cara menanak nasi menggunakan rice cooker dan tradisional

Inilah Cara Menanak Nasi yang Baik dan Benar Agar Menghasilkan Kualitas Nasi yang Enak.

cara menanak nasi menggunakan rice cooker dan tradisional
Strategidanbisnis.com

Menanak Nasi- Ada yang pernah makan nasi? yah semua orang Indonesia pasti pernahlah makan nasi, wong nasi ini merupakan makanan pokok di seluruh Negeri bahkan hampir di seluruh dunia.

Di Indonesia terdapat sebuah ungkapan “Belum bisa disebut makan kalau belum sama nasi” meskipun sebelumnya sudah ada banyak makanan yang masuk ke perut.

Ini dikarenakan  nasi mempunyai peranan penting sebagai sumber karbohidrat tinggi yang mampu memberi sumber daya yang dapat menunjang aktivitas fisik dan berfikir.

Untuk menghasilkan nasi yang berkualitas itu sendiri tergantung dari caranya, karena untuk menghasilkan kualitas nasi yang baik dan enak untuk dimakan haruslah mengetahui tahapan- tahapan dari proses penanakan beras menjadi nasi.

Bila tidak mengetahui atau memang inilah pertama kali menanak nasi, maka kamu akan kebingunagn sendiri.

Terdapat banyak hal yang membuat nasi ini tidak enak untuk dimakan, dari mulai nasi yang becek karena terlalu banyak air atau  nasi yang airnya kurang dari perkiraan yang seharusnya.

Nah untuk menghindari kejadian tersebut, sengaja kita akan mengulas tentang cara- cara menanak nasi yang baik dan benar, agar nasi yang kita tanak dapat enak untuk di santap bersama keluarga.

Terdapat dua cara dalam proses penanakan nasi, ada yang secara tradisional adapula dengan cara yang sudah praktis dan efisien yaitu dengan memakai rice cooker.

Berikut tata caranya.

Menanak Nasi Menggunakan Rice Cooker.

cara menanak nasi menggunakan rice cooker dan tradisional
Vemale.com

Penanak nasi menggunakan rice cooker merupakan pilihan yang simple dan efektif digunakan untuk memasak nasi.

Saat ini, terdapat banyak penanak nasi yang sudah dilengkapi fitur penghangat sehingga tetap bisa menjaga nasi tetap dalam keadaan hangat setelah matang.

Berikut langkah- langkah memasak nasi menggunakan Rice Cooker

# Menanak Nasi.

cara menanak nasi menggunakan rice cooker dan tradisional
herpberbagiinfo.blogspot.com
1. Ukur beras dengan menggunakan cangkir takar.

Umumnya, penanak nasi sudah dilengkapi dengan cangkir atau sendok takar yang dapat diisi dengan3/4 cangkir ( 180 ml) beras. kamu juga bisa memakai gelas atau cangkir takar biasa.

  • Satu cangkir beras (240 ml) akan menghasilkan antara 1 1/2 cangkir (30 ml) sampai tiga cangkir (  720 ml) nasi, tergantung dari macam beras yang digunakan. Sisakanlah ruang untuk memuat nasi yang mengembang sehingga nasi atau air tidak sampai meluap keluar.
cara menanak nasi menggunakan rice cooker dan tradisional
jabar.tribunnews.com
2. Cuci beras.

Untuk menghilangkan berbagai macam kotoran yang terdapat pada beras, maka langkah selanjutnya adalah dengan mencuci beras tersebut. Pencuciannya bisa di awali dengan menuangkan air bersih ke dalam wadah berisi beras, atau cuci dibawah aliran air keran..

Tuangkan air sambil mengaduk- aduk beras hingga seluruhnya terendam. Kemudian tiriskan air melalui saringan , sambil menangkap butiran beras yang ikut terbawa air dengan tangan kamu.

Baca Juga   27+ Orang Ganteng Sintesa yang Jauh Lebih Ganteng dibandingkan

Apabila air cucian beras terlihat keruh atau terdapat banyak kotoran yang mengapung di permukaan air, bilaslah lagi sampai air bilasan tersebut terlihat jernih.

3. Ukur Air.

Penggunaan air dalam proses menanak nasi sangatlah harus diperhatikan, didalam sebagian besar panduan disarankan untuk menggunakan air dingin. Banyaknya air yang digunakan bergantung pada jumlah yang akan kita masak.

Ada garis ukur di bagian dalam panci penanak nasi yang menunjukan berapa banyak air dan beras yang perlu ditambahkan, atau gunakan patokan seperti yang ada di dalam gambar dibawah ini.

cara menanak nasi
listrikdirumah.com

Terdapat dua contoh dalam penggunaan jumlah air pada gambar diatas, seperti pada gambar 1 (tinggi air = 1 ruas jari) tapi yang seringkali saya pakai adalah ukuran di gambar 2 (tinggi air = menutupi permukaan jari untuk menanak nasi di rumah.

