Cara Membuat Aquarium Sederhana dan Mudah untuk Ikan Hias Peliharaanmu

Cara Membuat Aquarium – Oke guys pada kesempatan kali ini Kita akan coba suguhkan artikel tentang cara membuat aquarium. hmmmm, membuat aquarium? emang mudah? Mudah banget guys, semudah membalikan kedua telapak tangan haha.

Tapi beneran, langkah ataupun cara yang akan Kita beritahukan disini adalah langkah-langkah yang sangat mudah untuk dipraktekan dengan bermodalkan beberapa peralatan yang nanti akan Saya sebutkan maka aquarium impianmu bisa tercipta dengan hasil buatan tanganmu sendiri.

cara membuat aquarium
okezone.com

Tentu Kita pernah melihat baik di televisi maupun ketika searching di google didapati beragam model aquarium yang kece dan unik abis. Pasti pengen kan punya aquarium yang seperti itu. Aquarium yang cantik yang bisa menampung keindahan ikan ikan hias yang akan Kita pelihara nantinya.

Dengan aquarium yang cantik maka aura dari ikan ikan hias Kita akan semakin terpancar dan bisa bikin takjub siapapun orang yang melihatnya. Wooow. Pasti mau kan!

Baik, tak usah lagi berbasa basi, mari Kita ikuti langkah demi langkah dari cara membuat aquarium ini dengan baik dan benar agar menciptakan aquarium yang indah lagi dapat dihuni oleh berbagai spesies ikan hias peliharaan Kita semua.

Cekidot guyss !!!

Bahan demi bahan yang diperlukan dalam membuat aquarium

cara membuat aquarium
homehivtestkit.com

Ingin punya aquarium cantik untuk koleksi ikan hiasmu? Kamu bisa melihat beragam produk aquarium yang telah Kami jual dengan desain yang cantik dan harga murah di halama berikut ini : Jual aquarium murah


Hal yang pertama kalian pasti pertanyakan adalah apa saja sih bahan dan peralatan yang diperlukan untuk membuat aquarium ini? Nah, semua pertanyaan yang masih membingungkan di dalam fikiran Kamu semua itu akan coba Saya beritahukan. Dan bahan bahan pembuatan aquarium adalah sebagai berikut :

1. Kaca

Kaca merupakan hal pertama yang harus Kamu sediakan. Karena tanpa Kaca pembuatan aquarium ini akan sia sia saja. Masa Kamu ingin membuat aquarium dengan menggunakan kertas? Kan sungguh mustahil. Bukan begitu? hehehe.

Kamu dapat menggunakan kaca dengan ketebalan yang disesuaikan dengan keinginanmu. Semakin tebal semakin bagus. Untuk ukurannya juga disesuaikan dengan budget atau ikan hias apa yang akan menempati aquarium buatanmu itu.

2. Lem silikon

Kegunaan lem silikon adalah sebagai perekat kaca. Lem silikon ini adalah jenis lem yang sangat cocok untuk membantu merekatkan kaca. Ingat!! jangan sampai memakai lem kertas karena itu merupakan hal yang sia sia belaka, karena pastinya kaca tidak akan merekat. :p

3. Alat lem tembak

Nah ini nih, alat bantu Kita dalam menuangkan lem ke setiap sudut kaca. Karena dengan adanya alat ini bisa mempermudah proses perekatan. Jika kamu tidak mempunyai alat ini, bisa juga membeli lem yang sudah dalam bentuk kemasan seperti odol. Kamu bisa membelinya di toko aquarium atau toko bangunan terdekat. Harganya palin sekitar 15,000 rupiah.

4. Pisau cutter

Kegunaan pisau cutter ini untuk merapihkan lem lem yang dalam penuangannya terecer kemana- mana yang dapat menyebabkan aquarium Kita terlihat rapi. Bisa juga Kita gunakan untuk memotong stiker (gambar pemandangan) yang biasa menghiasi bagian belakang luar aquarium.

5. Lakban

Kegunaan lakban dalam membuat aquarium adalah sebagai perekat gambar pemandangan yang nantinya ditempelkan di bagian belakan aquarium.

6. Mistar dan spidol

Tanpa kedua alat ini tentu langkah demi langkah dalam membuat aquarium tidak akan bisa rapih. Karena setiap sisi kaca yang akan kita satukan menjadi aquarium ini haruslah mempunyai ukuran yang sama dan itu tentu menggunakan mistar dan diberi garis dengan menggunakan spidol.

Baca Juga   Cara Mudah Membuat Slime dengan Shampo dan Mama Lemon

7. Alat pemotong kaca

Hehe, seharusnya alat pemotong kaca ini adalah hal pertama yang harus Kamu sediakan. Tapi karena kelupaan jadinya ditaro di posisi 7 aja. Pemotong kaca itu penting, karena kalau kacanya tidak dipotong potong maka Kita tidak dapat membuat aquarium. Beli aja di toko bangunan, pasti ada.

8. Obeng

Fungsi obeng adalah untuk mengetok ngetok kaca yang sudah di potong dengan menggunakan alat pemotong kaca. Karena apa? Karena, ketika melakukan pemotongan kaca biasanya kaca tidak dapat langsung putus begitu saja. Maka dari itu untuk membuat potongan kaca sempurna diperlukanlah obeng sebagai pengetuk pintu hati kaca agar terbelah. :p

Itulah kiranya beberapa alat dan bahan yang diperlukan dalam proses membuat aquarium. Bahan lain yang diperlukan sebagai tambahan adalah skimer,stiker (gambar pemandangan laut), batu karang dan penghias sesuai selera.

Semua bahan pembuatan aquarium tersebut tentu akan sangat mudah Kamu dapatkan di toko bangunan atau pasar terdekat.
Selanjutnya mari Kita melangkah ke tahap demi tahap proses pembuatan Aquarium.

Cekidot Guyss!!!

Langkah-langkah pembuatan aquarium

cara membuat aquarium
cuteanddog.xyz

Jika Kamu ingin membuat aquarium yang bagus, maka ikutilah langkah demi langkah pembuatan aquarium yang akan Kita beritahukan ini. Fokus, ikuti langkahnya dan Jangan lupa membaca bismillah dulu sebelum memulai pembuatan aquariumnya yah. Biar Varokah Vro.

1. Menentukan bentuk aquarium

Ini merupakan langkah pertama yang sangat penting. Fikirkan terlebih dahulu aquarium dengan bentuk seperti apa yang hendak Kamu buat. Apakah dengan bentuk aquarium yang umum seperti aquarium dengan bentuk kotak segi empat, segi enam, segi delapan, bulat dan tabung. Rasanya untuk aquarium bentuk tabung dan bulat susah membuatnya. Maka dari itu saran Saya buatlah aquarium yang biasa aja dulu yaitu aquarium dengan bentuk kotak atau persegi.

2. Menentukan ukuran aquarium

Setelah diketahui bentuk aquarium yang hendak Kamu buat, maka untuk langkah selanjutnya adalah menentukan ukurannya. Apakah ukurannya sebesar lapangan bola? :p atau dengan sesuai seleramu dengan mempertimbangkan ruang yang ada di di rumahmu juga jumlah dan jenis ikan yang akan menghuni indah aquariummu.

Jangan sampai kamu membuat aquarium dengan ukuran yang besar namun dihuni oleh ikan ikan hias kecil seperti cupang, ikan guppy, ikan sepat atau endol 😛 tentu itu akan terlihat kurang indah bagi siapapun yang melihatnya.

3. Memotong kaca

Betuk aquarium sudah ada dalam fikiran, ukurannya sudah ditentukan nah selanjutnya adalah memotong kaca demi kaca untuk mengaplikasikan bentuk aquarium yang akan Kamu buat tersebut.

Ingat !!! Langkah ini memerlukan ke hati- hatian. Karena kalau tidak hati- hati, ukuran kaca yang akan Kita potong ini bisa bisa ukuran setiap potong kacanya memiliki ukuran yang tidak sama. Dan juga hati- hati jangan sampai tajamnya serpihan kaca yang telah Kita potong tersebut agar tidak melukai tangan hati dan perasaan Kita. Uhuuwwee !!!

Berikut hal-hal yang harus diperhatikan dalam memotong kaca:

  • Sediakan meja atau alas yang datar untuk tempat Kita meletakan kaca.
  • sebelum dipotong, lembaran kaca dibuat pola dan tanda terlebih dahulu dengan spidol dan penggaris. Pembuatan tanda pemotongan tentunya sesuai dengan ukuran aquarium yang akan kamu buat.
  • Letakkan cairan pemotong kaca ke dalam alat pemotong kaca
  • Potong kaca sesuai dengan tanda yang sudah diberikan.
  • Potong jangan sampai putus, cukup kira-kira setengah dari ketebalan kaca, kemudian bisa kamu ketok saja dengan obeng maka kaca akan terbelah sempurna.
  • Ambil bekas potongan dan taro di tempat yang aman
Baca Juga   Cara Membuat Slime Activator dengan Lem Fox Tanpa Borax

4. Menghaluskan potongan kaca

Kaca yang telah Kamu potong ini tentulah sisi sisinya masih terasa kasar dan tajam. Maka dari itu jangan dulu direkatkan menggunakan lem, tapi cobalah untuk menghaluskannya terlebih dahulu dengan menggunakan gurinda atau batu asahan karbonrondum.

5. Tempelkan lakban di pinggir kaca yang akan menjadi alas aquarium

Penempelan lakban untuk berdirinya antara kaca yang satu dengan yang lain sehingga tidak bergeser. Kamu juga perlu menempel lakban di kaca selain alas, untuk membatasi agar lem silikon yang akan dioleskan nanti tidak merambat luas.

6. Lem pinggir kaca dengan lem silikon

Sebelumnya Kamu haruslah memasukan terlebih dahulu lem silikonnya ke dalam alat tembak lem. Atau kalau Kamu sudah membeli lem yang khusus buat kaca bisa langsung menuangkannya. Perlahan lahan aja biar ga kececer kemana mana.

7. Susun potongan-potongan kaca sesuai bentuk yang tadi anda tentukan

  • tempelkan kaca (dinding aquarium) yang telah dioleskan lem ke kaca yang dijadikan alas, tempelkan di atas lakban
  • lakukan hal yang sama saat menempelkan bagian dinding aquarium yang lain
  • tambahkan lem di sudut-sudut yang terbentuk agar lebih kuat.
  • tempelkan lakban antar dinding agar lebih kuat dan kaca tidak jatuh

8. Jika suka kering, buang lakban dan sisa lem

Di tahap ini kamu juga perlu mengecek apakah aquarium bocor atau tidak dengan cara memasukkan air. Proses ini juga sekalian membersihkan aquarium. Pastikan jangan menggunakan sabun saat membersihkan aquarium agar kualitas air untuk ikan terjaga.

9. Jika semua sudah ok, pasang sticker atau gambar sesuai selera

Kamu juga bisa meletakkan kerang dan penghias lainnya.

10. Letakkan skimer dan power head

Letakkan skimer di sisi kanan, kiri atau belakang aquarium dan power head di sisi kanan atau kiri aquarium dengan mondong menghadap ke tengah aquarium. Jangan lupa colokan listriknya juga disesuaikan.

11. Isi ikan dan air

Setelah selsesai semua langkah demi langkah kini saatnya untuk memasukan air dan juga ikan hias pilihan yang akan mengisi kehidupan aquarium Kamu.

Itu dia langkah demi langkah cara membuat aquarium. Mudah bukan? Kamu pasti bisa. Kini, aquarium indah hasil buatanmu sendiri bisa Kamu jadikan sebagai penghias ruangan rumahmu.

Apabila kurang jelas dengan cara membuat aquarium ini, bisa melihat video cara membuat aquarium berikut ini :

Selama menonton !!!

Leave a Comment