cara membuat kebun di halaman rumah

Cara Membuat Kebun Sederhana di Halaman Rumah

Berkebun di halaman rumah– Aloha Oncomers semua. Kita bertemu lagi pada artikel yang tak kalah menarik dan mecerdaskan lainnya yang ada di tutugon.com dan kali ini Oncoman akan memberikan inforsmasi tentang langkah lagkah dalam berkebun di halaman rumah.

Pastinya artikel ini akan sangat berguna bagi Oncomers semua yang begitu sangat ingin memanfaatkan lahan kosong untuk dijadikan perkebunan sederhana dengan berbagai tanaman di dalamnya.

Akan sangat indah bukan ketika di pagi hari membuka jendela rumah dan yang terlihat adalah deretan bunga- bunga cantik yang tersenyum indah menyapa setiap jiwa yang siap untuk mengawali paginya dengan penuh semangat. Atau dengan menanam pohon sayuran dan buah yang bisa dikonsumsi sebagai nutrisi yang bagus untuk keluarga tercinta kita.

Nah untuk membuat suasana halaman menjadi lebih indah dan bisa dimanfaatkan dengan maksimal maka Oncom man akan memberikan informasi tentang langkah apa saja yang harus di tempuh dalam membuat kebun sederhana di halaman rumah kita sendiri.

Dengan mengucap Bismillahirrohmanirrohiim, mari kita mulai untuk membuat kebun.

Buat Perencanaan Jenis Kebun Apa yang Akan di Buat.

berkebun di halaman rumah
www.cantal-anes.com

Hal yang  harus Oncomers semua  lakukan dalam membuat kebun sederhana adalah terlebih dahulu mengetahui fungsi dan tujuan yang menjadi alasan kita akan membuat kebun?

Terdapat 3 jenis kebun berdasarkan fungsi dan tujuannya yang bisa Oncomers tercinta terapkan dalam memanfaatkan lahan kosong/ halaman rumah.

1. Kebun Sayur dan Buah- buahan.

Kebun jenis ini tediri dari sayuran dan buah- buhan yang nantinya dapat menjadi konmsusi untuk keluarga tercinta kita sebagai asupan nutrisi atau vitamin yang baik.

2. Kebun Bunga.

Kebun ini cocok sekali bagi Oncomers tercinta yang begitu sangat menyukai kecantikan dari beragam bunga.
dengan menjadikan hamparan tanah kosong yang berada di sekitar rumah atau halaman kita menjadi kebun yang di dominasi oleh bunga- bunga hias nan indah maka suasana yang diciptakan akan terasa tenang.

Dalam hal ini kepribadian dan kondisi dari halaman Oncomers tercinta akan sangat mempengaruhi terhadap jenis kebun bunga yang nantinya akan di tanam.

3. Kebun Herbal.

Kebun herbal seringkali menjadi pelengkap baik kebun sayur ataupun kebun bunga. Selain keidahan dari aneka ragam bunga atau menghasilkan sayur dan buah- buahan, kebun juga bisa jidikan sebagai penyedia berbagai macam obat dan bumbu dapur.

Menentukan Tanaman dengan Mengetahui Kualitas Tanah.

berkebun di halaman rumah
www.popeti.com

Carilah informasi terhadap jenis tanaman apa yang bisa tumbuh dengan baik di wilayah Oncomers semua. Terdapat beberapa hal yang telah saya kutip dari berbagai website dalam mengetahui kualitas dari tanah yang ada di sekitar kita.

Hal ini dimaksudkan agar kita bisa tahu betul jenis tanaman apa yang paling cocok untuk ditanam di halalaman rumah kita.

1. Dengan Memperhatikan Rumput Yang Tumbuh.

Dengan cara ini Oncomers semua bisa menilai kualitas dari tanah yang ada di sekitar kita dengan cara memperhatikan rerumputan yang ada, kalau rumput tumbuh dengan subur maka sudah dapat dipastikan tanah tersebut subur karena di dalamnya terdapat banyak unsur sara.

