peranan kimia dalam kehidupan

Penerapan Ilmu Kimia dalam Berbagai Bidang Kehidupan

Ilmu Kimia dalam Kehidupan – Berdasarkan Wikipedia pengertian dari ilmu kimia adalah sebuah ilmu yang mempelajari tentang komposisi, struktur, sifat, zat atau materi mulai dari skala atom hingga molekul serta transformasi atau perubahan serta interaksi mereka untuk membentuk suatu materi yang akan ditemukan dalam kehidupan sehari- hari.

Kimia juga sering disebut dengan ” ilmu pusat ” karena dapat menghubungkan ilmu- ilmu yang lain, seperti biologi, fisika, nanoteknologi, ilmu bahan, farmasi, kedokteran, geologi, bioinformat

peranan kimia dalam kehidupan
www.freepptfile.xyz

Dalam penerapannya ilmu kimia tidak bisa terlepas dari kehidupan manusia. Karena mulai dari perkara sandang dan pangan, obat- obatan, bahan bakar, konstruksi bangunan sampai bahan produk dan bahan industri elektrik melibatkan ilmu kimia di dalamnya.

Ilmu kimia memilki kedudukan yang begitu penting dan menjadi komponen yang dibutuhkan oleh bidang ilmu lainnya. Beberapa manfaat yang sebenarnya merupakan hasil dari ilmu kimia dalam kehidupan sehari- hari manusia seringkali tidak disadari.

Berikut penerapan ilmu kimia dalam bidang  kehidupan.

Penerapan Ilmu Kimia Bidang Kedokteran.

obat obatan peranan ilmu kimia dalam kehidupan
listverse.com

Dalam bidang kedokteran ilmu kimia mempunyai manfaat yang sangat vital, hal ini bisa dirasakan dengan adanya berbagai macam ilmu kedokteran yang menyangkut aspek- aspek dari ilmu kimia. Penggunaan obat- obatan dalam ilmu kedokteran yang dibuat berdasarkan riset terhadap suatu reaksi dari proses yang ditimbulkan akibat adanya bahan kimia yang dilakukan oleh cabang ilmu farmasi.

Bidang Ilmu kimia yang berhubungan langsung dengan ilmu kedokteran adalah biokimia dan kimia organik. Nah kedua bidang ilmu inilah yang mempelajari tentang senyawa- senyawa yang ada pada makhluk hidup serta reaksi yang di timbulkan dari dalam tubuh makhluk hidup tersebut.

Peran Bidang Kimia Organik dalam Meningkatkan Kesehatan.

Terdapat beberapa peran penting dalam hal penelitian dan pengembangan Kimia Organik untuk meningkatkan kesehatan.

  • Melakukan penelitian dan pengetahuan dalam bidang mengubah sintesis dan desain dari molekul kecil dalam sebuah organisme sehingga terjadi interaksi dengan protein yang ada pada gen adalah sangat diperlukan dalam mendesain obat- obatan untuk mengatasi berbagai macam penyakit.
  • Mengembangkan penelitian perihal tingkat racun dari berbagai senyawa. Penelitian ini sangat penting dilakukan karena dapat memberikan data yang tepat mengenai sifat racun dalam senyawa, sehingga tidak sampai terekpos ke dalam tubuh organisme makhluk hidup terutama manusia.
  • Mendukung dalam penelitian klinis dengan menggunakan teknik- teknik kimia.
  • Mendesain obat- obatan agar mampu bekeraja lebih efektif dari seblumnya merupakan hal yang dipelajari oleh bilokima.
  • Menjadikan obat- obatan lebih selektif dan tepat sasaran untuk menyembuhkan suatu penyakit.
  • Menentukan sebuah metode sintesis baru yang mampu lebih efektif dalam membuat obat- obatan maupun senyawa antikuman.

Peran Bidang Biokimia Dalam Ilmu Kesehatan.

