lilin ukir malang

Cara Membuat Lilin Hias Lengkap dengan Jenis- jenis Lilin Hias, Terapi

Cara membuat lilin – Jauh sebelum ditemukannya berbagai macam lampu yang dalam penggunaanya memerlukan listrik sebagai sumber energi utamanya, lilin mempunyai peranan yang sangat penting sekali dalam hal menerangi kegelapan pada saat itu.

Penggunaan lilin sudah dipakai sejak tahun 3000 SM yang mana pada awalnya hanya menggunakan alang- alang sebagai sumbunya serta lemak sapi yang mengandung banyak asam steart sebagai bahan bakar utama yang menyelimuti sumbunya.

Tapi setelah ditemukannya listrik oleh Michael Faraday serta penemuan bola lampu pijar oleh Thomas Alva Edison, menjadikan lilin sebagai alat penerangan utama kian tersisihkan.

lilin terapi

Kini lilin hanya menjadi alat penerangan darurat yang sering digunakan apabila keadaan lampu/ listrik mengalami pemadaman.

Pada umumnya lilin mempunyai sebuah sumbu yang letaknya berada di bagian tengah kemudian dibungkus oleh lapisan lilin yang padat.

Selain berfungsi sebagai penerang ternyata lilin bisa juga digunakan untuk hiasan yang dapat mempercantik suasana dalam rumah kita.

Kamu juga bisa membuat kerajinan lilin hias sebagai salah hobi baru yang menyenangkan juga nantinya bisa dijadikan sebagai sebuah peluang usaha rumahan untuk bisa dipasarkan.


Jenis- Jenis Lilin Hias


Sebelum membahas tentang langkah- langkah dalam pembuatan lilin hias, ada baiknya kamu ketahui terlebih dahulu berbagai jenis dari kerajinan yang berbahan dasar lilin ini.

1. Lilin Makan Malam

Lilin ini adalah lilin yang paling sering digunakan pada meja makan malam, biasanya tetap dalam tempat lilin dan mempunyai bentuk silinder dengan sedikit meruncing ke arah atas. seperti dari namanya llilin ini sering ditempatkan pada makan tercipta suasana makan yang lebih romantis.

Lilin Makan Malam
www.dailybackgrounds.com

2. Lilin Pilar

Lilin pilar ini mempunyai kulit yang tebal serta berbentuk silinder sehingga terlihat seperti pilar tebal. Lilin ini dijadikan sebagai penerang agar bisa menghasilkan cahaya ambien dan untuk penempatannya bisa dimanapun di sekitaran rumah.

Ini adalah lilin terbaik yang biasa digunakan untuk sarana penerangan rumah dengan penahannya menggunakan lilin agar tidak panas pada saat memegangnya.

cara membuat lilin
indonesialilin.blogspot.com

Bila kamu mempunyai keahlian dalam seni ukir mengukir, maka tidak ada salahnya untuk memanfaatkan lilin ini menjadi sebuah karya seni tinggi yang memang tidak sembarang orang bisa melakukannya, karena tingkat dalam pegukiran lilin ini sangat sulit untuk di lakukan bagi mereka yang sama sekali belum mengetahui dasar- dasar dari seni ukir.

cara membuat lilin ukir
infoinfowisata.blogspot.com

Seperti yang dilakukan oleh Dedy Wirabuana dan Anton Awahyudi warga malang. Mereka telah berhasil memanfaatkan lilin dari yang tadinya hanya dipakai untuk penerangan darurat saja menjadi sebuah benda yang mempunyai nilai seni tinggi.

Sudah banyak pesananan terhadap seni ukir mereka baik dalam maupun luar negeri.

3. Lilin Beraroma

Lilin aroma fungsinya adalah sebagai penerangan juga yang lebih penting lagi sebagai pemberi ketenangan ketika lilin sudah mulai dinyalakan. Karena ketika dalam proses pembuatannya dicamppurkan dengan cairan parfum tertentu yang dapat menebarkan wewangian.

Baca Juga   Hiasan Jendela Kelas TK/PAUD dari Barang Bekas, Kertas Origami

Lilin ini  semakin popular dengan meningkatnya pengetahuan manusia akan manfaat dari aromaterapi sebagai sarana penenangkan diri.

Selain itu fungsi lilin ini semakin bermacam- macam, tidak hanya digunakan sebagai penenang, tetapi sudah banyak yang menggunakanya sebagai pelengkap sebuah acara, pada spa atau yoga, atau sebagai pewangi ruangan.

cara membuat lilin
butterflybeautyshop.wordpress.com

4. Lilin Mengambang

Lilin ini sengaja dibuat agar bisa mengambang dengan mudah di atas air. dengan mengambanya lilin tersebut dapat menciptakan suasana keunikan tersendiri, selain mengambang lilin ini bisa termasuk juga jenis lilin yang mempunyai aroma.

cara membuat lilin
www.bhmpics.com

5. Lilin Gel

Kalau Kita sudah tahu akan cara membuat slime pastilah tahu akan benda kenyal bernama gel. Pembuatan Lilin jenis ini terbuat dari  bahan yang tidak jauh berbeda dengan gel yang biasa dipakai sebagai bahan pembuatan slime.  Dengan bentuk yang dibuat transparan dan kenyal, Lilinn gel ini biasanya dituangkan dalam beberapa wadah dengan berbagai bentuk yang berbeda. Gel ini dibuat untuk mempertahankan bentuk dari lilinnya.

cara membuat lilin
www.jandccreations.com

6. Lilin Ulang Tahun

Lilin atau peniupan lilin menjadi salah satu rangkaian utama yang harus bahkan wajib adanya dalam susunan acara ulang tahun seseorang. Dengan adanya lilin ulang tahun beserta kue ulang tahunnya nya akan menjadikan orang yang sedang merayakan ulang tahun serasa menjadi orang yang paling istimewa pada hari itu.

Bentuk lilinnya bisa berupa angka dari usia orang yang sedang berulang tahun atau berupa lilin lilin kecil berwarna- warni yang digunakan untuk menghiasi kue ulang tahun.

lilin ulang tahun indah dan warna warni
hdwallpappernew.in

7. Flameless Lilin atau Lilin Elektrik

Kalau dilihat sekilas dan dari kejauhan lilin ini tidak ada bedanya dengan lilin- lilin yang biasa kita pakai untuk penerangan.

Tapi kalau di teliti lebih dekat lagi, maka kamu akan menemukan seuatu yang unik yang terdapat di lilin tersebut. Karena lilin ini adalah lilin elektrik berbentuk LED flameless yang dalam penggunaanya di design khusus untuk tidak menimbulkan kebakaran.

Penggunnaanya yang simple dengan hanya menekan tombol remote, sangat mudah untuk dibawa kemana- mana tanpa harus hawatir akan tetesan yang ditimbulkan pada lilin umumnya.

Lilin ini juga tanpa asap ataupun api tidak akan menimbulkan kecemasan apabila anak- anak tersayang kita berada di sekitar lilin tersebut.

Tentu dalam proses pembuatan lilin flameless ini sangat berbeda dengan lilin yang akan kita bahas cara pembauatannya.

cara membuat lilin
m.indonesian.alibaba.com

Cara Membuat Lilin Hias


Setelah kita mengetahui tentang berbagai macam lilin hias yang ada, kini saatnya kita membahas tentang cara cara pembuatan lilin hias. Semoga  beberapa macam lilin itu bisa dijadikan sebagai patokan untuk kita dalam membuat lilin seperti apa nantinya.

Bahan- bahan yang Digunakan

    1. Lilin bekas atau paraffin, yang banyak diperjual belikan di toko bangunan atau toko kimia.
cara membuat lilin
trisqie.wordpress.com
    2. Gelas kaca, ukuranya bebas yang penting kaca dan transparan, Disini kita memakai gelas ukuran kecil.
Baca Juga   Cara Membuat Slime Activator dengan Lem Fox Tanpa Borax
cara membuat lilin
santrigaul.net

3. Sumbu lilin ( dijual di toko- toko kerajinan ).

4. 2 buah panci kuku ukuran besar dan kecil.

5. Air.

6. Wewangian.

7. Zat pewarna.

8. Pengaduk dari kayu.

Cara Pembuatan

  1. Iris iris bahan lilin. Dengan mengiris- ngiris lilin menjadi bagiak kecil maka akan semakin cepat lilin tersebut untu meleleh, sekaligus memastikan bahan lilin tersebut dapat mencair secara bersamaan.
  2. Isi panci besar dengan air. pastikan panci besar tersebut dapat menampung wadah atau panci yang lebih kecil untuk melelehkan lilinnya. Jangan melelehkan lilin langsung dengan satu panci.
  3. Mencairkan bahan lilin. Nyalakan kompor atau sumber panas sampai air yang berada dalam panci besar mendidih. Air mendidih itu akan melelehkan  bahan lilin secara perlahan. Agar lebih cepat mencair kamu bisa mengaduk- aduknya menggunakan kayu pengaduk.
  4. Tambahkan wewagian. Pilihan wewangiannya terserah Kamu. Wewangian seperti minyak esensial dapat Kamu beli di toko bahan kerajinan terdekat. Sebelum mencampurkan wewangian terebut kamu harus mengecek terlebih dahulu petunjuk pemakaian dalam botol wewangian tersebut.
  5. Tambahkan zat pewarna. Zat pewarna yang dipakai adalah yang berbahan dasar minyak( bisa di beli di tok kerajinan, bangunan atau kimia) jangan menggunakan zat pewarna untuk makanan karena zat tersebut terbuat dari air dan  tidak cocok dengan lilin.
  6. Siapkan cetakan lilin. Selain gelas yang tadi sudah Kita sarankan, Kamu juga bisa memakai toples kaca kecil, cangkir teh bekas atau wadah apapun yang memang tahan akan panas. Letakan wadah cetakan diatas permukaan yang datar.
  7. Jepit sumbu lilin. Dengan menggunakan jemuran baju atau apaun benda yang bisa menjepit sumbu agar dapat tertancap ditengah balutan lilin.
  8. Tuangkan lilin secra perlahan. Secara perlahan- lahan hingga hampir menutupi permukaan dari wadah yang kamu gunakan.
  9. Biarkan lilin menjadi dingin. untuk lama waktu yang diperukan sampai lilin tersebut mengeras adalah selama 24 jam, semakin lama di dinginkan maka semakin baik hasillnya.
  10. Selesai. Lilin siap untuk di jadikan hiasan untuk memperindah suasana rumah atau dijadikan sebuah peluang usaha rumahan yang menyenangkan dalam pembuatannya.

Bila konten ini telah membantu kamu, alangkah lebih baik untuk membagikan konten ini kepada mereka yang sama- sama membutuhkan informasi terkait. Jangan lupa yah Bagikan!!! untuk Indonesia yang lebih baik lagi.

 

Semoga Bermanfaat & Jangan Lupa Shalawat

TERIMA KASIH

 

 

Cara Membuat Lilin Hias

1 thought on “Cara Membuat Lilin Hias Lengkap dengan Jenis- jenis Lilin Hias, Terapi

Leave a Comment