2. Dengan Memperhatikan Kondisi Fisik Tanah.

Cara ini bisa dilakukan dengan cara memperhatiikan bentuk dari kondisi tanah. Dengan mengambil tanah tersebut kemudian gennggam erat, jika tanah tersebut tidak pecah dan terasa lengket itu berarti tanah tersebut baik dan subur untuk dipakai bercocok tanam.

Namun jika tanah itu pecah dan tidak lengket, maka sudah dapat dipasatikan tanah itu kurang kesuburannya.
Logikanya, Tanah yang kondisinya lengket dan tidak pecah memiliki kemampuan dalam menyimpan air dan tidak mudah melepaskan nutrisi.

Sedangkan kondisi tanah yang tidak lengket kemampuan untuk menyimpan airnya buruk dan mudah untuk melepaskan nutrisi sehingga kondisi tanah seperti ini tidak baik untuk dipakai bercocok tanam.

3. Dengan Memperhatikan Tumbuhan Pakis Kawat.

Apabila diatas tanah tersebut ditumbuhi dengan pakis kawat, maka sudah dapat dipastikan tanah tersebut kering dan kandungan unsur hara nya sangatlah sedikit karena tempat ideal untuk tumbuh tanaman pakis kawat adalah di atas permukaan tanah yang tandus.

4. Dengan Menanam Jagung.

Jangung adalah tanaman yang dapat dijadikan sebagai acuan yang baik untuk mengetahui tingkat kesuburan sebuah tanah. Caranya dengan menanam jangung pada tanah tersebut tanpa penggunaan pupuk.

Jika tanaman jagung dapat tumbuh dengan baik itu berarti tanah tersebut subur. Namun jika tanaman jagung itu kurus dan kerdil maka tanah tersebut  tidaklah cocok untuk dipakai bercocok tanam.

Persiapan Menanam.

berkebun di halaman rumah
www.childfaithconversation.com

Setelah menemukan tempat yang cocok untuk di tanami, kini saatnya untuk mulai mempersiapkan berbagai peralatan yang dapat mendukung kita berkebun. Berbagai kebutuhan itu bisa mudah kita dapatkan di berbagai toko peralatan rumah tangga, pusat pembibitan atau toko peralatan berkebun.

Dan yang dibutuhkan adalah sebagai berikut :

Benih atau Bibit tanaman.

Untuk pemilihan bibit kita bisa memilih antara benih/ biji atau bibit tanaman yang telah siap tanam. cek terlebih dahulu tanaman apa saja yang Oncomers semua sukai, lalu belilah benih sebanyak yang diinginkan untuk mengisi setiap bagian dari kebun kita.

Pupuk tanah dan Humus.

Ada berbagai jenis pupuk yang dapat membantu tanaman kita tetap sehat dan tumbuh subur, diantaranya adalah dengan menggunakan pupuk organik seperti tepung tulang yang terbuat dari tulang belulang ikan/ hewan.

Kompos dan Mulsa.

berkebun di halaman rumah
tanamanbawangmerah.blogspot.com

Untuk melindungi tanaman kita dari cuaca buruk serta suhu udara yang ekstrem terutama pada awal pertumbuhannya maka dibutuhkan pelindung dari bahan organik semacam sekam, jerami, serabut kelapa atau bisa juga dengan menggunakan bahan anorganik seperti Mulsa yang terbuat dari karet atau plastik.

Kompos dan mulsa bisa mudah dibeli di berbagai toko pertanian atau perkebunan.

Selang Penyemprot.

berkebun di halaman rumah menyirami
tanamanbawangmerah.blogspot.com

Sediakan selang penyemprot yang bisa dengan mudah diatur sehingga memungkinkan untuk membuat semprotan ringan untuk sekedar melembabkan atau semprotan penuh untuk menyirami tanaman.

