Inspirasi Kreatif Mainan Boneka Jari dari Kertas untuk Anak

Inspirasi Kreatif Mainan Boneka Jari dari Kertas untuk Anak

Cara Membuat Mainan Boneka jari  – Terdapat banyak jenis mainan.Kita dapat dengan mudah membelinya di pasar atau toko mainan.  Namun apakah Kita pernah memikirkan untuk membuat mainan yang dapat dengan mudah dibuat?

Seperti beberapa contoh mainan jari yang terbuat dari kertas berikut ini yang pastinya akan sangat mudah Kita buat dengan menggunakan bahan sederhana. Kita dapat membuatnya bersama anak-anak tersayang.

cara membuat mainan kreatif
littlewonderart.com

Berikut beberapa contoh mainan jari untuk anak yang dapat dibuat dengan mudah dan kreatif. Sebelum itu persiapkan terlebih dahulu beberapa bahan- bahan yang Kita butuhkan untuk membuat mainan kreatif boneka jari anak.

Bahan dan alat yang dibutuhkan

  1. Gunting
  2. Lem perekat
  3. Kertas karton
  4. Kertas lipat

Cara membuat mainan kreatif boneka jari anak

cara membuat mainan kreatif
littlewonderart.com

Setelah semua bahan dan alat tersedia, kini saatnya Kita untuk mulai membuat mainan boneka jari. Berikut beberapa contoh yang dapat Kita buat dengan mudah.

Sebelum membuat mainan tersebut jangan lupa baca bismillah yaa. 🙂

1# Boneka mainan jari bentuk ulat

cara membuat mainan kreatif boneka jari
littlewonderart.com

2# Boneka mainan jari bentuk gajah dan kuda zebra

cara membuat mainan kreatif
littlewonderart.com

3# Boneka mainan jari bentuk kelinci lucu

cara membuat mainan kreatif boneka jari
littlewonderart.com

4# Boneka mainan jari bentuk domba

cara membuat mainan kreatif boneka jari
littlewonderart.com

5# Boneka mainan jari bentuk beruang

cara membuat mainan kreatif boneka jari
littlewonderart.com

6# Boneka mainan jari bentuk hewan

cara membuat mainan kreatif boneka jari
littlewonderart.com

7# Boneka mainan jari bentuk ular

cara membuat mainan kreatif boneka jari
littlewonderart.com

8# Boneka mainan jari bentuk hewan bisa di print

cara membuat mainan kreatif boneka jari
littlewonderart.com

9# Boneka mainan jari bentuk hewan bisa di print

cara membuat mainan kreatif boneka jari
littlewonderart.com

10# Boneka mainan jari print

cara membuat mainan kreatif boneka jari
littlewonderart.com

11# Boneka mainan jari bentuk hewan

cara membuat mainan kreatif boneka jari
littlewonderart.com

Nah itulah tadi beberapa contoh mainan kreatif yang pastinya dapat dengan mudah  Kita buat. Cantik bukan, mainan ini akan membuat hati anak senang bila memainkannya.

Tertarik untuk membuat mainan atau hiasan kreatif lainnya? Baca aja artikel terkait Kami tentang beragam hiasan dinding dan mainan kreatif yang sederhana dan dapat dibuat dengan mudah.

 

Sekian dan Terima kasih

Sehat selalu

 

 

 

Contoh Templete Amplop Lucu, Keren a4 [ Printable ]

Contoh Templete Amplop Lucu, Keren a4 [ Printable ]

Amplop Bisa di Print –  Barokalloh, kali ini  Oncoman akan memberikan beberapa templete amplop yang keren, lucu, menggemaskan juga tentunya bisa di print dengan mudah lalu diberikan sebagai kartu ucapan terhadap orang terkasih.

Mau? Ada banyak nih dan desainnya juga bagus – bagus. Kamu ga bakalan menemukan desain amplop yang menarik dan berbeda dari desain amplop yang bertebaran di berbagai toko potokopian yang ada.

Beneran.


gambar amplop lucu
youtube.com

Biasanya amplop digunakan untuk apa sih? Ada banyak kegunaan amplop tergantung wujud serta ukurannya.

Nah untuk amplop yang akan Oncoman berikan ini termasuk kedalam amplop surat yang dapat diberikan terhadap orang terkasih. Misalnya untuk diberikan pada acara ulang tahun, terhadap seseorang yang disukai juga bisa atau sebagai tanda kasih untuk diberikan kepada orangtua malah lebih bagus.

Berikut beberapa contoh amplop surat menarik yang bisa Oncomers smua print dengan mudah.


Gambar Amplop surat Gambar peta pelayaran [ Print ]


Oncoman semua tahukan tentang kisah perjalanannya Vasco de gama mengelilingi seluruh lautan. Nah amplop diatas bergambarkan hal demikian. Keren kan, terdapat gambar lautan serta peta perjalanan beliau.

desain templete amplop lucu bisa di print


Amplop surat beruang lucu [ Print ]


Desain amplop yang satu ini juga ga kalah lucu lho, dengan di dominasi warna kuning yang unyu unyu amplop ini menampilkan sebuah gambar boneka beruang yang sangat menggemaskan.

amplop lucu


Amplop Biruku yang Lucu [ Print ]


Dengan warna yang berwarna biru langit akan menjadikan siapa saja orang yang menerima amplop ini merasakan hati yang lapang selapang hamparan langit biru yang ada di atas sana.

desain templete amplop lucu bisa di print


Gambar Amplop Keren Starwars [ Print ]


Movie holic pasti tauh nih desain gambar amplop yang satu ini. Yups gambar starwars yang keren bisa dijadikan amplop yang dapat Oncomers semua berikan kepada teman- teman terbaikmu.

desain templete amplop lucu bisa di print


Gambar Amplop Keren Tokoh Marvel [ Print ]


Semua orang pasti tahu akan tokoh tokoh superhero marvel yang aksinya  keren banget itu. Kini kamu bisa memiliki amplop keren dengan gambar superhero yang menjadi idolamu.

Ada Spiderman, Hulk dan Captain Amerika di dalam gambarnya.

desain templete amplop lucu bisa di print


Gambar Amplop Lucuku yang Ungu- ungu [ Print ]


Penyuka warna ungu? Ini dia nih ada amplop lucu yang berwarna ungu. Desainnya sangat cantik sayang sekali kalau tidak secepatnya Oncomers semua print dan berikan kepada kekasihmu.

desain templete amplop lucu bisa di print


Gambar Amplop dengan gadis berbaju Kimono [ Print ]


Yang sukanya nonton anime atau drama ke jepang- jepangan pasti tau nih apa itu baju kimono. Yuhuu, baju kimono adalah satu baju adat yang telah menjadi identitas pakaian jepang.

desain templete amplop lucu bisa di print


Gambar Amplop Kucing Putih yang Lucu [ Print ]


Bagi yang punya kucing di rumahya wajib nih punya amplop dengan gambar kucing yang menggemaskan ini.

desain templete amplop lucu bisa di print


Gammbar Amplop Kupu- Kupu yang Cantik [ Print ]


Kupu- kupu berterbangan, melayang- layang di udara, kemanakah engkau kan hinggap dan bersandar diatas lelahmu. hiihi

Amplop dengan gambar kupu- kupu cantik ini bisa kamu print dan dijadikan salah satu koleksi amplop untuk diberikan kepada sahabat terdekatmu

desain templete amplop lucu bisa di print


Gambar Amplop Coklat Susu [ print ]


desain templete amplop lucu bisa di print


Gambar Amplop Pinkyku yang manis [ Print ]


desain templete amplop lucu bisa di print


Gambar Amplop Boneka yang Lucu- lucu [ Print ]


desain templete amplop lucu bisa di print

 

Mungkin itu saja contoh yang bisa Oncomean berikan mudah -mudahan bermanfaat yah. Kalau mau mencari lagi tentang jenis amplop luculainnya Oncomers semua bisa mendatanginya langsung ke TKP yaitu di Pinterest ada banyak sekali contoh amplop lucu disana.

 

9+ Contoh Hiasan Dinding Ruang Tamu dari Barang Bekas,Unik Minimalis

9+ Contoh Hiasan Dinding Ruang Tamu dari Barang Bekas,Unik Minimalis

Hiasan Dinding Ruang Tamu -Rumahku surgaku, ada yang pernah mendengar ungkapan itu? Mungkin ungkapan itu sudah sangat familiar kita dengarkan. Keberadaan rumah sebagai tempat berlindung, tempat berkumpul bersama keluarga berbagai macam kebahagiaan yang ada di dalamnya sehingga menjadikan rumah di ungkapkan sebagai surga dengan segala keindahannya.

Rumah yang diumpakan sebuah tempat yang indah semacam surga dapat dilihat dari berbagai faktor, yang pertama adalah adanya kehangatan atau komunikasi yang terjalin antara anggota keluarga, dan satu lagi faktor yang tak kalah penting adalah adannya berbagai hiasan, ornament,  untuk dapat melengkapi kehangatan suasana dalam rumah.

hiasan dinding ruang tamu dari barang bekas
Desainrumahmini.com

Nah kita mulai saja dengan membahas ruangan tamu. Ruangan tamu adalah ruang yang sangat vital. Saking vitalnya ruangan ini dalam memilih hiasan yang cocok dan indah tidaklah boleh sembarangan, karena apa? Karena dari namanya pun ruangan ini diperuntukan untuk siapa saja orang yang berkunjung atau bertamu di rumah kita.

Dengan penempatan tata ruang yang bagus, menata penempatan kursi duduk yang bagus akan memberikan kesan yang nyaman bagi para tamu, hal itu merupakan sebuah hal positif pertama kali yang orang lain atau tamu rasakan pada saat pertama kal berkunjung ke rumah kita.

Selain penempatan kursi dan berbagai hiasan penghias yang unik seperti bunga- bunga dan makanan yang tersaji rapi di ruangan tersebut hal yang mempengaruhi bagus tidaknya sebuah ruang tamu adalaah dilihat dari berbagai hiasan yang menempel di dinding ruangan tersebut.

Nah pada artikel kali ini Oncoman akan sedikit memberikan informasi tentang berbagai macam hiasan dinding ruang tamu unik yang dapat kita buat sendiri dengan mudah dengan menggunakan bahan- bahan limbah atau barang bekas.

Contoh Hiasan Dinding Ruang Tamu Simple,Unik, Murah

Kita bisa mulai membuat hiasan untuk dinding di ruang tamu dengan cara yang simple tanpa pake ribet dengan menggunakan barang- barang bekas yang sering kita jumpai di sekitaran rumah kita. Selain menggunakan barang bekas, barang yang dibutuhkan untuk membuat hiasan dinding ruang tamu juga dapat kita beli dengan harga yang murah di toko- toko terdekat.

Berikut contoh- contohnya :

Hiasan Dinding Ruang Tamu dari Barang Bekas

hiasan dinding ruang tamu yang cantik
brit.co

Ada banyak barang bekas yang dapat kita jadikan untuk penghias ruangan tamu kita. Meskipun dengan menggunakan barang- barang bekas tidak menjadikan nilai keindahanya akan berkurang. Justru kalau kita dapat mengolahnya dengan baik barang- barang bekas atau limbah tersebut bisa disulap menjadi sebuah kerajinan unik yang dapat di tempelkan sebagai hiasan dinding ruang tamu kita.

Berikut ini beberappa contoh hiasan dinding unik yang terbuat dari barang bekas

hiasan dinding dekorasi ruang tamu
pixabay.com

Apabilla di rumah Oncoemers semua terdapat banyak barang bekas berupa koran atau karton bisa memanfaatkan limbah tersebut dengan membuat hiasan dinding yang menghiasi ruang tamu berupa jam seperti yang ada di atas

Cara Membuat Hiasan Dinding Ruang Tamu Unik dari Barang Bekas

hiasan dinding ruang tamu yang cantik
brit.co

 

hiasan dinding ruang tamu yang cantik
brit.co

 

hiasan dinding ruang tamu yang cantik
brit.co

 

hiasan dinding ruang tamu yang cantik
brit.co

 

hiasan dinding ruang tamu yang cantik
brit.co

| Baca juga : Hiasan Jendela Kelas TK/PAUD |

hiasan dinding ruang tamu yang cantik
brit.co

 

hiasan dinding ruang tamu yang cantik
brit.co

 

Hiasan Dinding Ruang Tamu Unik

hiasan lukisan dinding ruang tamu keren
mariateorien.blogspot.co.id

Ruang tamu yang haruslah dibuat dengan semenarik mungkin dengan berbagai hiasan yang tidak hanya indah namun unik, kita bisa memanfaatkan beragam bahan baku dalam membuatnya baik itu dari barang bekas ataupun sengaja dengan membeli beragam alat atau bahan bahan dalam membuatnya.

Dan berikut beberapa contoh hiasan dinding ruang tamu yang unik yang dengan mudah dapat kita buat

hiasan lukisan dinding ruang tamu keren
mariateorien.blogspot.co.id

| Baca juga : Hiasan Dinding Kelas TK/ PAUD |

hiasan lukisan dinding ruang tamu keren
mariateorien.blogspot.co.id

 

hiasan lukisan dinding ruang tamu keren
mariateorien.blogspot.co.id

hiasan lukisan dinding ruang tamu keren
mariateorien.blogspot.co.id

Hiasan Dinding Ruang Tamu Kaligrafi

hiasan dinding ruang tamu kaligrafi islam
www.wallpaperislami.com

Bila Oncomers semua beragama muslim, patutlah untuk membuat hiasan dinding dengan menerapkan corak atau motif dari berbagai jenis kaligrafi islam. Bentuk dari hiasannnya bisa dengan lukisan kaligrafi atau kita bisa membuatnya langsung dengan menggunakan cat tembok.

Dengan membuat hiasan dinding berupa gambar kaligrafi islam maka seperti yang dikatakan dalam sebuah hadis yang berbunyi malaikat rahmat akan mendatangi setiap rumah dan memberikan kebarokahan kepada rumah- rumah yang didalamnya terdapat lafadz lafadz  Asma Allah.

hiasan dinding ruang tamu kaligrafi islam
www.wallpaperislami.com

Hiasan Dinding Ruang Tamu Simple

Untuk membuat hiasan dinding ruang tamu yang cantik tidaklah susah. Kita bisa membuatnya dengan mudah asalkan tau caranya dan bener niatnya hehe. Tapi beneran mudah kok, Oncomers semua dapat dengan mudah mencari referensi di google tentang beragam hiasan dinding yang mudah dalam membuatnya dengan bentuk yang simple.

Berikut beberapa contoh hiasan dinding ruang tamu yang simple

hiasan dinding ruang tamu cantik dengan lukisan
crafthubs.com

Hiasan Dinding Ruang Tamu Modern

Oncomers bisa menentukan dengan bebas sesuai dengan keinginan Oncomers sendiri.  Ada banyak model hiasan dinding yang dapat kita terapkan. Salah satunya yaitu dengan menerapkan hiasan dinding bergaya modern.

Ada hal yang harus Oncomers semua perhatikan apabila hendak menerapkan hiasan dinding dengan bertemakan modern. Yaitu Oncomers semua haruslah pandai- pandai memadu padankan komposisi warna yang ada antara warna dinding dengan hiasannya. Karena jika terjadi ketimpangan antara hiasan dan warna dari tembok ataupun benda- benda semacam kursi, meja dan hordeng yang ada di ruang tamu maka akan terihat kurang menarik.

Berikut contoh gambar hiasan dinding ruang tamu bergaya modern

hiasan dinding ruang tamu cantik dengan lukisan
crafthubs.com

Hiasan Dinding Ruang Tamu Klasik

Penggunaan gaya modern dan minimalis untuk interior rumah sudah banyak diterapkan pada desain rumah masa kini, hal ini menjadikan popularitas dari gaya lainnya  yang patut diperhitungkan juga melupakan gaya lainnya seperti gaya desain  interior rumah klasik.

Rumah.com menyebutkan ciri khas dari rumah dengan interiornya  klasik pada umumnya lebih menonjolkan ornament hiasan dan unsur dari zaman zaman masa lampau.

Ada beberapa unsur penting yang dapat Oncomers semua terapkan apabila hendak membuat hiasan dinding rumah dengan bergayakan klasik yaitu dengan memperhatikan baik  desain perlengkapan ruang tamu seperti kursi, meja dan juga warnanya

Berikut beberapa contoh hiasan dinding ruang tamu bergaya klasik

hiasan dinding ruang tamu cantik dengan lukisan
crafthubs.com

Bagaimana? apakah Oncomers semua sudah dapat inspirasi tentang hiasan dinding mana yang nantinya akan dijadikan sebagai penghias ruang tamu? Pasti mudah mudah untuk membuatnya.

Terimakasih telah berkunjung, semoga informasi dari kami memuaskan.

Jangan sungkan untuk membagikan artikel ini

Hiasan Dinding Ruang Tamu 

Contoh Gambar Topeng Anak- anak dengan Bentuk Wajah Hewan

Contoh Gambar Topeng Anak- anak dengan Bentuk Wajah Hewan

Gambar Topeng Bentuk Hewan -Nah adik adik dan kakak kaka semua kali ini Oncom man akan memberikan jurus yang berkaitan dengan topeng. Topeng ini ada banyak macamnya lhoo. Ada topeng pesta yang biasanya dipakai untuk menghadiri pesta topeng, ada topeng anonymous yaitu topeng yang identik dengan para hacker yang ada di inggris, ada juga topeng tradisional yang sudah menjadi budaya pada beberapa negara di berbagai belahan dunia termasuk di negara kita tercinta Indonesia.

Eh selain topeng topeng yang tadi telah disebutkan ada juga lho topeng yang paling terkenal yaitu topeng yang di bawakan oleh salah satu band ternama Indonesia yaitu Peterpan yang sekarang terkenal dengan grup band Noah hehehe. ” Buka dulu topengmu oh buka dulu topeng mu….” 🙂

Bukan tentang jenis jenis topeng yang akan Oncom man bahas kali ini, melainkan Oncoman akan memberikan jurus ampuh bagi adik- adik dan kakak- kakak Oncomers semua untuk dapat membuat topeng yang sangat mudah dan menarik yang berbentuk topeng berbagai jenis hewan.

Cara buatnya gampang aja, Oncomers semua tinggal gunting- gunting aja kertasnya karena topeng yang akan kita buat nantinya berupa gambar- gambar topeng yang terbuat dari kertas setelah sebelumnya kita print terlebih dahulu.

Alat dan bahan perlengkapannya sudah tahukan? Siapkan aja gunting, benang, atau karet sebagai pengikat antara kedua telinga dan melingkari kepala kita.

Selamat membaca dan mempraktekannya yaa. 🙂

Gambar Topeng Mainan Bentuk Hewan Kuda Zebra

Gambar Topeng Mainan Bentuk Hewan Kuda Zebra
Topeng Hewan Zebra || id.pinterest.com

Ada yang tahu jenis hewan ini? pasti dong udah pada mengetahuinya. Hewan  ini mudah sekali diingat dan diketahui, karena memiliki corak kulit yang sangat mencolok yaitu belang belang berwarna hitam putih. Hewan ini bernama kuda zebra. Dilihat dari corak kulitnya kuda jenis ini sangatlah unik sehingga dengan keunikan corak hitam putih tersebut menjadi warna dasar pada jalur penyebrangan yang ada pada jalan raya yang biasa di sebut zebra cross ( Penyebrangan Zebra )

Topeng dengan bentuk binatang kuda zebra bisa dengan mudah kita buat di rumah ataupun di dalam kelasa sebagai bentuk kerajinan tangan yang sangat menarik. Sebelumnya di Print dulu gambar topeng di bawah ini setelah di pritt kemudian lubangi kedua sisi yang ada di bawah kuping kuda zebra tersebut dengan menggunakan guntik atau alat pembuat lubang di kertas setelah selesai barulah memasukan karet atau benang pada lubang tersebut. Yang harus diingat adalah ukur dulu ukuran kepala kita agar karet atau benang yang menjadi pengikat kepala kita bisa pas tanpa terlalu kencang atau terlalu longgar.

 

Gambar Topeng Bentuk Hewan Kuda Zebra
Topeng Hewan Zebra || id.pinterest.com

 

Gambar Topeng Bentuk Hewan Kuda Zebra
Topeng Hewan Zebra || id.pinterest.com

Gambar Topeng Mainan Bentuk Hewan Singa

 

Gambar Topeng Bentuk Hewan Singa
Topeng Hewan Singa || id.pinterest.com

Singa adalah hewan buas yang menjadi penguasa dalam kerajaan yang ada di hutan belantara. Kalau Oncomers semua pernah melihat film tentang simba the lion king pasti mengenali dong siapa tokoh kartun pemeran utamanya. Yupss namanya simba dialah sang raja hutan yang menjadi raja dari berbagai jenis hewan yang ada di hutan. Simba sangat perkasa. gagah dan pemimpin yang sangat bisa diandalkan oleh rakyat  hewan

Oncomers semua pun dapat menjadi seekor simba yang gagah perkasa dengan membuat topeng hewan berbentuk singa di bawah ini.

|  Baca juga : Contoh Hiasan Dinding Tk  |

Cara membuatnya pun sama saja, topeng dengan bentuk binatang singa bisa dengan mudah kita buat di rumah ataupun di dalam kelas sebagai bentuk kerajinan tangan yang sangat menarik.

Sebelumnya diprint dulu gambar topeng di bawah ini setelah di print kemudian lubangi kedua sisi yang ada di bawah kuping singa tersebut dengan menggunakan gunting atau alat pembuat lubang di kertas setelah selesai barulah memasukan karet atau benang pada lubang tersebut.

Yang harus diingat adalah ukur dulu ukuran kepala kita agar karet atau benang yang menjadi pengikat kepala kita bisa pas tanpa terlalu kencang atau terlalu longgar.

Gambar Topeng Bentuk Hewan Singa
Topeng Hewan Singa || id.pinterest.com

 

Gambar Topeng Bentuk Hewan Singa
Topeng Hewan Singa || id.pinterest.com

Gambar Topeng Mainan Bentuk Hewan Sapi

Sapi adalah hewan yang sering dijadikan sebagai hewann kurban para hari raya iedul adha. Oncomers semua bisa membuat topeng dengan bentuk hewan ini

Cara membuatnya pun sama saja, topeng dengan bentuk binatang sapi bisa dengan mudah kita buat di rumah ataupun di dalam kelas sebagai bentuk kerajinan tangan yang sangat menarik.

Sebelumnya diprint dulu gambar topeng di bawah ini setelah di print kemudian lubangi kedua sisi yang ada di bawah kuping sapi tersebut dengan menggunakan gunting atau alat pembuat lubang di kertas setelah selesai barulah memasukan karet atau benang pada lubang tersebut.

Yang harus diingat adalah ukur dulu ukuran kepala kita agar karet atau benang yang menjadi pengikat kepala kita bisa pas tanpa terlalu kencang atau terlalu longgar.

Gambar Topeng Bentuk Hewan Sapi
Topeng Hewan Sapi || id.pinterest.com
Gambar Topeng Bentuk Hewan Sapi
Topeng Hewan Sapi || id.pinterest.com

Gambar Topeng Mainan Bentuk Hewan Kodok

Cara membuatnya pun sama saja, topeng dengan bentuk kodok ini bisa dengan mudah kita buat di rumah ataupun di dalam kelas sebagai bentuk kerajinan tangan yang sangat menarik.

Sebelumnya di Print dulu gambar topeng di bawah ini setelah di print kemudian lubangi kedua sisi yang ada di bawah mata kodok tersebut dengan menggunakan gunting atau alat pembuat lubang di kertas setelah selesai barulah memasukan karet atau benang pada lubang tersebut.

Yang harus diperhatikan adalah ukur dulu ukuran kepala kita agar karet atau benang yang menjadi pengikat kepala kita bisa pas tanpa terlalu kencang atau terlalu longgar.

 

Gambar Topeng Bentuk Hewan Kodok
Topeng Hewan Kodok || id.pinterest.com

Gambar Topeng Mainan Bentuk Hewan Kelinci

Cara membuatnya pun sama saja, topeng dengan bentuk binatang singa bisa dengan mudah kita buat di rumah ataupun di dalam kelas sebagai bentuk kerajinan tangan yang sangat menarik.

Sebelumnya diprint dulu gambar topeng di bawah ini setelah di print kemudian lubangi kedua sisi yang ada di bawah kuping kelinci tersebut dengan menggunakan gunting atau alat pembuat lubang di kertas setelah selesai barulah memasukan karet atau benang pada lubang tersebut.

Yang harus diingat adalah ukur dulu ukuran kepala kita agar karet atau benang yang menjadi pengikat kepala kita bisa pas tanpa terlalu kencang atau terlalu longgar.

Gambar Topeng Bentuk Hewan Kelinci
Topeng Hewan kelinci || id.pinterest.com

Gambar Topeng Mainan Bentuk Hewan Panda

Cara membuatnya pun sama saja, topeng dengan bentuk binatang singa bisa dengan mudah kita buat di rumah ataupun di dalam kelas sebagai bentuk kerajinan tangan yang sangat menarik.

Sebelumnya diprint dulu gambar topeng di bawah ini setelah di print kemudian lubangi kedua sisi yang ada di bawah kuping singa tersebut dengan menggunakan gunting atau alat pembuat lubang di kertas setelah selesai barulah memasukan karet atau benang pada lubang tersebut.

Perlu diingat ukur dulu ukuran kepala kita agar karet atau benang yang menjadi pengikat kepala kita bisa pas tanpa terlalu kencang atau terlalu longgar.


Ingin membuat Popup Card dari kertas dengan mudah? Yuk baca juga artikel berikut ini : Cara Membuat Popup Sederhana


Gambar Topeng Bentuk Hewan Panda
Topeng Hewan Panda || id.pinterest.com

Gambar Topeng Mainan Bentuk Hewan Monyet

Gambar Topeng Bentuk Hewan Monyet
Topeng Hewan Monyet || id.pinterest.com
Gambar Topeng Bentuk Hewan Monyet
Topeng Hewan Monyet || id.pinterest.com

Gambar Topeng Mainan Bentuk Hewan Kupu kupu

Gambar Topeng Bentuk Hewan Singa
Topeng Hewan Kupu kupu || id.pinterest.com

Gambar Topeng Mainan Bentuk Hewan Kucing

Gambar Topeng Bentuk Hewan Kucing
Topeng Hewan Kucing || id.pinterest.com

Gambar Topeng Mainan Bentuk Hewan Jerapah

Gambar Topeng Bentuk Hewan Jerapah
Topeng Hewan Jerapah || id.pinterest.com
Gambar Topeng Bentuk Hewan Jerapah
Topeng Hewan Jerapah || id.pinterest.com

Gambar Topeng Mainan Bentuk Hewan Harimau

Gambar Topeng Bentuk Hewan Harimau
Topeng Hewan Harimau || id.pinterest.com
Gambar Topeng Bentuk Hewan Harimau
Topeng Hewan Harimau || id.pinterest.com

Gambar Topeng Mainan Bentuk Hewan Domba

Gambar Topeng Bentuk Hewan Domba
Topeng Hewan Domba || id.pinterest.com
Gambar Topeng Bentuk Hewan Domba
Topeng Hewan Domba || id.pinterest.com

Nah itu dia beberapa contoh gambar topeng wajah hewan yang dapat dengan mudah Oncomers semua buat. Yang dapat dijadikan media untuk bermain yang menyenangkan bersama anak anak didik di sekolah kita.

Selamat memperaktekan yaa. 🙂

 

 

 

 

7+ Cara Membuat Mainan Anak Kreatif dan Edukatif TK PAUD Bentuk Hewan dari Barang Bekas

7+ Cara Membuat Mainan Anak Kreatif dan Edukatif TK PAUD Bentuk Hewan dari Barang Bekas

Mainan Kreatif TK – Terdapat banyak sekali jenis mainan yang bisa dijadikan teman untuk menemani aktipitas anak tersayang kita. Mulai dari mainan yang sudah menggunakan teknologi yang canggih seperti mobil- mobilan remote control, pesawat remote control atau maianan yang terdapat dalam smarthphone sekalipun.

Ada juga jenis permainan yang bisa kita buat dengan barang- barang seadanya, barang bekas yang sudah tidak terpakai lagi yang ada di rumah yang dalam membuatnya pun sangat mudah sehingga bisa di buat oleh anak kita sekalipun.

Dengan membuat bentuk permainan atau mainan yang kita dan anak buat sendiri akan mengasah kreatifitas dari anak serta dapat mendekatkan ikatan antara orang tua dan anak atapun para pendidik di taman kanak kanak ( TK / PAUD) dengan anak anak didiknya.

Sebelumnya jangan lupa yah untuk mempersiapkan beberapa peralatan untuk dapat membuat mainan tersebut berupa gunting, kertas lipat atau karton lem perekat

Nah berikut beberapa mainan yang edukatif dan kreatif yang bisa dengan mudah kita buat.

Bentuk Mainan Kreatif Tikus

Keberadaa tikus dirumah sangatlah menjengkelkan bukan? Namun berbeda dengan mainan berikut ini, mainan ini berbentuk tikus dengan ekor yang memanjang, hidung beserta kumisnya yang melambai lambai haha. :p, dan juga dengan ciri khas telinganya yang besar.

Kita bisa membuatnya dengan mudah, langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan menggunting kertas karton berbentuk persegi panjang setelah itu antara ujung ke ujungnya disatukan dengan menggunakan lem perekat, setelah merekat tambahkanlah hidung, telinga, mata serta kumis dan ekorya agar terlihat seperti tikus sungguhan.

Kerajinan kreatif anak kertas lipat bentuk hewan tikus
kerajinan hewan tikus || funnycraft.us

Mainan Kreatif Pinguin

Pinguin termasuk dalam keluarga burung namun dia tak bisa terbang seperti kabanyakan burung yang ada. Habiat dari pinguin ini berada di daerah yang dingin dengan dipenuhi salju seperti di kutub utara dan selatan. Pinguin ini jenis burung yang mempunyai keahlian memangsa hewan dengan cara menyelam ke kedalaman dinginnya air es untuk mencari makanan berupa ikan laut.

Cara membuat mainan berbentuk pinguin ini paling mudah untuk dilakukan bahannya kertas karton atau kertas lipat kemudian gunting gunting kertas tersebut untuk membentuk badan pinguin setelah itu rekatkan dan jangan lupa juga membuat mata dan hidungnya yah 🙂

 

Kerajinan kreatif anak kertas lipat bentuk hewan pinguin
kerajinan hewan pinguin || funnycraft.us

Mainan Anak Kreatif Panda

Panda adalah jenis  hewan yang kebanyakan ditemui di dataran china dengan bambu sebagai makanan favoritnya. Bentuk tubuh panda sangatlah gemuk oleh karena gemuknya badan tersebut panda merupakan salah satu hewan yang tergolong sangat malas untuk bergerak. Oncomers semua bisa membuatnya dengan mudah, jangan lupa memberikan jepitan baju agar panda tersebut dapat menempel di batang batang atau di alas yang bisa di capit oleh jepitan baju tersebut.

Kerajinan kreatif anak kertas lipat bentuk hewan panda
kerajinan hewan panda || funnycraft.us

Mainan Anak Kreatif Landak

Landak adalah jenis hewan yang pada tubuhnya dikelilingi oleh duri- duri tajam. Hewan ini masih termasuk dalam spesies keluarga tikus. sebenarnya hewan ini sangatlah lucu dan menggemaskan untuk dijadikan hewan peliharaan namun karean durinya yang tajam jadi jarang jarang orang yang memeliharanya. Tapi tidak semua jenis landak memliki duri yang tajam adapula landak yang durinya tidak tajam dan itu bisa dijadikan hewan peliharaan.

Kerajinan kreatif anak kertas lipat bentuk hewan landak
kerajinan hewan landak || funnycraft.us

Mainan Anak Kreatif  Laba- laba

Ada yang tahu spiderman? yups spiderman adalah salah satu tokoh super hero yang keberadaannya selalu menolong orang yang kesusahan dan menghancurkan kejahatan. Dengan menggunakan seragam yang berwarna merah biru serta motifnya yang menyerupai bentuk sarang laba laba dia meloncat kesana kemari dari gedung ke gedung untuk mengamankan kota Newyork City.

Baca juga ”

Nah bagaimana kalau Kita mencoba untuk membuat mainan kreatif berbentuk speider atau laba laba, pasti ini akan sangat menarik untuk di buat bersama anak kita. Potong potong kertas dengan membentuk mata, kaki dan badan dari laba laba dengan menggunakan gunting dan rekatkan dengan lem perekat . Hasilnya kita sudah mempunyai hewan laba laba awas jangan sampai tergigit kalau tidak mau menjadi spiderman haha.

Kerajinan kreatif anak kertas lipat bentuk hewan laba laba
kerajinan hewan laba laba || funnycraft.us

Mainan Anak Kreatif Kambing

Embeeeee, Embeeee !!! kira kira begitulah ketika hewan yang mempunyai nama asli Domba ini berbicara, seakan dia tidak mau dipanggil domba dan hanya mau dipanggil dengan sebutan embe. Kalau yang suka menonton kartun di  MNC  TV pasti sudah kenal dengan tokoh tokoh domba yang ada dalam film kartun shauns the sheeps. film kartun ini menceritakan tentang shaun si domba yang mempunyai tingkah laku jenaka dan menggemaskan.

Oncomers semua bisa memulai dengan membuat badannya terlebih dahulu dengan kertas karton yang berwarna putih kemudian membentuk kepala nya, mata telinga serta rambut yang menghiasia kepala kambing tersebut jangan lupa menggunting kertas untuk dibentuk kaki.

Kerajinan kreatif anak kertas lipat bentuk hewan kambing
kerajinan hewan kambing || funnycraft.us

Mainan Anak Kreatif Burung Hantu

Kenapa burung ini dinamai burung hantu hayoo?? Ada yang tau ga? betul sekali nama dari burung hantu diambil karena burung ini memepunyai tampang yang paling menyeramkan diantara para hantu yang ada #eh diantara jenis burung yang ada. Burung ini mempunyai bentuk kepala yang bulat dan kedua  mata yang juga bulat besar sehingga ketika kita memandangnya akan timbul rasa seram. Burung ini termasuk dalam hewan yang beraktifitas pada malam hari ( nocturnal ) dan sering mengeluarkan suara yang bisa bikin kita merinding ketika mendengarnya.

Membuat mainan kreatif degan bentuk burung hantu sangat mudah yang dibutuhkan sama saja berupa lem perekat, kertas arturo karton atau kertas lipat kemudian mata mata-an bisa membelinya di toko mainan.

 

Kerajinan kreatif anak bentuk hewan burung hantu
kerajinan hewan burung hantu || funnycraft.us

Bagaimana tertarik untuk langsung membuat mainan kreatif dari bahan kertas lipat tersebut ?Cara membuat mainannya pun gampang- gampang aja, ga pake ribet dan hasil pembuatannya pun lucu- lucu dan menggemaskan bukan. 🙂

Ayo kreatif dalam berkarya dengan bahan seadanya hehe. Semangat Semangat huha.

Cara Membuat Mainan Edukatif dari Barang Bekas

14 Bentuk Origami Kepala Hewan Beserta Cara Membuatnya

14 Bentuk Origami Kepala Hewan Beserta Cara Membuatnya

Origami Kepala Hewan. Origami adalah salah satu bentuk kerajinan yang sangat digemari oleh anak- anak, bahkan dalam mata perlajaran Taman Kanak kanan juga Sekolah Dasar menjadikan telah menjadi bagian dalam pelajaran kerajinan tangan.

Origami itu sendiri adala seni dalam melipat kertas. Dengan melipat lipat kertas sehingga membentuk berbagai macam bentuk berupa bentuk jenis- jenis hewan, hewan peliharaan, bentuk bunga dan tumbuhan serta berbagai macam bentuk lainnya yang dalam membuatnya menggunakan media berupa kertas  lipat.

Dan dalam artikel kali ini Oncom man akan memberikan beberapa contoh Seni melipat kertas atau Origami yang berbentuk kepala hewan :). Terdapat beberapa kepala hewan yang lucu menggemaskan dan kreatif untuk dijadikan hiasan yang menempel di dinding di gantung atau di mainkan bersama anak anak didik kita di sekolah.

origami kepala hewan kertas lipat
Origami bentuk kepala || youtube.com

Cara membuatnya mudah sekali lho hanya dengan lipat lipat dan lipat lagi kemudian jadi deh origami bentuk kepala hewan yang bagus.

Tapi sebelum itu ari kita lihat dulu video kumpulan kerajinan origami yang sangat keren dibawah ini. Selamat menonton yaa !!

 

Berikut beberapa Origami kertas lipat yang sudah Oncom man rampung dari sebuah situs bernama  en.origami-club.com.

Origami Kertas Lipat Bentuk Kepala Singa.

Origami dengan bentuk kepala singa akan menjadi hiasan yang sangat bagus juga menyeramkan tentunya  untuk dapat dibuat hehe. Karena hewan ini dikenal sebagai pemangsa ulung atau predator. Kita bisa membuatnya bersama anak didik dan mengenalkannya dengan nama nama asing dari singa tersebut seperti bahasa inggrisnya singa ataupun bahasa arabnya singa.

Kertas Lipat Origami Bentuk Kepala Hewan Singa
Origami Kepala Singa || en.origami-club.com

Origami Kertas Lipat Bentuk Kepala Gorilla.

Gorilla adalah seekor hewan yang bentuk tubuhnya mirip sekali dengan manusia, betul? coba saja Oncomers semua teliti tentang bentuk hewan ini dari mulut tangan muka dan bentuk tubuhnya sama persis kan hehe. kecuali bulu bulu lebatnya saja yang membedakan antara aku dan dia haha. Gorilla lain dengan monyet kalau gorilla tidak mempunyai ekor di bagian pantat sedangkan monyet memilikinya.

Kita bisa dengan mudah membuat origami bentuk ini, hanya dengan lipat lipat dan lipat lagi maka akan dihasilkan bentuk origami dari kepala Gorilla. Yang harus di perhatikan ketika membuat kerajinan ini adalah jangan sampai membuatnya ketika sedang memakan buah pisang, karena itu merupakan makanan kesukaan dari gorila tersebut huha..hu haha..

 

Kertas Lipat Origami Bentuk Hewan Kepala Gorila
Origami Kepala Gorila || en.origami-club.com

Origami Kertas Lipat Bentuk Kepala Kucing.

Kucing, siapa  sih yang ga tau kucing hayo siapa hayooo? pasti semua tahu akan hewan yang lucu dan menggemaskan ini oleh karena itu hewan ini sering sekali dijadikan seekor hewan peliharaan oleh manusia. Sifatnnya yang manja manja gimanaa gitu membuat siapapun yang melihatnya akan mengatakan ” ihhhh lucunyaa ih..!!”

Dengan memberikan coretan membentuk mata kumis dan hidung akan membuat bentuk origami ini terlihat seperti kucing haha.. 🙂

Kertas Lipat Origami Bentuk Hewan Kepala Kucing
Origami Kepala Kucing || en.origami-club.com

Origami Kertas Lipat Bentuk Kepala Kuda.

Tuk tik tak tik tuk tik tak tik tuuuk. suara sepatu kuda. Itulah sepengga lirik lagu yang tentunya sangat familliar di telinga anak- anak.

Untuk menambah keseruan pada saat membuat Origami berbentuk kepala kuda kita bisa membuatnya sambil menyanyikan lagu tersebut.

Kertas Lipat Origami Bentuk Hewan Kepala Kuda
Origami Kepala Kuda || en.origami-club.com

Origami Kertas Lipat Bentuk Kepala Sapi.

Sapi adalah hewan dengan tubuh gempal penuh dengan daging, biasanya sapi kita temui ketika Hari Raya Iedul Adha. Sapi yang seringkali di kurbankan pada saat Iedul Adha adah jenis sapi pedaging, ada pula jenis sapi yang hanya diambil susunya saja jenis sapi tersebut dinamakan sapi perah.

Nah bagaiamana kalau ketika membuat origami bentuk kepala sapi ini dengan menceritakan sejarah kenapa sapi dan kambing dijadikan sebagai  hewan yang harus di kurbankan pada waktu Iedul Adha menjelang.

Oncomers ibu ibu pendidik semua bisa menceritakan tentang kisah pengorbanan dari Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail putranya yang menjadi awal munculnya tradisi sembelih hewan kurban dalam agama islam.

Kertas Lipat Origami Bentuk Hewan Kepala Sapi
Origami Kepala Sapi || en.origami-club.com

Origami Kertas Lipat Bentuk Kepala Rubah.

Naruto, Anak anak masa kini pasti mengenal dengan nama  tokoh anime yang satu ini. yupss itulah naruto denga kekuatan rubah ekor sembilannya huha. Dengan membuat Origami bentuk kepala rubah pasti akan sangat disukai oleh anak- anak karena itu merupakan tokoh yang ada di anime terkenal semacam naruto.

Oncomers ibu ibu pendidik semua bisa memeberi kepala tersebut tambahan berupa ekor sembilan pada kepala rubah tersebut agar terlihat mirip apa yang ada pada anime tersebut hehe.

Kertas Lipat Origami Bentuk Hewan Kepala Rubah
Origami Kepala Rubah || en.origami-club.com

Origami Kertas Lipat Bentuk Kepala Wanita.

Ini bukan kepala hewan, melainkan ini adalah bentuk origami kepala ibu- ibu. hehehe. Dari ke 14 bentuk origami yang ada inilah bentuk origami yang paling spesial karena bisa di ibaratkan bentuk ini adalah berupa seorang ibu yang harus dihormati dan dijaga nama baiknya oleh anak- anak.

Oncomers ibu ibu pendidik semua bisa sambil menceritakan tentang ribuan jutaan puluhan ribu juta kasih sayang yang telah diberikan oleh ibu dari para anak didiknya masing masing. 🙂

Kertas Lipat Origami Bentuk Hewan Kepala Manusia
Origami Kepala Manusia || en.origami-club.com

 

Origami Kertas Lipat Bentuk Kepala Pria.

Ini juga merupakan bentuk kepala manusia khususnya kepala seorang laki- laki bisa diibaratkan kepada seorang ayah.

Peran seorang ayah dan ketangguhan perjuangan seorang ayah dalam menjadi seorang pemimpin dalam keluarga bisa oncomers ibu ibu pendidik semua ceritaka kepada anak – anak agar nantinya anak anak bisa menjadi peribadi yang tangguh dan dapat menjadi tulang punggung keluarga.

Kertas Lipat Origami Bentuk Hewan Kepala Manusia
Origami Kepala Manusia || en.origami-club.com

 

Origami Kertas Lipat Bentuk Kepala Harimau.

Kembali ke hewan, iniah bentuk kepala hewan harimau, harimau merupakan hewan pemangsa yang  habitatnya berada di hutan belantara. Makanan yang paling digemari harimau adalah daging dagingan hehe. Keberadaan harimau sudah sangat langka banyak yang memburu indah kulitya untuk dijadikan bahan pakaian. Oleh karena itu sambil membuat origami bentuk kepala harimau ceritakanlah tentang pentingnya hewan hewan tersebut untuk dijaga baik ekosistmnya maupun keberadaannya.

Kertas Lipat Origami Bentuk Hewan Kepala Harimau
Origami Kepala Harimau || en.origami-club.com

Origami Kertas Lipat Bentuk Kepala Gajah.

Origami dengan bentuk kepala gajah sangat unik tuh kelihatanya, tidak jauh berbeda dengan bentuk aslinya gajah dalam bentuk orgami pun mempunyai belalai panjang.

Kertas Lipat Origami Bentuk Hewan Kepala Gajah
Origami Kepala Gajah || en.origami-club.com

Origami Kertas Lipat Bentuk Kepala Bebek.

Donald Duck, bentuk origami ini lebihh mirip dengan salah satu tokoh kartun dalam waltdisney bernama donalduck. Donald duck adalah seekor bebek yang terkenal dengan tingkah lakunya yang bodoh tapi bisa membuat kita sebagai penontonya akan tertawa karena tinggkahnya.

Kertas Lipat Origami Bentuk Hewan Kepala Bebek
Origami Kepala Bebek || en.origami-club.com

Origami Kertas Lipat Bentuk Kepala Beruang.

Marsha and the Bear sudah sangat dekat dengan ingatan para anak- anak zaman sekarang ini. Marsha adalah seorang anak kecil yang seringkali membuat si Bear (beruang) merasa jengkel. Film kartun ini sangat seru tingah lucu dan jenaka marsha akan membuat  kita tertawa jengkel dengan tokoh ini.

Oncomers semua bisa membuat bentuk origami ini dan menamainya dengan beruang marsha 🙂

Jurus Lainnya ” Membuat hiasan dinding dari Origami “

Kertas Lipat Origami Bentuk Hewan Kepala Beruang
Origami Kepala Beruang || en.origami-club.com

 

Origami Kertas Lipat Bentuk Kepala Kelinci.

Kelinci adalah jenis hewan yang sering dipelihara oleh orang yang mempunyai area perkebunan di halaman rumahnya. Hewan ini sangat menyukai sayuran wortel atau sayuran jenis lainnya. Tidak jauh berbeda dengan kucing, kelinci mempunyai tingkah laku yang sama sama menggemaskan loncat kesana kamari hal itulah kenapa anak anak begitu menyukai hewan yang satu ini.

Kertas Lipat Origami Bentuk Hewan Kepala Kelinci
Origami Kepala Kelinci || en.origami-club.com

Itulah tadi beberapa contoh dari Origami dengan bentuk kepala hewan yang bisa Oncomers semua buat dengan mudah dengan menggunakan kertasa lipat 🙂

Salam hangat dari Oncom man untuk Oncomers semua yang ada di Negara tutugOncom. Semoga bermanfaat dan Selamat berkreasi yah.

10+ Hiasan Dinding dari Kertas Origami Bentuk Burung, Bunga, Kupu-kupu

10+ Hiasan Dinding dari Kertas Origami Bentuk Burung, Bunga, Kupu-kupu

Cara Membuat Hiasan Dinding Kertas Origami–  Terdapat banyak sekali model atau macam dari bentuk origami. Ada origami dengan bentuk hewan, burung, kupu- kupu, ikan, bunga dan beragam bentuk kerajinan origami yang sangat cantik dan mudah untk dibuat.

Origami ini berasal dari jepang, semakin terkenal dan menjadi salah satu kerajinan yang sangat digemari oleh anak- anak indonesia. Selain dijadikan kerajinan, origami ini akan sangat cantik bila dijadikan sebagai dekorasi yang menghiasi setiap dinding ruangankelas, rumah, kamar tidur atau ruangan tamu sekalipun.

Warna- warni kertas origami yang menempel sebagai penghias dinding di kelas akan semakin menyemarakan suasana belajar mengajar. Anak- anak ceria dengan keadaan kelas yang penuh akan warna dari dekorasi hiasan dinding yang terbuat dari kertas dengan berbagai bentuk origami.

Dengan gaya dekorasi minimalis dari bahan sederhana berupa kertas origami yang telah kita buat dengan sangat mudah tersebut dapat memperindah suasana ruangan Kita.

hiasan dinding origami kelas tk bentuk bunga
hiasan origami | cissycookdesigns.co.uk

 

Tertarik untuk memulai beragam contoh hiasan dinding dari kertas origami?

Ayo Kita Mulaiii…..

Oncom man disini akan sedikit membantu untuk memberikan beberapa ide kreasi hiasan dinding. Kita bisa mulai membuatnya dengan mengumpulkan bahan bahan dalam pembuatannya, bahan- bahan yang digunakan kali ini adalah berupa kertas lipat. Selain kertas lipat kita juga bisa menggunakan bahan lainnya seperti kertas karton.

Berikut beberapa contoh hiasan dinding origami yang bisa kita jadikan pajangan penghias ruangan kelas TK (taman kanak- kanak) atau bisa juga di terapkan sebagai dekorasi unik untuk rumah kita.


Hiasan Dinding Kertas Origami Burung


hiasan dinding origami kelas tk
hiasan dinding origami | id.pinterest.com

Tidak menyangka bukan, kerajinan dari kertas lipat yang biasa disebut dengan origami ini bisa dijadikan penghias dinding kelas kita. Nah setelah melihat gambar diatas tentunya kita  bisa mulai untuk menerapkan kerajinan tersebut. Caranya ga susah kok, cuma lipet sana lipet sini terus dibentuk menjadi sebuah burung dan jadi deh hiasan dinding origami bentuk burungnya. Bahan yang dibutuhkannya pun cuma kertas lipat kemudian lem perekat.

Ga susah kan bikinnya ? kalau kesusahan bisa di simak video pembuatan origami bentuk burung di bawah ini.

Kalau sudah bisa membuat origami berbentuk burung, kita juga bisa menerapkannya dalam bidang seperti gambar yang ada di bawah ini. Akar pohon yang telah mengering bisa dijadikan hiasan yang dipadukan dengan kerajinan origami yang sebelumnya telah kita buat. Bahan atau alat yang dibutuhkan hanya lem perekat yang kuat semacam lem kaca atau lem tembak.

hiasan dinding origami kelas tk
hiasan dinding origami | id.pinterest.com

Hiasan Dinding Kertas Origami Kupu- kupu


Pada artikel sebelumnya Oncom man pernah membahas tentang hiasan dinding yang berbentuk kupu- kupu, namun kupu- kupu yang ada disini  berbentuk Origami. Sama dalam jenis namun beda dalam bentuk hehehe. Tapi bagus kok dua duanya pun bisa kita dijadikan penghias ruangan kelas yang menarik.

hiasan dinding origami kelas tk
hiasan dinding origami | id.pinterest.com

Menarik bukan? Kupu kupu ini termasuk jenis hewan yang secara visual begitu disukai oleh anak- anak, meskipun pada kenyataannya untuk dapat memegang seekor kupu- kupu anak- anak selalu ketakutan. Mudah bukan cara membuatnyapun. Oncomers semua bisa mengikuti langkah- langkah nya yang sudah disediakan.

hiasan dinding origami kelas tk kupu kupu
hiasan dinding origami | id.pinterest.com

Hiasan Dinding Origami Bentuk Kipas


Oncomers semua tahu bentuk gambar apa yang ada di bawah ini? Yaps itulah gambar origami yang dibentuk layaknya sebuah kipas. Bagus bukan, pastinya ga bakalan nyangka yah dengan menggunakan kertas lipat atau bisa juga kertas hvs atau kertas karton bisa menghasilkan suatu kerajinan yang kreatif berbentuk kipas. Membuatnyapun tidaklah seribet bikin tahu bulat digoreng dadakan lima ratusan kan. hehehe.

hiasan dinding origami kelas tk
hiasan origami| id.pinterest.com

Oncomers semua juga bisa membuat hiasan dengan bentuk lain seperti yang dibawah ini, dalam pembuatannya masih tidak jauh berbeda dengan yang ada di atas sebelumnya.

hiasan dinding origami kelas tk bentuk kipas
hiasan origami | id.pinterest.com

Ada juga yang berbentuk seperti dedaunan yang saling menyatu membuat lingkaran dak persegi seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini. Bagus bukan, meskipun hiasan ini lebih cocok untuk dijadikan hiasan dalam rumah namun kita bisa menggantinya dengan kertas yang berwarna warni agar lebih menarik bagi anak- anak.

hiasan dinding origami kelas tk bentuk kipas
hiasan origami | cissycookdesigns.co.uk

 

hiasan dinding origami kelas tk bentuk kipas
hiasan origami | cissycookdesigns.co.uk

Hiasan Dinding Kertas Origami Bentuk Bunga


Apabila yang akan kita jadikan hiasan itu  berupa bunga hidup, maka kita akan kesusahan dalam merawatnya, karena bunga kan perlu akan air untuk bisa tetap hidup. Nah solusianya bila kita menginginkan hiasan berupa bentuk bunga bisa mencoba membuat hiasan origami yang berbentuk bunga.

hiasan dinding origami kelas tk bentuk kipas
hiasan origami | cissycookdesigns.co.uk

Bentuk dedaunan yang berbeda bentuk dan warnanya akan terlihat indah juga apabila ditempelkan pada area dinding kelas kita. Tapi ingat dalam menempelkannya ga boleh sembarangan harus rapih dan dengan sedikit skill dalam hal tempel menempel. Kalau di tempelnya secara asal asalan, maka hasilnya akan tidak indah untuk dipandang.

hiasan dinding origami kelas tk bentuk bunga
hiasan origami | cissycookdesigns.co.uk

Hiasan Dinding Kertas Origami 3D


Bentuk seni 3D sangat bagus untuk dijadikan hiasan dinding. Karena menampilkan sebua bidang yang tidak hanya datar tapi memiliki tonjolan yang membentuk suatu keindahan  yang akan membuat terkagum- kagum setiap orang yang melihatnya. Bentuk hiasan dinding seperti ini bisa kita terapkan untuk menghiasai setia dinding yang ada di dalam kelas kita. Dengan pisau cutter kemudian kertas karton atau asturo disertai sedikit skill dalam berkreasi akan menghasilkan hiasan yang bagus dan kreatif.

hiasan origami | cissycookdesigns.co.uk

hiasan dinding origami kelas tk bentuk bunga
hiasan origami | cissycookdesigns.co.uk

Kita bisa membuat beragam bentuk  dari mulai yang kotak kotak, segi enam atau membentuk bulatan bulatan. Untuk menghasilkan variasi warna yang keren bagian bawahnya di isi dengan tempelan kertas karton asturo atau kertas lipat yang berwarna warni.

hiasan dinding origami kelas tk bentuk bunga
hiasan origami | cissycookdesigns.co.uk

Hiasan berbentuk bulat akan terlihat elegan dan smart, bisa juga di terapkan dalam ruangan yang ada di rumah kita.

hiasan dinding origami kelas tk bentuk bunga
hiasan origami | cissycookdesigns.co.uk

Atau bila Oncomers semua ingin sedikit mengasah skill dalam membentuk sebuah kerajinan ini bisa dengan membuat beberapa bentuk dari jenis- jenis hewan seperti gambar ikan yang ada di bawah ini. Tapi ingat hati- hati dan fokus yah dalam membuatnya karena kalau sampai tidak fokus bisa bisa tajamnya pisau cutter yang kita gunakan untuk menyayat setiap lembaran kertas karton tersebut akan melukai kita.

hiasan dinding origami kelas tk bentuk bunga
hiasan origami | cissycookdesigns.co.uk

Bagaimana bagus bagus bukan hiasan dindingnya ? Dijamin deh dinding yang dulunya datar tanpa hiasan akan menjadi indah dan penuh warna warni dengan dibuatnya hiasan dinding origami seperti pada contoh gambar diatas.

Jurus lainnya : Contoh Hiasan Dinding Kelas yang Kreatif

Ayo berkarya dengan membuat berbagai macam kerajinan yang lucu menggemaskan dan juga keren pastinya.hehehe 🙂

 

Tags :


  • hiasan kamar dari barang bekas
  • kreasi unik
  • hiasan dinding kamar dari kertas kado
  • cara membuat kerajinan tangan dari koran bekas
  • hiasan dinding kamar tidur
  • cara membuat bunga dari kertas lipat
  • cara membuat bunga dari kertas kado
  • kerajinan tangan dari koran bekas
  • kreasi dari kertas
  • cara membuat hiasan dinding dari kertas koran
  • cara menghias kamar dengan kertas kado
  • cara membuat hiasan kamar dari kertas origami
Contoh Permainan Edukatif Anak TK

Contoh Permainan Edukatif Anak TK

Permainan  Edukatif – Taman Kanak kanak adalah sebuah jenjang pendidikan yang mengembangkan pendidikian pada anak usia dini. Adanya Taman Kanak- Kanak ini sangatlah penting dalam rangka mempersiapkan anak agar siap untuk melangkah ke jenjang pendidikan selanjutnya.

Dalam proses belajar mengajarnya sang guru taman kanak kanak di anjurkan untuk memiliki skill dalam memahami peserta didiknya serta memiliki kemampuan dalam berkomunikasi baik verbal maupun non verbal. Hal ini bertujuan agar pendidik TK mampu menciptakan suasana belajar mengajar yang kondusif namun tetap menyenangkan dan tidak membuat anak merasa kebosanan ketika berada di ruangan kelas.

permainan edukatif anak tk
ape paud | pinterest.com

 

Nah untuk menunjang proses belajar mengajar yang kondusif maka dibutuhkan berbagaia hal penunjang yang mampu di aplikasikan oleh setiap tenaga pendidiknya. Sarana penunjang itu bisa berupa menyediakan area bermain anak seperti papan jungkit- jungkit, perosotan, ayun ayunan atau bisa juga membuat berbagai permainan edukatif yang menarik dalam mempraktekannya.

Dan berikut terdapat beberapa permainan edukatif yang dapat diterapkan untuk menunjang proses belajar mengajar di dalam ruangan kelas taman kanak- kanak.

Permainan Edukatif Menyesuaikan Bilangan.

Dalam permainan ini kita bisa mengajarkan terhadap anak didik untuk bisa menyesuaikan nomer nomer yang ada. Dengan melakukan permainan ini anak akan lebih cepat mengetahui jumlah, bentuk dan bilangan dari angka yang tertera serta melatih kecepatan otak anak dalam menyesuaikan setiap bilangan.

Permainan Edukatif Jepit Baju Angka Bintang.

Dalam permainan ini terdapat dua alat yang bisa di pakai. Pertama adalah jepitan baju yang sebelumnya sudah di berikan nomer di setiap ujungnya kemudian yang dibutuhkan satulagi adalah kertas karton beserta spidolnya.

Kertas karton tersebut dibentuk lingakaran dan di tuliskan diatasnya  beberapa bilangan dalam jumlah yang berbentuk bintang (bisa juga gambar apapun). Peraturan dalam permainan ini  anak diusahakan dapat mengisi setiap bilangan dalam jumlah bintang tersebut dengan menyesuaikaya bersama jepitan baju yang sebelumnya sudah di berikan nomer. 🙂

hiasan dinding anak tk
menyesuaikan bilangan | pinterest.com

Permainan Edukatif Domino.

Sekilas permainan edukatif ini berbentuk sebuah kartu yang sering dijadikan sebagai taruhan (gapleh) namun permainan ini bukan dimaksudkan agar anak dapat menguasai permainan yang dilarang tersebut. Permainan ini dapat dijadikan permainan yang sangat mengasyikan untuk dilakukan. Kenapa? karena dalam permainan ini anak akan berupaya untuk dapat secepat mungkin menyesuaikan setiap bilangan yang ada dengan suatu alat atau bidang yang sebelumnya  sudah diberikan serial nomer juga.

permainan hiasan dinding anak tk
menyesuaikan bilangan | pinterest.com
permainan hiasan dinding anak tk
menyesuaikan bilangan | pinterest.com

Permainan Edukatif Stik Es Krim.

Permainan edukatif ini hanya membutuhkan jepitan kayu juga stik es krim yang mudah kita dapatkan di berbagai mini market. Dalam pembuatannya  pun mudah hanya dengan memberikan angka dalam setiap jepitan bajunya terus diatas stik es krimnya  ditulis simbol (+) tambah, (-) kurang, (:) bagi, (x) kali dan (=) samadengan untuk dapat menghubungkan antara angka yang ada diantara jepitan baju tersebut. 🙂

permainan hiasan dinding anak tk
menyesuaikan bilangan | pinterest.com

Permainan Edukatif Karton dan Spidol.

Yang dibutuhkan dalam membuat permainan edukatif  ini adalah kertas karton yang berukuran besar kemudian spidol serta penggaris untuk membuat garis yang memisahan setiap soal.

Cara membuatnya adalah cukup dengan membuat sebuah garis kotak- kotak dan didalamnya terdapat sebuah soal dalam bentuk bilangan yang belum mempunyai jawaban dan si anak diusahakan untuk bisa menyesuaikan jawaban dari soal tersebut dengan membubuhkaan titik yang sama sesuai dengan jumlah soal dari bilangan yang tertera di atas kertas karton tersebut dengan menggunakan spidol.

permainan hiasan dinding anak tk
menyesuaikan bilangan | pinterest.com

Permainan Edukatif Jepit Baju.

Jepitan baju ternyata mempunyai fungsi yang sangat banyak untuk dijadikan sebuah permainan edukatif dengan diwarnai dan dituliskan sebuah perkalian penambahan pengurangan dan pembagian pada jepitan baju tersebut maka akan dihasilkan sebuah permainan yang sangat edukatif untuk diterapkan bagi anak-anak usia dini.

permainan edukatif hiasan dinding anak tk
menyesuaikan bilangan | pinterest.com

Permainan Edukatif  Nomer Berantai.

Permainan ini menggunakan kertas yang diatasnya tertulis angka- angka. Dalam permainan edukatif ini angka- angka tersebut disatukan berututan sesuai dengan urutan dari angkanya dengan menggunakan rantai yang terbuat dari plastik.

Dengan membuat bentuk permainan ini anak- anak akan memahami urutan angka- angka mulai dari yang terkecil sampai yang terbesar. Rantai tersebut sudah bisa di beli di toko permainan.

permainan edukatif anak tk
menyesuaikan bilangan | pinterest.com

Permainan Edukatif Jepit dan Gambar.

Permainan edukatif ini menggunakan jepit baju dan kertas yang sudah terdapat gambar dari peralatan sehari- hari. Cara mainnya yaitu denga mencapitkan jepitan tersebut ke kertas yang sudah diberi beragam gambar yang sudah disesuaikan dengan angka yang ada di dalamnya.

Jadi selain mengetahui angka diharapkan dengan permainan ini anak bisa mengetahui juga nama- nama dari peralatan yang ada dilingkungannya sehari- hari. 🙂

permainan edukatif anak tk
menyesuaikan bilangan | pinterest.com

Itulah tadi beberapa permainan edukatif yang bisa dengan mudah kita buat untuk media pembelajaran anak- anak tk yang sangat menarik.

Baca juga  Cara Membuat Mainan Kreatif 

Semoga adanya artikel ini  dapat membantu proses pembelajaran anak- anak yang ada di Indonesia. 🙂

 

7+ Hasil Kerajinan Tangan Khas Kota Tasikmalaya yang Paling Terkenal

7+ Hasil Kerajinan Tangan Khas Kota Tasikmalaya yang Paling Terkenal

Kerajinan Tasikmalaya -Tasikmalaya adalah sebuah Kota kecil yang berada di Provinsi Jawa Barat, Kota ini terkenal dengan sebutan sang Mutiara dari Periangan Timur.Selain sebutan itu Tasikmalaya terkenal dengan nama nama lain diantaranya Kota santri dan juga Kota Kerajinan.

Sebutan Kota kerajinan disematkan kepada Tasikmalaya karena di Kota itu terdapat aneka ragam kerajinan yang dihasilkan oleh masyarakatnya.

Ada apa aja? Batik tasikmalaya, Bordir Tasikmalaya, Kelom geulis Tasikmalaya, Mendong dan juga kerajinan anyaman bambu Tasikmalaya juga berbagai konveksi kaos terpercaya  adalah sebagian kecil dari beragamnya kerajinan khas Tasikmalaya yang terkenal di mata para wisatawan.

Dan jika kamu pernah berkunjung ke Kota Tasikmalaya pastilah akan terasa kurang lengkap apabila tidak membawa buah tangan yang menjadi ciri khas dari Kota tersebut baik itu kuline ataupun kerajinan tanganya.

kota tasikmalaya
hayutravelling.blogspot.com

Tentunya kamu tidak akan merasa kebosanan dengan tempat wisata belanja yang disuguhkan oleh Kota Tasikmalaya, karena berbagai macam kerajinan tangan yang di hasilkan oleh masyarakat Tasikmalaya akan membuatmu tergoda dan ingin segera untuk membelinya.

Kalau sudah begitu, siapkan uang sebanyak- banyaknya yaaa. hehee

Adapun kerajinan tangan yang menjadi andalan dari Kota Tasikmalaya sebagianya akan Oncom man beritahukan dibawah ini.

Namun ini hanya sebagian saja lho, karena kalau di itung- itung lagi mah banyak sekali jenis kerajinan yang menjadi andalah dari Kota yang telah membesarkanku ini.

1. Bordir Tasikmalaya

Bordir Kota Tasikmalaya yang cantik
id.wikipedia.org

Untukmu yang ingin memiliki berbagai model tas cantik berkualitas impor bisa kunjungi artikel berikut :  Grosir tas import


Salah satu usaha daerah yang menjadi andalan dari Kota Tasikmalaya adalah usaha kerajinan Bordir atau lebih terkenal dengan sebutan Bordir Tasik. Sudah tidak ada yang meragukan kualitas yang dihasilkan para pengrajin Bordiran dari daerah Tasikmalaya.

Sehingga dalam pemasarannya Bordir Tasik sudah sampai ke berbagai Negara yang ada di seperti Malaysia, Brunei serta  Negara- nergara Arab, Jeddah dan Dubai.

Kalau di Indonesia mah sudah jangan ditanyakan lagi, kalau tidak percaya cobalah kamu tanyakan kepada salah satu warga Indonesia tentang kota mana yang terkenal dengan kualitas bordirannya, Pasti semua sepakat bahwa Tasikmalaya adalah tempatnya.

Untuk pemasaran di dalam Negeri biasanya dikirim ke Tanah Abang, Solo juga Suarabaya

Hebat kaaaan? hehe.

Salah satu tempat di Tasikmalaya yang terkenal dengan Bordirannya adalah terdapat di kecamatan Kawalu tepatnya berada di Kampung Saguling.

Bila kamu hendak akan berkunjung kesana maka sebelum masuk ke kampungnya kamu  akan menemukan sebuah gapura yang bertuliskan ‘Selamat Datang di Sentra Bordir Tasikmalaya”.

Di sepanjang jalan daerah itu kamu akan menemukan setiap rumah yang memproduksi bordir. Mulai yang masih menggunakan mesin manual, hingga mesin canggih yang sudah bertekonologi komputer.

bordir tasikmalaya yang cantik
bordirtasikmurah.blogspot.com

Kami menyediakan berbagai macam kaos konveksi untuk anak dan dewasa murah.  Biisa Anda kunjungi halaman berikut ini : Kaos konveksi anak


Sehingga Kamu bisa berbelanja sepuasnya dan dengan kualitas yang bagus juga harga yang murah karena di beli langusng dari pusatnya.

Terdapat banyak gerai yang dapat kamu kunjungi salah satunya gerai bordir “Zarkasie Embroidery ” yang ada di Kampung Cukang, Tanjung Kawalu. Di gerai bordir itu banyak dipajangkan berbagai jenis produk bordir seperti kebaya, kerudung, mukena, baju muslim.

Untuk sarana menuju ke daerah tersebut sudah tersedia berbagai mcam angkutan umum seperti angkot dan ojeg.

2. Anyaman Rajapolah Tasikmalaya

anyaman bambu khas tasikmalaya yang sangat unik
technologic-art.blogspot.com

Rajapolah adalah nama kecamatan yang berada di Utara Tasikmalaya, perjalanan dari Kota Tasikmalaya hanya membutuhkan waktu 30 menit saja.

Didaerah ini terdapat sebuah masijd megah yang bernama Mesjid Itceu. Dinamakan mesjid Itceu karena orang yang berperan besar dalam pembiayaan bangunannya adalah seorang Penyanyi Nasional kelahiran Tasikmalaya yang bernama Itceu Trisnawati.

Selain terkenal dengan Masjid Itceu nya, di mulai pada tahun 1989 daerah Rajapolah terkenal dengan berbagai macam kerajinan anyaman yang dalam perkembangannya cukup pesat.

pusat kerajinan tasikmalaya daerah rajapolah
www.indofakta.com

Biasaya kerajinan yang ada di daerah ini dijadikan sebagai cinderamata bagi para wisatawan yang datang.

Dan jika Kamu melintas ke Rajapolah, maka tepat di sepanjang jalan raya Rajapolah yang menghubungkan antara Kota Tasikmalaya dengan Kota Ciamis dan Garut Kamu akan menemukan berbagai macam aneka kerajinan tangan yang terbuat dari anyaman bambu.

Mungkin terdapat banyak tempat di Indonesia yang menjadi penghasil kerajinan anyaman, akan tetapi kerajinan yang dihasilkan oleh para pengrajin Tasikmalaya berbeda dengan kerajinan lainnya. Pebedaanna bisa dilihat dari bahan, warna dan bentuk dari anyamannya.

Kerajinan yang di jajakan disana mulai dari anyaman keranjang, aneka anyaman tas yang cantik serta berbagai olahan anyaman lainnya yang terbuat dari bambu.

Tidak hanya anyaman bambu, disana juga dijajakan aneka cinderamata khas Tasikmalaya lainnya yang akan menarik untuk dijadikan oleh- oleh untuk keluarga tentunya dengan harga yang sangat terjangkau.

3. Kelom Geulis Tasikmalaya

sandal canti Kelom geulis Tasikmlaya
www.kelomgeulis.com

 

Nama kelom geulis menjadi sebutan untuk kerajinan alas kaki atau sendal yang ada di Tasikmalaya.

Kerajinan kelom geulis termasuk dalam kerajinan yang unik. dikarenakan dalam pembuatan motif dari kelom geulis ini seringkali menggunakan motif batik dan bunga dengan cara dibati atau di ukir.

Adapun pengertian Kelom adalah sejenis sendal yang bahan dasar utmanya adalah kayu mahoni, damar atau albasia yang dapat digunakan oleh pria maupun wanita.

Sedangkan Geulis dalam bahasa Indonesia berarti Cantik yang mana kayu yang menjadi badan sendal diukir sehingga tampilannya terihat “Cantik” bisa juga centil.

Ibu ani yudhoyono berada di pusat kerajinan tasikmalaya
twitter.com

Kelom geulis mengalai masa kejayaan pada tahun 1960 karea pada saat itu sering digunakan dalam acara- acara resmi.

Untuk sentra pengrajin Kelom geulis ini berada di Kecamata Tamansari Kota Tasikmalaya.

4. Batik Tasikmalaya

batik khas dari tasikmalaya yang cantik
babymoontravelling.wordpress.com

Mungkin batik khas Tasikmalaya ini tidak sepopuler batik  dari daerah Indonesia lainnya seperti batik Yogyakarta, Maduara, Cirebon dll.

Secara garis besar batik Tasikmalaya mempunyai motif batik yang menunjukan kesan kesederhanaan, pluralis dan terbuka juga memperlihatkan kesan imut dan unyu- unyu sebagai gambaran umum wanita sunda.

Namun dalam kehadirannya batik Tasikmalaya memliki ciri khas tersendiri yang tidak tidak ditemukan pada batik daerah lainnya. Perbedaan dengan batik lainnya yang ada di Jawa Barat adalah Batik Tasikmalaya dari segi warnanya lebih terang.

Jika dilihat dari jenis motifnya, batik Tasikmalaya yang populer di bedakan menjadi 3  yaitu

  • Batik bercorak payung.

batik motif payung khas tsikmalaya
www.disparbud.jabarprov.go.id

corak batik ini berdasarkan pada icon dari Kota Tasikmalaya berupa sebuah payung geulis.

  • Batik bercoarak Burung/ Hewan.

batik tasikmalaya bermotif hewan
www.disparbud.jabarprov.go.id
  •  Batik corak kacang panjang/ tumbuhan.

batik tasikmalaya motif tumbuhan
www.disparbud.jabarprov.go.id

Motif dari batik Tasikmalaya kental dengan nuansa Parahyangan, dan memiliki ke khasanya sendiri seperti motif burung dan bunga anggrek. selain itu ada juga motif merak -Ngibinng, Cala- Culu. Pisang- Bali, Awi Ngarambat, dan Pisang Bali.

Meski memiliki aturan dalam pembuatan batik khas Tasikmlaya ternnyata para pembatik Tasikmalaya pada saast ini banyak ber inovasi yang modern dalam pembuatan motif- motifnya menyesuaikan terhadap perkembangan pasar.

Para pembatik yang masih giat dalam menghasilkan karya batik Tasikmalaya berada di daerah Cigeureung, desa Nagasari Kecamatan Cipedes Tasikmlaya.

5. Payung Geulis.

Payung geulis tasikmalaya yang cantik
www.medanbisnisdaily.com

Sejak zaman dahulu kala warga Tasikmalaya banyak membuat keranjinan berbentuk payung yang kemudian dinamai payung geulis. Lalu payung ini dijadikan ikon yang menggambarkan Kota Tasikmalaya.

Payung in terbuat dari bahan kayu dan bambu halus kemudian penutupnya menggunakan kertas yang dihias dengan berbagai motif yang menggambarkan kearifan lokal dari Kota Tasikmalaya.

Sentra kerajinan ini berada di Kecamatam Indihiang, akan tetapi di pada zaman yang sudah semakin modern kerajinan ini semakin tenggelam kalah bersaing dengan produk dari luar.

Ditambah lagi para anak muda yang tidak tertarik untuk melestarikan kaerajinan yang sudah menjadi lambang Kota Kelahirannya.

Kini dalam penggunaanya hanya pada saat upacara adat atau ketika ada acara pernikahan. Namun jika kamu bisa menjadikan payung geulis ini menjadi salah satu hiasan yang dapat memper cantik suasana rumah.

6. Kerajinan Mebeul.

kerajinan mebel tasik furniture rumah
infotasik.com

Tasikmalaya juga terkenal dengan kerajinan mebeulnya, kualitas yang dihasilkan oleh para pengrajin mebeul ini tidak kalah bagus dari yang telah dihasilkan para pngrajin dari kota lain yang sudah terkenal seperti kerajinan mebeul kayu Jepara.

Beberapa hasi kerajinan mebeul yang banyakdi produksi seperti kursi, meja, ranjang juga lemari dan lainnya.

Sentra dari pengrajin mebeul di Tasikmalaya berada di daerah Sindangkasih Kecamatan Cibereum Kota Tasikmalaya.

7. Kerajinan Mendong.

tanaman mendong kerajinan tasikmalaya
daridesakita.wordpress.com

Kerajinan mendong adalah sebuah kerajinan yang bahan baku utamanya berupa mendong. Mendong adalah nama dari sebuah tanaman sejenis rumput yang sering kitat emukan di rawa- rawa/ tempat yang mempunyai cukup air.

Keranjinan ini sudah sangat terkenal sebagai salah satu produk yang menjadi ciri Khas Kota Tasikmalaya.

Pada awalnya mendong hanya dijadikan sebagai bahan baku pembuatan tikar, tetapi seiring perkembangan zaman para pengrajin mendong juga berkembang dengan tidak hanya membuat kerajinan mendong untuk pembuatan tikar saja.

Akan tetapi sudah mencakup pembuatan dari produk lan berupa tas, topi, dompet, kotak perkakas serba guna, toples, figura bahkan sampai furniture dan perlengkapan kantorpun dapat dibuat dengan bahan baku tanaman mendong.

Tas cantik terbuat dari mendong
daridesakita.wordpress.com

Saat ini pemasarannya sudah meluas sampai ke Mancanegara seperti Negara Malaysia, Singapura, Arab Saudi, Jepang, Jerman, Spanyol. Dan untuk pemasaran dalam negeri dari mulai Bandung, Jakarta, Suarabaya, sumatera, Bali serta beberapa Kota besar lainnya.

Seperti yang dialami oleh H Jeje dengan nama perusahaanya Mendong Jaya, beliau mengaku sampai saat ini dalam pemasaran mendong miliknya sudah ada pelangan yang bukan hanyaberasal dari dalam negeri tetapi juga berasal dari luar negeri seperti Amerika Serikat.

Hal ini menjadi kebanggan tersendiri bagi pemerintah Kota Tasikmalaya dengan Usaha yang di kembangkan warganya yang dalam pemasarannya sudah sampai ke berbagai negara.

Pusat pengrajin mendong yang ada di Kota Tasikmalaya tersebar di Kecamatan Purbaratu, Cibereum, Tamansari, Indihiang, Cineam, Karangnunggal, Gunung Tanjung, Cikatomas dan Salopa.

Tapi daerah yang sudah diakui oleh pemerintah setempat sebagai pengarajin Mendong adalah yang ada di Kecamatan Purbaratu.

Bagaimana keren bukan kerajinan yang ada di Kota Tasikmalaya ini? Bila Kamu sudah mempunyai rebcana untuk pergi ke tempat wisata tasikmalaya  jangan lupa untuk membeli berbagai macam kerajinan yang ada di Tasikmalaya.

Semua kerajinan itu bisa kamu dapatkan ketika melintas di Jalan raya Raja polah, disana banyak berderet toko- toko Cinderamata yang juga memasarkan berbagai macam kerajinan Khas dari Tasikmalaya selain tadi diterangkan sebagai daerah penghasil anyaman.

