Amalan Khusu malam jumat

Amalan Malam Jumat yang Akan Membuat Malamu Semakin Syahdu dan Romantis

 Amalan Malam jumat – Jumat merupakan hari agung yang telah disebut oleh Rasululloh Saw sebagai Sayyidul ayyam. Artinya di dalam hari jumat ini terdapat banyak keistimewaan bagi suami, istri dan juga bagi teruntuk semua orang islam yang melaksanakan amalan amalan di hari jum’at ini.

Berbeda dengan perhitungan masehi yang memulai hari baru saat tengah malam, kalender hijriyah memulai hari sejak datangnya waktu maghrib. Dengan demikian malam jum’at merupakan bagian dari hari jum’at.

Jika nama- nama hari lain menunjukan urutan angka ahad artinya hari pertama, itsnain atau senin hari kedua, tsulatsa hari ke tiga, arbi’a atau rabu hari keempat dan khamisatu  hari kelima maka jum’at adalah jumlah dari semuanya.

Sebagaimana yang telah disebutkan dalam sebuah riwayat “Jum’at diambil dari kata jama’a yang mempunyai arti berkumpul, yaitu hari pertemuan Nabi Adam dan Siti Hawa di Jabal Rahmah setelah lama terpisahkan”.

Salah satu bukti akan keistimewaan hari jum’at adalah diwajibkannya shalat jum’at bagi laki- laki, yaitu shalat dzuhur yang dilakukan secara berjama’ah pada hari Jum’at sering disebut jum’atan.Bahkan mandi di hari jum’at pun mengandung unsur ibadah didalamnya, karena hukumnya sunnah.

 

Amalan khusus malam jumat
www.wallpaperislami.com

Sebagian amal yang disunnahkan pada hari jum’at, bisa juga dilakaksanakan pada malam jum’atnya. Hal inilah yang dimaksud dengan amalan sunnah pada malam jum’at.

Di Indonesia sendiri malam jum’at sering di identikan dengan sebuah ” kegiatan tertentu”. Anggapan itu adalah sebuah kesalah pahaman tentang amalan sunnah yang dilakukan pada malam jum’at.

Menurut para Ulama, tidak ada satupun ayat yang menerangkan bahwa “kegiatan tertentu” tersebut merupakan sebuah amalan yang sunnah dilakukan pada malam jum’at, yang ada adalah hadits tentang sunnah mandi sebelum melaksanakan shalat jumat.

Mungkin adanya hadits tersebut dihubung- hubungkan dengan “kegiatan  tertentu” pada malam jum’at. Beredar pula bahwa “kegiatan tertentu” mempunyai kesamaman dengan “membunuh sekian ribu orang yahudi ” dan hal itu sama sekali tidak berdasarkan dalil yang ada pada Al- Qur’an ataupun Hadits.


Amalan yang di Sunnahkan untuk di lakukan

amalan malam jumat
www.ebay.com

 

Ada banyak sekali amalan- amalan yang memang sunnah di lakukan pada malam jumat , asalkan itu semua bernilai sebuah kebaikan yang akan menjadi tabungan pahala bagi seorang yang mengamalkannya nanti.

    1. Membaca Surat Yasin

Surat yasin adalah surat yang ke 36 dan  terdiri dari 83 ayat, banyak sekali  manfaat yang terkandung didalamnya hal itulah yang menjadi sebab surat ini  menjadi tradisi di kalangan Nahdiyyin untuk selalu dibaca pada malam jum’at.

Tapi ada sebagian kalangan umat islam yang menganggap bahwa membaca surat yasin pada malam jumat tidaklah dianjurkan oleh Rosululloh Saw.

Baca Juga   Mungkin Dia [ Istri ] Lelah. Yuk ah, Kenali 9 Ciri Istri Butuh Piknik
amalan khusu malam juat
santrikami.blogspot.com

 

Riwayat hadist tentang keutamaan membaca surat Yasin sebagiannya adalah sahih, ada juga yang hasan, dhaif atau maudlu ( Palsu ), akan tetapi karena Surat Yasin adalah sebuah surat yang di amalkan oleh warga NU dalam setiap acara tahlil dan bahkan banyak dari mereka yang hafal akan surat ini kendati-pun mereka buta akan huruf Arab.

Maka hal ini memancing reaksi yang berlebih dari kelompok yang memang anti terhadap tahlil dengan mengungkap hadis- hadis oalsu dan dlaif dari surat Yasin, padahal pada hakekatnya mereka juga tahu bahwa banyak fadilah dalam surat Yasin yang terdapat riwayat sahihnya.

Sebagaimana riwayat berikut :

“Diriwayatkan dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah Saw bersabda: Barangsiapa yang  membaca Surat Yasin di malam hari sambil mengharap rida Allah, maka ia diampuni” (HR al-Baihaqi dalam Syu’ab al-Iman No 2464, al-Thabrani dalam al-Ausath No 3509, al-Darimi No 3417, Abu Nuaim dalam al-Hilyat II/159, Khatib al-Baghdadi X/257 dan Ibnu Hibban No 2574).

Hadis ini banyak di klaim sebagai hadis palsu, khususnya di besarkan- besarkan oleh kelompok yang tidak menyukai tahlil karena hampir disetiap acara tahlilan terlebih dahulu membaca Surat Yasin bersama atau dibaca saat berziarah kubur.

Untuk membantahnya kami paparkan pendapat ulama dari kalangan mereka sendiri yang juga begitu dikagumi oleh mereka, yaitu Muhammad bin Ali al-Syaukani. Ia berkata:

“Hadis yang berbunyi: ‘Barangsiapa membaca Surat Yasin seraya mengharap rida Allah, maka ia diampuni’ diriwayatkan oleh al-Baihaqi dari Abu Hurairah secara marfu’, sanadnya sesuai kriteria hadis sahih. Juga diriwayatkan oleh Abu Nuaim dan Khatib (al-Baghdadi). Maka tidak ada jalan untuk mencantumkannya dalam kitab-kitab hadis palsu!” (al-Fawaid al-Majmu’ah I/302)

   2. Memperbanyak Bacaan Shalawat

amalan khusus malam jumat
wallpaperstone.blogspot.com

 

Hal ini berdasarkan  hadits Nabi shallallahu ‘alaihi wassalam,

“Sesungguhnya di antara hari-hari kalian yang paling mulia adalah hari Jum’at. Karena itu, perbanyaklah bershalawat kepadaku pada hari itu karena shalawat kalian akan ditampakkan kepadaku.” (HR. Abu Dawud dalam as-Sunan no. 1528 dari Aus bin Aus radhiyallahu ‘anhu. An-Nawawi rahimahullah dalam Riyadhus Shalihin menyatakannya shahih)

  3. Membaca Surat Al- Kahfi

amalan Khusus malam jumat
yaumma.ru

 

Landasannya adalah atsar Abu Sa’id al-Khudri radhiyallahu ‘anhu, beliau berkata,

“Barangsiapa membaca surat al-Kahfi pada hari Jum’at, akan bersinar baginya cahaya antara dirinya dan Baitul Haram.” (Riwayat al-Baihaqi dalam asy-Syu’ab dan dinyatakan shahih oleh al-’Allamah al-Albani dalam Shahih al-Jami’)

  4. Disunnahkan untuk Membaca Surat As-sajdah dan Ad- dahr ( Al- Insan) pada Waktu Shalat Subuh di hari Jumat

Hal ini berlandaskan hadits riwayat Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wassalam membaca pada waktu shalat subuh di hari Jum’at “Alam tanziil” (surat as-Sajdah) dan “Hal ataa ‘alal insaan” (surat ad-Dahr). (Shahih al-Bukhari no. 891)

Baca Juga   Kupas Tuntas Sejarah Islam Indonesia Lengkap

Disebutkan hikmah dari disyariatkannya membaca dua surat ini karena keduanya mempunyai isyarat tentang proses Nabi Adam diciptakan yang kejadiannya pada hari Jum’at dan adanya isyarat tentang keadaan hari kiamat yang akan terjadi pada hari Jum’at. (lihat Fathul Bari 2/379)


Larangan-larangan Pada Hari Jum’at

Amalan Khusus Malam jumat
nasional.republika.co.id

 

Selain hal- hal yang memang sudah disunnahkan adalagi amalan yang dilarang untuk dilakukan pada malam jum’at ataupun siang harinya. Berikut rinciannya :

  1. Dilarang mengkhususkan malam Jum’at untuk  melaksanakan shalat malam.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wassalam bersabda,

“Janganlah kalian mengkhususkan malam Jum’at untuk shalat malam di antara malam-malam yang ada.”

  2. Larangan mengkhususkan puasa pada hari jum’atnya.

Nabi shallallahu ‘alaihi wassalam bersabda,

“Janganlah kalian mengkhususkan hari Jum’at dengan puasa di antara hari-hari yang ada kecuali (bertepatan) dengan puasa yang biasa dilakukan oleh salah seorang dari kalian.” (HR. Muslim dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu)

Demikian pula hadits Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata,

“Aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wassalam bersabda, “Janganlah  kalian puasa di hari Jum’at kecuali (bersama) sehari sebelumnya atau setelahnya’.” (Muttafaqun ‘alaih)

Adapun hikmah dengan dilarangnya puasa pada hari Jum’at dikarenakan pada hari itu di anjurkan untuk memperbanyak ibadah, yaitu zikir, doa, tilawah al-Qur’an, serta shalawat kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wassalam.

Oleh karena itu, seseorang dianjurkan untuk  tidak berpuasa agar bisa menopang amalan-amalan tersebut dengan semangat tanpa adanya rasa bosan dalam pelaksanaanya.

Hal ini sama dengan jamaah haji yang sedang melakukan  wukuf di Padang Arafah yang disunnahkan untuk tidak berpuasa karena hikmah tersebut.

Ada pula ulama yang menyebutkan hikmah yang lain, yaitu karena hari Jum’at adalah hari raya yang harus dihormati, dan pada hari raya ini tidaklah boleh berpuasa.

Demikian pula di antara hikmahnya adalah untuk menyelisihi orang-orang Yahudi karena mereka mengkhususkan hari raya mereka untuk puasa. Wallahu a’lam. (Diringkas dari kitab Ahaditsul Jumu’ah hlm. 47-48).

 

Amalan Malam Jum’at

Leave a Comment