Material untuk Membuat Pagar.

berkebun di halaman rumah
xfrog.com

Jika yang Oncomers semua adalah jenis kebun sayur maka haruslah membuat pagar yang mengelilingi kebun untuk melindungi tanaman dari gangguan hewan pemakan sayur seperti kelinci, tupai atau hewan peliharaan lainnya.

Peralatan Pengolah Tanah.

berkebun di halaman rumah
www.thirskgardencentre.co.uk

Jika kebun yang Oncomers semua akan buat sangat luas, maka Oncomers semua haruslah membeli atau menyewa alat pengolah tanah berupa traktor.

Namun untuk lahan yang kecil maka cukup dengan menggunakan penggaruk tanah dan cangkul saja. Penggunaan sekop ujung lancip dan ujung datar juga dapat digunakan untuk memudahkan dalam penggalian lubang yang akan ditempati bibit/ biji tanaman.

Mulai untuk Menanami Kebun.

berkebun di halaman rumah
xfrog.com

Setelah semua telah diperiapkan baik itu perlengkapan pembantu ataupun lokasi mana yang cocok untuk kita tanami, maka langkah selanjutnya  yaitu mulai untuk melakukan cocok tanam.

1. Penanaman Biji/ Benih.

Untuk melakukan penanaman biji atau benih pertama yang harus Oncomers semua lakukan adalah menggali beberapa lubang dengan menggunakan sekop ujung datar yang nantinya lubang ini akan menjadi tempat benih/ biji. berikan jarak antara lubang satu dengan lubang lainnya dan pastikan juga kedalaman dan lebar dari lubang itu harus sesuai dengan kebutuhan dari setiap tanaman.

Masukan Biji/ Benih tanaman ke dalam lubang yang telah digali, kemudian tutuplah lubang itu dengan menggunakan tanah dan tepuk- tepuk tanah dengan pelang.

2. Pemberian Pupuk.

Setelah melakukan penanaman pupuk yang selanjutnya harus dilakukan adalah dengan memberikan pupuk kepada setiap tanaman, namun kebutuhan pupuk dalam setiap tanaman berbeda- beda, terkadang ada jenis tanaman yang membutuhkan banyak pupuk daripada tanaman lain oleh karena itu pastikan pupuk yang Oncomers semua tepat penggunaannya.

3. Tambahkan Kompos, Mulsa atau Humus.

Terdapat beberapa jenis tanaman yang dalam pemeliharaannya harus ditutupi dengan kompos, humus atau mulsa dengan cukup tebal. Penggunaan kompos, Humus dan Mulsa bertujuan untuk melindungi benih/ biji selama proses petumbuhan.

4. Penyiraman.

Bila telah selesai menanam dan melakukan perawatan tanah, siramilah menggunakkan selang penyemprot secara rutin setiap hari dari area kebun yang sudah kita tanami dengan bibit/ benih.

5. Hilangkan Rumput Liar.

Dengan adanya rumput liar yang tumbuh di sekitar tanaman yang kita tanam maka nutrisi yang didapatkan oleh tanaman kita akan sedikit karena nutrisi dari tanah tersebut sudah terbagi dengan rumput liar yang ada di sekitar tanaman oleh karena itu hilangkan rumput liar dengan rutin setiap hari untuk memastikan tanaman kita mendapat kan nutrisi yang cukup dari tanah.

Nah itulah tadi langkah yang tepat untuk bisa Oncomers semua pakai jikalau akan membuat sebuah kebun yang berada di halaman rumah kita, dengan adanya kebun dengan beragam tanaman dan bunga akan menjadikan halaman kita terlihat sangat asri dan sejuk.

Sekian dan Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya. Oncom man pamit dan jangan lupa 3B 1Y Baca Baru Bagikan Yaaaa !!! Untuk Indonesia yang lebih baik adil dan beradab.

1 thought on “Cara Membuat Kebun Sederhana di Halaman Rumah

Leave a Comment

%d bloggers like this: