santri ciamis

Pesantrenku [ Huda II ] Harus Keren, Untuk Menutupi Akunya yang Tidak.

Ig : double hood
miftahulhudaII

Miftahul Huda II Bayasari – Masih menceritakan tentang masa- masa ketika saya di pesantren dulu, tapi kali ini saya sedang bertindak sebagai seorang Misionaris yang akan mengenalkan kamu semua kepada Pondok yang saya rasa  sangatlah terlihat keren dan luar biasa.

Kenapa saya katakan keren? karena selama mesantren disana banyak ide ide kreatif yang membuat pesantren ini besar dan semakin hari semakin terkenal. Pokoknya Kerenlah, kamu harus tau !!!

Sumber : fb Edih Aishiteru
Sumber : fb Edih Aishiteru

Miftahul Huda 2 Bayasari, itulah nama Pondok Pesantrennya. Nama Miftahul Huda sengaja diambil dari nama sebuah Pondok Pesantren Yang berada di Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya yang merupakan almamaternya Pimpinan Umum. Sedangkan angka II adalah pendirian Miftahul Huda yang ke-2 setelah Manonjaya.

Ini adalah pesantren ke 2 saya, setelah yang pertama saya mesantren di daerah cikoneng Ciamis bernama Nurussalam tapi hanya berlangsung 2 tahun saja, setelah itu keluar dan kembali meneruskan sekolah formal.

Letak Ponpes Miftahul Huda II sangat jauh, berada di jln. Mulyasari no.147 Dusun wetan, Bayasari, Jatinagara, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, untuk sampai ke pesantren itu saya harus menyeberangi jembatan terbesar, yang adanya di perbatasan  antara Kota Tasikmalaya dan Kota Ciamis, jembatan itu sering disebut Jembatan Cirahong.

Berdiri pada tahun 1976, Pesantren kombinasi “Miftahul Huda II” di bawah pengasuh K.H. Nonof Hanafie menantu dari pendiri K.H. Umar Nawawi (Alm) serta anak KH. Agus Umar Nawawi sebagai Pimpinan Umumnya.

fb : Ing

Pesantren ini terkenal dengan sebutan pesantren yang mengunggulkan ilmu tentang ketauhidan, tapi tidak semata- mata hanya ilmu tauhid saja yang dipelajari, tapi ilmu- imu lainnya pun dipelajari seperti ilmu fikih, ilmu alat serta ilmu lainnya yang memang wajib dipelajari.

Dipesantren ini sudah tersedia jenjang pendidikan Formalnya mulai dari MI  (yang sudah menjadi MI Negeri), SMP, SMK serta yang terbaru sudah ada perguruan tinggi STMIK Jawa Barat.

Fb : ing
Fb : ing

Sekarang pesantrennya jauh lebih pesat dan berkembang ketimbang zaman saya nyantri dulu, jumlah santrinya sudah sampai ribuan, dari sabang sampai merauke. Fasilitasnya semakin kumplit, ini sangatlah wajar karena usaha dan doa para Dewan Kyai, Keluarga Besar serta para Alumni juga santrinya yang selalu  aktif dalam mengembangkan pesantren ini.

Karena sekarang saya sedang menjadi seorang misionaris, maka akan saya tampilkan beberapa hal keren yang pernah terjadi serta beberapa gebrakan dari Pondok Pesantren Miftahul Huda 2 Bayasari, semoga dengan membaca artikel ini anda akan tahu bahwa pesantren ini memang beda.

Perhatian !!! Cerita ini benar adanya, sesuai fakta yang terjadi baik itu yang dialami saya secara langsung ketika masih nyantri atau kejadian seseudah menjadi seorang Alumni.

Viking Huda 2

fb : Miftahul Huda II
fb : Miftahul Huda II

Meskipun santrinya sudah dari berbagai pelosok negeri tapi tetap yang mendominasi adalah para santri yang berasal dari daerah di Provinsi Jawa Barat, hal itu menjadikan Miftahul Huda 2 sebagai basis dari pendukung klub sepakbola Persib Bandung. mau kapan pun Persib bertanding, selalu saja akan ada nonton bareng dadakan melalui layar kaca televisi.

Beruntung  sekali Pada tahun 2013 dan 2014 Pondok pesantren berkesempatan untuk menjamu sebuah klub sepakbola terbesar yang yang pernah beberapa kali menjuarai liga di Indonesia, tidak tanggung- tanggung Persib membawa seluruh skuatnya yang beragama muslim untuk hadir menyapa para santri di Pondok Pesantren Miftahul Huda 2.

Persib  sendiri adalah sebuah klub sepakbola terbesar yang ada di kota Bandung, pernah beberapa kali menjuarai kompetisi sepakbola yang ada di indonesia, klub ini bukan hanya milik kota Bandung saja melainkan seluruh kota yang ada di Provinsi Jawa Barat.

Semua santri bahagia, terkecuali saya dan beberapa santri yang berasal dari Ibukota, dikarenakan pada saat kedatangan Persib saya sudah menjadi Alumni pondok tersebut,  sedih memang kenapa gitu kedatangan Persib ini pada saat saya sudah tak lagi mondok disana.

Tapi ada rasa bangga juga ketika almamater tempat dahulu mondok pernah didatangi oleh klub yang  terakhir menjadi juara pada tahun 2015 dalam kejuaraan Piala Presiden.

Saya bertanya- tanya, apa yang menjadi alasan Persib Bandung bisa berada ditengah- tengah ribuan santri Huda 2, tapi dibalik kedatangannya tersebut, saya melihat ada banyak sekali keuntungan yang didapatkan baik untuk pihak Persib Bandung ataupun untuk pihak Pondok sebagai sarana mengenalkan lingkungan Pondok Pesantren Huda 2 terhadap para pemain Persib.

Takbir…!!!  Hidup FPI

Hamidu.org
Hamidu.org

Siapa yang tak kenal FPI? Front Pembela Islam itulah kepanjangannya, bagi orang yang pernah terkena rajia FPI pasti tau seperti apa FPI itu, sebuah organisasi yang aktif membela Agama islam dengan menegakan kebaikan dan memberantas kemaksiatan.

Organisasi besar yang didirikan oleh seorang Habieb yang bernama Muhammad Rizieq sihab. Lc ini sering di beritakan oleh media media sekuler sebagai organisasi Anti Pancasila, Ormas Anarkis,  serta organisasi yang kehadirannya sangat mengganggu toleransi antar umat beragama.

Tapi itulah media yang mana pemiliknya adalah orang orang yang tidak suka organisasi agama islam ini mendapatkan hati dari para pemirsa setianya, namun sebaik baiknya makar adalah makarnya Allah Swt, bagaimanapun usaha para pembenci islam itu tak akan membuat organisasi pembela agama islam ini padam.

lain di media lain di lapangan, ternyata keberadaan FPI ini sangatlah di terima, banyak sekali kegiatan FPI yang sengaja tidak dimunculkan ke permukaaan dari mulai bantuan bencana alam yang ada di Indonesia dan yang sudah lama terjadi dan menjadi konsen FPI yaitu bantuan di Palestina.

Begitupun di Miftahul Huda 2 , pesantren ini sangat menerima akan eksistensi dari FPI, sehingga setiap kali diadakan acara tabligh akbar oleh FPI, pihak perwakilan dari pesantren selalu ada untuk mememeriahkan acara tersebut.

Hingga pernah beberapa kali ketua Front Pembela Islam datang untuk bersilaturahmi dengan para santri serta Dewan Kyai sembari mengadakan pengajian.

RCTI Punya Kita

instagram : doublehood

Acara yang tayang selama bulan Ramadhan ini selalu menarik perhatian para pemirsanya, karena telah melahirkan Hafidz Hafidzoh baru yang dalam segi  usia masihlah belia.

Bukan hanya mengirimkan perwakilan saja, tapi berhasil menyabet juara dari tahun ke tahun, itu merupakan kebanggaan dan sebagai bukti akan eksistensi miftahul Huda II di kancah pertelevisian Indonesia.

fb : ing
instagram : Double hood

menarik sekali untuk mengikuti perkembangan acara Hafidz ini, entah siapa lagi yang akan menjadi perwakilan untuk bisa meneruskan dominasi Miftahul Huda 2 bayasari di tahun selanjutnya.

mungkin di masa depan nanti bukan hanya RCTI saja yang akan menjadi tempat unjuk gigi akan talenta anak-anak dari pesantren ini, bisa di ajang- ajang pencarian bakat lainnya seperti Aksi Indosiar, Indonesian Idol, The voice, Indonesian Got Tallent dan banyak lagi,asalkan jangan di acara pencarian jodoh Eatbulaga nya uya kuya saja.

Tarasi

Tarasi

Ini adalah sebuah aktivitas baru yang sudah dilakukan Miftahul Huda II dalam rangka mengenalkan pesantren kepda masyarakat melalui program Tarasi.

Tarasi merupakan singkatan dari Trail Adventure Santri atau Tarabas santri dimana kegiatan ini biasanya sering dilakukan tiap hari jum’at.

Instagram : dooblehood

Adapun kegiatannya berupa penjelajahan para santri menuju trek- trek motocross, ataupun ke dalam hutan yang belum tersentuh roda- roda motor.  Sangat menarik melihat adanya aktivitas ini, dimana pihak pesantren bisa lebih dekat sambil berdakwah melalui Tarasi kepada komunitas pecinta olahraga yang cukup lumayan extrem ini.

Tarasisss

Aksi Bela Islam 212

Masih hangat dalam ingatan kita bahwa terdapat ribuan santri dari ciamis yang berjalan kaki menuju ibu kota jakarta. Tentu hal itu adalah sebuah ide gila yang benar- benar tidak masuk diakal.

Namun, Ciamis dengan ribuan santrinya dari salah satu Pondok Pesantren Miftahul Huda 2 Bayasari dibawah komando langsung dari penanggung jawab  aksi sekaligus Ketua yayasan Pondok Pesantren Miftahul Huda 2 berhasil menorehkan tinta sejarah yang akan terus dikenang oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Itu semua bisa terlihat pada video di bawah ini. Bagaimana para pejuang dari Ciamis yang telah berjalan kaki begitu di istimewakan.

 

Bersambung, karena terlalu banyak hal keren yang tidak bisa saya sampaikan disini, namun bagi kamu yang penasaran akan kerennya pesantren saya dulu ( tapi sayanya ngga keren) kunjungi saja pesantrennya agar kamu bisa ikut keren juga hehe

Jayalah Miftahul Huda II Bayasari . Ma’had Idaman Selalu di Hati 

8 thoughts on “Pesantrenku [ Huda II ] Harus Keren, Untuk Menutupi Akunya yang Tidak.

  1. Makin lama makin cetar ente man…. da mending kitu slalu memberi warna ngan ayenamah sorangan sorangan heula hahahha takbir teruskan kopeah traveler nya weka weka

  2. Keren lah lanjutkan aishiteru nya tetap memberikan warna pada dunia… sorangan sorangan heula ke ges kawin mah aya bahan babrengan hahahaha . Tapi aya nu kurang asa eweh tentang mantan ente… judulan man cinta anak di bawah umur. Weka weka

  3. Saya apresiasi thd pesantren miftahul huda 2, atas prakarsa jihad jalan kaki 212 ke jakarta. Mohon berkenan apabila ada yang punya nomor hp kh nonop hanafi dan nomor rekening pesantren.. Saya ingin berkontribusi.. Demikian wassalam

Leave a Comment

%d bloggers like this: