cara membuat slime

Cara Membuat Slime dengan Lem Povinal, Lem FOx dan Lem UHU

Cara membuat slime -Salah satu cara membuat slime yang paling sering dilakukan adalah dengan cara membuat slime dengan menggunakan lem.  Baik itu lem kertas, lem povinal, lem uhu, lem fox atau sekalipun dengan menggunakan lem kayu.

cara membuat slime mudah
membuat slime dengan lem

Slime yang terbuat dari lem memiliki kelebihan jika dibandingkan dengan membuat slime dari bahan lainnya seperti dengan cara membuat slime dengan shampoo atau mama lemon.

Lebih kenyal dan memiliki kelenturan yang sangat tinggi itulah kelebihan dari membuat slime dengan berbahan dasar lem dan juga kelebihan lainnya ialah tahan lama sehingga tidak mudah mengeras.

Berikut ini akan Oncoman bahan tentang satu persatu cara membuat slime dengan lem yang dapat dengan mudah teman teman semua praktekan.


Membuat Slime dengan Lem Povinal

cara membuat slime
membuat slime dengan lem povinal

Dulu saya kurang begitu mengetahui jenis lem dengan nama povinal tapi sekarang setelah begitu seringnya  adik tercinta membuat slime dengan menggunakan lem povinal menjadi tahu bahwa le mini sangat cocok dan banyak digemari sebagai bahan baku membuat slime.

Lem povinal akan sangat mudah didapatkan, Kita cukup mencari fotokopian terdekat atau karena lem ini sudah semakin terkenal namanya mungkin di minimarket terdekat pun sudah banyak diperjual belikan.

Karakteristik dari lem povinal yang berwarna bening dan juga cair menjadikan jenis lem dengan merek ini begitu terkenal dikalangan anak anak dan para pembuat slime karena mudah untuk dimodifikasi ketika membuat slime nya.

Untuk membuat slime dengan lem povinal Kita membutuhkan beberapa bahan tambahan lainnya seperti berikut ini.

Alat dan Bahan Membuat Slime dengan Lem Povinal

  1. 1 bungkus lem povinal
  2. Gom atau obat sariawan ( Insto juga bisa) sebagai slime activator
  3. Pewarna makanan.

Setelah semua bahan tersedia jangan lupa untuk menyiapkan alat bantuan lainnya berupa sendok pengaduk, wadah serta kain lap.

Dan mari Kita mulai langkah- langkah dalam membuat slime dengan menggunakan lem povinal

Langkah- langkah Membuat Slime dengan Lem Povinal

  1. siapkan wadah plastik  bisa piring atau mangkok kemudian tuangkan sebungkus lem povinal ke dalamnya.
  2. Lalu tambahkan 3 tetes gom ke dalam wadah sambil teman teman aduk secara perlahan.
  3. Aduk – aduk terus adonan selama kurang lebih 10 menit, dan lem povinal akan semakin mengental. Pada tahapan ini, campurkan pewarna makanan secukupnya agar slime yang teman teman buat punya warna yang menarik.

Aduk adonan hingga warna merata dan slime dengan lem povinal pun telah jadi. Cukup mudah bukan?


Membuat Slime dengan Lem UHU

cara membuat slime
slime dengan uhu

Jika teman teman mebuat slime dengan lem povinal maka membutuhkan GOM sebagai slime activatornya namun pada pembuatan slime dengan menggunakan lem uhu teman teman tidak memerlukan Gom tersebut. Karena di dalam lem uhu tersebut terdapat borax sehingga slime yang teman teman buat akan dapat dengan mudah menggumpal.

Untuk  membuat slime dengan lem uhu beberapa bahan berikut ini wajib teman- teman persiapkan yah.

Alat dan bahan membuat slime dengan lem uhu

  1. Lem Uhu
  2. Sabun cuci piring mama lemon atau sunlight
  3. Pewarna makanan

Sedangkan alatnya teman teman hanya perlu menyediakan piring dan juga sendok pengaduk. Beriku langkah- langkah yang mudah banget untuk membuat slime dengan lem uhu.

Langkah- langkah membuat slime dengan menggunakan lem uhu.

  1. Tuangkan 1 bungkus lem UHU ke dalam piring bersama dengan 10 sendok makan sabun pencuci piring Sunlight .
  2. Aduk- aduk isi wadah hingga lem uhu dan sabun sampai merata. Pengadukan bisa teman teman lakukan selama 5 sd 10 menit sampai kedua campuran adonan menggumpal. Pada tahap ini, sebagian sunlight/ pencuc piring tidak dapat menyatu, sehingga adonan slime tersebut perlu teman teman peras dengan menggunakan tisu untuk memisahkannya dengan cairan sunlight.
  3. Tahapan selanjutnya yaitu teman teman bisa menambahkan pewarna makanan ke dalam adonan tersebut. Biasanya menambahkan sekitar 5 tetes atau ¼ sendok pewarna. Aduk- aduk terus sampai warna adonan tercampur merata.

Slime dengan lem UHU pun jadi dan siap dibentuk sesuka hati.


Membuat Slime dengan GOm dan Lem Fox

cara membuat slime
cara membuat slime dengan lem fox

Setelah pada pembahasan diatas Kita membuat slime dengan lem uhu dan juga dengan menggunakan lem povinal. Kini saatnya teman teman membuat slime dengan menggunaka lem fox.

Ada yang tahu apa itu  lem fox? Lem artinya lem dan Fox artinya rubah berarti lem ini adalah lem yang berasal dari rubah. Hahaha. Maaf maaf bukan seperti itu, lem fox ini adalah jenis lem yang biasa diguanakan untuk merekatkan kertas , kayu atau bahan lainnya  yang kira kira bisa direkatkan dengan lem tersebut. Lem ini warnanya kuning dan kenyal kenyal gimana gitu hehe.

Teman teman bisa dengan mudah mendapatkannya di toko bangunan terdekat. Sama seperti jenis lem yang sebelumnya sudah kita beritahukan. Membuat slime dengan menggunakan lem fox ini bisa teman teman jadikan alternative dalam membuat slime. Bahkan menurut pengalaman saya dan adik membuat slime dengan lem fox cenderung lebih awet meski dibiarkan lama tanpa memainkannya.

Untuk cara membuat slime dengan lem fox ini beberapa bahan berikut ini wajib teman teman siapkan terlebih dahulu.

Alat dan Bahan Membuat Slime dengan Lem Fox

  1. 1 botol lem FOX
  2. 1 botol GOM
  3. dan pewarna makanan.

Adapun alat yang diperlukan adalah piring wadah mangkok dan juga sendok pengaduk. Jika semua bahan sudah tersedia, ayo langsung saja Kita buat slime dengan lem fox dengan terlebih dahulu menyimak langkah langkah pembuatannya berikut ini.

Langkah- langkah Membuat Slime dengan Lem Fox

  1. Masukan 3 sd 4 sendok makan lem FOX ke dalam wadah yang telah teman teman sediakan. Lalu tambahkan 1 sendok air dan aduk- aduk hingga keduanya tercampur rata.
  2. Setelah lem FOX agak encer, tambahkan 4 tetes GOM (bisa lebih jika ingin lebih kental) ke dalam adonan sebagai slime activatornya. Kembali aduk-aduk adonan hingga GOM merata.
  3. Dengan bercampurnya GOM ke dalam adonan,maka tekstur adonan akan berubah menjadi kental kembali namun tidak lengket. Pada tahapan ini, teman teman dapat menambahkan pewarna makanan supaya slime yang kita buat dengan campuran lem fox ini terlihat lebih menarik. Jumlah pewarna makanan yang ditambahkan bisa disesuaikan dengan selera.

Nah, mudah bukan ?

Itulah 3 cara membuat slime dengan lem yang dapat dengan mudah teman teman buat.  Di antara ketiga cara di atas, saya dan adik lebih menyukai slime yang dibuat dari lem povinal, terutama bila teman teman ingin slime yang bening alias tidak berwarna butek.

Ingin membuat slime denga menggunakan bahan lainnya? Bisa teman teman baca juga artikel berikut ini

              Cara Membuat Slime dengan Shampo dan Mama Lemon, Sunlight

Selamat berkarya,  Semoga bermanfaat!

Cara Membuat Slime

Leave a Comment

%d bloggers like this: