cara mengolah buah tin

Cara Mengolah Buah Tin Menjadi Manisan yang Kaya akan Manfaat

Cara mengolah buah tin – Buah tin adalah salah satu buah yang namanya tercantum dalam Kitab suci dari berbagai Agama. Dalam Al- qur’an, Kamu dapat menemukan nama buah tin tercantum dalam surat at-tin yang berarti buah tin.

Kenapa buah tin tercantum dalam Al- qur’an? Apa khasiat  dan manfaat buah tin sehingga menjadi salah satu buah yang istimewa.

Belum banyak orang mengetahui akan khasiat luar biasa dari buah yang rasanya  manis dan legit ini alasannya karena belum banyak pula orang yang menjual bibit buah tin ini. Benar saja, buah tin ini termasuk buah yang keberadaanya langka.

Karena kelangkaannya jika dibandingkan dengan jenis bibit buah tin lainnya akan sangat mahal.

Untuk rataan penjualan perbibit di pasaran dijual dari mulai harga 50 ribu sampai menembus harga jutaan rupiah untuk jenis buah tin yang memang benar- benar langka. Buah tin berasal dari daerah Asia Barat dan kemudian menyebar ke daerah- daerah eropa dan amerika juga.

Di Indonesia sendiri terdapat beberapa jenis bibit buah tin yang dapat tumbuh dengan subur dan menghasilkan banyak buah. Diantaranya adalah green yordan, purple yordan, Brown Turkey juga jenis jenis buah tin yang langka dengan harga yang mahal seperti jenis buah tin dengan nama panache dan coll de damma.

Dengan harga jualnya yang mahal tidak menjadikan sepinya pembeli dari setiap jenis buah tin. Bagi mereka yang benar- benar tau akan khasiat dan eklusifitas dari buah tin tidak akan segan segan untuk merogoh kocek dalam- dalam untuk dapat mengoleksi beragam jenis bibit buah tin.

 

cara mengolah buah tin
flonimalnesia.blogspot.com

Kami menjual beragam jenis bibit buah tin yang berkualitas dengan harga murah. Ayo kepo-in sekarang juga harganya di artikel berikut ini : jual bibit buah tin


Buah tin yang masih berusia muda berwarna kehijauan, seiring dengan semakin matangnya buah warna kulit dari buah tin ini akan berangsur berubah menjadi ungu kehitaman. Buah muda biasanya dikonsumsi sebagai olahan sayur, dimasak dengan olahan daging dengan campuran selada.

Jika sudah tua dan matang maka akan sangat lezat bila dihidangkan sebagai buah meja. Di timur tengah dan Eropa buah tin temasuk jenis buah yang tergolong mewah dengan harga yang sangat mahal.

Dulunya hanya kalangan tertentu seperti  para bangsawan di acara- acara tertentu sajalah yang dapat menikmati kelezatan buah tin.

Seiring dengan berkembang pesatnya teknologi dalam bidang pertanian , kini buah tin semakin mudah didapat dengan harga yang juga relative terjangkau.

Di Negara- Negara Eropa, buah ini terkenal dengan sebutan buah fig. Sepintas buah ini mirip jambu biji. Aroma buah tin ini sangat harum semerbak, tekstur dagingnya lembut, rasanya keset dan kadar manisnya sedang dengan sedikit mengandung air dan berbiji banyak.

Jika kamu pernah merasakan buah tin, maka pasti telah merasakan  sensasi yang menyenangkan dalam tenggorokan ketika mengunyah buah tin tersebut, karena di dalam buah tin terdapat biji- biji kecil yang dengan perlahan akan tegigit.

Baca Juga   12+ Manfaat Buah Tin yang Berkhasiat untuk Kesehatan Pria dan Wanita

Selain sebagai hidangan buah meja, buah tin juga bisa Kita olah sebagai campuran pudding, manisan kering, isi untuk kue/cake, dikalengkan dalam sirup  gula dan juga akan sangat lezat jika dijadikan minuman juice.

Tingginya kandungan pectin menjadikan buah ini sangat cocok apabila dijadikan sebagai bahan baku selai, jelly, jam ataupun marmalade dengan rasa yang sangat lezat dan keharuman semerbak.

Kandungan Gizi dan Manfaatnya

cara mengolah buah tin
rezekibuah.blogspot.com

Bagi Kamu yang belum tahu akan beragam manfaat buah tin bisa membacanya pada artikel berikut ini :

Manfaat Buah Tin


Berdasarkan penelitian CFNI ( California Fig Nutritional Information), di dalam buah tin terkandung serat yang sangat tinggi.

Jika dibandingkan dengan kadar serat yang terdapat pada buah apel maka kadar serat pada buah tin ini jauh lebih banyak yaitu dari setiap 100 gram buah tin kering terkandung 12.2 g serat.

Sedangkan pada buah apel hanya sekitar 2.o g saja,Oleh karena itu para pakar dengan berbagai penelitannya tentang buah tin sangat menganjurkan untuk selalu mengkonsumsi tin secara teratur.

Selain dapat membersihkan racun yang ada dalam tubuh Kita, keberadaan serat yang tinggi dari buah tin dapat mencegah adanya kanker kolon dan juga penyakit degenerative lainnya.

Hasil riset lainnya  yang dilakukan oleh sebuah Universitas Rutgers di New Jersey menyatakan bahwa kalau buah tin mengandung antitoksidan yang berfungsi sebagai pengikat senyawa karsinogen penyebab kanker.

Buah tin juga mengandung  kadar asam lemak tak jenuh yang begitu sangat dibutuhkan oleh kesehatan tubuh Kita. Diantaranya adalah omega 3 dan omega 6.

Keberadaan lemak ini terbukti dapat berperan dalam mencegah adanya penyakit coroner dalam tubuh.

Kelebihan lain dari buah tin yaitu rendah lemak, rendah kalori, rendah sodium dan bebas kolesterol sehingga buah tin ini sangatlah cocok untuk dikonsumsi bagi mereka yang menderita diabetes meliitus.

Tidak sampai disitu saja keistimewaan dari buah tin si buah surga ini. Beragam vitamin dan mineral yang bermanfaat terkandung di dalamnya. Setiap 100g buah tiin mengandung vitamin A sebanyak 9.76 IU, vitamin C, 0.68 mg, zat besi, 3.07mg dan kalsium, 133.0 mg.

Keberadaan Vitamin dan mineral ini sangat dibutuhkan bagi tubuh untuk menjaga dan memelihara kesehatan organ tubuh kita.

Sungguh “si mungil” yang kaya manfaat!

Agar buah tin dalam jumlah banyak masih tetap bisa dikonsumsi untuk jangka waktu yang lama, maka Kita perlu untuk mengawetkannya. Salah satu langkah untuk dapat mengawetkannya  yaitu dengan cara mengeringkannya.

Adapun cara untuk mengeringkan buah tin ini agar tetap dapat dinikmati adalah buah yang matang.

Buah matang yang baik adalah buah yang masak secara alami di pohonnya dan untuk mengetahui masak tidaknya buah tin ini adalah dengan tetap membiarkan buah tin tersebut jatuh dengan sendirinya dari pohon.

Dan untuk langkah selanjutnya agar kelezatan buah tin dapat dinikmati dalam kurun waktu yang lama ialah dengan cara mengeringkannya.

Berikut cara mengeringkan buah tin agar tetap lezat sempurna :

Cara Mengolah Buah Tin dengan Dikeringkan

cara mengolah buah tin
servingjoy.com

Selain menjual bibit buah tin dan buah tin kering Kami juga menjual chia seed murah. Mau tahu harga dan manfaatnya? Cek aja artikel berikut ini gan : Jual chia seed murah


 Pengeringan Alami Buah Tin dengan Sinar Matahari

  • Cuci bersih buah tin
  • Belah buah tin menjadi dua bagian
  • Letakan pada sebuah rak pengering dengan bagian kulit dibawah, berikan jarak supaya antara satu sama lain tidak bersentuhan.
  • Jemur  buah tin di bawah sinaran matahari yang terik dengan dtempatkan pada tempat yang agak lembab dan berangin.
  • Jemur lah sampai sore tiba jangan sampai membiarkannya terjemur hingga malam tiba. Proses pengeringan dengan cara dijemur tersebut kurang lebih memerlukan waktu sampai 2 hari saja.
  • Untuk mencegah serangga, dapat kita menjemurnya dengan cara ditutup dengan kain katun tipis, atau dengan menggunakan kelambu nyamuk.
Baca Juga   Nama- nama Al- Qur' an dan artinya Lengkap

Pengeringan buatan dengan oven

  • Cuci bersih buah tin
  • Belah sama besar buah tin.
  • Letakkan  buah tin pada rak pengering dengan bagian kulit di bawah. Atur jaraknya supaya satu sama lain tidak saling bersentuhan.
  • Masukkan dalam oven.
  • Atur suhu oven  antara 45°C – 50°C (115°F-120F). Ini adalah suhu pengeringan yg terbaik. Maksimum adalah 60°C. Lebih dari itu pengeringan buah tin sudah masuk dalam kategori dipanggang.
  • Waktu yg akan Kita butuhkan antara 8 sampai 12 jam atau lebih. Untuk memastikan buah tin sudah kering cukup dengan cara menekan secara perlahan bagian tengah buah tin yg terbelah.
  • Bila masih terlihat ada airnya berarti pengeringan buah tin belum sempurna.
  • Jika menggunakan mesin pengering/dehydrator, ikuti saja buku petunjuknya.
  • Setelah buah kering mengkerut, perlu dilakukan ‘pasteurisasi’ untuk membunuh serangga yang mungkin tertinggal di celah-celah kerutan buah.
  • Masukkan lagi buah tin tersebut ke dalam oven dan panggang sekitar 10-15 menit pada suhu 80°C atau masukkan dalam frezzer selama 4 hari. Kerugiannya jika dimasukkan dalam frezzer adalah vitamin dan mineralnya akan sedikit berkurang serta bentuk textur kulit berubah.
  • Setelah dikeringkan, jika dimasukkan dalam lemari pendingin, buah tin kering akan bertahan antara 1.5 sampai 2 tahun.
  • Sedangkan jika di dalam frezzer maka lebih lama lagi, bisa kuat sampai 3 tahun.

Catatan

– 1 kg buah tin segar dapat menjadi sekitar 0.5 kg buah tin kering

– Sebaiknya simpan dalam kantong plastik tertutup kemudian simpan pada lemari pendingin.

– Beri lapisan madu tipis dengan cara disikat sebelum disimpan. Ini sekedar tambahan saja

 

Itulah tadi beberapa cara mengolah buah tin agar dapat dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama. Mudah- mudahan apa yang telah saya sampaikan dapat bermanfaat.

Terima Kasih

Salam Sehat Selalu

 

1 thought on “Cara Mengolah Buah Tin Menjadi Manisan yang Kaya akan Manfaat

Leave a Comment