Semoga artikel ini dapat bermafaat untuk pengetahuanmu.

Jangan luupa 3 B 1 Y : Baca Baru Bagikan yaaaaaa..!!! untuk Indonesia yang lebih berpengetahuan.

Salam dari kami Oncom man eng ing eng…

Kerajinan Daerah Tasikmalaya

Cara Membuat Lilin Hias Lengkap dengan Jenis- jenis Lilin Hias, Terapi

Cara Membuat Lilin Hias Lengkap dengan Jenis- jenis Lilin Hias, Terapi

Cara membuat lilin – Jauh sebelum ditemukannya berbagai macam lampu yang dalam penggunaanya memerlukan listrik sebagai sumber energi utamanya, lilin mempunyai peranan yang sangat penting sekali dalam hal menerangi kegelapan pada saat itu.

Penggunaan lilin sudah dipakai sejak tahun 3000 SM yang mana pada awalnya hanya menggunakan alang- alang sebagai sumbunya serta lemak sapi yang mengandung banyak asam steart sebagai bahan bakar utama yang menyelimuti sumbunya.

Tapi setelah ditemukannya listrik oleh Michael Faraday serta penemuan bola lampu pijar oleh Thomas Alva Edison, menjadikan lilin sebagai alat penerangan utama kian tersisihkan.

lilin terapi

Kini lilin hanya menjadi alat penerangan darurat yang sering digunakan apabila keadaan lampu/ listrik mengalami pemadaman.

Pada umumnya lilin mempunyai sebuah sumbu yang letaknya berada di bagian tengah kemudian dibungkus oleh lapisan lilin yang padat.

Selain berfungsi sebagai penerang ternyata lilin bisa juga digunakan untuk hiasan yang dapat mempercantik suasana dalam rumah kita.

Kamu juga bisa membuat kerajinan lilin hias sebagai salah hobi baru yang menyenangkan juga nantinya bisa dijadikan sebagai sebuah peluang usaha rumahan untuk bisa dipasarkan.


Jenis- Jenis Lilin Hias


Sebelum membahas tentang langkah- langkah dalam pembuatan lilin hias, ada baiknya kamu ketahui terlebih dahulu berbagai jenis dari kerajinan yang berbahan dasar lilin ini.

1. Lilin Makan Malam

Lilin ini adalah lilin yang paling sering digunakan pada meja makan malam, biasanya tetap dalam tempat lilin dan mempunyai bentuk silinder dengan sedikit meruncing ke arah atas. seperti dari namanya llilin ini sering ditempatkan pada makan tercipta suasana makan yang lebih romantis.

Lilin Makan Malam
www.dailybackgrounds.com

2. Lilin Pilar

Lilin pilar ini mempunyai kulit yang tebal serta berbentuk silinder sehingga terlihat seperti pilar tebal. Lilin ini dijadikan sebagai penerang agar bisa menghasilkan cahaya ambien dan untuk penempatannya bisa dimanapun di sekitaran rumah.

Ini adalah lilin terbaik yang biasa digunakan untuk sarana penerangan rumah dengan penahannya menggunakan lilin agar tidak panas pada saat memegangnya.

cara membuat lilin
indonesialilin.blogspot.com

Bila kamu mempunyai keahlian dalam seni ukir mengukir, maka tidak ada salahnya untuk memanfaatkan lilin ini menjadi sebuah karya seni tinggi yang memang tidak sembarang orang bisa melakukannya, karena tingkat dalam pegukiran lilin ini sangat sulit untuk di lakukan bagi mereka yang sama sekali belum mengetahui dasar- dasar dari seni ukir.

cara membuat lilin ukir
infoinfowisata.blogspot.com

Seperti yang dilakukan oleh Dedy Wirabuana dan Anton Awahyudi warga malang. Mereka telah berhasil memanfaatkan lilin dari yang tadinya hanya dipakai untuk penerangan darurat saja menjadi sebuah benda yang mempunyai nilai seni tinggi.

Sudah banyak pesananan terhadap seni ukir mereka baik dalam maupun luar negeri.

3. Lilin Beraroma

Lilin aroma fungsinya adalah sebagai penerangan juga yang lebih penting lagi sebagai pemberi ketenangan ketika lilin sudah mulai dinyalakan. Karena ketika dalam proses pembuatannya dicamppurkan dengan cairan parfum tertentu yang dapat menebarkan wewangian.

Lilin ini  semakin popular dengan meningkatnya pengetahuan manusia akan manfaat dari aromaterapi sebagai sarana penenangkan diri.

Selain itu fungsi lilin ini semakin bermacam- macam, tidak hanya digunakan sebagai penenang, tetapi sudah banyak yang menggunakanya sebagai pelengkap sebuah acara, pada spa atau yoga, atau sebagai pewangi ruangan.

cara membuat lilin
butterflybeautyshop.wordpress.com

4. Lilin Mengambang

Lilin ini sengaja dibuat agar bisa mengambang dengan mudah di atas air. dengan mengambanya lilin tersebut dapat menciptakan suasana keunikan tersendiri, selain mengambang lilin ini bisa termasuk juga jenis lilin yang mempunyai aroma.

cara membuat lilin
www.bhmpics.com

5. Lilin Gel

Kalau Kita sudah tahu akan cara membuat slime pastilah tahu akan benda kenyal bernama gel. Pembuatan Lilin jenis ini terbuat dari  bahan yang tidak jauh berbeda dengan gel yang biasa dipakai sebagai bahan pembuatan slime.  Dengan bentuk yang dibuat transparan dan kenyal, Lilinn gel ini biasanya dituangkan dalam beberapa wadah dengan berbagai bentuk yang berbeda. Gel ini dibuat untuk mempertahankan bentuk dari lilinnya.

cara membuat lilin
www.jandccreations.com

6. Lilin Ulang Tahun

Lilin atau peniupan lilin menjadi salah satu rangkaian utama yang harus bahkan wajib adanya dalam susunan acara ulang tahun seseorang. Dengan adanya lilin ulang tahun beserta kue ulang tahunnya nya akan menjadikan orang yang sedang merayakan ulang tahun serasa menjadi orang yang paling istimewa pada hari itu.

Bentuk lilinnya bisa berupa angka dari usia orang yang sedang berulang tahun atau berupa lilin lilin kecil berwarna- warni yang digunakan untuk menghiasi kue ulang tahun.

lilin ulang tahun indah dan warna warni
hdwallpappernew.in

7. Flameless Lilin atau Lilin Elektrik

Kalau dilihat sekilas dan dari kejauhan lilin ini tidak ada bedanya dengan lilin- lilin yang biasa kita pakai untuk penerangan.

Tapi kalau di teliti lebih dekat lagi, maka kamu akan menemukan seuatu yang unik yang terdapat di lilin tersebut. Karena lilin ini adalah lilin elektrik berbentuk LED flameless yang dalam penggunaanya di design khusus untuk tidak menimbulkan kebakaran.

Penggunnaanya yang simple dengan hanya menekan tombol remote, sangat mudah untuk dibawa kemana- mana tanpa harus hawatir akan tetesan yang ditimbulkan pada lilin umumnya.

Lilin ini juga tanpa asap ataupun api tidak akan menimbulkan kecemasan apabila anak- anak tersayang kita berada di sekitar lilin tersebut.

Tentu dalam proses pembuatan lilin flameless ini sangat berbeda dengan lilin yang akan kita bahas cara pembauatannya.

cara membuat lilin
m.indonesian.alibaba.com

Cara Membuat Lilin Hias


Setelah kita mengetahui tentang berbagai macam lilin hias yang ada, kini saatnya kita membahas tentang cara cara pembuatan lilin hias. Semoga  beberapa macam lilin itu bisa dijadikan sebagai patokan untuk kita dalam membuat lilin seperti apa nantinya.

Bahan- bahan yang Digunakan

    1. Lilin bekas atau paraffin, yang banyak diperjual belikan di toko bangunan atau toko kimia.
cara membuat lilin
trisqie.wordpress.com
    2. Gelas kaca, ukuranya bebas yang penting kaca dan transparan, Disini kita memakai gelas ukuran kecil.
cara membuat lilin
santrigaul.net

3. Sumbu lilin ( dijual di toko- toko kerajinan ).

4. 2 buah panci kuku ukuran besar dan kecil.

5. Air.

6. Wewangian.

7. Zat pewarna.

8. Pengaduk dari kayu.

Cara Pembuatan

  1. Iris iris bahan lilin. Dengan mengiris- ngiris lilin menjadi bagiak kecil maka akan semakin cepat lilin tersebut untu meleleh, sekaligus memastikan bahan lilin tersebut dapat mencair secara bersamaan.
  2. Isi panci besar dengan air. pastikan panci besar tersebut dapat menampung wadah atau panci yang lebih kecil untuk melelehkan lilinnya. Jangan melelehkan lilin langsung dengan satu panci.
  3. Mencairkan bahan lilin. Nyalakan kompor atau sumber panas sampai air yang berada dalam panci besar mendidih. Air mendidih itu akan melelehkan  bahan lilin secara perlahan. Agar lebih cepat mencair kamu bisa mengaduk- aduknya menggunakan kayu pengaduk.
  4. Tambahkan wewagian. Pilihan wewangiannya terserah Kamu. Wewangian seperti minyak esensial dapat Kamu beli di toko bahan kerajinan terdekat. Sebelum mencampurkan wewangian terebut kamu harus mengecek terlebih dahulu petunjuk pemakaian dalam botol wewangian tersebut.
  5. Tambahkan zat pewarna. Zat pewarna yang dipakai adalah yang berbahan dasar minyak( bisa di beli di tok kerajinan, bangunan atau kimia) jangan menggunakan zat pewarna untuk makanan karena zat tersebut terbuat dari air dan  tidak cocok dengan lilin.
  6. Siapkan cetakan lilin. Selain gelas yang tadi sudah Kita sarankan, Kamu juga bisa memakai toples kaca kecil, cangkir teh bekas atau wadah apapun yang memang tahan akan panas. Letakan wadah cetakan diatas permukaan yang datar.
  7. Jepit sumbu lilin. Dengan menggunakan jemuran baju atau apaun benda yang bisa menjepit sumbu agar dapat tertancap ditengah balutan lilin.
  8. Tuangkan lilin secra perlahan. Secara perlahan- lahan hingga hampir menutupi permukaan dari wadah yang kamu gunakan.
  9. Biarkan lilin menjadi dingin. untuk lama waktu yang diperukan sampai lilin tersebut mengeras adalah selama 24 jam, semakin lama di dinginkan maka semakin baik hasillnya.
  10. Selesai. Lilin siap untuk di jadikan hiasan untuk memperindah suasana rumah atau dijadikan sebuah peluang usaha rumahan yang menyenangkan dalam pembuatannya.

Bila konten ini telah membantu kamu, alangkah lebih baik untuk membagikan konten ini kepada mereka yang sama- sama membutuhkan informasi terkait. Jangan lupa yah Bagikan!!! untuk Indonesia yang lebih baik lagi.

 

Semoga Bermanfaat & Jangan Lupa Shalawat

TERIMA KASIH

 

 

Cara Membuat Lilin Hias