  • Mengidentifikasi reaksi yang dihasilkan oleh sebuah proses kehidupan sehingga mampu menganalisa akan terjadinya penyakit atau masalah yang terjadi pada proses tersebut.
  • Meneliti perkembangan bekteri penyebab penyakit, mempelajari sifat dan cara pengendaliannya menggunakan bahan- bahan kimia.
  • Menentukan cara baru untuk menanggulangi sebuah penyakit yang berkembang merupakan hal yang dipelajari dalam bidang biokimia.
  • Dalam bidang sanitasi, pengetahuan terhadap bahan- bahan kimia anti kuman adalah hal yang penting dalam aplikasinya.
  • Tes kadar gula darah menggunakan dasar uji keton dalam ilmu kimia untuk mengetahui jumlah glukosa yang terlarut dalam darah. Uji coba ini sangat penting sebagai analis dari penyakit diabetes.
  • Penggunaan kemoterapi dalam penanggulangan penyakit kanker.
  • Penyimpanan obat dalam farmasi menggunakan uji biokimia. Uji ini akan memberikan gambaran perihal cara penyimpanan obat- obatan yang aman sehigga strukturnya tidak sampai berubah. Hal ini akan mempertahankan fungsi dari obat sebagai suatu penyembuh.
  • Penggunaan enzim dalam menyelesaikan berbagai permasalahan yang ada dalam tubuh terhadap sebuah penyakit.
  • Membuat metode kimia agar dapat menganalisa suatu penyakit dengan cepat. Uji biokimia lainnnya digunakan pada obat- obatan untuk dapat mengetahui masa kadaluarsa dari sebuah obat.
  • Membuat metode analisis penyakit yang akurat sampai ke level molekular.

Peranan Ilmu Kimia dalam Bidang Pertanian.

peranan kimia dalam kehidupan
500px.com

Belakangan ini pengaruh dari globalisasi memberi efek yang sangat nyata pada berkembangnya ilmu pengetahuan juga ilmu teknologi.

Hal ini menuntut terhadap segala bidang kehidupan untuk dapat mengikuti perkembangan tersebut. Itu berlaku juga pada dunia pertanian. Pertanian pada zaman dahulu hanya mengandalkan sisteem tradisional, baik dalam mengolah tanahnya sampai pada memanen tanaman.

Berbeda dengan sistem pertanian yang ada di zaman sekarang, karena semakin berkembangnya ilmu teknologi dan pengetahuan menjadikan berbagai masalah yang dialami oleh para petani dapat diatasi dan salah satunya dengan adanya kaitan langsung dengan ilmu kimia.

Banyak peranan ilmu kimia dalam bidang pertanian dan diantaranya adalah :

  • Peranan kimia dalam unsur hara.

Dalam memperoleh makanan, usaha yang dilakukan manusia dan hewan berbeda dengan tumbuhan. Kalau manusia dan hewan dapat mencarinya dengan cara berpindah pindah tempat sedanngkan tumbuhan hanya bergantung pada tanah tempat dia berada.

Dari tanah tersebut tumbuhan itu mendapatkan asupan makanan anorganik yang biasa disebut unsur hara.

Unsur hara bagi tumbuhan tidak dapat tergantikan karena merupakan unsur esensial yang harus ada dalam jumlah tertentu dengan takaran pas bagi masing masing tumbuhan.

  • Peranan Kimia dalam pembuatan pupuk buatan tunggal.

Pupuk tunggal adalah yang mengandung satu jenis unsur hara yang sangat diperukan bagi tumbuhan.

  • Peranan kimia dalam pembuatan pupuk majemuk.

Pupuk tunggal adalah pupuk yang mengandung lebih dari dua jenis unsur hara, seperti pupuk NK,NP dan NPK.

  • Peranan kimia dalam pembuatan insektisida.

Insektisida digunakan untuk untuk membasmi dan mencegah serangan hama serangga seperti wareng, ulat dan belalang.

  • Peranan kimia dalam pembuatan rodentisida.

Pestisida ini dipakai untuk membasmi dan mencegah serangan hewan pengerat semacam tikus yang ada di lahan pertanian, gudang atau kebun yang ada di halaman rumah.

  • Peranan kimia dalam pembuatan herbisida.

Penggunaan herbisida biasa dipakai untuk membasmi dan mencegah serangan dari tanaman penganggu, seperti rurumputan liar dan alang- alang.

  • Peranan kimia dalam pembuatan fungisida.

Penggunaan Fungisida biasa di pakai untuk membasmi dan mencegah serangan jamur. Contohnya : natrium, organemerkuri, dipromat.

Penerapan Ilmu Kimia dalam Bidang Geologi.

peranan kimia dalam kehidupan
500px.com

Penerapan kimia dalam bidang Geologi diperlukan untuk meneliti jenis dan komposisi materi dalam batuan dan mineral.

Peran ilmu kimia di bidang geologi adalah mempermudah para geolog dalam mempelajari kandungan material bumi seperti logam ataupun minyak bumi dengan beragam sifat kimia dari berbagai material bumi dan teknik analisisnya.

Penerapan Ilmu Kimia dalam Bidang Biologi.

hewan tikus masuk perangkap
Cheese hunter

Biologi adalah ilmu yang membidangi khusus dalam mempelajari tentang makhluk hidup ( tumbuhan dan hewan). Proses kimia yang berlangsung pada makhluk hidup meliputi pencernaan makanan, pernapasan, fermentasi, metabolisme,fotosintesis dan lain-lain.

Untuk mempelajarinya, diperlukan pengetahuan yang mendalami struktur dan sifat senyawa yang ada, seperti karbohidrat, vitamin, protein, enzim, asam nukleat, lemak dan lain-lain.

Meskipun secara umum, bidang ini lebih erat kaitannya dengan ilmu biologi, namun manfaat ilmu kimia juga nyatanya sedikit banyak berpengaruh dalam bidang biologi ini.

Penerapan Ilmu Kimia Bidang Mesin.

peranan ilmu kimia dalam kehidupan bidang teknik mesin
500px.com

 

Manfaat Ilmu kimia juga berhubungan dengan bidang permesinan yaitu mempelajari sifat dan komposisi logam yang baik dalam pembuatan mesin, mempelajari sifat, minyak pelumas mesin dan komposisi bahan bakar.

Penerapan Ilmu Kimia Bidang Teknik Sipil.

penerapan ilmu kimia dalam kehidupan bidang teknik sipil
500px.com

Bahan- bahan yang dipakai dalam bidang ini adalah, kayu,semen cat, ,besi,paku paralon , lem dan lain sebagainya. Semua bahan tersebut dihasilkan melalui riset dengan menggunakan ilmu kimia.

Manfaat ilmu kimia dalam hal ini adalah supaya bahan bangunan tersebut bisa diketahui kelebihan serta kekurangannya, sehingga dapat mengurangi adanya kecelakaan di kemudian hari.

Penerapan Ilmu Kimia dalam Bidang Hukum.

peranan ilmu kimia dalam kehidupan bidang hukum
500px.co

Bidang hukum secara langsung memang tidak mempunyai hubungan dengan ilmu kimia, tapi manfaat ilmu kimia dalam bidang hukum ini dapat dirasakan ketika diberlakukannya pemeriksaan peralatan bukti kriminalitas.

Bagian tubuh tersangka dapat diperiksa dengan memeriksa struktur DNA-nya karena struktur DNA dari setiap orang berbeda-beda. Pemeriksaan ini melibatkan ilmu kimia.

Demikian tadi pembahasan tentan peranan ilmu kimia dalam kehidupan.

Semoga bermanfaat.

 

 

1 thought on “Penerapan Ilmu Kimia dalam Berbagai Bidang Kehidupan

Leave a Comment

%d bloggers like this: