding yang mudah dikerjakan


Hiasan Dinding Kelas TK/ PAUD Alfabet


Dinding dengan dihiasi berbagai macam huruf alfabet sangat bagus untuk bisa diterapkan pada ruangan kelas kita. selain terlihat indah anak- anak akan lebih mengenali jenis- jenis huruf adari mulai a sampai dengan z. Cara membuatnya mudah sekali, proses yang dilakukan berupa menggunting huruf abjad tersebut kemudian merekatkanya dan mewarnainnya agar lebih berwarna.

Hiasan dinding kreatif
Hiasan dinding TK | Home Goid.com

Bahan yang dibutuhkan dapat dengan mudah Anda temui berupa kertas karton atau kardus, lem perekat, gunting, kertas kado juga cat pewarna.

hiasan dinding kreatif lucu
hiasan dinding | lifewithfingerprints.com

Hiasan Dinding Kelas TK/PAUD Islami Huruf Hijaiyah


Menghadirkan simbol simbol islam sebagai penghias dinding ruangan belajar sekola kita juga perlu, dengan menerapkan berbagai atribut keagamaan menjadikan anak tidak akan asing terhadap beragam atribut yang ada. Kita bisa membuat hiasan dinding berupa  beragam jenis huruf hijaiyah seperti yang ada di contoh gambar hiasan dinding di bawah ini.

hiasan dinding anak tk islam
jannahslist.com

Atau kita juga bisa membuat bentuk kaligrafi arab yang mengenalkan anak didik kita terhadap tuhannya seperti kalighrafi asmaul husna, kaligrafi lafadz Allah dan Rosulnya dengan menggunakan berbagai jenis khat kaligrafi. tentunya dengan menerapkan tulisan atau simbol- simbol islam akan semakin mendekatkan anak terhadap penciptanya.

hiasan dinding anak tk islam
500px.com

Hiasan Dinding Kelas TK/Paud Kreatif


Tidak perlu membeli wallpaper yang harga per meternya mahal sekali,  Anda bisa membuat beragam hiasan dinding yang dapat diterapkan untuk menghiasi setiap sudut ruangan yang ada di sekolah. Cara buatnya tidak terlau sulit kok dengan menggunakan bahan yang seadanya kita bisa memulai membuat aneka hiasan dinding yang menarik bersama anak- anak didik kita.

hiasan dinding kreatif ruangan kelas tk
homestetics.com

Membuat hiasan dinding kreatif sangkar burung ini sangatlah mudah, disini Oncom man telah memberikan contoh dari sarang burung yang bisa kita buat setelah sebelumya di print terlebih dahulu. Hiasan dinding kreatif ini bisa di terapkan pada dinding kelas sekolah kita dan tentunya  akan menarik perhatian dari anak- anak didik kita.

Berikut kertas yang harus di print terlebih dahulu untuk membuat hiasan dinding kreatif sangkar burung 🙂

hiasan dinding kreatif ruangan kelas tk
belajarorigami.com

Hiasan dinding kreatif lainnya adalah dengan membuat bulatan- bulatan kecil dan besar lalu kemudian di satukan antara bulatan tersebut dengan menggunnakan tali atau benang wol. Hiasan kreatif ini bisa kita terapkan pada dinding, jendela atau pada lawang pintu masuk. Dengan menerapkannya antara jendela akan terlihat lebih indah lagi ketika angin datang kepada hiasan tersebut.

hiasan dinding kreatif ruangan kelas tk
homestetics.com

Selain itu ada beberapa hiasan dinding lainnya yang bisa kita buat dengan mudah bersama anak didik kita. berikut contoh gambarnya.


Hiasan Dinding kelas tk/paud Kertas Origami


hiasan dinding kreatif ruangan kelas tk
homestetics.com

Dengan hanya bermodalkan kerta lipat warna warni, lem, gunting serta sedikit kreasi kita bisa menciptakan beragam hiasan dinding seperti yang ada pada contoh gambar diatas. Kita bisa membentuk kertas lipat tersebut menyerupai gambar balon udara beserta awannya atau menggambar awan putih beserta air hujan yang bercucuran menghujani payung. Itu akan menghadirkan keceriaan dalam suasana ruangan kelas kita.

hiasan dinding kreatif ruangan kelas tk
satujam.com

Atau dari kertas lipat tersebut kita bisa berkarya dengan membuat hiasan yang menyerupai hati. Membuatnya jangan tanggung- tanggung lebih banyak gambar hati yang di buat akan semakin meramaikan suasana penuh cinta dalam kelas kita . 🙂

hiasan dinding kreatif ruangan kelas tk
homestetics.com

Kupu – kupu merupakan hewan yang sangat cantik, namun keberadaanny sudah mulai jarang terlihat. Namun kita juga bisa berkreasi untuk menciptakan hiasan yang menyerupai dari hewan cantik tersebut. Dengan menggunakan kertas lipat warna- warni lalu mengguntingnya menyerupai bentuk kupu kupu cantik. Dalam membuatnya diusahakan jangan hanya beberapa saja semakin banyak kupu- kupu yang kita buat akan terlihat semakin cantik hasilnya.

hiasan dinding kreatif ruangan kelas tk
diys.com

Kertas lipat biasa digunakan untuk membuat kerajinan berupa origami, namun kita juga dapat berkreasi dengan menghasilkan hiasan dinding yang cantik dari kertas lipat tersebut. Contohnya  seperti gambar yang ada diatas. Mudah saja kan membuatnya kita hanya menekuk setiap ujung dari kertas tersebut dengan membiarkan mulut dari kertas lipat tersebut tetap terbuka. Setelah itu menempelkannya pada dinding dengan menggunakan lem perekat dan taraaaa !!! kertas lipat menjadi hiasan dinding ruangan sekolah yang sangat indah dan penuh warna.


Hiasan Dinding Kelas TK/Paud Barang Bekas


hiasan dinding kelas barang bekas sedotan
rumahkuminimalis.net

Ini nih salah satu bentuk  hiasan dinding yang sangat kreatif dan menarik, bagaimana tidak kreatif hiasan dinding ini terbuat dari bahan bahan yang sudah tidak lagi terpakai semisal kardus dan bekas gulungan toilet. Jangan tanyakan cara pembuatanya, karena cara membuatnya sangatlah mudah sekali lho. Yang dibutuhkan hanyalah kesabaran dan ketelitian dalam menyusun dan menempelkan setiap potong kertas yang sudah kita gunting- gunting sebelumnya.

Berikut gambar- gambar langkah demi langkah pembuatanya :

hiasan dinding kelas barang bekas sedotan
rumahkuminimalis.net

Hiasan Dinding Kelas Tk /paud dari Kertas Bekas


hiasan dinding kelas barang bekas sedotan
rumahkuminimalis.net

Punya banyak kertas yang tidak terpakai di rumahmu? cobalah untuk menjadikannya sebuah kreasi yang mengasyikan. Bahannya cukup dengan kertas, adapun kertasnya bisa kita gunakan adalah berupa kertas karton dan kertas asturo yang berwarna warni. Pemilihan kedua kertas tersebut tidak sembarang karena kedua kertas tersebut memiliki tekstur yang kasar dan tidak lembek.

Berikut cara pembuatannya..

hiasan dinding kelas barang bekas sedotan
rumahkuminimalis.net

Hiasan Dinding kelas dari Sedotan


hiasan dinding kelas barang bekas sedotan
rumahkuminimalis.net

Dengan menggunakan bahan sederhana berupa sedotan Oncomer semua juga bisa menyulapnya menjadi hiasan dinding kelas yang sangat cantik dan mengagumkan. Untuk sedotannya dapat mudah kita temui di berbagai toko atau minimarket

Berikut gambar langkah demi langkah pembuatan hiasan dinding kelas dengan menggunakan sedotan

hiasan dinding kelas barang bekas sedotan
rumahkuminimalis.net
hiasan dinding kelas barang bekas sedotan
rumahkuminimalis.net

Nah itulah tadi beberapa beberapa contoh gambar hiasan dinding yang bisa kita terapkan untuk menghiasi ruangan kelas sekolah kita. selain menjadi hiasan dinding di TK (taman kanak kanak) Kita juga bisa menerapkannya pada ruangan rumah kita, pastinya akan terlihat cantik dan suasana rumah kita akan serasa berbeda 🙂

 

Jurus Lainnya ”  Contoh Permainan Edukatif  “

Trust me, It Works !!!

Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat.

– Hiasan Dinding –

Cara Membuat Lilin Hias Lengkap dengan Jenis- jenis Lilin Hias, Terapi

Cara Membuat Lilin Hias Lengkap dengan Jenis- jenis Lilin Hias, Terapi

Cara membuat lilin – Jauh sebelum ditemukannya berbagai macam lampu yang dalam penggunaanya memerlukan listrik sebagai sumber energi utamanya, lilin mempunyai peranan yang sangat penting sekali dalam hal menerangi kegelapan pada saat itu.

Penggunaan lilin sudah dipakai sejak tahun 3000 SM yang mana pada awalnya hanya menggunakan alang- alang sebagai sumbunya serta lemak sapi yang mengandung banyak asam steart sebagai bahan bakar utama yang menyelimuti sumbunya.

Tapi setelah ditemukannya listrik oleh Michael Faraday serta penemuan bola lampu pijar oleh Thomas Alva Edison, menjadikan lilin sebagai alat penerangan utama kian tersisihkan.

lilin terapi

Kini lilin hanya menjadi alat penerangan darurat yang sering digunakan apabila keadaan lampu/ listrik mengalami pemadaman.

Pada umumnya lilin mempunyai sebuah sumbu yang letaknya berada di bagian tengah kemudian dibungkus oleh lapisan lilin yang padat.

Selain berfungsi sebagai penerang ternyata lilin bisa juga digunakan untuk hiasan yang dapat mempercantik suasana dalam rumah kita.

Kamu juga bisa membuat kerajinan lilin hias sebagai salah hobi baru yang menyenangkan juga nantinya bisa dijadikan sebagai sebuah peluang usaha rumahan untuk bisa dipasarkan.


Jenis- Jenis Lilin Hias


Sebelum membahas tentang langkah- langkah dalam pembuatan lilin hias, ada baiknya kamu ketahui terlebih dahulu berbagai jenis dari kerajinan yang berbahan dasar lilin ini.

1. Lilin Makan Malam

Lilin ini adalah lilin yang paling sering digunakan pada meja makan malam, biasanya tetap dalam tempat lilin dan mempunyai bentuk silinder dengan sedikit meruncing ke arah atas. seperti dari namanya llilin ini sering ditempatkan pada makan tercipta suasana makan yang lebih romantis.

Lilin Makan Malam
www.dailybackgrounds.com

2. Lilin Pilar

Lilin pilar ini mempunyai kulit yang tebal serta berbentuk silinder sehingga terlihat seperti pilar tebal. Lilin ini dijadikan sebagai penerang agar bisa menghasilkan cahaya ambien dan untuk penempatannya bisa dimanapun di sekitaran rumah.

Ini adalah lilin terbaik yang biasa digunakan untuk sarana penerangan rumah dengan penahannya menggunakan lilin agar tidak panas pada saat memegangnya.

cara membuat lilin
indonesialilin.blogspot.com

Bila kamu mempunyai keahlian dalam seni ukir mengukir, maka tidak ada salahnya untuk memanfaatkan lilin ini menjadi sebuah karya seni tinggi yang memang tidak sembarang orang bisa melakukannya, karena tingkat dalam pegukiran lilin ini sangat sulit untuk di lakukan bagi mereka yang sama sekali belum mengetahui dasar- dasar dari seni ukir.

cara membuat lilin ukir
infoinfowisata.blogspot.com

Seperti yang dilakukan oleh Dedy Wirabuana dan Anton Awahyudi warga malang. Mereka telah berhasil memanfaatkan lilin dari yang tadinya hanya dipakai untuk penerangan darurat saja menjadi sebuah benda yang mempunyai nilai seni tinggi.

Sudah banyak pesananan terhadap seni ukir mereka baik dalam maupun luar negeri.

3. Lilin Beraroma

Lilin aroma fungsinya adalah sebagai penerangan juga yang lebih penting lagi sebagai pemberi ketenangan ketika lilin sudah mulai dinyalakan. Karena ketika dalam proses pembuatannya dicamppurkan dengan cairan parfum tertentu yang dapat menebarkan wewangian.

Lilin ini  semakin popular dengan meningkatnya pengetahuan manusia akan manfaat dari aromaterapi sebagai sarana penenangkan diri.

Selain itu fungsi lilin ini semakin bermacam- macam, tidak hanya digunakan sebagai penenang, tetapi sudah banyak yang menggunakanya sebagai pelengkap sebuah acara, pada spa atau yoga, atau sebagai pewangi ruangan.

cara membuat lilin
butterflybeautyshop.wordpress.com

4. Lilin Mengambang

Lilin ini sengaja dibuat agar bisa mengambang dengan mudah di atas air. dengan mengambanya lilin tersebut dapat menciptakan suasana keunikan tersendiri, selain mengambang lilin ini bisa termasuk juga jenis lilin yang mempunyai aroma.

cara membuat lilin
www.bhmpics.com

5. Lilin Gel

Kalau Kita sudah tahu akan cara membuat slime pastilah tahu akan benda kenyal bernama gel. Pembuatan Lilin jenis ini terbuat dari  bahan yang tidak jauh berbeda dengan gel yang biasa dipakai sebagai bahan pembuatan slime.  Dengan bentuk yang dibuat transparan dan kenyal, Lilinn gel ini biasanya dituangkan dalam beberapa wadah dengan berbagai bentuk yang berbeda. Gel ini dibuat untuk mempertahankan bentuk dari lilinnya.

cara membuat lilin
www.jandccreations.com

6. Lilin Ulang Tahun

Lilin atau peniupan lilin menjadi salah satu rangkaian utama yang harus bahkan wajib adanya dalam susunan acara ulang tahun seseorang. Dengan adanya lilin ulang tahun beserta kue ulang tahunnya nya akan menjadikan orang yang sedang merayakan ulang tahun serasa menjadi orang yang paling istimewa pada hari itu.

Bentuk lilinnya bisa berupa angka dari usia orang yang sedang berulang tahun atau berupa lilin lilin kecil berwarna- warni yang digunakan untuk menghiasi kue ulang tahun.

lilin ulang tahun indah dan warna warni
hdwallpappernew.in

7. Flameless Lilin atau Lilin Elektrik

Kalau dilihat sekilas dan dari kejauhan lilin ini tidak ada bedanya dengan lilin- lilin yang biasa kita pakai untuk penerangan.

Tapi kalau di teliti lebih dekat lagi, maka kamu akan menemukan seuatu yang unik yang terdapat di lilin tersebut. Karena lilin ini adalah lilin elektrik berbentuk LED flameless yang dalam penggunaanya di design khusus untuk tidak menimbulkan kebakaran.

Penggunnaanya yang simple dengan hanya menekan tombol remote, sangat mudah untuk dibawa kemana- mana tanpa harus hawatir akan tetesan yang ditimbulkan pada lilin umumnya.

Lilin ini juga tanpa asap ataupun api tidak akan menimbulkan kecemasan apabila anak- anak tersayang kita berada di sekitar lilin tersebut.

Tentu dalam proses pembuatan lilin flameless ini sangat berbeda dengan lilin yang akan kita bahas cara pembauatannya.

cara membuat lilin
m.indonesian.alibaba.com

Cara Membuat Lilin Hias


Setelah kita mengetahui tentang berbagai macam lilin hias yang ada, kini saatnya kita membahas tentang cara cara pembuatan lilin hias. Semoga  beberapa macam lilin itu bisa dijadikan sebagai patokan untuk kita dalam membuat lilin seperti apa nantinya.

Bahan- bahan yang Digunakan

    1. Lilin bekas atau paraffin, yang banyak diperjual belikan di toko bangunan atau toko kimia.
cara membuat lilin
trisqie.wordpress.com
    2. Gelas kaca, ukuranya bebas yang penting kaca dan transparan, Disini kita memakai gelas ukuran kecil.
cara membuat lilin
santrigaul.net

3. Sumbu lilin ( dijual di toko- toko kerajinan ).

4. 2 buah panci kuku ukuran besar dan kecil.

5. Air.

6. Wewangian.

7. Zat pewarna.

8. Pengaduk dari kayu.

Cara Pembuatan

  1. Iris iris bahan lilin. Dengan mengiris- ngiris lilin menjadi bagiak kecil maka akan semakin cepat lilin tersebut untu meleleh, sekaligus memastikan bahan lilin tersebut dapat mencair secara bersamaan.
  2. Isi panci besar dengan air. pastikan panci besar tersebut dapat menampung wadah atau panci yang lebih kecil untuk melelehkan lilinnya. Jangan melelehkan lilin langsung dengan satu panci.
  3. Mencairkan bahan lilin. Nyalakan kompor atau sumber panas sampai air yang berada dalam panci besar mendidih. Air mendidih itu akan melelehkan  bahan lilin secara perlahan. Agar lebih cepat mencair kamu bisa mengaduk- aduknya menggunakan kayu pengaduk.
  4. Tambahkan wewagian. Pilihan wewangiannya terserah Kamu. Wewangian seperti minyak esensial dapat Kamu beli di toko bahan kerajinan terdekat. Sebelum mencampurkan wewangian terebut kamu harus mengecek terlebih dahulu petunjuk pemakaian dalam botol wewangian tersebut.
  5. Tambahkan zat pewarna. Zat pewarna yang dipakai adalah yang berbahan dasar minyak( bisa di beli di tok kerajinan, bangunan atau kimia) jangan menggunakan zat pewarna untuk makanan karena zat tersebut terbuat dari air dan  tidak cocok dengan lilin.
  6. Siapkan cetakan lilin. Selain gelas yang tadi sudah Kita sarankan, Kamu juga bisa memakai toples kaca kecil, cangkir teh bekas atau wadah apapun yang memang tahan akan panas. Letakan wadah cetakan diatas permukaan yang datar.
  7. Jepit sumbu lilin. Dengan menggunakan jemuran baju atau apaun benda yang bisa menjepit sumbu agar dapat tertancap ditengah balutan lilin.
  8. Tuangkan lilin secra perlahan. Secara perlahan- lahan hingga hampir menutupi permukaan dari wadah yang kamu gunakan.
  9. Biarkan lilin menjadi dingin. untuk lama waktu yang diperukan sampai lilin tersebut mengeras adalah selama 24 jam, semakin lama di dinginkan maka semakin baik hasillnya.
  10. Selesai. Lilin siap untuk di jadikan hiasan untuk memperindah suasana rumah atau dijadikan sebuah peluang usaha rumahan yang menyenangkan dalam pembuatannya.

Bila konten ini telah membantu kamu, alangkah lebih baik untuk membagikan konten ini kepada mereka yang sama- sama membutuhkan informasi terkait. Jangan lupa yah Bagikan!!! untuk Indonesia yang lebih baik lagi.

 

Semoga Bermanfaat & Jangan Lupa Shalawat

TERIMA KASIH

 

 

Cara Membuat Lilin Hias