Perbedaanya terletak pada tingkat kekeringan dari nasi yang dihasilkan. Itu di luar masalah kualitas beras yang dipergunakan.

Kamu bisa mencobanya sendiri, bebas mau pakai cara yang mana semua itu tergantung dari selera masing- masing orang yang meng-konsumsinya.

Namun yang harus diperhatikan bahwa  lebih atau kurangnya ketinggian permukaan air di atas beras akan mengakibatkan hasil tanak menjadi “tak biasa” jika jumlah airnya melebihi ukuran dari gambar 1 maka beras akan menjadi ” setengah bubur”

Dan jika tinggi air kurang kurang dari gambar 2, maka beras yang kita masak akan menjadi “setengah nasi” (nasi pera/ nasi gigih).

# Proses setelah menanak nasi (rice cooking).

Ada cara tertentu untuk menghasilkan nasi yang enak, selain dari faktor ketinggian permukaan air diatas beras.

caranya :

Setelah menanak nasi selesai, matikan rice cooker dengan cara mencabut kabel steker-nya dari stopkontak, jangan biarkan nasi berada dalam kondisi ” keep- warmed”. Diamkan dahulu selama 20 menit, baru setelah itu nasi di aduk.

Untuk mempermudah dalam pengaturan waktu mulai awal menanak beras hingga akhirnya mengaduk nasi, gunakalah cooking timer. Caranya atur waktu sesuai lama waktu yang biasanya kamu pakai untuk menanak beras( umumnya 30 menit ) tentunya setelah menekan tombol rice cooking.

Setelah 30 menit tombol cooking timer berbunyi, pastikan nyala dari lampu indikator “rice cooking” telah berpindah ke indikator “keep warmed”.

Menanak Nasi dengan Cara Tradisional.

cara menanak nasi menggunakan rice cooker dan tradisional
caramembuat123.blogspot.com

Menanak nasi menggunakan cara tradisional memang sudah ketinggalan jaman, cara ini  seudah dianggap kuno dengan hadirnya rice cooker yang membuat proses penanakan nasi menjadi lebih simple dan efisien.

Baca Juga   Kupas Tuntas Sejarah Islam Indonesia Lengkap

Namun apasalahnya kan kita mengetahui juga akan tata cara menanak nasi tradisional, pilihan ini akan sangat berguna bagi kita apabila terjadi mati listrik.

Ada dua pilihan dalam menanak nasi menggunakan cara tradisional.

1. Menanak Nasi Menggunakan Panci Biasa.

cara menanak nasi menggunakan rice cooker dan tradisional
www.youtube.com

 

  • Untuk menghasilkan nasi yang bagus pilihlah beras yang mempunyai kualitas yang bagus.
  • Cuci beras dengan merendamkannya pada air setelah itu aduk- aduk agar berasnya bersih dari kotoran, buang air rendamannya kemudian ulangi 3-4 kali.
  • Siapkan panci lalu masukan beras yang sudah di cuci tadi, dan berilah air sampai mencapai setengah ruas jari telunjuk tangan.
  • Masak di atas kompor dengan menggunakan api sedang, tunggu sampai mendidih kemudian di aduk- aduk agar ridak terjadi penerakan di lapisan bawah panci.
  • Aduk-aduk terus nasi sampai nasi sudah benar- benar lembut dan enak.

2. Menanak Nasi Menggunakan Panci Kukus.

cara menanak nasi menggunakan rice cooker dan tradisional
www.tokopedia.com

 

Sebenarnya hanya ada sedikit  perbedaan dari proses menanak nasi menggunakan panci biasa dengan yang menggunakan panci kukus, namun dalam proses menanak nasi menggunakan panci kukus perlu ada langkah yang haru ditempuh.

Berikut caranya.

  • Siapkan Beras
  • Cuci beras dengan merendamya pada air dan diaduk agar berasnya bersih, buang air rendamannya kemudian ulangi 3- 4 kali sampai air rendamannya terlihat jernih.
  • Siapkan panci, masukan berasnya kemudian beri air dengan ukuran setengah ruas jari telunjuk.
  • Masak di atas kompor dengan api sedang lalu tutup tunggu sampai mendidih aduk- aduk agar tidak mengerak.
  • Angkat panci yang dijadikan untuk memasak tadi kemudian siapkan panci kukusnya.
  • Isi panci kukus dengan air hingga mendekati pembatas saringan pada panci kukus setelah itu masukan saringa panci kukus.
  • Pindahkan nasi yang tadi telah dimasak setengah matang ke dalam panci kukus.
  • Masak nasi yang ada di dalam panci, kemudian kukus lagi di atas api yang sedang.
  • Tunggu sampai 30 menit sambil di cek per 15 menit untuk mengetahui empuk belumnya nasi tersebut.
  • Selesai, nasi kukus siap untuk di sajikan.

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Comment