7+ Evolusi Terbaru dan Terlezat dari Jajanan Sekolahan Berbahan dasar Aci Bernama Cilok

7+ Evolusi Terbaru dan Terlezat dari Jajanan Sekolahan Berbahan dasar Aci Bernama Cilok

Jajanan sekolahan anak – Jenis jajanan itu banyak sekali. Setuju? Coba saja Kita berjalan- jalan ke area sekolahan, maka disitu akan banyak Kita temui berbagai macam jajanan yang dijajakan dan bisa Kamu pilih sesuai dengaan seleramu.

Dari mulai minuman es berupa es krim, po ice, ice jeruk, ice kelapa muda, cendol dan beragam minuman lainya. Makanan pun tak kalah beragam ada roti burger, pizza mini, batagor, baso tahu, mpe- mpe mie ayam sampai cakue dan banyak lagi macam lainnya yang akan membuat Kita ngiler dan ingin segera menikmatinya.

Salah satu jajanan legenda yang pastinya sangat disukai oleh berbagai kalangan usia mulai dari anak kecil sampai dewasa adalah makanan yang berbahan dasar aci (tepung kanji). Makanan yang berbahan dasar aci ini bertekstur kenyal dan rasanya gurih sangat cocok bila dicampur dengan saus dan kecap juga bumbu pedas bernama aida.

Makanan berbahan dasar tepung kanji yang biasa disebut dengan aci kalau di daerah sunda ini memiliki banyak bentuk, ber-evolusi dan semakin hariSemakin bervariasi. Hal ini menunjukan betapa kreatifnya pedagang yang berasal dari daerah sunda dalam membuat inovasi dalam berjualannya agar tetap trendi dan dapat dinikmati para pembeli.

Mau tau apa saja jajanan yang berbahan dasar aci? Berikut beberapa penampakan jajanan tersebut yang pastinya akan membuat air liur kamu meleleh leleh hihihi.

1. Cilok (Aci di Colok)

jajanan anak cilok
dailymuslim.com

Salah satu Kota di Jawa barat yang banyak menjual jajanan yang enak enak ada di Tasikmalaya. Kamu harus tahu berbagai macam makanan khas di Kota yang terkenal dengan sebutan kota santri ini(tapi dulu). Cek artikel berikut ini : Makanan Khas Tasikmalaya 


Cilok kepanjangan dari aci dicolok (ditusuk) mungkin jajanan inilah yang menjadi cikal bakal ditemukanya beragam makanan yang berbahan dasar aci (tepung kanji). Lain dengan jenis jajanan sejenisnya yang kemunculannya baru di era tahuh 2000-an, cilok ini sudah eksis semenjak tahun 90.
Tekstur nya yang kenyal kenyal dilidah membuat jenis jajanan ini tetap eksis dari tahun ke tahun.

Mungkin Kita pernah tahu dan merasakan suatu jenis jajanan yang sama sama lahir di tahun 90-an yang kini keberadaannya sudah jarang ditemukan atau menghilang ditelan jaman.

Meskipun pada kenyataannya cilok ini sudah tidak lagi se-original pada waktu pertama kali lahir kedunia. Karena dulu, asal muasal nama cilok ini dikarenakan dalam penyajiannya dengan ditusuk menggunakan bambu seperti layaknya sate. Tapi seiring dengan perkembangan zaman cilok ini sudah tak memakai bambu yang menusuk di badannya.

Kini, untuk menikmati kekenyalan dan rasa gurih cilok ini para pedagang menggunakan plastik untuk mewadahi jajanan yang botak tak berambut dan dilumuri dengan sauce dan kecap ini (sesekali ada yang pake bumbu kacang juga). Memang rasanya enak. Diusia yang sudah 26 tahun inipun Saya tanpa malu membeli cilok yang acap kali melewati pelataran rumah di malam hari.

2. Cimol (Aci di gemol)

jajanan anak cimol
dailymuslim.com

Sebenarnya cimol dan cilok hampir sama. Aci atau tepung kanji dibuat menjadi bulat-bulat. Yang jadi pembedanya adalah jika cilok dimasak dengan cara direbus atau dikukus. Sedangkan cimol dimasak dengan cara digoreng.

