jajanan cireng

7+ Makanan Khas Bandung dan Oleh oleh yang Enak dan Paling Terkenal

Makanan kuliner khas Bandung – Di Bandung banyak sekali tempat keren untuk para wisatawan. Tempat wisata keluarga, taman kota nan indah, tempat berbelanja  model baju muslim terbaru, juga menjadi tempat yang pas untuk Kamu ber-wisata kuliner khas dari kota Bandung.

Tentang makanan khas bandung, maka Kamu bakal dibuat kebingungan dengan begitu banyaknya pilihan makanan khas menggiurkan yang wajib Kamu nikmati dan kamu jadikan sebagai oleh- oleh bila sedang berkunjung di Kota yang terkenal dengan klub sepak bola Persib Bandung ini.

Bandung itu sendiri adalah ibu kota dari Provinsi jawa barat, kota ini mempunyai suasana yang romantis, maka dari itu tak sedikit wisatawan yang sengaja meluangkan waktu baik itu pada masa liburan atau hari hari biasa untuk menjelajahi setiap sudut kota Bandung dan menikmati aneka kuliner khas daerah Bandung.

Nah bagi Kamu semua yang sudah tidak sabar lagi mengetahui aneka ragam kuliner khas Bandung, mulai dari makanan khas nya, minuman khasnya dan oleh- oleh khasnya berikut akan Oncom man sampaikan beberapa makanan khas bandung yang terkenal dan memiliki rasa yang dijamin bandung banget.

Yuk, mari Kita simak satu persatu makanan khas bandung tersebut :

Makanan Khas Bandung : Batagor

makanan khas bandung batagor
omiyago.com

Batagor adalah makanan khas Bandung yang keberadaannya sudah mendunia. Tidak hanya terkenal di Bandung, kini batagor bisa Kamu temui di berbagai kota di seluruh Indonesia. Batagor adalah singkatan dari Baso Tahu Goreng. Dengan menggunakan bahan utama seperti pada pembuatan baso yaitu tepung, daging serta ditambah dengan tahu lalu  digoreng menjadikan batagor ini mempunyai rasa daging yang khas dengan kriuk kriuk tahu yang digoreng menyatu dengan campuran baso tersebut.

Makanan Khas Bandung :  Siomay

makanan khas bandung
resepmasak.com

Kalau tadi ada Batagor sebagai makanan khas bandung yang sudah meng-Indonesia. Kini perkenalkan kembali makanan khas Bandung yang biasanya selalu menemani keberadaan batagor. Namanya siomay, ntah dari mana sejarah bermulanya jenis makanan ini. Tapi yang jelas siomay ini sudah menjadi salah satu makanan khas yang keberadaannya sudah meng- Indonesia sama seperti batagor.

Bahan dasar pembuatannya berupa tepung yang dicampur dengan gilingan daging ikan, biasanya menggunakan daging ikan tenggiri.
Akan sangat mudah sekali bila Kita ingin mencicipi nikmat dan lembutnya siomay ini, karena kebanyakan makanan khas Bandung ini dijual bersama batagor oleh para pedagang yang senantiasa berkeliling- keliling Kota dengan roda yang sangat khas.

Intinya bila ada batagor pasti juga ada siomay, namun bila ada siomay belum tentu penjualnya menjuak juga batagor hehehe, biasanya begitu. Siomay, biasanya dipadu padankan dengan makanan dan sayuran lain seperti baso tahu, daun kol, kentang juga telur dan paria dengan dibubuhi bumbu kacang dan jeruk nipis menjadikan jenis makanan khas Bandung yang satu ini banyak digemari.

Makanan Khas Bandung : Surabi

makanan khas bandung
thehungrybiologist.wordpress.com

Surabi adalah makanan khas bandung yang bentuknya kalau dilihat sekilas menyerupai pancake atau dorayaki. Terbuat dari bahan utamanya berupa campuran tepung, parutan kelapa yang kemudian diperas menjadi santan dan dimasak dengan menggunakan wajan tanpa minyak goreng sehingga membuat rasa dari makanan ini begitu khas dengan aroma pembakaran. hmmmm

Kamu bisa mencobanya, ada berbagai pilihan toping lainnya yaitu toping keju, nangka, coklat, duren,pisang telur dan sosis. Akan tetapi yang paling enak yaitu surabi original dengan campuran toping berupa oncom atau sambel oncom yang sangat gurih dan enak

Makanan Khas Bandung : Piscok Pisang Coklat

makanan khas bandung
insto.id

Bagi Kamu yang demen banget sama buah pisang, olahan pisang yang menjadi makanan khas Bandung ini akan sangat cocok untuk Kamu coba rasakan. Namanya piscok kepanjangan nama dari pisang coklat.

Kenapa pisang coklat? apakah pisang ini dilumuri oleh coklat? Yups, betul sekali, dalam proses pembuatan piscok ini biasanya menggunakan jenis pisang nangka atau pisang kepok yang sangat pas untuk diolah dengan cara digoreng. Pembuatan piscok ini sangat mudah sekali tentunya. Pertama sediakan pisang yang akan Kita olah, kemudian sediakan juga kulit lumpia yang nantinya digunakan sebagai pembungkus dari pisang tersebut.

Setelah pisang terselimuti oleh kulit lumpia, maka tiba saatnya untuk menggoreng pisang tersebut. Angkat dan tiriskan bila pisang yang digoreng tersebut sudah terlihat menguning. Barulah setelah itu, berikan susu coklat kental manis pada tubuh pisang tersebut agar pisang coklat yang menjadi makanan khas Bandung ini siap untuk Kita makan bersama.

Makanan Khas Bandung : Bandros

makanan khas bandung
kuliner.panduwisata.id

Nah ini dia makanan favoritku pada waktu masa kecil dulu. Kebetulan makanan ini sudah tidak asing lagi di berbagai Kota yang ada di jawa barat. Makanan khas Bandung ini bernama bandros. Bandros adalah sejenis makanan yang teksturnya sangat lembut yang bahan utama pembuatanya terdiri dari tepung terigu yang diadoni dengan campuran santan kelapa berikut dengan parutan kelapanya.

Baca Juga   Wisata Bandung Gunung Tangkuban Perahu dan Kawah Putih Ciwidey

Setelah adonan tersebut tercampur dengan merata maka proses memasaknya menggunakan percetakan berbentuk cekung setengah lingkaran. Makanan khas Bandung ini enak disantap pas masih hangat- hangatnya, apalagi kalau disantap dengan dibubuhi caus pedas pasti akan lebih berasa enaknya.

Saking melegendanya makanan khas Bandung ini, pemerintah Bandung telah membuat kendaraan khusus yang diberi nama Bandros. Jika Kamu hendak nge- Bandung, harus Kamu rencanakan juga nih untuk dapat berkeliling Kota Bandung serta menikmati enaknya makanan khas Bandung bernama Bandros.

Makanan Khas Bandung : Peyeum Bandung

makanan khas bandung
mangcook.com

Apa itu peyeum? Belum tahu kan? Peyeum merupakan bahasa sunda yang artinya di fermentasi bisa juga di artikan di timbun. Asal muasal pemberian nama makanan khas Bandung yang satu ini adalah dikarenakan dalam proses pematangannya bahan utamanya berupa singkong haruslah difermentasi terlebih dahulu sehingga dapat disantap.

Rasanya unik, lembek- lembek gimanaaaa gituh. hiihi. Seringkali peyeum dijual dengan cara dijajakan pada kios kios disepanjang jalan jalur Tasikmalaya- Garut- Bandung bersama dengan berbagai makanan khas Bandung lainnya. Dan peyeum ini akan sangat cocok sekali untuk dijadikan sebagai oleh oleh dari Kota Bandung.

Makanan Khas Bandung : Colenak

makanan khas bandung
damniloveindonesia.com

Di sebelumnya ada peyeum sebagai makanan khas Bandung yang terbuat dari singkong. Nah kini telah hadir di Kota Bandung dan menjadi makanan khas yang menggairahkan berupa evolusi dari peyeum yaitu colenak. Colenak adalah singkatan dari “cocol enak”. Namanya unik se-unik rasanya.

Menggunakan peyeum yang telah dibakar pada penggorengan, dengan dibubuhi siraman gula merah kental serta parutan kelapa membuat makanan ini begitu khas sebagai perlambang Kota Bandung yang manis dan memikat. Aheuuy

Makanan Khas Bandung : Lotek

makanan khas bandung
tribunnews.com

Lotek adalah makanan khas Bandung yang sepintas mirip dengan pecel yang sudah menjadi makanan yang umum Kita jumpai di berbagai Kota yang ada di Indonesia. Terdiri dari rebusan sayur sayuran segar yang disirami dengan kuah bumbu kacang. Makanan khas Bandung ini akan sangat cocok bagi Kamu yang sedang melakukan diet, karena terdiri dari berbagai sayuran berupa daun kol, kentang, kacang panjang, wortel yang dapat membuatmu sehat selalu.

Umumnya, bumbu dari lotek ini mempunyai rasa yang lebih manis dari pecel. Kamu bisa menyantap lotek diiringi dengan lontong atau nasi, dan ditambah dengan kerupuk juga bawang goreng yang membuat makanan khas Bandung ini lebih kriuk kriuk rasanya.

Makanan Khas Bandung : Mie Kocok Bandung

makanan khas bandung
resepkoki.id

Mungkin Kamu sudah sangat familliar dengan mie ayam dan mie bakso. Tapi pernahkan Kamu mendengar nama mie kocok? Mie kocok ini merupakan salah satu makanan khas Bandung yang biasa dijual pedagang dengan menggunakan gerobak layaknya tukang bakso dan mie ayam.

Yang membedakan mie kocok dengan jenis makanan mie mie lainnya adalah dari tekstur mie nya yang cenderung datar dan pengolahannya dengan cara dikocok- kocok terlebih dahulu untuk mencampurkan bumbu dengan mie nya. Berisikan daging sapi dan potongan kikil dengan tauge segar sebagai pelengkapnya sehingga membuat makanan khas Bandung ini begitu mantap bila disantap selagi panas.

Makanan Khas Bandung : Cireng Bandung

makanan khas bandung
resepcaramasak.info

Ini merupakan jenis makanan baru yang kehadirannya telah menjadi salah satu makanan khas yang terkenal berasal dari Bandung. Namanya cireng terbuat dari aci (tepung kanji) yang digoeng, oleh sebab itu namanya cireng yang merupakan singkatan dari aci digoreng
Sebenarnya cireng sudah ada sejak zaman dahulu, bersamaan dengan hadirnya cilok dalam dunia perkulineran daerah jawa barat. Namun cireng Bandung mempunyai tampilan dan rasa yang lebih berbeda dari pada pendahulunya.

Cireng bandung merupakan cireng isi yang berisikan berbagai macam bumbu dari mulai bumbu orginial bawang goreng, rendang daging, keju, dan juga sosis. Tampilan cireng yang lebih kekinian dengan berbagai macam bentuk mulai dari bentuk love, segitiga, kotak dan persegi enam membuat cireng begitu banyak digemari oleh anak- anak sekolahan.

Makanan Khas Bandung : Cimol

makanan khas bandung
youtube.com

Ada cilok, ada cireng, ada cibai ada juga cimol. Itulah kiranya keluarga besar makanan khas Jawa Barat khususnya Bandung yang masih satu bahan dasar yaitu aci atau tepung kanji. Cimol ini bentuk bulatannya agak kecil jika dibandingkan dengan cilok.

Baca Juga   Resep Cara Membuat Kue Dorayaki dengan Mesin Ajaib Dorayaki Baker FY-32

Pengolahannya pun berbeda, jika cilok diolah dengan cara dikukus, sedangkan cimol diolah dengan cara digorengn dan ketika sudah masak akan terasa liat dimulut oleh karena itu makanan khas Bandung ini diberi nama cimol karena cara makannya yang haruslah di-emol emol karena saking liatnya.

Biasanya menggunakan bumbu serbuk cabe yang pedasnya gila dan bumbu penyedap (atom). Enak, bagi kamu yang sedang pusing- pusing pedasnya makanan khas Bandung bernama cimol ini dapat menghilangkan rasa pusingmu.

Makanan Khas Bandung : Comro

makanan khas bandung
kerajinanaccesoris.com

Makanan khas Bandung selanjutnya yaitu comro. Comro merupakan singkatan dari oncom di jero (di dalam) apa arti dari comro tersebut? artinya di dalam lapisan luarnya berupa parutan singkong yang di bentuk bulat bulat itu terdapat sambal oncom (tempe gembos) yang menjadi pemikat rasa dari comro tersebut.

Makanan khas Bandung yang bernama comro ini akan lebih mantap lagi jika dinimkati selagi hangat bersama dengan secangkir kopi hitam dipagi hari.

Makanan Khas Bandung : Misro

makanan khas bandung
penabiru.com

Ada comro ada juga misro. Misro adalah adik kandung dari comro. Kenapa Saya katakan mereka masih adik kandung? karena mereka berdua ini memiliki ibu kandung (bahan baku) yang sama yaitu parutan singkong yang dibentuk bulat bulat lalu digoreng.

Cuman, kalau comro didalamya terdapat sambal oncom, nah berbeda dengan misro ini. Di dalam misro ini terdapat gula merah yang rasanya manis, oleh karena itu warga sunda atau Bandung memberi nama kepada makanan ini berupa misro yang merupakan singkatan dari bahasa sunda amis di jero, amis itu artinya manis dan di jero itu artinya di dalam jadi manis di dalam.

Sama dengan comro, misro ini cocok dinikmati ketika masih hangat hangatnya dibarengi dengan seduhan kopi hangat. hmmmmm. Mau coba?

Makanan Khas Bandung : Karedok

makanan khas bandung
wisatakuliner09.blogspot.com

Kamu pasti tau salad kan? Nah di sunda khususnya Bandung terdapat makanan yang bentuk dan komposisinya menyerupai salad yang berasal dari negeri Italia. Gak percaya? Ini nih, namanya adalah karedok. Karedok adalah makanan khas Bandung yang berbahan dasar berbagai sayuran mentah.

Biasanya, komposisi sayuran yang ada di dalam karedok ini berupa potongan kol, terong hijau, timun, tauge, kacang hijau, juga daun kemangi yang kemuudian diaduk aduk bersama dengan bumbu kacang yang terbuat dari cabai merah, bawang putih, kencur, kacang tanah, air asam, gula jawa, garam dan terasi.

hmmmmm wangi kemanginya kerasa banget dan rasanya mantap sekali ditambah dengan kerupuk yang diremas remas membuat rasa karedok ini khas dan memikat dilidah.

Makanan Khas Bandung : Ulukutek Leunca

makanan khas bandung
reseptina.com

Inilah makanan keluarga khas urang Bandung yang telah menjadi makanan khas dari kebanyakan daerah sunda. Namanya cukup unik, Ulukutek leunca merupakan makanan yang terdiri dari butiran buah leunca yang dicampurkan bersama oncom dan kemudian digoreng bersama dengan bumbu bumbu khas yang membuat perpaduannya sangat maknyos. Nasi liwet diambah ulukutek leunca hmmmm !!! menggairahkan.

Makanan Khas Bandung : Gehu Hot Jeletot

makanan khas bandung
yagamiramenhouse.com

Lain kota lain pula namanya. Mungkin jika Kamu melihat langsung dengan makanan gehu ini maka akan langsung teringat dengan makanan yang gak jauh berbeda dari rasa dan bentuknya.

Di sunda, khususnya Bandung, makanan ini bernama gehu yang merupakan singkatan dari tauge dan tahu yang dicampur dengan adonan tepung kemudian digoreng. Sedikit berbeda dengan gehu pada umumnya, gehu yang merupakan makanan khas dari Bandung ini mempunyai rasa yang berbeda.

Hal itu dapat Kita bedakan dengan mudah dari nama tambahan dari gehu ini. Nama tambahan gehu ini yaitu gehu hot jeletot. Hot berarti panas atau pedas dan jeletot merupakan kosa kata bahasa sunda yang maksudnya memiliki rasa pedas yang nonjok atau menggigit, gila pedas banget.

Nama tersebut memang gak salah disematkan kepad gehu khas Bandung ini, karena dalam sebuah gehu saja berisikan belasan sampe puluhan cabai yang siap membuat mulutmu kepanasan. Mau coba? Untuk Kamu yang suka banget makanan pedas yang gak wajar rasanya makanan khas Bandung gehu hot jeletot ini wajib Kamu icipi.

 

 

 

 

 

Leave a Comment