arti warna warna ilmu psikologi

Arti Warna Menurut Ilmu Psikologi

Arti warna – Bersyukur kita telah dianugerahkan oleh Tuhan berupa indera penglihatan. Dengan indera penglihatan itu kita bisa melihat beragam keindahan yang Tuhan telah ciptakan.

Tidak terbayang betapa banyaknya keindahan yang Allah swt telah ciptakan sehingga kita bisa dengan mudah menikmati kenidahan tersebut. Dan diatara sekian banyak keidahan yang kita dapat lihat melalui adanya indera penglihatan adalah adanya beragam warna yang bisa kita lihat.

Ada beragam warna yang bisa kita lihat dan bedakan. dari mulai warna dasar seperti warna merah biru dan kuning.

Kemudian ada warna sekunder yang terdiri dari warna hasil campuran antara 2 jenis warna dasar yaitu Kuning + Merah = Oranye.

Ada juga warna Tersier yang merupakan hasil dari pencapuran warna sekunder dengan satu jenis warna primer. Merah + Oranye = Merah- Oranye.

arti warna warna ilmu psikologi
Psikologi warna || 500px.com

Warna- warna tersebut mempunyai pengaruh dan manfaat dalam kehidupan ini. Warna tidak hanya mampu memberikan sebuah kesan keindahan, tetapi juga dapat membuat kita lebih baik, menigkatkan kekuatan atau energi bahkan juga dapat meenimbulkan efek menyedihkan.

Dalam ilmu psikologi barat, ilmu yang menyangkut tentang pengenalan warna biasa disebut dengan Colour Psychology. Dalam Wikipedia juga disebutkan bahwa psikologi warna merupakan penentu tingkah laku manusia.

Warna pada dunia Psikologi dikenal sebagai salah satu metoda pengobatan dari penyakit psikologis, metoda terapi dengan menggunakan warna ini dikenal dengan Chromotherapi.

Warna menjadi sangat penting dalam perkembangannya terutama dalam memberi kesan positif pada diri kita,
Oleh karenanya kita perlu tahu akan warna- warna berikut yang memiliki kesan berbeda dalam penggunaanya.

Dan berikut beberapa pengertian warna yang diambil dari sudut pandang ilmu psikologi.

Baca Juga :

 


Psikologi Arti Warna Putih


Positif  : Kebersihan, kesucian, kejelasan, kebersihan, kesederhanaan, kemurnian, kecanggihan, efisiensi.

Negatif : Sterility, dingin, kemasaman , hambatan, elitisme.

psikologi warna putih
psikologi warna putih || 500px

Filosofi warna putih bisa menghasilkan sebuah efek meredakan rasa nyeri, steril dan menghadirkan aura keterbukaan juga kebebasan.

Alasan inilah yang menjadi dasar dari kebanyakan rumah sakit dan para pekerja rumah sakit meng-identikan diri dengan warna putih.

Disisi lain, cahaya yang dipantulkan warna ini dapat menimbulkan efek sakit kepala dan kelelahan pada mata apabila dalam pemakaiaannya berlebihan.

Kesan minimalis dan simpel terpancar dari penggunaan warna ini. Warna putih yang digunakan dengan tepat juga dapat memberikan efek keyakinan terhadap kualitas yang tidak bisa diragukan lagi.

Dalam Islam putih berarti suci dan bersih. Warna putih sering dipakai oleh para alim ulama dalam menjalankan ibadah.

Para jemaah haji yang berangkat ketanah suci diwajibkan untuk memakai pakaian yang serba putih, hal ini menandakan kesucian yang terpacancar dari warna tersebut.

Dan warna putih juga adalah warna yang biasa dipakai oleh orang yang meninggal atau disebut dengan kain kafan. Alasan dari kain kafan harus berwarna putih adalah karena simbol dari orang meninggal adalah putih dan putih berarti suci.

Warna putih pada awan menjadi pemisah waktu solat antara solat isya dengan soalt tahajud juga menjadi pemisah antara solat tahajud dengan solat subuh.


Psikologi Arti Warna Merah


Positif : Keberanian fisik, kehangatan, kekuatan, energi, Kelangsungan hidup dasar, kegembiraan.

Negatif : Defiance, Agresi.

psikologi warna warna
psikologi warna merah || 500px.com

 

Merah adalah warna yang terlihat kuat meskipun tidak secara teknis paling terlihat. warna merah memiliki kekuatan untuk dapat tampil lebih dekat daripada warna lain, oleh sebab itu pengguna warna merah mampu mencuri pandangan pertama kita.

Itupula yang membuat warna merah dianggap efektip dalam mengatur jalannya lalu lintas dan dipakai sebagai lampu lalu lintas yang ada di seluruh dunia.

Makna Warna merah mempunyai banyak pengertian, mulai dari cinta yang mengggairahkan, warna yang terlihat menarik dan sexy, hingga berkesan terhadap kekerasan perang.

Penelitan menunjukan dengan menatap warna merah dapat meningkatkan detak jantung dan menjadikan kita bernafas lebih cepat.