Bumbu yang digunakan juga berbeda. Jika cilok terkesan menggunakan bumbu basah berupa kecap, saus atau bumbu kacang sedangkan cimol justru terlihat kering dan hanya menggunakan penyedap rasadan bubuk cabe sebagai bumbunya. Paling pas makan cimol dalam keadaan hangat.

Kenapa namanya cimol? Mungkin karena bentuknya yang kecil dan liat menjadikan cara makannya haruslah sedikit sedikit dengan cara digemol gemol.

3. Cireng (Aci di goreng)

jajanan cireng
dailymuslim.com

Masih satu keturunan dengan cimol, cireng juga sebuah jajanan berbahan dasar aci yang cara pembuatannya digoreng. Bedanya, cireng tidak dibentuk bulat-bulat dan agak tebal. Salah satu jenis cireng yang namanya sudah terkenal adalah ‘Cireng isi Bandung’ yang didalamya terdapat isian rempah rempah berbagai rasa dari mulai keju, balado, original saus kacang yang gurih dan nikmat.

Bisanya cireng juga disajikan dengan saus cocol berupa saus kacang atau saus sambal biasa, namun sekarang ada juga yang disajikan dengan bumbu rujak manis, asin, asam, pedas.

4. Cilung (Aci di gulung)

jajanan anak cillung
dailymuslim.com

Jajanan ini merupakan salah satu jajanan baru yang terkenal disekitar tahun 2010. Aci yang dicampur dengan telur, digoreng sebentar kemudian digulung dengan memakai tusukan dari bambu. Biasanya disajikan dengan saus pedas ataupun bubuk cabai juga abon.

Jajanan yang satu ini kalau di daerah jawa sama persis seperti sempolan. Dari cara penyajiannya yang ditusuk dan dengan menggunakan bahan dasar yang juga sama yaitu aci dan telur yang menyelimuti aci tersebut.

5. Cilor ( Aci dan Telor )

jajanan anak cilor
dailymuslim.com

Hampir mirip dengan cilung yang dicampur dengan telur, namun cilor disajikan seperti cilok bulat-bulat kemudian barulah dicelupkan pada telur dan digoreng kembali. Disajikan dengan saus sambal yang encer. Sangat nikmat, gurih dan kan bikin ketagihan.

6. Cibay (Cilok Ngambay)

jajanan cibay
dailymuslim.com

Mungkin masih banyak orang yang tidak mengenal jenis jajanan ini. Wajar saja, karena jenis jajanan ini baru terlahir ke alam dunia pada tahun 2016 an. Sebagai hasil kreasi dari pedagang yang maksud hati ingin membuat cireng tapi apadaya malah bahan baku utamanya yaitu aci (tepung kanji) malah ngambay(meleleh) maka dari itu jadilah cibay. hihihih

Cibay dibuat hampir mirip dengan keroket. Diluarnya cibay dilapisi oleh kulit lumpia yang renyah, dalamnya adonan aci yang telah dicampur dengan daging, sosis dan lain sebagainya. Jananan ini bertekstur renyah diluar lembut didalam.

7. Cigor (Cilok Goreng)

jajanan anak cigor
dailymuslim.com

Awalnya adalah cilok biasa yang dikukus atau direbus, namun kemudian di goreng sehingga memiliki tekstur renyah. Biasanya dilumuri dengan bumbu kacang dan bubuk cabai juga bawang goreng. Cigor dijual dengan cara sudah ditusuk oleh tusukan bambu (semacam sate) sehingga mudah untuk dimakan.

8. Cigo (Cilok Goang)

jajanan sekolahan cilok goang
dailymuslim.com

Inilah evolusi terbaru dan luarbiasa dari cilok. Dari mulai dicolok saja kemudian di bungkus plastik hingga akhirnya menuju ke tahapan sempurna dengan rasa dan tampilan cilok yang berbeda.

Banyak versi dari makanan ini. Pada dasarnya cilok goang disajikan mirip dengan bakso. Berkuah dan disandingkan dengan tahu kukus dan ceker ayam. Goang sendiri berasal dari saus cabai (cengek) berewarna hijau. Pas dinikmati sore hari, pada saat masih panas.

Wah, banyak juga yah jajanan yang berasal dari aci. Hayo punya ide lain untuk mengembangkan jenis cilok selanjutnya?

7+ Kuliner, Makanan dan Oleh oleh Khas Tasikmalaya yang Paling Berjaya

7+ Kuliner, Makanan dan Oleh oleh Khas Tasikmalaya yang Paling Berjaya

Makanan Khas Tasikmalaya– Hey Tasikmalaya punya banyak kuliner yang khas dan lezat lho. Udah pada tahu belum? Gak kalah sama daerah lainnya yang mengunggulkan makanan khas dari daerahnya masing – masing, Tasikmalaya juga punya makanan yang telah banyak menjadi incaran para pemburu kuliner.

Mau tau apa aja?

Di Kota yang terkenal dengan sebutan Kota Santri ini (Zaman dahulu) kamu semua akan menemukan banyak makanan yang unik khas dan gak bakalan ditemui di berbagai Kota manapun. Beneran

Selain dikenal dengan aneka ragam makanan khasnya, Kota Tasikmalaya yang letaknya berdampingan dengan Kota Garut dan Kota Ciamis ini mempunyai beragam kerajinan dan oleh- olehnya juga yang sangat disayangkan untuk tidak segera memborongnya ketika Kamu semua sedang singgah di Kota ini.

Kamu mau  oleh-oleh apa? Tasikmalaya akan berikan segalanya. Huaahaha. Dari segi kerajinannya Tasikmalaya sudah terkenal dengan Anyaman bamboo, bordir tasik, batik tasik, payung geulis,  anyaman mendong, terus apalagi ya? Banyak deh pokoknya mah.

Terus, bagaimana dengan kuliner khas Tasikmalaya, ada apa aja sih? Nih diantaranya ada Nasi tutug oncom, Nasi cikur, Bubur Khas Tasikmalaya, Tahu bulat digoreng dadakan Wakwaw, Ranginang, Opak dan masih banyak lagi.

Nah jika Kamu berkunjung ke Tasikmalaya jangan sampai melewatkan satupun kuliner khas Tasikmalaya, Oleh- oleh khas tasikmalaya juga menapaki setiap jengkal keindahan alam Kota Tasikmalaya.

Sebagai bahan review jika hendak berkunjung ke Tasikmalaya, berikut Oncoman akan sajikan aneka hidangan khas sunda dari Kota Tasikmalaya yang harus Kamu nikmati.

Cekibrot, Aww!!

1. Makanan Khas Tasikmalaya Nasi Tutug Oncom

nasi tutug oncom
jagomemasak.blogspot.com

Dari Tasikmalaya lalu ke Bandung dan Kamu harus coba makanan khas Kota kembang Bandung berikut ini : Makanan Khas Bandung 


Sadar tidak nama website ini apa? Coba di cek, betuk sekali nama website kesayangan Kita semua ini bernama Tutugon.com alias tutugon dot com atau tutug oncom.

Nah salah satu nama makanan khas daerah tasikmalaya inilah saya (sebut saja Oncom man) mendapatkan ilham untuk membuat website sesuai dengan nama makanan khas daerah Tasikmalaya bernama Nasi Tutug Oncom disingkat T.O atau Nasi T.o.

Keren  bukan? Bukan hanya keren, tapi Nasi tutug oncom ini sangatlah enak banget. Beneran No tipu tipu. Bisa dibilang ini adalah makanan khas yang bisa menggambarkan cita rasa dan keindahan dari Tasikmalaya.

Kenapa Oncoman bisa berkata seperti itu? Karena, tutug oncom ini terbuat dari bahan utamanya yaitu Oncom.

Sudah pada tahu kan Oncom itu apa? Oncom adalah sejenis tempe yang  telah difermentasi kemudian di goring- goring lalu dicampurkan dengan nasi dan rasanya itu lho, beuuuuuh gurih gurih nyooy dah.

Gak salah ini adalah salah satu makanan khas tasikmalaya yang paling Oncoman favoritkan. Apalagi buatan emak sendiri hihi.

Kenapa namanya tutug oncom? Karena pada saat peleburan antara nasi dengan oncom goreng tersebut diperlukan tenaga untuk menutug nutug (menumbuk) agar si oncom dan nasinya dapat  menyatu mesra dalam satu ikatan rasa cinta. cieeeee

2. Makanan Khas Tasikmalaya Cilok Goang

makanan khas tasikmalaya cilok goang
dailymoslem.com

Baca juga nih, 23+ macam 0leh oleh Khas jepang yang unik dan aneh di artikel berikut ini : oleh oleh khas jepang


Makanan khas Tasikmalaya selanjutnya adalah cilok goang. Apa itu cilok goang? pasti kebanyakan dari kamu yang berasal dari luar daerah sunda seperti bandung ciamis garut dan tasikmalaya kurang begitu mengenal makanan khas ini.

Padahal si cilok yang bentuknya botak ini sudah sangat terkenal lho, malah saking terkenalnya si cilok ini bisa dikatakan salah satu makanan khas sunda.

Cilok ini bentuknya bulat ukuranya sebesar bola pingpong dan bisa juga dikatakan bahwa cilok ini masih saudaraan sama baso namun si cilok ini kurang beruntung nasibnya karena dalam pembuatannya cilok tidak menggunakan daging seperti saudara nya si baso yang kebanyakan adalah daging semua.

Tapi meskipun begitu cilok juga gak kalah tenar dan enak jika dibandingkan dengan baso. Bahan dasar pembuatannya adalah menggunakan tepung yang biasa disebut Aci kalau bahasa sundaya mah.

Nah dengan bahan baku utamanya yang menggunakan aci ini maka namanya pun disebut cilok yaitu kepanjangan dari aci yang di colok. Kalau di colok tahu semua kan artinya apa? yap si cilok ini biasanya di colok atau ditusuk dengan tusukan namun seiring perkembangan zaman si cilok ini sudah tidak lagi pake di colok di colok akan tetapi sudah di plastikin dan langsung dimakan dari plastiknya hehehe.

Nah si cilok itu pun ber evolusi kembali menjadi cilok goang. Kalau cilok biasanya di campur hanya dengan caos dan kecap saja namun si cilok goang yang merupakan evolusi dari cilok ini sudah dapat bersosialisasi dengan bahan makanan lainnya seperti ceker ayam, tahu, mie kering dengan di sirami oleh siraman air kaldu ayam yang sangat gurih serta dikasih butiran bawang goreng dan seledri yang menambah kaya rasa dari si cilok goang ini.

Bagaimana dengan rasanya? Kamu harus coba sendiri deh kalau main ke Tasikmalaya.

3. Makanan Khas Tasikmalaya Bubur Ayam Tasikmalaya

Bubur Ayam, ya siapa yang gak kenal sama makanan yang satu ini. Bubur Ayam merupakan makanan favorit kebanyakan warga Indonesia yang selalu menemani sarapan pagi hari kamu semua. Tentu, bubur ayam ini tidak hanya menjadi makanan yang ada di Tasikmalaya saja. Di berbagai penjuru kota, di seluruh Indonesia pun akan banyak ditemui makanan yang berbahan dasar olahan beras ini.

Lain kota lain rasa, kiranya seperti itulah kata yang dapat menggambarkan khasnya rasa dari bubur ayam Tasikmalaya ini. Nah, untuk bubur ayam yang paling terkenal di Tasikmalaya yaitu terdapat di jalan kalektoran Tasikmalaya yang namanya terkenal dengan bubur ayam H. Zaenal.

Bubur ayam H. Zaenal ini setiap harinya selalu meleyani puluhan hingga ratusan masyarakat dari daerah Tasikmalaya dan sekitarnya yang telah setia menjadi pelanggan tetap di tempat jualannya.

 

Makanan Khas Tasikmalaya