Untuk memberikan kesan yang kuat dalam sebuah desain pemilihan warnna merah sangatlah tepat karena warna merah memiliki sifat yang kuat.

Dalam islam warna merah diidentikan dengan warna yang ada pada api neraka yang membara.

Warna merah (sebagai awan ) bisa dijadikan sebagai patokan sudah masuknya waktu solat magrib (diufuk barat) dan solat magrib (diufuk timur).


Psikologi Arti Warna Kuning


Positif : Optimis, harga diri, kepercayaan diri, kekuatan emosional, keramahan, kreatifitas.

Negatif : Irasionalitas, kerapuhan, ketakutan, emosional depresi, kecemasan.

psikologi warna kuning
psikologi warna kuning || 500px.com

Kuning adalah warna yang ceria, suasana penuh suka cita, melukiskan kegembiraan, berenergi dan atusiasme.

Secara alami kuning mampu memberikan dampak psikologi berupa kegembiraan. Kegembiraan yang ditimbulkan dari warna ini adalah yang paling besar jika dibandingkan dengan warna lainnya. Warna ini juga dapat menarik perhatian meskipun tidak sampai sebesar yang dihasilkan oleh warna merah.

Childis atau sifat kekanak- kanakan pelambangan yang sesuai dengan warna ini.

Warna ini dapat memberi inspirasi, mamancarkan kehangatan, kemampuan intelektual serta mendorong pengekspresian diri.

Warna kuning dapat mencakup makna kekeluargaan, persahabatan, santai, keleluasaan, spontanitas, mendominasi, toleran, cita- cita, rasa ingin tahu, optimisme, kreativitas, keramahan, masa muda, semangat yang tinggi serta kedermawanan.

Sisi negatif dari warna kuning ini akan memberikan penilaian kurang dapat dipercaya serta sikap yang berubah-ubah.

Dalam dunia desain grafis kuning bisa digunakan untuk memperkenalkan produk atau ciptaan baru.

Sedangkan dalam sudut pandang islam warna kuning menjadi pertanda akan waktu tengah malam yaitu waktu yang sangat tepat untuk dapat menunaikan ibadah solat sunnah tahajud.


Psikologi Arti Warna Hijau


Positif : Harmony, penyegaran, keseimbangan, cinta universal, pemulihan, istirahat, jaminan, kesadaran.

Negatif : kebosanan, kelemasan.

ilmu psikologi warna warna
psikologi warna hijau || 500px.com

Warna hijau termasuk warna yang tenang, biasanya identik dengan warna dari lingkungan hidup semacam tumbuh- tumbuhan. Di dalam dunia desain warna hijau selalu dipakaii untuk bisa memberikan kesan segar dan fresh. Dengan kombinasi antara warna hijau dan cokelat gelap makan akan mendapatkan kesan nuansa alami serta membumi layaknya tumbuhan yang menyatu dengan tanah.

Pengertian warna Hijau dalam sudut pandang agama islam warna hijau menjadi perlambang akan warna dari syurga, karena insya Allah warna hijau akan menjadi warna dari pakaian ahli surga.


Psikologi Arti Warna Biru


Positif : Kecerdasan, kepercayaan, komunikasi, efisiensi, ketenangan, tugas, logika, kesejukan, sensitif, refleksi dan tenang.

Negatif : Dingin, sikap acuh tak acuh, kurang emosi, kemasaman.

psikologi warna warna
psikologi warna biru || wallpapercave.com

Dalam warna biru menggambarkan kesan profesionalisme namun juga menyiratkan ketenangan juga ketulusan. Selain itu ada juga yang mengarttikan warna biru sebagai kekuasaan dan otoritas. Oleh karena itu, warna biru banyak digunakan pada institusi.


Psikologi Arti Warna Hitam


Kecanggihan, keamanan, glamour, keselamatan emosional. efisiensi dan subtansi.

Negatif : Penindasan, ancaman, dingin dan berat.

psikologi warna hitam
Psikologi warna hitam || 500px.com

Hitam menjadi perlambang dari rasa duka dan murung hal itu bisa dilihat ketika terdapat seseorang yang meninggal, kebiasaan yang terjadi adalah dengan memakai pakaian yang serba hitam.


Psikologi Arti Warna Cokelat


Positif  : Keseriusan, kehangatan, membumi, dukungan, kehandalan.

Negatif : Kurangnya humor, kurangnya kecanggihan, berat.

psikologi warna coklat
psikologi warna cokkelat || 500px.com

Coketlat biasanya terdiri dari perpaduan warna antara merah dan kuning. Walauun berkesan tua namun cokelat memiliki kesan yang hangat, sederhana dan maskulin. Warna cokelat pun sering ditemui berada pada produk- produk yang kaitannya masih dengan alam terbuka.

Itulah tadi beberapa arti dari warn warna menurut ilmu psikologi, so diantara warna- warna tersebut manakah  warna yang dirasa  kamu banget 🙂 . kalau oncom man si paling suka sama warna biru terus hitam terus putih kuning juga merah apalagi hehehe.

Terima kasih.

– ARTI WARNA –

 

Leave a Comment

%d bloggers like this: